Beranjak ke sebelah timur pulau Jawa, Anda akan menemukan beragam destinasi wisata yang menarik serta beraneka macam cafe di Banyuwangi. Sehingga Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam maupun buatan, tetapi juga mencicipi hidangan dengan racikan ala Banyuwangi.

Selain menjadi pilihan tempat makan, kafe-kafe di Banyuwangi juga seringkali menjadi tujuan anak-anak muda untuk nongkrong hingga mengerjakan tugas. Sebab sebagian besar menawarkan tempat yang nyaman dengan berbagai fasilitas memadai dan bermanfaat untuk seluruh pengunjungnya.

Disamping itu ada pula yang menyediakan spot-spot untuk berfoto, sehingga pengunjung bisa datang sembari melakukan ootd-an. Di bawah ini beberapa rekomendasi cafe di Banyuwangi yang mungkin ingin dikunjungi sewaktu senggang ataupun sebagai tempat menyelesaikan pekerjaan.

1. Java Sunrise Cafe

Java Sunrise Cafe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112990840522855922556

Bagi traveler maupun warga sekitar yang ingin menikmati secangkir kopi khas Banyuwangi bisa datang ke Java Sunrise Café. Tempat nongkrong di Banyuwangi ini menyediakan suasana yang menyenangkan, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman, rekan kerja, hingga keluarga.

Bangunan Java Sunrise terdiri atas dua bagian, yakni indoor dan semi outdoor dengan hiasan berupa tanaman-tanaman hijau di beberapa sudut. Meski tidak begitu luas, exterior dan interior kafenya cukup eye catching, serta terjaga kebersihannya.

Pilihan makanan Java Sunrise diantaranya Bakso Bakar, Ayam Lalapan, Tumpeng tempong, Nasi Goreng Hongkong, Ceker Pedas, Mie Pangsit, hingga Siomay. Sedangkan minumannya ialah Ijen Blawan, House Blend, Bali Kintamani, Triple Scoope Ice Cream, Vanilla Latte Ice, dan lain sebagainya.

Harga dibandrol dari kafe yang buka setiap hari dari pukul 10.00-24.00 ini cukup terjangkau, yaitu berkisar dari Rp20 ribuan. Untuk alamatnya sendiri juga strategis berada di jalan Moh. Husni Thamrin No. 217, Pengantigan, Banyuwangi.

2. Osing Deles Cafe & Resto

Osing Deles Cafe & Resto
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100068455618541297715

Tempat makan di Banyuwangi, café di Banyuwangi yang cozy dan harus dikunjungi salah satunya adalah Osing Deles café & Resto. Tempatnya cukup unik, sebab di lantai satu, pengunjung bisa membeli aneka souvenir khas Banyuwangi yang sangat lengkap.

Sementara di lantai dua merupakan tempat para pengunjung untuk menikmati beragam hidangan yang ditawarkan oleh Osing Deles Café & Resto. Kedai satu ini memang nyaman untuk mengobrol santai, tetapi kurang disarankan bagi pelanggan yang work from café karena lumayan ramai.

Adapun makanannya ialah Sop Buntut Deles, Ayam Goreng Kalasan, Semur Lidah, Chicken Kungpao, Spaghetti Teriyaki, Lidah Sambal ijo, Pecel Pitek. Sementara menu pelepas dahaganya seperti Honeydew Juice, New Temulawak Squash, New Bagiak Milkshake, Blue Sky Milky, hingga Deles Wedang Jahe.

Kafe yang buka Selasa hingga sabtu pukul 09.00-23.00 dan Minggu sampai Senin jam 09.00-24.00 menetapkan harga mulai Rp25 ribuan. Jika Anda tertarik untuk mampir ke Osing Deles, silahkan datang langsung ke Jalan K.H. Agus Salim No. 12A, Taman Baru.

3. D’Cinnamon Coffee Shop

D’Cinnamon Coffee Shop
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116976084470613320450

Cafe instagramable di Banyuwangi yang tidak boleh Anda lewatkan ketika liburan ke daerah tersebut ialah D’Cinnamon Coffee Shop. Di sini pengunjung akan menjumpai aneka minuman yang berasal kopi lokal Banyuwangi seperti Arabica dan Robusta.

Selain menyajikan aneka kopi serta tempat yang cozy, D’Cinnamon juga menawarkan menu teh dengan berbagai varian rasa. Misalnya Cinnamon Tea, Ceylon Supreme Tea, Darjelling Tea, Strawberry Tea, Green Tea, Chamomile Tea, English Breakfast Tea, dan lainnya.

Sedangkan makanannya, Anda dapat mencoba Potato Wedges, Sesame Banana, Canai Roll Cinnamon, Fire Breed, Triple Decker Sandwich, hingga Pita Beef. Soal harganya pun masih terjangkau, yaitu berkisar dari Rp15 ribuan.

D’Cinnamon buka dari jam 15.00-23.00 malam setiap Jumat hingga Selasa, dan tutup pada hari Kamis. Sedangkan untuk alamatnya terletak di Jalan Letkol Istiqlah No. 82-84, Pengantigan, Singonegaran dengan akses yang mudah dijangkau.

4. LaCosta Coffee, Food & Gelato

LaCosta Coffee, Food & Gelato
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104881788428611953468

LaCosta Coffee, Food & Gelato berada di Jalan MT. Haroyono No. 62-54, Karangrejo, atau terletak tidak jauh dari Taman Blambangan. Kafe yang keberadaannya di pusat kota Banyuwangi tersebut memiliki dua lantai sama-sama nyaman untuk digunakan oleh pengunjung.

Pada lantai pertama tersedia bar difungsikan sebagai tempat pembeli untuk memesan makanan atau minuman yang diinginkan. Sedangkan pada lantai kedua adalah ruang semi outdoor yang bisa dipakai oleh pengunjung untuk menikmati pesanan dengan semilir angin segar.

Seperti namanya, kedai LaCosta tidak hanya menjual aneka minuman dan makanan, tetapi tersedia gelato yang menjadi favorit para pembeli. Untuk harganya terbilang ramah di kantong, yaitu berkisar Rp15 ribu hingga Rp150 ribuan.

LaCosta mempunyai waktu operasional mulai pukul 14.00 – 22.00 dari Senin sampai Sabtu, dan tutup di hari Minggu. Sangat tepat dikunjungi sepulang mengelilingi destinasi wisata yang terdapat di kota ini.

5. Ijen Isun Village

Ijen Isun Village
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104898718692592080556

Buat yang ingin tempat ngopi di Banyuwangi dengan letak tidak jauh dari perkotaan, tetapi bersuasana pedesaan, Ijen Isun Village solusinya. Untuk lebih detailnya, kafe satu ini berada di Jalan Raya Lijen, Banjarsari, Glagah, Watu Ulo.

Ijen Isun Village mengusung konsep bangunan terbuka dengan sentuhan kayu dan perabotan khas Jawa, sehingga menampilkan nuansa klasik yang menarik. Ditambah adanya kursi rendah dan meja bulat yang akan membuat Anda betah berlama-lama duduk di sini.

Kedai ini menawarkan berbagai macam menu makanan dan minuman, seperti aneka kopi khas Banyuwangi yang sangat diminati. Lalu ada menu tradisional misalnya Kue Cucur, Lanun, Lupis, Ayam Kesrut, Pecel Pitik, Ayam Pedas, serta menu menggiurkan lainnya.

Cita rasa khas bukan berarti harganya mahal, karena seluruh sajian yang ada dibanderol mulai Rp12 ribu hingga Rp50 ribuan. Bagi yang ingin mampir, Ijen Isun Village buka setiap harinya dari pukul 08.00 sampai 22.00 WIB.

6. Three B Cafe Banyuwangi

Three B Cafe Banyuwangi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104278165412355888610

Three B Café merupakan tempat hangout di Banyuwangi, tempat di Banyuwangi terkenal yang juga menyediakan penginapan dengan suasana nyaman. Di area rooftop, pengunjung dapat melihat pemandangan indah dari Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali.

Selain itu, ada juga view laut yang cantik untuk menemani Anda menyantap sajian dari Three B Café. Disamping menawarkan pemandangan yang cantik, Three B Café menyediakan fasilitas terbaik dibutuhkan oleh para pengunjung.

Kafe ini terletak di Jalan Raya Situbondo, Lingkar Krajan, Bululusa, Kalipuro, tepatnya di antara Pantai Watu Dodol dan Pelabuhan Ketapang. Sedangkan waktu operasionalnya Minggu hingga Jumat pukul 09.00-21.00, dan Sabtu jam 09.00-21.30 malam.

Adapun pilihan menunya seperti Lalapan Ayam Kampung, Gurame Rica-Rica, Udang Asam Manis, Fuyung Hai, Oreo Three B, Bubble Sunrise. Harga yang dibanderol cukup terjangkau, berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp50 ribuan.

7. Gis & Gas Cafe

Gis & Gas Cafe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118133113757101337278

Gis & Gas adalah cafe di Banyuwangi hits dan rekomended buat para pecinta kuliner berupa kopi dan eatery. Mengusung konsep otomotif yang diminati oleh kalangan muda dengan tambahan ornamen-ornamen klasik untuk memperindah ruang dan menyediakan spot instagenic.

Gis & Gas sendiri merupakan cafe outdoor di Banyuwangi yang juga menyediakan area indoor untuk ngobrol santai atau mengerjakan tugas. Disediakan pula fasilitas berupa rak buku kecil yang dapat dipinjam dan dibaca langsung oleh pengunjung pada tempatnya.

Bagi siapapun yang berniat datang, bisa menuju jalan Ahmad Yani No. 38, Jajag, Gambiran, Sumberjaya, Wringin Agung. Dengan jam operasional mulai pukul 10.00 pagi hingga 11.59 malam setiap harinya.

Di sini Anda dapat memilih menu Ayam Sambal Matah, Mie Goreng Jawa, Chicken Teriyaki, Mega Mendung, Greentea, sampai Susu Jahe. Harganya pun bervariasi namun tetap bersahabat, yaitu dari Rp15 ribuan.

8. Moxie Coffee and Eatery

Moxie Coffee and Eatery
Foto : https://www.instagram.com/moxieaston/?hl=id

Moxie Coffee and Eatery adalah coffee shop di Banyuwangi, cafe kopi di Banyuwangi yang masih berada satu kawasan Hotel Aston. Sehingga letaknya pun strategis dan mudah dijangkau menggunakan kendaraan, yaitu di jalan Brawijaya, Lingkungan Cuking, Giri.

Tenang saja, meskipun Moxie ini berada di kawasan penginapan, tempat yang asyik untuk nongkrong berikut juga dibuka untuk masyarakat umum. Suasananya pun tenang dan membuat Anda yang menjadi lebih fokus untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

Adapun pilihan makanan seperti Lumpia Hongkong, Soup Haiwong Jagung, Nasi Goreng Yan Caw, Ayam Cabai Rawit, Banana Chocolate Orange. Apabila Anda penggemar salad, maka harus mencoba menu Deluxe Fruit Salad dan Korean Chicken Sesame Salad.

Harganya memang sedikit pricey yaitu antara Rp50 ribu hingga Rp200 ribuan, namun sepadan dengan cita rasa dan kualitasnya. Kafe Moxie mempunyai waktu operasional setiap hari pada jam 08.00 – 24.00 malam.

9. Cafe Sun Osing Beach

Cafe Sun Osing Beach
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107178450716833500643

Sun Osing Beach adalah salah satu alternatif untuk siapa saja yang ingin bersantai ataupun menikmati sajian dengan suasana berbeda. Sesuai dengan namanya, cafe di Banyuwangi pinggir pantai ini menghadirkan view laut dan sekitarnya yang cantik.

Cafe yang sedang hits di Banyuwangi berikut mempunyai banyak spot-spot bagus didominasi konsep lesehan lengkap dengan bean bag. Sun Osing Beach juga menghadirkan live music serta fasilitas lain seperti tempat ibadah, tempat parkir, dan pusat oleh-oleh.

Adapun menu makanannya ialah Mie Seplok, Cheese Meat Steak, Sapo Tahu, Sup Tom Yam Kung, Ayam Kungpao, Fettuccine Carbonara. Sementara minumannya seperti Lemon Honey Squash, Strawberry Milkshake, Chocolate Blend Hot, Avocado Juice, Bang Bang Milkshake, hingga Sarirem Squash.

Harga menu dari kafe yang buka setiap Selasa hingga Minggu pukul 09.00-22.00 berikut masih bersahabat, yaitu mulai Rp25 ribuan. Sedangkan untuk lokasinya terletak di Jalan Raya Banyuwangi Situbondo No.112, Bulusan, Kalipuro dan tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Ketapang.

Datang juga ke –> Cafe di Batu dengan sejumlah menu favorit yang disukai para tamu.

10. Conato Café and Bakery

Conato Café and Bakery
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116321272764986788923

Seperti namanya, kafe ini menawarkan beragam menu dengan olahan kue dan roti yang enak, makanya penggemar roti-rotian wajib mampir kemari. Letaknya berada di depan Roxy Mall, atau bisa menuju ke jalan Jenderal Ahmad Yani No. 21-23, Penganjuran, Banyuwangi.

Tapi tenang, apabila Anda kurang menyukai roti, bisa memesan hidangan lainnya seperti Chicken Cordon Bleu, Spaghetti Tuna, sampai Kwetiau Siram. Jangan lupa untuk memesan minuman diantaranya Fresh Orange Juice, Chamomile Flowers, Cappuccino Crème Brulee, Caramel Macchiato, Green Tea Matcha Med.

Harganya sendiri variatif dan termasuk cafe di Banyuwangi yang murah, yakni mulai Rp21 ribuan. Conato Café Bakery juga menyediakan tempat untuk pembeli yang ingin menggelar acara seperti perayaan ulang tahun.

Selain acara kecil-kecilan seperti itu, Anda juga bisa work from café disini karena suasananya tenang serta dilengkapi berbagai fasilitas. Buat yang tertarik, bisa berkunjung di jam 06.00 pagi hingga 22.00 setiap harinya.

11. Kemunir Kopi

Kemunir Kopi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105213444057420150470

Kemunir Kopi adalah coffee shop mempunyai ukuran mungil, namun nuansanya yang diberikan tetap hangat dan menyenangkan. Sehingga cocok untuk Anda yang ingin me time sambil ootd-an, karena di beberapa sudutnya terdapat tanaman dan hiasan instagramable.

Menu yang disajikan oleh Kemunir Kopi cukup beragam untuk menemani Anda menghabiskan waktu. Misalnya menu makanan seperti Garlic Bread, Teriyaki Rice Bowl, Kemunir Spaghetti, Crinkle Potato, Nasi Goreng Kemunir, Banana Crunch, Mix Platter.

Kemudian drinks menu seperti Es Kopi Susu Kemunir, Float Strawberry, Fruit Punch, Hazelnut Coffee, Caramel Iced Latte, dan beberapa lainnya. Masalah harga masih ramah di kantong, Anda cukup menyiapkan budget mulai Rp10 ribuan saja.

Kemunir Kopi bisa dikunjungi setiap harinya untuk hangout pada pukul 09.00 pagi sampai 22.30 malam. Akses menuju kesana tergolong mudah karena letaknya strategis, yakni di jalan Penataran No. 49, Taman Baru.

12. Waroeng Café

Waroeng Café
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106409957194246296427

Pecinta beraneka ragam olahan seafood harus memasukkan Waroeng café sebagai tempat yang harus dikunjungi saat di Banyuwangi. Tempat yang asyik untuk hangout dan makan ini merupakan kafe recomended dengan olahan sajian berbumbu lezat.

Slogan dari tempat ini harga warung tetapi namun rasa kafe, sehingga termasuk cafe murah di Banyuwangi, cafe di banyuwangi hits. Sangat tepat dikunjungi bersama keluarga besar maupun teman-teman.

Pilihan menu Waroeng café antara lain Cumi Asam Manis, Kepiting Rica-rica, Cumi Goreng Tepung, Kepiting Lada Hitam, Burger Ice Cream. Dengan menu minuman atau dessert seperti Es Buah, Es Campur, Milkshake Float yang cocok untuk menemani sajian-sajian tadi.

Apabila penasaran dengan masakannya bisa langsung datang ke Jalan Kepiting No. 64a, Tukangkayu. Pastikan berkunjung di waktu operasionalnya, yaitu pukul 12.00 siang sampai 24.00 setiap hari.

13. Cafe d’Copiz

Cafe d’Copiz
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101259812153346008928

Satu lagi kafe dengan konsep pedesaan namun seru untuk nongkrong bersama teman-teman, yaitu d’Copiz. Uniknya, kafe ini tidak memberikan fasilitas Wi-Fi untuk pengunjung dengan tujuan agar tercipta obrolan hangat tanpa gadget.

Pelayanannya cukup ramah dan baik, sehingga pengunjung pun merasa nyaman berlama-lama di d’Copiz. Selain tanaman-tanaman hijau yang membuat asri, tempat duduk lesehan di gazebo-gazebo ternyata menjadi daya tarik tersendiri.

Adapun menu yang ditawarkan adalah anek olahan kopi, kentang goreng, nasi goreng, siomay, dan masih banyak lagi. Harganya yang dibandrol untuk setiap menunya juga terbilang murah, mulai dari Rp15 ribu.

Kafe yang buka setiap hari pada jam 12.00 siang hingga 24.00 biasanya cukup ramai di malam Minggu. Nah, bagi Anda yang belum pernah datang kemari, d’Copiz berada di Jalan Brawijaya, Kebalenan.

14. Kedai S.O

Kedai S.O
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107164843268422750015

Kedai Sogok Ontong pada mulanya merupakan sebuah gudang tua tidak terawat. Yang kemudian diubah menjadi tempat ngopi seru oleh pengelolanya.

Kedai yang sudah beroperasi sejak tahun 2016 tersebut menggunakan perabotan kayu. Dan beragam barang vintage untuk menghiasi ruangan.

Bangunan kedainya tidak begitu besar, tetapi selalu ramai oleh pengunjung terutama kalangan anak muda. Terlebih dilengkapi dengan lampu temaram, alunan music mengalun diseluruh ruang, serta harga sajian yang terjangkau.

Minuman yang perlu dicoba ialah Japanese Ice ringan di tenggorokan dan Es Kopi Cube berupa kopi murni disiram susu cair. Di sini tersedia pula aneka camilan lezat antara lain pisang goreng, kentang goreng, Siomay, Tahu Walik, dan snack kafe lainnya.

Harga dari menu-menu kedai yang beroperasional pada jam 15.00-24.00 setiap harinya tersebut sangat bersahabat, mulai Rp10 ribuan saja. Siapapun yang penasaran dan berniat mampir, langsung saja ke Jalan Moh. Husni Thamrin No. 19, Singotrunan.

15. Jiwa Toast

janji jiwa banyuwangi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116268243015264998887

Jiwa Toast merupakan kafe dengan desain interior modern yang comfortable untuk menghabiskan waktu sendirian maupun bersama para sahabat. Kebersihan tempatnya pun terjaga, serta tersedia pelayanan yang ramah dan fasilitas memadai.

Untuk menghilangkan rasa bosan, pihak pengelola juga menyediakan mainan yang bisa digunakan oleh semua pengunjung. Selain itu, juga memperbolehkan pembeli untuk makan ditempat, take away, ataupun delivery order.

Anda bisa mencoba Hamburg Curry Mayo, Crispy Chicken Mentai, Crunchy Choco, Spicy Bulgogi, Shrimp Truffle Aioli, Smoked Beef and Cheese. Tidak ketinggalan order juga minuman seperti Blackcurrant dan Lemonade yang segar untuk menghilangkan dahaga.

Jiwa Toast beroperasional dari 10.00-22.00 malam setiap hari tersebut mematok harga yang masih terjangkau, mulai Rp15 ribu. Sedangkan untuk alamatnya berada di Jalan Kepiting No. 77, Tukangkayu.

16. Palm Sugar Cafe

Palm Sugar Cafe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111311705604108419158

Palm Sugar adalah cafe di Banyuwangi yang instagramable bernuansa tradisional tetapi menyajikan masakan dominan ala Italia. Tentu hal tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar maupun traveler untuk berkunjung dan mencicipinya.

Selain menyantap hidangan menggiurkan lidah, pengunjung bisa melihat berbagai lukisan-lukisan artistic yang dipajang. Serta merasakan udara sejuk alami yang berasal dari pepohonan dan tanaman di sekitar Palm Sugar.

Adapun menu rekomendasinya ialah Red Smoothie Bowl, Chicken Parmigiana, Meat Lover Pizza Medium, Spaghetti Italian Meatball, dan Snickers Smoothies Bowl. Anda juga harus mencicipi Mangoberry Smoothies Bowl-nya berupa paduan Mangga, Pisang, dan Strawberry yang menyehatkan dengan harga mulai Rp20 ribu.

Waktu operasional dari Palm Sugar adalah hari Rabu hingga Senin pada jam 10.00 – 21.30 malam. Sedangkan alamatnya terletak di jalan Kuntulan No. 135, Lingkungan Karang Ase, Bakungan, Glagah.

17. Metronome Coffee Banyuwangi

Metronome Coffee Banyuwangi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107989858921210061541

Metronome Coffee berikut posisinya tergolong strategis dan bisa dijangkau kendaraan, yaitu di jalan Adi Sucipto, Kecamatan Sobo. Konsep bangunannya modern dan kekinian, serta tersedia beberapa spot-spot menarik yang digemari oleh penggemar hunting foto.

Terdapat dua area di Metronome, yaitu outdoor dan indoor yang bisa dipilih secara bebas sesuai dengan keinginan. Di seluruh area juga terdapat fasilitas berupa full music untuk menemani pembeli yang mencoba pesanannya.

Ketika datang, pengunjung akan ditawarkan menu rekomendasi dengan kisaran harga Rp17 ribuan hingga Rp42 ribuan. Adapun menunya seperti Coffee Milk Gato, Chill Coffee Fruity, Rice Box Chicken BBQ, Trio Ice Coffee Milk, dan V60 Arabica.

Anda juga dapat mencoba menu lainnya diantaranya Mie Dok-Dok, Nasi Orak-arik, Metro Pop Hype, Donat Nyess Double, serta Fishroll Chips. Sementara jam operasionalnya adalah pukul 07.00 hingga 10.30 setiap Senin sampai Minggu.

Kunjungi juga –> Cafe di Mojokerto cocok tuk mengisi waktu santai anda.

18. D&A Café

D&A Café
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116400884915460530793

Kafe D&A merupakan salah satu opsi paling tepat untuk penggemar makanan tradisional dan minuman klasik. Misalnya Tahu Walek, Onde-onde, Siomay Goreng atau Kukus, Molen, Ice Mango Milk, Tubruk Susu, Kopi Hijau, hingga Hot Cappuccino.

Dengan menu bervariasi, harga yang dibandrol tergolong murah meriah yaitu berkisar Rp15 ribu hingga Rp20 ribuan. Terlebih tempatnya pun bersih dengan service yang ramah sehingga semakin betah bersantai sendirian ataupun bersama sahabat di D&A.

Buat yang belum pernah kesini tidak perlu khawatir karena keberadaannya strategis, yakni di Jalan Kepiting No. 60, Tukang Kayu, kecamatan Banyuwangi. Sementara untuk jam beroperasinya dimulai pukul 15.00 hingga 24.00 setiap hari.

19. Omah Majapahit Café & Resto

Omah Majapahit Café & Resto
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112961040336089905402

Omah Majapahit Café & Resto seringkali disebut sebagai tempat kuliner hidden gem di Banyuwangi, karena posisinya berada di tengah perumahan penduduk. Lebih tepatnya di Jalan Majapahit No. 40, Taman Batu.

Nuansa Omah Majapahit tidak hanya cozy, tetapi juga unik dengan hiasan dan furniture tradisional, serta bunyi alunan angklung yang dimainkan. Pada pintu utamanya, pengunjung akan menjumpai Patung Dewi Sri yang merupakan simbol pertanian dari masyarakat Indonesia.

Omah Majapahit tetap mempertahankan kuliner-kuliner tradisional tetapi juga menyajikan masakan khas Jepang dan Western. Contohnya Nasi Campur Cumi Hitam, Nasi Goreng Ayam Rempah, Spaghetti Aglio Olio, Japanese Katsu Curry Rice, Autumn Breeze Latte.

Menu-menu menarik dan lezat tadi dibandrol dengan harga bersahabat, Anda cukup menyiapkan budget dari Rp27 ribuan. Omah Majapahit ini dapat dikunjungi pada Minggu hingga Kamis pukul 11.30-21.00 dan hari Jumat sampai Sabtu jam 11.30-22.00.

20. Dominance Coffee

Dominance Coffee
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113147045589430436756

Dominance Coffee cukup terkenal dengan kelezatan kue pancong beraneka rasa yang membuat ketagihan dalam sekali kunyahan. Selain itu tersedia beberapa menu seperti Cireng, Matcha Float, Blue Laguna, Lilac Taro Iced, Japanese Iced Coffee, Aesthetic Palm Sugar.

Kue pancong bervarian rasanya dan menu-menu tadi bisa Anda cicipi dengan harga mulai Rp20 ribuan saja. Pilihan tepat untuk Anda yang ingin nongkrong di tempat bagus dengan budget murah meriah.

Dominance Coffee terdiri dari area indoor dan outdoor bercat putih dominan dilengkapi hiasan lampu-lampu kuning. Disediakan juga cermin besar yang dapat dimanfaatkan untuk mirror selfie, serta hiasan estetik menambah kenyamanan.

Kedai kopi Dominance dapat Anda kunjungi pukul 08.30-23.00 pada Sabtu sampai Kamis, dan jam 13.00-23.00 di hari Jumat. Sedangkan untuk alamatnya ada di jalan Kertanegara No. 10 A, Kebalenan.

21. Sweets Dessert

Sweets Dessert
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100550203038017700823

Sweets Dessert adalah kafe yang menawarkan sejumlah kudapan-kudapan manis membuat ketagihan. Salah satunya adalah Risol Frozen dengan berbagai macam rasa isian seperti Durian, Creamy Tuna Lada Hitam, dan Coklat.

Harganya pun termasuk ekonomis bagi sebagian besar kalangan, yaitu dari Rp12 ribuan. Untuk mencicipi menu Sweets Dessert, Anda bisa langsung datang ke gerainya ataupun memanfaatkan delivery order.

Apabila ingin mengunjunginya, Sweets Dessert berada di Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi. Sedangkan untuk operasionalnya adalah Selasa sampai Minggu pukul 14.00-22.00, dan tutup pada hari Senin.

22. Kedai Kopi Handy

Kedai Kopi Handy
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116976084470613320450

Kedai Kopi Handy yang berada di Jalan Letjen Sutoyo, kelurahan Penganjuran berikut adalah tempat nongkrong favoritnya anak-anak muda. Pasalnya menghadirkan suasana seperti di rumah sendiri namun berkonsep kekinian berupa cafe di Banyuwangi Instagenic, cafe di Kota Banyuwangi.

Selain tersedia area indoor, juga terdapat outdoor yang bisa digunakan untuk menikmati kopi disaat sore ataupun malam hari. Menariknya, di Kedai Kopi Handy tersedia panggung mini akustik untuk menghibur para pengunjung.

Bahkan bagi siapa saja yang berminat, diperbolehkan untuk menampilkan kemampuannya di panggung itu. Ditambah waktu operasionalnya cukup lama dari 07.00-24.00 setiap harinya yang tentu menjadi nilai tambah bagi kedai Kopi Handy.

Menu di sini seperti Es Kopi Susu Handy, Es Kopi Apel, Eskopisureo, Eskopisumarie, Aeropress Coffee, Americano, Frappucino, Cold Brew. Aneka minuman tersebut dibandrol dengan harga ekonomis mulai Rp12 ribuan sampai Rp20 ribu.

23. Indische 1931 Banyuwangi

Indische 1931 Banyuwangi
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107199855895683623861

Sekarang ini sudah banyak sekali kafe yang menarik untuk bersantai di Banyuwangi, salah satunya adalah Indische 1931. Nama kafenya unik ala-ala Belanda dengan bangunan depan full kaca yang terlihat dari luar.

Terdapat ruang indoor dilengkapi beberapa kursi dan AC, serta area outdoor-nya yang tidak begitu panas karena ada tanaman dan pepohonan. Kafenya pun tenang, jadi pengunjung bisa berfoto-foto secara bebas ataupun lebih fokus menyelesaikan pekerjaan.

Menunya antara lain Chicken Maze, Pancake Matcha, Onion Rings, Ice Caramel Corn, Ice ML Taro, Es Kopi Kelapa, Bahama Sunrise. Keseluruhan menu yang ditawarkan mempunyai harga masih bersahabat, yaitu di bawah Rp25 ribuan.

Indische 1931 buka dari Senin sampai Minggu dan bisa dikunjungi pada pukul 08.00 – 24.00 malam. Sedangkan posisinya berada di area perumahan penduduk, tepatnya di jalan Singosari, Taman Baru.

24. Steven Coffee

Steven Coffee
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106533696106100378780

Steven Coffee merupakan kedai kopi yang beralamat di Jalan Kolonel Sugiono No. 11, Kartosari, Tukangkayu dengan akses mudah dituju. Steven Coffee memiliki jam buka dari 12.00 siang hingga 01.00 pagi setiap hari Minggu sampai Senin.

Kafenya adalah tempat yang asyik untuk nongkrong dengan tata ruang rapi, serta pelayanan ramah dan baik. Disamping itu, tersedia beberapa fasilitas unggulan seperti koneksi Wifi hingga tempat parkir yang luas.

Adapun menu Steven Coffee ialah Pizza Tuna, Ayam Goreng Kampung. Untuk minuman ada Excellent Tea, Strawberry Frappe, Ice Nen Dark Chocolate, Kopi Tubruk Susu. Kafe Steven menjual aneka menunya dengan harga mulai Rp16 ribuan.

25. Kedai Galengan

Kedai Galengan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106298230786307486366

Kedai Galengan adalah café terbaru di Banyuwangi dengan nuansa persawahan yang tepat sebagai tempat healing. Untuk lebih detailnya, Kedai Galengan berada di Jalan Tidar Barat SMP 3, Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi.

Pengunjung yang datang ke Kedai Galengan bisa duduk santai di gazebo-gazebo ataupun shelter dari bambu di pinggir persawahan. Bale santainya dihiasi dengan kain-kain putih, sehingga menampilkan suasana seperti di Ubud Bali.

Sajian menunya diantaranya Lalapan Lele, Pisang Gula Aren, Ayam Sambal Kemangi, Tahu Penyet, Yakult Mango, hingga Tela-tela. Harga menu Kedai Galengan yang buka setiap hari pukul 11.00-22.00 adalah mulai Rp8 ribuan, sangat terjangkau ya?

Review sebelumnya –> Cafe di Bangkalan menyuguhkan desain tempat yang kekinian.

26. Dragon Cafe

Dragon Cafe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112119821174075997179

Dragon Café adalah pilihan terbaik untuk kulineran bersama keluarga ataupun teman-teman karena tempatnya sangat luas. Lokasinya berada di sekitar kebun buah naga dan di area outdoor, sehingga mempunyai view yang keren.

Secara detailnya, Dargon Café terletak di Jalan Juanda No. 46-49, kampung Jajag, Gambiran. Sementara untuk waktu operasionalnya mulai pukul 13.00 hingga 24.00 setiap Senin sampai Minggu.

Menu rekomendasi di Dragon ialah Ayam Sauce Teriyaki, Buah Naga Kocok, Bakmie Goreng Special, Alpukat Kocok, dan Lalapan Ayam kampung. Harganya sendiri masih bersahabat, yakni berkisar antara Rp17 ribu hingga Rp40 ribuan, sungguh ekonomis bukan ?

Itu tadi beberapa café di Banyuwangi yang harus Anda masukkan ke dalam daftar tempat hangout menarik dan patut dikunjungi. Beberapa diantaranya bahkan termasuk cafe di Banyuwangi yang buka 24 jam serta menyediakan live music.

Selain menawarkan harga menu terjangkau, cita rasa hidangan lezat, tempat-tempat tadi juga mempunyai area yang unik. Segera saja kunjungi kafe atau berikut untuk bersantai sembari menikmati makanan atau minumannya yang lezat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − 8 =