Maratua Island merupakan sebuah destinasi menakjubkan yang cocok untuk berlibur mengisi waktu luang agar lebih bermakna. Wisata Kalimantan Utara satu ini menyajikan panorama bahari berupa keelokan alam dan bawah laut yang luar biasa.

Pulau Maratua menjadi salah satu tujuan wisata favorit oleh banyak orang, khususnya pecinta aktivitas menyelami lautan. Atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Diving, guna memasuki kedalaman jernih air laut dengan indahnya ragam terumbu karang.

Aneka biota laut turut hadir menemani kegiatan diving anda di Wisata Maratua Island pada saat liburan disini. Pulau Maratua Kalimantan harus ada dalam daftar rencana liburan anda selanjutnya bersama teman, sahabat atau keluarga tercinta.

Daya Tarik Maratua Island

daya tarik maratua island
Foto : https://www.instagram.com/banidhm/

Banyak orang menyebut kalau Maratua Island adalah Maldivesnya Indonesia, bagaimana bisa? Pulau kecil yang eksotis ini memanjang sekaligus melengkung tajam dengan view alam mempesona baik luar dan dalamnya.

Keindahan alam bawah laut Pulau Maratua bakal membuat banyak pasang mata dari pengunjung terkesima. Umumnya orang yang datang ke Maratua Island ini adalah untuk diving atau menyelami bawah laut.

Para divers (pegiat diving) seperti menemukan surga tersembunyi di pulau ini. Maka tak heran jika pada saat anda berkunjung kesini bakal melihat banyak wisatawan yang menyelam.

Namun apabila anda tak ingin diving juga bukan suatu masalah, sebab beragam keseruan tersaji disini. Disekitar Maratua Island Kalimatan mudah anda jumpai wisata bahari berupa pantai dengan pasir putihnya.

Selain itu, anda juga bisa melihat aktivitas dan kearifan lokal dari para penduduk asli Maratua yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Sekitar 3.000 jiwa Suku Bajo menghuni area Pulau Maratua yang kecantikan seolah tak ada habisnya.

Harga Tiket Masuk Maratua Island

harga tiket masuk maratua island
Foto : https://www.instagram.com/banidhm/

Sebelum anda memutuskan untuk menghabiskan waktu libur di wisata Maratua Island, persiapkan semuanya dengan baik. Seperti kesiapan fisik, yang harus dalam keadaan fit dan sedang tidak sakit agar bisa jelajah Pulau Maratus lebih leluasa.

Setelah tubuh anda dirasa siap untuk liburan disini, satu hal lagi yang tak kalah penting adalah soal keuangan. Kegiatan mengunjungi tempat wisata, pastinya anda memerlukan sejumlah biaya untuk menunjang semuanya.

Sama halnya ketika anda akan singgah di gugusan pulau kecil yang menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Timur ini. Jika dibandingkan dengan beberapa spot diving kebanyakan, wisata Pulau Maratua termasuk terjangkau soal bianyanya.

Pada saat tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Maratua Island hanya sekitar Rp50.000 saja. Jika akan melakukan aktivitas diving, maka anda tak perlu bawa dari rumah, karena disini menyediakan persewaan.

Namun apabila anda ingin semuanya lebih simple, maka bisa mengambil paket tour Maratua Island yang tersedia. Di dalam paket tour Maratua Island biasanya sudah termasuk dengan penginapan, alat diving, makan, transportasi penyeberangan.

Paketnya tersedia dalam beberapa piihan, dan harganya lumayan beravariatif. Tergantung dari apa saja fasilitas yang ditawarkan dalam setiap paketnya.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Maratua Island
Foto : https://www.instagram.com/jm_adventour/

Tak perlu risau apabila anda masih bertanya-tanya Maratua Island dimana? Untuk lokasi Pulau Maratua sendiri berada di Laut Sulawesi yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Secara administratif, Maratua Island merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau yang termasuk provinsi Kalimantan Timur. Untuk saat ini, jika akan melakukan perjalanan wisata ke Maratua Island tergolong mudah lho.

Anda bisa memilih melalui jalur udara ataupun laut, melalui kota-kota di sekitaran Kabupaten Berau. Seperti misalnya di Balikpapan yang menyediakan penerbangan langsung ke Maratua Island menggunakan pesawat.

Bisa juga apabila anda memulainya dari Kota Tarakan, baik menggunakan jalur laut maupun udara. Misal jalur udara yang anda pilih, cobalah untuk naik pesawat tujuan Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau.

Selanjutnya, anda harus menyewa speed boat menuju letak persis Pulau Maratua, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam. Apabila anda dari Tarakan menggunakan transportasi udara juga sudah tersedia, dengan durasi 30 menit penerebangan menuju Maratua Island.

Fasilitas

fasilitas maratua island
Foto : https://www.instagram.com/ayaphotogallery/

Menjadi salah satu spot terbaik untuk Diving di Indonesia, membuat wisata Pulau Maratua seakan tak pernah sepi dari pengunjung. Dukungan sarana prasarana yang memadai turut menjadi daya tarik tersendiri bagi para divers.

Berikut ini fasilitas Maratua Island yang bisa anda temui :

  • Tempat parkir/penitipan kendaraan
  • Jasa pemandu wisata
  • Toilet umum
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Persewaan alat diving
  • Persewaan kendaraan
  • Penjaja aneka souvenir
  • Penginapan
  • Rumah makan
  • Warung
  • Spot diving melimpah

Nikmati berbagai keseruan yang ditawarkan oleh wisata Pulau Maratua untuk memberikan anda pengalaman liburan menyenangkan. Salah satunya dengan melakukan aktivitas menyelami lautan melalui diving.

Bila anda belum pernah diving, maka cobalah kegiatan selam indahnya bawah lautan ini dan rasakan keseruannya. Disini para wisatawan dapat merasakan sensasi berenang bersama ratusan ubur-ubur tanpa harus takut terkena sengatannya.

Ragam terumbu karang, aneka biota laut beserta dominasi hijaunya padang lamun halodule uninervis semakin membuat pemandangan bawah laut mempesona. Spot diving Maratua Island cukup melimpah, sebut saja Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef.

Masih ada juga Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden, dan The Channel spot. Anda bisa memilih salah satu dari spot tersebut yang semunya sama-sama menawarkan panorama bawah laut mengagumkan.

Spot Terbaik di Maratua Island

spot terbaik di maratua island
Foto : https://www.instagram.com/yanuarirvanyanuar2/

Penginapan di Maratua Island yang tersedia tentu bertujuan agar siapapun dapat liburan disini sampai puas. Tersedia resort maupun cottage, penginapan di Maratua Island yang telah berstandar internasional.

Ciptakan momen berwisata kali ini lebih bahagia dengan bersenang-senang melakukan banyak aktivitas seru di Maratua. Diving, menyelami lautan, jalan-jalan, explore wisata bahari, bersantai, melepas kepenatan, hingga mengabadikan momen melalui berfoto-foto ria.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa Maratua kerap dijuluki sebagai Pulau Maldives-nya Indonesia. Karena hampir disetiap sudut pulau cantik ini di dominasi oleh banyak panorama alam memukau.

Lautan yang jernih, bersih dan air lautnya biru menjadi hidangan utama yang bakal anda saksikan disini. Namun yang paling favorit tentu saja landscape bawah lautnya, sebagai spot terbaik di Maratua Island.

Tips Berkunjung

tips berkunjung maratua island
Foto : https://www.instagram.com/noahmaratuaresort/

Agar semunya bisa lebih maksimal, anda dapat menyimak beberapa tips berkunjung ke Maratua Island dibawah ini.

  • Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai paket tour Maratua Island untuk menambah referensi anda.
  • Persiapkan semuanya dengan baik agar momen liburan di Maratua dapat berjalan lancar sesuai keinginan.
  • Rencanakan liburan anda disini pada saat musim panas, atau paling tidak sedang jarang terjadinya turun hujan.
  • Selalu hati-hati dan waspada selama bermain diving, explore wisata bahari dan kegiatan seru lainnya.

Demikian ulasan singkat tentang salah spot terbaik untuk menyelami indahnya lautan Indonesia, yakni Maratua Island. Jadi tunggu apalagi, saat hari libur telah tiba, segera atur waktu terbaik anda jelajah alam mempesona di Pulau Maratua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + 3 =