Tempat menarik di Perak memang sangat banyak dan beragam. Pasalnya, kawasan ini termasuk negara bagian terbesar nomor 4 di Malaysia. Sejarah dari pemberian nama kawasan ini. lantaran, dahulu tempat ini merupakan penghasil timah terbesar di Malaysia yang memiliki warna perak. Ibukota negara bagian ini adalah Ipoh dan ibu kota kerajaannya adalah kuala kangsar.

Sebagai negara bagian terbesar, perak memiliki berbagai macam destinasi yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini bisa dijadikan alternatif bagi wisatawan yang jenuh dengan Kuala Lumpur, Langkawi, Sabah dan Serawak. Keindahan alam tempat ini juga tidak kalah eloknya dari kawasan lain.

Daftar Tempat Menarik di Perak

Sudah tidak sabar mengetahui berbagai macam destinasi rekomendasi untuk wisatawan selama berkunjung ke perk. Baiklah, mari kita simak penjelajahannya berikut ini,

1. Kota Belanda

tempat percutian menarik di perak
foto : https://www.instagram.com/suzaliahkaswan/

Inilah dia kota tua peninggalan belanda yang pernah singgah di kawasan ini. tidak akan ada biaya masuk yang di tarik.Usia dari kawasan ini kurang lebih 300 tahun yang lalu.

Kawasan nan esoktis ini wajib dikunjungi. Karena, bangunan tempo dulu memang sayang untuk dilewatkan.

Di sini pula wisatawan akan melihat Rumah limas tradisional perak yang di bangun pada masa  kerajaan perak. Uniknya, kawasan ini termasuk kawasan yang sangat ramah wisatawan, dimana ada berbagai macam warung yang bisa dipilih untuk mengisi perut sebelum menjelajah.

Butuh oleh-oleh untuk orang di rumah. Wisatawan bisa membeli berbagai macam cinderamata, dan juga buah tangan yang di kemas secara menarik. kualitas dan harganya pun cukup murah sehingga, menjadi souvenir cantik yang mengagumkan.

Kunjungi juga tempat menarik di Kuala Lumpur yang terkini.

2. Port Weld

tempat pelancong menarik di perak
foto : https://www.instagram.com/twoasiantravelers/

Port weld ini adalah nama kerennya. Tetapi, masyarakat di sini lebih mengenalnya dengan nama Kuala sepetang. Dahulu kala, kawasan ini merupakan pelabuhan yang cukup penting.

Menikmati kawasan ini memang sangat menyenangkan dengan keaneka ragaman satwa liar yang bisa dinikmat dengan tumbuhnya hutan bakau yang sangat esoktis.

Di sini pula ada juga stasiun kereta api pertama di Malaysia yang saat ini di tutup. Jejak-jejaknya bisa dilihat melalui tiket dan loket yang masih berdiri kokoh.

Jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera berbagai jejak sejarah masa lalu yang sampai saat ini masih cukup terawat dengan baik.

3. Night safari Zoo Taiping

tempat menarik di perak pada waktu malam
foto : https://www.instagram.com/hardyqaiser.thebabypackers/

Wisata memang harus total dan jangan setengah-setengah. Karena, semua yang dikerjakan dengan totalitas akan mendapatkan sesuatu yang tidak bisa kita sangka. Termasuk mengunjungi kawasan ini.

Dimana, kita harus total berkunjung sampai malam hari. Tempat menarik di perak pada waktu malam adalah Night Safari Zoo Taiping.

Tempat ini merupakan tempat pertama yang melayani aktifitas hewan di malam hari. Menarik untuk disimak memang. Apa saja yang dilakukan oleh hewan-hewan ini di malam hari. Untuk menjaga ketenangan dan kedamaian hewan. Wisatawan dilarang menyalakan lampu blitz yang pastinya akan mengganggu.

Jadi, jangan lupa mengunjungi kawasan ini karena, sebuah pengalaman berharga bisa menikmati segala kehidupan hewan-hewan lucu di kala datang gelap. Tetapi, ingat jangan berisik dan tetap jaga ketenangan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga Tempat Menarik di London yang paling cantik.

4. Restoran Saffani

tempat menarik di perak untuk makan
foto : https://www.instagram.com/ipohcityawesome/

Berkunjung ke seuatu tempat memang wajib dan harus mencicipi kuliner setempat. Dengan mengunjungi tempat makan yang favorit wisatawan. Salah satunya adalah Restoran Saffani. Tempat menarik di perak untuk makan ini akan tutup pada hari jumat. Jam buka restoran ini pada pukul 6.30 pagi hingga 4 sore.

Tempat ini hanya menyediakan masakan dengan cita rasa melayu. Bumbu yang digunakan pun bukan sembarang bumbu. Melainkan, sudah menjadi resep turunan yang tidak akan terpisahkan.

Menu makanan khas kawasan ini adalah ikan bakar dengan air asam. Dimana, ikan bakar ini begitu lembut dan sempurna untuk dimakan. Selain itu bumbunya pun meresap sampai ke tulang dan duri.

Banyak wisatawan mancanegara pun memuji tempat ini. selain memiliki cita rasa yang nikmat, mereka juga memuju kebersihan dan pelayanan yang diberikan untuk wisatawan. Sangat terjaga sekali dan higienis. Jadi, wisatawan tidak perlu ragu untuk datang ke kawasan ini dan menyantap menu yang ada disiini.

5. Kelip-Kelip Kampung Dew

tempat menarik di perak pada waktu malam
foto : https://www.instagram.com/sleepyworld/

Tempat menarik di Perak ini menghadirkan kerlap-kerlip yang sangat mengesankan. Kawasan seperti ini memang masih sedikit di temui di dunia, terutama di Malaysia. Di sini wisatawan akan disuguhkan dengan sosok kumbang. Wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai pengetahuan tentang kumbang ini.

Wisatawan akan memulai tur nya dengan menggunakan kapal feri sejauh 30 menit. Melihat secara langsung habitatnya di dalam hutan yang cukup gelap. Tetapi, kerlap-kerlipnya mampu menghadirkan pesona yang berbeda. Sungguh keindahan yang tidak bisa terbantahkan.

Baca juga tempat menarik di Osaka yang cocok untuk percutian.

6. Pusat Pengurusan Penyu Segari

tempat menarik di perak untuk dilewati
foto : https://www.instagram.com/norhaslindaabu/

Inilah dia, kawasan favorit wisatawan di pantai panjang. Tempat ini merupakan konservasi hewan-hewan yang kondisinya mengkhawatirkan sebelum dilepas kembali ke laut.

Wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini kebanyakan keluarga yang sebagian besar dari mereka memiliki hewan di rumah. Jadi, kasih sayang yang diberikan benar-benar tulus untuk hewan-hewan ini.

Ada dua jenis penyu yang datang dan mengunjungi kawasan ini yaitu Penyu lipas dan juga Agar. Untuk melihat bagaimana penyu-penyu ini, wisatawan bisa datang ke sini di bulan maret hingga juli. Pada bulan-bilan ini, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai macam aktivitas penyu.

Wisatawan akan di bawa menjelajahi kehidupan penyu mulai dari siklusnya, pembenihan, kolam penyu, saat penyu bertelur, hingga pelepasan kembali kealam. Inilah mengapa banyak wisatawan keluarga sering mengunjungi kawasan ini pada bulan maret hingga juli.

7. Alam Kinta

tempat pelancong menarik di perak
foto : https://www.instagram.com/chewpauline/

Tempat percutian menarik di perak selanjutnya adalah kawasan yang juga disebut dengan taman burung. Terletak di kampung pisah, batu gajah. Objek wisata ini menjadi tujuan utama bagi wisatawan mancanegara maupun wisata Malaysia yang ingin menikmati waktu bersama dengan keluarga.

Tempat ini mempunyai kurang lebih 150 jenis burung air yang diantaranya adalah burung kuang, raja belatuk, wak-wak, tiong air, dan bangau.

Luas kawasan ini adalah 900 meter persegi. Dengan luas ini, wisatawan akan leluasa menikmati berbagai macam kegiatan yang akan berhubungan dengan berbagai macam hewan.

Di sini juga disediakan sebauh menara yang khusus di bangun untuk wisatawan. Dimana, dari menara ini, wisatawan bisa menikmati  burung-burung nan esoktik.

Menariknya lagi, yang ada di kawasan ini tidak hanya burung yang ada di dalam saja. melainkan juga, burung-burung yang pindah atau berimigrasi.

Sebelum menjadi sebuah taman yang sangat menyenangkan untuk keluarga ini. kawasan obejk wisata ini adalah tambang biji timah yang sudah tidak digunakan lagi.

Karena terbengkalai begitu saja. Pemerintah pun merubah dan merombaknya menjadi objek wisata keren untuk wisatawan.

8. Pulau Giam

tempat percutian menarik di perak
foto : https://www.instagram.com/fidsz/

Inilah dia salah satu kawasan pulau kecil yang ada di  Pangkor. Tempat menarik di perak untuk dilewati ini menjadi tujuan utama wisatawan saat berkunjung ke Perak. Mereka memilih kawasan ini karena, bisa digunakan untuk snorkeling dan mengengelilingi kawasan dengan perahu kano.

Wisatawan yang ingin meminjam kayak ini hanya perlu membayar uang sebesar RM 10 saja untuk berkayak dari Teluk Nipah ke Pulau Giam.

Eloknya kawasan ini terdapat di airnya yang sangat jerih seperti Kristal. Soal kebersihan jangan ditanya, karena kebersihan di tempat ini selalu terjaga dengan sangat baik.

Nah, ada spot kece nan keren yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan yang mengunjungi kawasan ini. Dimana ada sebuah batu besar yang berada di tepian pantai, batu besar ini menyerupai pemyu dan kepala buaya. Menarik sekali bukan? Jangan lewatkan sedikit pun keindahannya sobat.

Lihat juga tempat menarik di Seoul yang terkini paling cantik.

9. Bukit Merah Laketown Resort

 tempat pelancong menarik di perak
foto : https://www.instagram.com/kak.june/

Bingung memilih penginapan yang aman dan nyaman di kawasan perak. Di sini aja, kawasan Bukit merak laketown resort ini menghadirkan pesona luar biasa. Kawasan penginapan dan waterpark pertama di Malaysia. Sehingga, keberadaannya sudah di kenal oleh masyarakat banyak.

Berbagai keindahan alam akan ditawarkan disini. selain itu, wisatawan juga bisa menikmati suasan eco park. inilah liburan yang akan meninggalkan kesan rindu bila tak lagi berjumpa.

Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan dengan berbagai macam restoran dengan cita rasa dan menu makanan yang super lezat.

10. Sugai Klah Hot Spring

 tempat pelancong menarik di perak
foto : https://www.instagram.com/zxrif._/

Sepertinya mandi di air hangat memang sangat menyenangkan. Relaksasi dari lelahnya hari dan activity yang dijalani. Nah, datang saja ke sungai klah hot spring.

Disini, wisatawan berkesempatan untuk menikmati hangatnya air yang jerih dan bersih. Sekalinya berendam hati akan terasa tenang dan enggan untuk segera kembali.

Kawasan ini menjadi tempat favorit para pengunjung terutama yang berasal dari luar perak. Disinilah pertama kali tujuan mereka. Dijamin, selepas dari air hangat in, wisatawan akan merasakan badan segar dan bugar kembali.

11. Menara Condong Teluk Intan

tempat menarik di perak pada waktu malam
foto : https://www.instagram.com/iabisha.david/

Inilah dia objek wisata nan unik lainnya di Perak. Dimana, wisatawan akan disuguhkan dengan bangunan menara berbentuk jam yang dibangun pada tahun 1881.

Dahulunya menari ini merupakan menara air yang dimanfaatkan oleh inggris. Kemudian, menara ini dipindah dan dijadikan sebagai sebuah objek wisata.

Tinggi dari menara ini kurang kebih 85 meter. Bila wisatawan ingin naik keatas, wisatawan harus naik kurang lebih 110 anak tangga. Cukup banyak dan cukup menguras tenaga juga untuk bisa menikmati kawasan ini. setelah sampai diatas, lihatlah pemandangan nan esoktis teluk intan yang tidak bisa terbantahkan.

Sungguh, perjuangan yang tidak akan sia-sia berkeringat dan terkadang mengatur nafas. Inilah surga yang selama ini di cari. Jangan lupa mengunjungi kawasan ini bila berada di negeri perak, Malaysia.

12. Air Terjun Ulu Kenas

tempat percutian menarik di perak
foto : https://www.instagram.com/makcj/

Tempat pelancong menarik di perak selanjutnya adalah air terjun Ulu Kenas yang mempunyai keindahan sempurna. Perpaduan, air terjun, pepohonan, bebatuan serta suhu dan nuansa menjadi sebuah daya pikat tersendiri.

Banyak wisatawan datang dan pergi ke tempat ini. Kawasan ini paling cocok bagi wisatawan yang sedang mengemban beban berat.

Jarak dari kota kuala kangsar tidak terlalu jauh hanya 15 km saja. sudah banyak papan petunjuk yang ada di kawasan ini. sehingga, wisatawan tidak perlu takut kesasar.

Selain itu, air terkini ini tidak akan pernah habis walau musim kemarau sekali pun. oleh karena itu, tak heran bila banyak yang ingin menikmati segala keindahannya.

Baca juga tempat menarik di Melaka yang terbaik untuk percutian.

Peta Wisata Menarik Perak

Bagaimana dengan perak? Suguhannya mengesankan sekali bukan? Segala keindahan yang hanya dikhususukan untuk wisatawan semata. Jadi, mana yang akan dipilih? Atau memilih mengunjungi semua kawasan? Semoga rekomendasi tempat menarik di perak. di atas bermanfaat .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here