Jika ingin merasakan suasana seperti negeri atas awan maka Anda bisa berkunjung ke Puncak Lawang di atas Danau Maninjau. Di sana, Anda akan melihat panorama alam yang sangat indah dengan udara sejuk karena ketinggiannya mencapai 1200 mdpl.

Anda bisa memilih datang di pagi, siang, atau sore hari untuk mendapatkan momen tertentu. Disarankan untuk datang pagi hari karena udaranya sangat sejuk atau mungkin sore hari agar bisa melihat matahari terbenam.

Tak hanya panorama yang indah, terdapat berbagai wahana dan permainan bisa Anda mainkan di sana. Berikut beberapa informasi mengenai Puncak Lawang yang harus Anda ketahui, meliputi harga tiket, alamat, fasilitas, jam buka, dan informasi lainnya.

Harga Tiket Masuk Puncak Lawang

harga tiket masuk puncak lawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110680257637149846516

Wisata Puncak Lawang ini mengusung konsep wisata adventure dengan berbagai wahana permainan yang tersedia. Untuk harga tiket masuknya, pada hari biasa adalah Rp20.000, sedangkan pada weekend dikenakan tarif lebih besar yakni Rp25.000.

Namun, jika pengunjung ingin bermain wahana dan permainan yang tersedia maka akan dikenakan biaya untuk masing-masing wahana. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan biaya lebih jika ingin pergi ke Puncak Lawang. Untuk bermain wahana yang seru dan menyenangkan.

Harga tiket Puncak Lawang Park ini bisa berubah sewaktu-waktu karena kebijakan dari pihak pengelolanya. Namun, harga di atas dapat Anda jadikan patokan karena perubahan harganya juga pasti tidak jauh berbeda.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi Puncak Lawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103025952585579111197

Lokasi Puncak Lawang berada Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, tepatnya di atas Danau Maninjau. Sehingga jika Anda berada di Puncak Lawang maka bisa menyaksikan keindahan panorama dari Danau Maninjau.

Ada beberapa akses jalan yang digunakan untuk menuju Puncak Lawang yakni melalui jalur barat dan jalur timur. Jika melalui jalur barat, maka Anda harus melewati Danau Maninjau dan rute kelok 44.

Sedangkan jika, Anda ingin menggunakan jalur timur, maka rute yang digunakan adalah padang – Bukittinggi. Dari Bukittinggi, Anda bisa menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dengan jarak 24 km.

Sementara jika dari ibukota Sumatera Barat atau Padang, maka jarak yang ditempuh adalah 110 km dengan durasi hingga 3 jam. Anda dapat berkunjung ke sana dengan menggunakan kendaraan pribadi atau paket tour, sebab transportasi umum belum banyak tersedia.

Fasilitas

fasilitas puncak lawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114037124706555355528

Selain keindahan panorama dan berbagai wahana seru yang bisa dicoba, Puncak Lawang juga menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung. Fasilitas-fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai mulai dari:

  • Area parkir yang lumayan luas
  • Toilet atau kamar mandi
  • Mushola
  • Warung makanan ataupun kafe dan restoran
  • Penginapan
  • Pusat informasi wisata
  • Sentra oleh-oleh dengan berbagai cinderamata
  • Dan berbagai fasilitas penunjang lainnya

Jam Buka

jam buka puncak lawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100180309233233634009

Wisata Lawang Park ini dapat dikunjungi setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari. Untuk jam operasionalnya, Puncak Lawang mulai dibuka pada pukul 07.00 dan ditutup jam 18.00 WIB.

Untuk para pengunjung tidak disarankan datang ke tempat wisata ini pada msuim hujan. Hal ini dikarenakan jalanannya yang begitu menantang dan banyak kabut tebal.

Daya Tarik

daya tarik puncak lawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114047795329905158435

Puncak Lawang memiliki daya tarik tersendiri yang bisa menarik banyak pengunjung untuk datang. Berikut beberapa daya tarik dari tempat wisata Puncak Lawang ini.

Panorama Danau Maninjau

Salah satu yang daya tarik utama dari Puncak Lawang adalah bisa melihat Danau Maninjau dari atas. Suasananya yang sejuk dan segar akan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Spot Foto yang Menarik

Tidak hanya panorama yang indah, Puncak Lawang juga disediakan beberapa spot foto unik dan menarik. Salah satu spot fotonya adalah rumah-rumah yang berukuran kecil dengan warna cerah.

Paralayang

Tahukah Anda kalau Puncak Lawang menjadi salah satu tempat untuk melakukan paralayang terbaik di Asia Tenggara. Anda bisa menguji adrenalin di sini sebari menikmati keindahan Kabupaten Agam dari atas awan.

Pabrik Tebu Tradisional Katayo

Di Puncak Lawang juga terdapat pabrik tebu tradisional bernama Katayo. Di sana, pengunjung dapat melihat proses pengolahan tebu dengan tenaga sapi.

Tidak hanya melihat prosesnya saja, tetapi Anda juga bisa membeli produk olahan dari air gula. Yang diproses tadi untuk bisa dibawa pulang.

Wahana Outbond

Karena tempat wisata ini mengusung konsep adventure, sehingga ada beberapa wahana outbond yang bisa Anda coba. Mulai dari wahana flying fox, panjat tali, hingga jembatan goyang.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dialakukan puncak lawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114100668117695331655

Hal yang wajib Anda lakukan ketika berada di Puncak Lawang adalah menikmati keindahan panoramanya. Dengan begitu, Anda bisa melepaskan stress yang disebabkan dari padatnya rutinitas sehari-hari.

Namun, selain menikmati pemandangan alamnya masih sangat asri, aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan diantaranya yaitu:

Melakukan Aktivitas Paralayang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Puncak Lawang menyediakan wahana paralayang. Anda bisa melakukan paralayang di sini dengan pendampingan dari petugas yang sudah sangat berpengalaman sehingga lebih aman.

Menikmati Permainan Outbond

Jika ingin menikmati permainan outbond, maka Anda juga harus membayar biaya untuk satu kali mainnya. Harganya bervariasi untuk setiap permainan yang disediakan.

Tetapi Anda juga bisa langsung membayar paket yang tersedia agar bisa mencoba semua permainan outbond dengan bujet lebih hemat.

Berkendara ATV

Aktivitas lainnya, Anda juga bisa menikmati wahana Off Road ATV dengan berkendara di medan lintasan yang cukup menantang.

Panjang treknya mencapai 1 km dan terdiri dari area berbukit serta berlumpur. Aktivitas ini cocok bagi Anda yang suka dengan kegiatan menantang dan memacu adrenalin.

Berburu Foto

Setiap pengunjung yang datang ke Puncak Lawang tidak lupa untuk berburu foto terbaik dari kamera atau ponselnya. Anda bisa berfoto di spot foto yang tersedia atau sekadar mengabadikan pemandangan alam di sekitar Puncak Lawang.

Tips Berkunjung

tips berkunjung puncak lawang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105131777876053234535

Sebelum berkunjung ke Lawang Park, Anda harus memerhatikan beberapa hal agar liburan menjadi lebih menyenangkan. Berikut beberapa tips berkunjung yang bisa Anda lakukan sebelum atau saat berada di Puncak Lawang.

  • Siapkan berbagai barang-barang yang diperlukan.
  • Anda bisa datang di pagi hari untuk mendapatkan udara yang segar. Atau pada sore hari untuk menyaksikan panorama dari puncak dan melihat matahari terbenam.
  • Jika Anda ingin menginap, maka segera pesan penginapan di Puncak Lawang jauh hari. Anda bisa memesannya kamar di Lawang Park Homestay sesuai dengan kebutuhan.
  • Patuhi protokol kesehatan di Puncak Lawang dengan memakai masker dan rajin mencuci tangan.
  • Selalu jaga kebersihan di tempat wisata Puncak Lawang agar kelestariannya terjaga.

Nah, itulah dia pembahasan mengenai tempat wisata Puncak Lawang yang bisa Anda kunjungi untuk melepaskan penat dari rutinitas harian. Tak hanya bisa menikmati udara segar dan pemandangan yang indah saja. Tetapi Anda juga bisa mencoba berbagai wahana permainan tersedia di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 13 =