Pantai Ngrenehan – Berbicara mengenai Gunung Kidul memang tidak akan pernah ada habisnya. Ada saja keindahan dan pesona yang dihadirkan. Tidak hanya mengenai sajian kulinernya  melainkan, alamnya yang benar-benar elok nan esoktis. Sama seperti halnya, Pantai Ngrenehan yang berada di Saptosari.

Seperti kita ketahui bahwa wilayah saptosari adalah wilayah yang terkenal dengan banyaknya perbukitan karst yang benar-benar menarik. Keunikan dari kawasan ini adalah sajian kulinernya lantaran berupa ikan laut.

Saat anda menginjakkan kaki  di wisata Pantai Ngrenehan. Anda akan disambut dengan ucapan selamat datang oleh perahu-perahu nelayan yang berjajar lebih banyak daripada kawasan lainnya. Pasir putihnya yang lembut memberikan pesona lain yang tidak akan pernah bisa anda lupakan.

Keunggulan lain yang bisa anda nikmati disini adalah kondisinya yang masih sepi. Maklum saja, nama ngrenehan memang masih berada di dasar. Namanya masih kalah dengan Pantai Ngobaran yang letaknya berada di sebelahnya saja.

Tebing-tebing yang menjulang tinggi dan air laut yang cukup jernih membuat kita betah untuk berlama-lama disini.

Tak hanya itu saja, ombak yang ada di pantai Ngrenenhan  pun tidak terlalu besar. Jadi sangat cocok bagi anda yang ingin berenang dan menikmati kesegaran airnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

harga tiket masuk pantai Ngrenehan
foto: https://www.instagram.com/indrha_bi/

Harga tiket masuk Pantai Ngrenehan ini cukup murah hanya 5 ribu rupiah saja.

Di tambah dengan uang parkir dengan biaya 3 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor dan 5 ribu rupiah yang menggunakan mobil.

Lihat juga daftar 50 pantai di Gunung Kidul yang rekomended.

Alamat dan Rute Lokasi

 alamat pantai Ngrenehan
foto:

Alamat Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanogoro, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menuju ke objek wisata ini anda wajib menggunakan kendaraan pribadi karena, transportasi umum disini masih belum bersahabat.

Jalan menuju Pantai Ngrenehan bisa anda mulai dari kota Yogyakarta menuju ke jalan arah wonosari. Ikuti saja jalur yang ada disini hingga anda akan menemukan Pasar Trowono. Ambil jalur menuju kea rah pantai selatan menuju ke kelurahan kanigoro.

Rute menuju Pantai Ngrenehan selanjutnya saat anda sudah menemukan pertigaan jalur wonogiri – imogiri. Ambil ke kiri kemudian, anda sudah bisa melihat kawasan objek wisata ini. Selain dari sini anda pun juga bisa mengambil arah lain dari Gading ke playen hingga  Pasar Trawono, Kelurahan kanigoro hingga akhirnya sampai di titik lokasi.

Lihat juga: Pantai Sadeng yang tak kalah indahnya.

Sejarah Pantai Ngrenehan

wisata pantai Ngrenehan
foto: https://www.instagram.com/silviafatdia__/

Baiklah, sebelum kita melihat lebih jauh apa saja yang ditawarkan di Pantai Ngrenenhan. Mari kita lihat terlebih dahulu bagaimana sejarah yang tercatat di tempat ini. dimana, nama dari kawasan ini sendiri di beri oleh Raden Fatah yang kala itu menjadi raja dari kerajaan Demak.

Kala itu, Raden Fatah sedang mencari ayahnya yang lari saat Kerajaan Demak sedang menyerang kerajaan majapahit. Raden Fatah sebenarnya ingin ayah dan juga istrinya menjadi seorang muslim seperti apa yang dianutnya. Sayangnya sang ayah pun tidak mau. Untuk menghindari sebuah pertempura dengan anaknya. Sang ayah pun akhirnya pergi ke wilayah ini.

Raden Fatah dan pengikutnya pun tiba di sebuah pantai. Mereka melakukan sebuah musyawarah dan dihasilkan sebuah ajakan yang berasal dari bahasa jawa yaitu “rene” atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti sini.

Dari kejadian tersebut para warga pun memberikan nama untuk pantai ini dengan nama ngrenehan.

Kunjungi juga: Pantai Nguyahan yang mempunyai banyak spot foto hits terbaru.

Spot Wisata di Pantai Ngrenehan

spot wisata pantai Ngrenehan
foto: https://www.instagram.com/darusm1124/

Ada banyak pesona yang memang ditawarkan disini. Dimana, banyak fasilitas yang bakal memanjakan anda. Seperti toilet, kamar ganti baju. Tidak hanya cukup sampai disitu saja. masih ada beberapa pesona yang juga bisa kita nikmati disini.

Seperti spot foto area yang benar-benar menarik untuk dikunjungi. Apalagi, kapal-kapal nelayan yang bersandar disini terkadang juga bisa dijadikan spot untuk foto. Oleh karena itu, jangan heran bila disini juga digunakan sebagai kawasan prewedding atau juga pemotretan para siswa.

Disini pula, kita bisa melihat bagaimana kita bisa melihat kondisi geografisnya seperti sebuah teluk yang mengesankan apabila, anda melihatnya dari atas. Oleh karena itu, jangan lupa membawa drone dan lihatlah keindahan yang sulit untuk anda tolak disini.

Di bibir pantainya terkadang anda juga bisa melihat cangkang kecil dan juga kerang yang berserakan di sini. Sungguh, pesona yang benar-benar elegan untuk sebuah pantai yang tidak terlalu besar. biasanya selain melihat koral ini. kita juga bisa berjemur di tengah teriknya matahari serta menikmati semilir angin sepoi-sepoi yang luar biasa memanjakan. Dijamin, anda pasti enggan beranjak dari sini.

Jangan lupa untuk menikmati senja di Pantai Ngrenehan yang benar-benar esoktis. Senja yang membuatmu tidak akan pernah melupakan sedikit pun keindahan dari siluet Pantai Ngrenenhan.

Lihat juga: Pantai Ngobaran yang cock dijadikan tempat bersantai akhir pekan.

1. Sajian Seafood yang Menggoda

kuliner di pantai Ngrenehan
foto: https://www.instagram.com/yusithemantra/

Lokasi wisata Pantai Ngrenehan bisa dibilang adalah kampung nelayannya saptosari dimana, kita bisa melihat berbagai macam ikan-ikan dari tangkapan para nelayan. Biasanya, mereka akan menyetor ikan segar ini ke TPI dan juga ke beberapa warung. Sehingga, anda bisa memilihnya dan menikmatinya.

Jangan lupa untuk membelii sajian special yang ada di tempat ini yaitu ikan goreng sambal hijau. Dimana, sambal hijau yang disajikan memang khas sekali. Nikmatnya memang kebangetan apalagi, bila anda memadukannya dengan nasi putih yang hangat pasti akan menambah cita rasanya.

Ikan yang digunakan pun bisa anda pilih sendiri seperti kakap, gurame, nila, kerapu merah, cumi, udang, atau juga kepiting. Selain sambal hijau anda juga bisa menikmati saus asam manis yang segar menggoda.

Selain menu seafood anda juga bisa menikmati sajian lainnya yaitu nasi goreng. Harga yang harus anda bayar pun tidak terlalu mahal. Sangat murah dan hemat di kantong apalagi, bagi anda para backpacker yang mengunjungi objek wisata ini.

Disarankan anda harus berhati-hati dengan makanan ini karena, anda bisa lupa dan terus makan tampa henti. Menariknya lagi, warung-warung ini menghadap ke laut sehingga, selain dapat enaknya anda juga dapat nikmatnya. Jangan lupa untuk meniimatinya ya. Rugi bila sudah sampai disini tidak menikmati beberapa sajian yang ada disini.

Datang juga ke Pantai Sepanjang Gunung Kidul yang sangat indah.

2. Wisata Budaya

wisata pantai Ngrenehan
foto: https://www.instagram.com/arya_0214/

Di objek wisata ini kita tidak akan melihat keindahan yang sudah ditawarkan diatas. Tetapi, kita juga bisa menikmati sajian budaya yang tidak pernah luntur terlekang oleh waktu. Sebenarnya, wisata budaya ini ada di Pantai Ngobaran. Tetapi, jarak keduanya sangatlah dekat hanya 1 km saja,

Sehingga, saat perayaan nyepi tiba atau saat datang bulan purnama kita bisa melihat bagaimana pertunjukkan kebudayaan yang selalu dijunjung sejak zaman dahulu. Menghadirkan keindahan yang sempurna.

Banyak yang mengatakan bila kegiatan ini dipenuhi dengan aroma mistis. Sehingga, anda pun disarankan untuk berhati-hati bila mengunjungi dan ingin melihatnya. Jadi, disarankan untuk tetap berhati-hati.

Datang juga ke Pantai Sadranan yang unik dan menarik.

Pantai Ngrenehan adalah sebuah pesona di Gunung Kidul yang memang mengesankan di mata dan di hati. Warung-warung yang berdiri dan pemandangan kapal-kapal nelayan menghadirkan rona yang tak akan pernah anda bayangkan. Ayo datang dan berkunjung ke objek wisata ini. Jangan lupa Pantai Ngrenehan sudah menunggu anda lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here