Cibodas Puncak adalah salah satu destinasi wisata alam yang berada di daerah kaki Gunung Pangrango. Karena letaknya yang berada di kawasan Puncak, maka dari itu daerah wisata Cianjur ini sering disebut dengan Cibodas Puncak.

Ada berbagai wisata alam yang dapat Anda kunjungi di daerah Cibodas Puncak ini yang menarik dan juga unik. Mulai dari wisata di kebun raya, bumi perkemahan, air terjun atau curug, danau, hingga tempat pendakian.

Banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi di Cibodas Puncak Cianjur membuat banyak orang tertarik untuk datang ke sini. Berikut informasi mengenai Cibodas Puncak meliputi harga tiket, alamat, jam buka, fasilitas, daya tarik, hingga tips berkunjung ke sana.

Harga Tiket Masuk Cibodas Puncak

harga tiket masuk cibodas puncak
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112079303633257349234

Berbagai tempat wisata di kawasan Cibodas Puncak memiliki harga tiket masuk yang berbeda-beda. Namun, di sini akan dibahas mengenai harga tiket masuk dari Kebun Raya Cibodas yang selalu ramai dengan pengunjung.

Untuk harga tiket masuk di hari biasa atau weekday dikenakan harga Rp15.500,
Tiket masuk pada hari libur atau weekend dikenakan harga Rp25.500.

Sedangkan untuk tiket masuk sepeda pada weekday dibanderol dengan harga Rp15.000 dan pada weekend Rp20.000.

Sebelum memasuki area taman wisata Cibodas maka Anda juga harus membayar tiket retribusi Pemda Cianjur. Mulai dari tiket masuk per orangnya Rp12.000, untuk sepeda Rp5.000, motor Rp10.000, dan mobil Rp15.000.

Tak hanya itu saja, ada juga tiket kendaraan yang berbeda dan harus dibayar. Yang mana tiket motor dikenakan harga Rp5.000 serta tiket mobil dikenakan harga Rp35.000.

Harga tiket tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu oleh pihak pengelola dari Taman Wisata Cibodas ini. Tetapi Anda bisa menjadikan harga di atas sebagai referensi sebelum mendatangi kawasan wisata tersebut.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi cibodas puncak
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103464097161604927723

Alamat dari Cibodas Puncak ini terletak di daerah administratif Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Jarak tempuh antara Cibodas Puncak dengan Kota Bogor cukup jauh yakni sekitar 55 kilometer. Dan membutuhkan waktu 2 jam perjalanan jika menggunakan jalan tol.

Untuk rute perjalanan jika menggunakan jalan tol, maka Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda ke arah Jalan Tol Lingkar Bogor. Kemudian, ke arah Jalan Labuan – Cianjur dan berlanjut ke Jalan Tol Jagorawi.

Setelah itu, Anda akan sampai di daerah Palasari, ikuti jalannya hingga Anda menemukan Sindangjaya. Gunakan Google Maps jika Anda merasa kebingungan dengan rute yang telah dijelaskan.

Fasilitas

fasilitas cibodas puncak
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103591056591604691386

Taman Cibodas Cianjur ini memiliki berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan para pengunjung. Segala sarana dan prasarana disediakan oleh pihak pengelola Kebun Raya tersebut agar pengunjung merasa nyaman.

Berikut beberapa fasilitas yang disediakan oleh Kebun Cibodas Puncak ini.

  • Tempat parkir yang luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat bermain anak-anak
  • Lavatory
  • Shelter
  • Pendopo
  • Camping Ground
  • Outlet atau stand makanan
  • Mini bus
  • Dan berbagai wahana yang disediakan oleh Kebun Raya Puncak Cibodas

Jam Buka

jam buka cibodas puncak
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112915294675186708847

Jika Anda ingin berkunjung ke kawasan Cibodas Puncak, maka Anda harus tahu jam operasionalnya terlebih dahulu. Anda bisa mulai datang ke Kebun Raya di Cibodas mulai dari pagi hari hingga sore hari.

Untuk hari Senin sampai Jumat, jam buka dari Kebun Cibodas ini adalah mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional, jam bukanya lebih pagi yaitu mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

Daya Tarik

aktivitas yang bisa dilakukan cibodas puncak
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102656483128272533817

Daya tarik dari Kebun Raya kawasan Cibodas ini sangatlah banyak. Sehingga banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke sini untuk merilekskan pikiran dan diri dari hiruk pikuk kota.

Taman Raya Cibodas ini termasuk ke dalam Botanical Garden karena terdapat berbagai macam pepohonan ataupun tanaman. Hingga saat ini, tercatat ada 5831 sample tanaman dari 1206 jenis pepohonan yang hidup.

Nah, inilah yang menjadi daya tarik utama dari Taman Raya di Cibodas Puncak ini. Banyak pengunjung ingin tahu mengenai berbagai jenis pepohonan yang ada di sana sekaligus menambah wawasan mereka terkait flora di Indonesia.

Daya tarik lain yang menarik para wisatawan untuk datang adalah berbagai spot-spot menarik dari Taman Raya Cibodas.

  • Rumah Kaca
  • Araucaria Avenue
  • Taman Sakura
  • Taman Rhododendron
  • Air Terjun Cibeureum
  • Jalan Air
  • Bunga Bangkai Raksasa
  • Kolam yang Besar
  • Kolam Tumbuhan Paku
  • Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Terdapat beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di Taman Raya Cibodas ini. Khususnya aktivitas yang bernuansa alam serta pengenalan tanaman atau pepohonan.

Melakukan Gathering

Jika Anda berencana untuk mengadakan aktivitas bersama dengan teman-teman organisasi ataupun dengan keluarga, maka Cibodas Puncak adalah tempatnya. Tepatnya di kawasan Kebun Raya terdapat area tanah lapang yang cocok sebagai lokasi gathering atau berkumpul.

Shooting Film

Anda juga bisa melakukan shooting film di area hijau lapang dengan kolam yang ada di sebelahnya. Tempat ini sering dijadikan lokasi shooting baik untuk sinetron maupun film layar lebar karena pemandangannya yang indah.

Mengunjungi Galeri Tanaman Hias

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa Kebun Raya ini memiliki beraneka jenis keragaman hayati. Sebagian besarnya ada di galeri tanaman hias. Di sini Anda akan menemukan koleksi dari berbagai tanaman hias yang indah dan memanjakan mata.

Mengunjungi Air Terjun

Anda juga bisa melihat air terjun atau curug Cibodas Puncak, salah satunya adalah air terjun Cibeureum. Keindahan air terjun dan suasana yang sejuk membuat Anda bisa merasa tenang.

Menginap di Villa Raya Cibodas

Jika Anda ingin menginap, maka Anda juga bisa mencari tempat penginapan di daerah sini. Ada banyak villa di Cibodas Puncak yang bisa Anda gunakan sebagai tempat penginapan Anda selama beberapa hari.

Tips Berkunjung

tips berkunjung cibodas puncak
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115126325898109270609

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda pergi berkunjung ke kawasan wisata alam Cibodas Puncak. Oleh sebab itu, Anda bisa menyimak beberapa tips berkunjung ke daerah Cibodas Puncak tersebut.

  • Jika Anda ingin berkunjung ke Kebun Raya di Cibodas maka Anda harus sudah melakukan vaksin, minimal dosis pertama.
  • Persiapkan uang tambahan untuk biaya parkir dan retribusi ke Pemda Cianjur.
  • Pakailah baju yang tebal atau jaket agar tidak kedinginan karena cuaca di puncak tergolong dingin.
  • Anda bisa mengenakan topi atau penutup kepala lainnya pada saat berkunjung di siang hari untuk melindungi diri.
  • Periksa kelengkapan barang Anda sebelum pergi, bawalah baju ganti untuk berjaga-jaga.
  • Patuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan menggunakan hand sanitizer.
  • Selalu jaga kebersihan di tempat manapun Anda berkunjung.

Itulah informasi lengkap mengenai tempat wisata di kawasan Cibodas Puncak yang sangat sejuk dan menenangkan. Anda bisa pergi ke sini, kemudian pilih tempat wisata yang Anda inginkan, seperti kebun raya, air terjun, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + 2 =