Goa Selarong merupakan sebuah destinasi bersejarah di Bantul Yogyakarta yang menyimpan banyak kisah-kisah menarik. Bangunan goa Jogja satu ini, dahulunya adalah bekas benteng pertahanan Pangeran Diponegoro dengan pasukannya saat melawan Belanda.

Menjadikan Goa Selarong Jogja sebagai tempat bersembunyi dari serangan Belanda dan juga untuk menyusun strategi perang gerilya. Wisata di Bantul Jogja ini pun juga dikenal sebagai Goa Dipenogoro dengan segudang keunikan dan daya tarik di dalamnya.

Goa Selarong Bantul ini juga dimanfaaatkan dalam sektor pariwisata dan bisa menjadi alternatif untuk anda jelajahai saat hari libur tiba. Menelisik lebih dalam destinasi menawan yang penuh dengan cerita sejarah Pangeran Diponegoro saat ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Harga Tiket Masuk Goa Selarong

fasilitas goa selarong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106969283314973378205

Sesaat tiba di area parkir Goa Selarong maka anda dapat melihat patung Pangeran Diponegoro dengan jubah putih yang menjadi ikonnya. Sedangkan pada bagian gapura, terdapat juga patung Pangeran Diponegoro memakai jubah hitam dengan posisi menaiki seekor kuda.

Selain sebagai ikon, keberadaan patung ini juga memiliki makna tertentu. Yakni sebagai simbol perjuangan dan keberanian Pangeran Diponegoro saat melawan tentara Belanda di masa penjajahan.

Hal tersebut adalah sebagian kecil daya tarik yang dapat anda temukan dalam rangka liburan ke Goa Selarong Yogyakarta. Apalagi untuk bisa melihat semua keunikannya, anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Harga tiket masuk Goa Selarong di Bantul Jogja sangat ekonomis, yaitu hanya 5.000 rupiah saja per orangnya. Dengan tiket yang telah dibayarkan, maka pengunjung akan langsung di suguhkan sebuah pemandangan alam sekitar goa yang menakjubkan.

Wisata Gua Selarong bisa anda explore kapan saja, sebab buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat goa selarong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100622075356183081037

Lokasi Goa Selarong terletak pada sebuah perbukitan kapur dengan ketinggian sekitar kurang lebih 35 meter. Gua Selarong memiliki panjang dan lebar bangunan sekitar 3 meter dengan tingginya mencapai 2 meteran.

Goanya Berbentuk bukit batu dengan 2 lubang yang dahulu kala kedua lubangnya itu dijadikan sebagai markas persembunyian. Di sekitar Goa Selarong Dipenogoro banyak terdapat pepohonan lebat dan juga rindang, serta beberapa tumbuhan lainnya.

Alamat Goa Selarong berada di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaanya cukup dekat dari pusat kota Alun-Alun Paseban bantul, karena jaraknya hanya 4,7 meter dengan waktu perjalanan 11 menit.

Setibanya di pintu masuk kawasannya, pengunjung harus berjalan kaki menuju spot utama Goa Selarong. Dengan berjalan kaki melewati beberapa ratus anak tangga sejauh 400 meter.

Bisa dibilang bahwa Goa Selarong ini letaknya cukup curam, sehingga perlu ekstra berhati-hati selama berada disini. Agar perjalanan menuju area wisata Goa Selarong lebih mudah, anda bisa mengkases petunjuk akuratnya pada maps dibawah ini.

Datang juga ke –> Goa Cerme kegiatan susur gua dengan menggunakan helm dan senter yang menyenangkan.

Fasilitas

harga tiket masuk Goa Selarong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106634485916431449321

Sarana prasana yang tersedia di wisata alam Goa Selarong sudah cukup memadai dan dapat pengunjung manfaatkan dengan baik. Dan dibawah ini fasilitas Goa Selarong yang antara lain adalah :

  • Area parkir luas
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Pendopo / gazebo
  • Area bermain anak
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Yang menarik, di Goa Selarong juga terdapat sebuah sendang, atau kolam di pegunungan dengan airnya berasal dari mata air. Dua sendang tersebut yaitu Manik Moyo dan juga Umbul Moyo.

Selain itu, apabila saat musim hujan telah tiba, pengunjung dapat menyaksikan air terjun Goa Selarong yang teletak di dekat goa. Nikmati serunya berlibur di Gua Selarong dengan jalan-jalan, duduk santai, melihat lebih dalam hingga berfoto-foto ria.

Kunjungi juga –> Galaxy Waterpark kolam renang populer di Bantul yang menyenangkan.

Spot Terbaik di Goa Selarong

spot terbaik di goa selarong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111687753146140958957

Berswafoto tentu menjadi sebuah kegiatan yang tak boleh anda lewatkan dalam lawatan ke Goa Selarong guna mengisi waktu libur. Beragam sudut-sudut menarik disini bisa anda jadikan latar belakang ketika mengabadikan momen dengan berpose di depan kamera.

Aktivitas selfie, foto bersama hingga merekam video bersama dengan keluarga maupun orang-orang tercinta untuk merangkum semua momennya. Menjadikan spot terbaik di Goa Selarong sebagai background untuk hasilkan foto yang estetik.

Spot goa, sendang, air terjun, dan panorama alam sekitar yang menawan patut untuk di coba keseruannya. Maka dari itu, sedia kamera atau paling tidak smartphone kesayangan perlu untuk selalu dibawa kemanapun berwisata.

Dapatkan pengalaman liburan berkesan di Goa Selarong yang menyajikan banyak kisah-kisah menarik melalui bangunan-bangunannya.

Review sebelumnya –> Curug Pulosari yang memikat dan menawan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung goa selarong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105491331260117070904

Sebelum berkunjung, anda bisa menyimak tips berikut ini sebagai tambahan referensi ketika akan rekreasi ke Gua Selarong.

  • Sebaiknya datang di saat hari cerah dan sedang tidak hujan, agar prosesi kunjungan terasa lebih maksimal.
  • Jika dirasa cuaca sedang tidak bersahabat, ada baiknya tunda dulu rencana anda berwisata ke Goa Selarong.
  • Wajib untuk memahami semua tata tertib pengunjung dengan kemudian menaati aturan yang telah di tetapkan.
  • Dimohon untuk selalu menjaga kebersihan area Goa Selarong dengan membuang sampah harus pada tempatnya.
  • Hati-hati dan waspada, agar momen liburan disini berlangsung dengan lancar tanpa adanya suatu hambatan.
  • Ikut serta menjaga lingkungan Gua Selarong agar tetap asri dan juga lestari sehingga terus diminati.

Jadi itu tadi Gua Selarong yang bisa menjadi tujuan berlibur selanjutnya ketika hari libur maupun akhir pekan tiba. Sekian dulu ulasan singkat mengenai bekas markas Pangeran Diponegoro yakni Goa Selarong yang anti mainstream.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + 9 =