Setiap daerah di Nusantara ini memiliki keragaman budaya bahkan hingga merambah ke arsitektur dari bangunannya dengan motif serta corak berbeda. Sebutan untuk ciri khas konstruksi arsitektur Bali adalah triangga dengan perpaduan yang terdiri dari bagian hulu, badan, dan kaki.

Bukan hanya arsitekturnya area hiburan Bali juga dipadati wisatawan lokal dan luar untuk menjawab rasa penasaran seperti Pura Pasar Agung. Salah satu wisata Karangasem seperti Pura Pasar Agung Sibetan dengan panorama lingkungan hijau nan segar disertai kabut yang melekat.

Babad Pura Pasar Agung menjelaskan bahwa konstruksi ini telah lama ada bahkan ada yang berpendapat didirikan sejak ratusan tahun lalu. Gunung di Bali kebanyakan menjadi tempat disucikan karena terdapat ragam pura yang dibangun disana sebagai tempat beribadah bagi umat hindu.

Harga Tiket Masuk Pura Pasar Agung

harga tiket masuk pura pasar agung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114601367538401983828

Terdapat biaya yang wajib Anda dikeluarkan untuk dapat masuk ke pura ini yaitu sebesar Rp 50.000. Perlu diperhatikan bahwasanya harga tersebut bisa saja mengalami kenaikan atau penurunan bergantung kebijakan berbagai pihak.

Oleh karena itu, disarankan untuk Anda mengikuti dan memantau situs media sosial atau sekedar melihat informasi terbaru di internet.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pura pasar agung
Foto : alamat dan rute lokasi pura pasar agung

Dari tempat wisata aspek terpenting adalah mengetahui dimana alamat dari objek tersebut hal tersebut berlaku juga di Pura Pasar Agung. Jika berencana liburan disini Anda bisa datang ke alamatnya di Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali.

Segi rute yang harus ditempuh untuk sampai di pura ini diawali dari menaiki undakan anak tangga untuk menuju kawasan itu. Tidak perlu risau karena sehabis menaiki banyak tangga rasa lelah akan terbayarkan melalui suasana alam yang menenangkan, dan rindang.

Wisata ini menyajikan pengalaman berbeda bagi pengunjung karena harus melalui medan pendakian terlebih dahulu yang membuat tubuh banyak berolahraga. Selain itu jarak salah satu gunung jauh lebih dekat jika mengawali melewati pura tersebut sehingga menjadi titik popular bagi pendaki.

Apabila Anda memiliki keinginan untuk mendaki paling tidak mulai jam 6 pagi sudah tiba di puncak. Hal tersebut dilakukan agar dapat melihat langsung suasana sunrise dan sunset secara langsung jadi untuk perjalanannya diawali tengah malam hari.

Kendaraan yang bisa dipakai untuk sampai ke Pura Pasar Agung adalah sepeda motor dan mobil. Tetap berhati – hati selama perjalanan karena meskipun keadaan jalanan sudah mulus enak dilewati namun agak menanjak yang membuat rentan macet.

Sesudah diamati jarak antara Denpasar, Bali untuk sampai ke Pura Pasar Agung sejauh 74 kilometer dengan melewati Bukit Jambul. Setelah itu Anda akan sampai di wilayah Rendang kemudian langsung ke Desa Setibudi maupun ke jalur Desa Sidemen.

Fasilitas

fasilitas pura pasar agung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108348702366739985514

Segala nuansa dan komponen yang telah dihadirkan di Pura Pasar Agung rasanya tidak akan lengkap jika kurang fasilitasnya. Dalam penjelasan dibawah ini akan disebutkan beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

  • Toilet atau kamar mandi
  • Tempat parkir yang mempunyai lahan luas
  • Banyak rumah makan di area sekitar pura
  • Area istirahat menyediakan kursi dan meja
  • Tempat beribadah bagi umat hindu

Cukup komplit bukan fasilitas yang dipunyai Pura Pasar Agung ini. Tentunya yang dihadirkan sesuai dengan jenis tempat ini yangmana merupakan area untuk berwisata rohani.

Jam Buka

jam buka pura pasar agung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108298135701055948224

Untuk menjawab rasa penasaran Anda tentang kapan saja hari dapat pergi kesana dan jam operasionalnya maka akan dijelaskan sebagai berikut. Jam operasional Pura Pasar Agung Bali berlaku selama 24 jam setiap hari mulai senin hingga minggu.

Dengan begitu pastinya akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatur hari dan jam yang tepat untuk pergi kesana bukan? Tentukan waktu yang pas agar liburan religi Anda dapat berjalan secara maksimal dan lancar.

Daya Tarik

daya tarik pura pasar agung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109837714718849663463

Acara piodalan Pura Pasar Agung Sebudi banyak dinanti oleh masyarakat sekitar dan umat hindu. Selama acara ini berlangsung masyarakat umum tidak diperkenankan mendaki ke puncak gunung untuk menjaga kesakralan.

Mari kita bahas beberapa aspek daya tarik Pura Pasar Agung berikut ini.

Area suci bagi umat hindu

Sebagai tempat ibadah jelas bahwa kawasan ini menjadi tempat suci bagi umat beragama hindu. Banyak umat hindu yang datang disini untuk meminta keselamatan, perlindungan dari marabahaya kepada alam semesta serta isinya.

Dalam kurun waktu setahunnya sendiri terdapat beberapa hari suci yang khusus mengadakan upacara di Pura Pasar Agung. Rinciannya kegiatan dilakukan 11 hari bulan maret hingga april dinamakan Purnama Kedasa serta bulan Oktober sampai November dikenal Purnama Kalima.

Pesona yang khas di sekitar pura

Lokasinya yangmana berada di bawah lereng gunung membuat keindahan yang ditampakkan dari Pura Pasar Agung elegan. Kawasan sekitarnya ada rumput – rumput hijau dan pepohonan asri.

Letak strategis

Area pura ini sangat gampang ditemukan karena letaknya layaknya ada bentuk menjulang. Anda dapat melihat pura ini secara jelas bahkan dari sisi bawah lereng gunung.

Kunjungi juga –> Pura Penataran Agung Lempuyang dengan segudang daya tariknya.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pura pasar agung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101484295073544013584

Apakah Anda sedang memikirkan kira – kira kegiatan apa yang bisa dilakukan ketika tiba di Pura Pasar Agung? Tenang saja kali ini kita akan membahas beberapa opsi aktivitas yang dapat dikerjakan di Pura Pasar Agung Karangasem.

Mengabadikan momen

Pecinta fotografi pasti akan sangat senang jika mendapatkan spot foto yang berbeda dan tampak keren. Banyak spot foto yang dapat dijelajahi disini.

Mengerjakan sembahyang

Sudah selayaknya ketika berada di pura yang penuh kesan religi Anda mengerjakan sembahyang sebentar. Ini dilakukan untuk memanjatkan doa dan hal baik lainnya.

Review sebelumnya –> Lahangan Sweet yang asri.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pura pasar agung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110033974029528480938

Aspek – aspek berikut bisa Anda jadikan acuan dalam berlibur ke Pura Pasar Agung supaya pengalaman liburan berkesan di hati.

Memantau keadaan cuaca sebelum ke wisata pura di Bali

Sebelum mulai berpetualang ke pura sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu prediksi cuaca dari BMKG guna memastikan cuaca dalam kondisi baik. Bila cuaca hujan deras bisa sangat membahayakan keselamatan dalam berkendara.

Membawa alat – alat kesehatan

Perlengkapan kesehatan lebih baik selalu dibawa agar tidak kebingungan jika diperlukan dalam situasi yang mendadak. Bahan yang dapat dibawa antara lain: obat – obatan, tisu basah, antiseptik, kapas, dan sabun.

Istirahat yang cukup

Tubuh memerlukan banyak energi sebelum memulai kegiatan berikutnya dengan beristirahat yang cukup dapat menjaga fisik dalam kondisi fit. Usahakan selalu beristirahat yang cukup agar kesehatan Anda terjaga.

Persiapkan bekal yang cukup

Jangan lupa membawa bekal yang sesuai kebutuhan untuk menopang perjalanan Anda. Bekal yang dapat dibawa tersebut dapat berupa air minum, makanan ringan, nasi, lauk pauk, dan lainnya.

Data – data tersebut semoga dapat membantu Anda selama menjalani wisata spiritual di Pura Pasar Agung. Selalu ikuti aturan yang ada dan jaga kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + 12 =