Pulau Dutungan merupakan sebuah destinasi ciamik yang bisa jadi tujuan berlibur anda saat berada di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan. Menyuguhkan sebuah wisata bahari dengan pemandangan elok dan cantik sejauh mata memandang.

Untuk menuju Dutungan Island para wisatawan diharuskan naik transportasi laut terlebih dahulu guna menyeberangi lautan. Bagi anda yang suka liburan ke pantai, berkunjung ke wisata Pulau Dutungan Barru sepertinya akan sangat cocok.

Buang semua kepenatan dan rasa lelah yang tengah membelenggu diri anda dengan explore keindahaan Pulau Dutungan Sulawesi. Ciptakan kesenangan tak terbatas di wisata Barru satu ini besama orang-orang tercinta sekitar anda.

Daya Tarik Pulau Dutungan

daya tarik pulau dutungan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100277031272537761841

Dengan segudang daya tariknya, menjadikan pulau menakjubkan satu ini menjadi salah satu destinasi favorit di Barru. Mau kapanpun, pulau Dutungan ini seakan selalu ramai oleh wisatawan, baik dalam negeri maupun turis asing.

Dutungan Island dari kejauhan nampak berbentuk bulat dan tertutupi oleh pepohonan hijau. Wisatawan dapat melihat Pulau Dutungan yang terlihat datar dengan kontur bukit landai berbalut pasir putih dan juga hutan bakau.

Wisata Pulau Dutungan menyuguhkan pemandangan lautan yang mempesona dengan kawasan ilalang serta hutan kayu jati. Dikelilingi pohon rindang yang membuat suasana disini cukup teduh dengan angin sepoi-sepoi menemani setiap langkah.

Berlibur kesini, anda benar-benar akan dimanjakan oleh landscape alam mengagumkan yang melimpah. Sehingga tak heran bila banyak orang akhirnya memilih Pulau Dutungan sebagai tujuan liburan untuk besenang-senang.

Manjakan diri anda selama di Dutungan Island dengan eskplorasi setiap sudut pulaunya yang memikat.

Harga Tiket Masuk Pulau Dutungan

harga tiket masuk pulau dutungan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113271050568770424939

Anda tak perlu berfikir jika untuk bisa liburan disini maka akan membutuhkan biaya banyak sekali. Padahal kenyatannya tidak, justru anda hanya perlu sejumlah biaya yang tergolong ekonomis dan tak akan menguras dompet.

Untuk bisa memasuki kawasan wisata Pulau Dutungan di Kabupaten Barru, sekali lagi anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Pulau Dutungan adalah sebagai berikut :

  • Rp30.000 : Tiket camping (membawa tenda sendiri)
  • Rp30.000 : Tiket masuk pengunjung anak-anak
  • Rp50.000 : Tiket masuk pengunjung dewasa

Ketentuan biaya tiket masuk di Pulau Dutungan tersebut berlaku setiap hari dari Senin hingga Minggu. Dan biaya tersebut tentu saja dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Sehingga ada baiknya anda tetap membawa uang lebih, guna menunjang berbagai kegiatan selama liburan disini. Agar lebih puas, anda bisa bermalam pada penginapan di Pulau Dutungan yang bermacam-macam.

Harga villa di Pulau Dutungan sendiri memiliki rentang biaya mulai dari Rp250.000 sampai denga 1.5 juta rupiah. Nominal harga bergantung pada luas rumah, serta fasilitas bawaan yang tersedia.

Informasi Penting

informasi penting pulau dutungan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113000590531795196146

Ada beberapa informasi penting yang perlu anda garis bawahi agar semunya menjadi lebih baik. Informasi penting mengenai Pulau Dutungan antara lain :

  • Pulau Dutungan buka secara terbatas, yakni hanya untuk pengunjung yang menginap saja (Villa dan Camping).
  • Pengunjung wajib reservasi terlebih dahulu 10 hari sebelum kunjungan. Dengan menghubungi pengelola wisata Dutungan melalui nomor 0813 4008 3071 (WhatsApp dan Telfon)
  • Biaya yang telah disebutkan sebelumnya merupakan harga tiket masuk dan transport pulang pergi pulang ke Pulau Dutungan.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat pulau dutungan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100282778363280828125

Lokasi Pulau Dutungan berada di sebuah perairan eksotis dengan kisaran kedalaman mencapai 1,2 hingga 43 meter. Alamat Pulau Dutungan berada di Desa Cilellang, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

Keberadaan wisata pulau menawan ini bisa anda jangkau dengan mudah dari pusat Kota Barru. Yang dimana jarak dari Alun-Alun Kabupaten Barru ke Pulau Dutungan jaraknya kurang lebih sejauh 32.5 km

Dengan rata-rata waktu perjalanan sekitar 37 menit melalui akses jalur yang mudah untuk dilintasi banyak kendaraan. Kendaraan roda dua serta empat tak akan menemui kesulitan berarti saat akan berwisata kesini.

Terlebih dahulu, anda harus mencari Tanjung Indah yang merupakan dermaga titik awal penyebrangan. Tanjung Indah adalah daratan utama yang akan membawa para wisatawan menuju spot utama pulaunya menggunakan transportasi laut.

Biasanya menggunakan perahu, dan pengunjung akan diantarkan langsung menuju ujung selatan pulaunya. Jarak Dermaga Tanjung Indah ke Pulau Dutungan kurang lebih sejuah 500 meter.

Sementara untuk penyeberangannya sendiri harus menemph waktu sekitar 10 menit perjalanan.

Fasilitas

fasilitas pulau dutungan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116992352317801481690

Termasuk dalam daftar wisata di Barru yang favorit dan jadi incaran oleh banyak pelancong. Dukungan sarana yang memadai menjadi salah faktor dan juga daya tarik di Pulau Dutungan Barru.

Berikut fasilitas Pulau Dutungan yang meliputi :

  • Area penitipan kendaraan
  • Pusat informasi
  • Jasa pemandu wisata
  • Petugas keamanan
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Penginapan / villa
  • Kios oleh-oleh
  • Penyewaan alat selam
  • Kafe
  • Area memancing
  • Rumah makan
  • Aktivitas seru di lautan
  • Spot foto menarik

Nikmati beragam keseruan yang disuguhkan oleh wisata Pulau Dutungan Kabupaten Barru. Cobalah untuk merasakan hal-hal menarik dengan bermain di lautannya, melalui diving, snorkeling, serta naik banana boat.

Kawasan perairan di Pulau Dutungan memiliki air laut yang tegolong jernih dan pastinya bersih. Sehingga untuk bisa melihat keindahan bawah lautnya sangat bisa dilakukan.

Gugusan terumbu karang beserta biota laut setempat yang terlihat indah dan alami bisa anda lihat melalui bermain snorkeling.

Spot Terbaik di Pulau Dutungan

spot terbaru pulau dutungan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113204114148371524773

Keindahan area wisata Pulau Dutungan Barru dapat terlihat hampir di setiap sudutnya. Mulai dari hamparan pasir putih, lautan hingga dermaganya begiu mempesona.

Hal terrsebut membuatnya terdapat banyak sekali spot foto alami yang dapat dijadikan latar pada saat berfoto-foto ria. Aktivitas berswafoto tentu saja bertujuan untuk mengabadikan semua momen yang terjadi selama liburan di Dutungan Island.

Tak sedikit wisatawan yang memanfaatkan keindahan Pulau Dutungan sebagai lokasi untuk foto prewedding. Selain itu, pemandangan memikat yang menjadi salah satu incaran banyak wisatawan adalah terbenamnya matahari di sore hari.

Momen emas pergantian waktu ini menawarkan panorama sang surya yang perlahan terlelap menuju cakrawala. Menjadi pemandangan paling menakjubkan yang bisa dijadikan sebagai latar belakang atau background saat anda selfie dan rekam video.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau dutungan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102794449589037742208

Sebelum anda singgah ke Pulau Dutungan, tak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berkunjung dibawah ini.

  • Anda wajib memperkirakan waktu kunjungan ke Pulau Dutungan, agar semunya berjalan dengan maksimal.
  • Hari yang cerah dan tidak hujan adalah waktu terbaik explore keindahan Pulau Dutungan Sulawesi.
  • Persiapkan diri anda harus dalam keadaan sehat dan juga fit untuk mencoba beragam keseruan yang dihadirkan Tudungan Island.
  • Tak hanya pemandangan dan keseruan, misteri Pulau Dutungan juga dapat anda cari tau lebih dalam.
  • Wajib menaati peraturan pengunjung dan juga selalu menjaga kebersihan di kawasan wisata Pulau Dutungan Barru.

Demikian tadi informasi yang mengulas secara singkat wisata Kabupaten Barru populer yakni Pulau Dutungan. Jadi tunggu apalagi, saat ingin bersantai dan mencari kesenangan, Pulau Dutungan Barru pasti akan sangat cocok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + twelve =