Situs Warungboto merupakan sebuah cagar budaya populer di Yogayakrta yang menyajikan umbul/pemandian dan juga Pesanggrahan. Pesanggrahan sendiri adalah kata yang umum digunakan untuk rumah peristirahatan atau penginapan pada zaman kolonial Belanda.

Sehingga di Situs Warungboto Jogja ini anda dapat melihat sebuah bangunan dengan desain klasik yang sangat menarik. Ada pula sebuah umbul atau kolam pemandian dengan sumber mata air alami yang menyajikan pesona keindahan luar biasa.

Mengisi waktu libur dengan explore wisata Warungboto dijamin menyenangkan, bila di isi dengan jalan-jalan dan juga berfoto-foto ria. Ciptakan kesan berlibur yang tak akan terlupakan di wisata Jogja tehits satu ini dengan beragam keunikan didalamnya.

Harga Tiket Masuk Situs Warungboto

harga tiket masuk Situs Warungboto
Foto : https://www.instagram.com/norel08/

Bangunan Cagar Budata Situs Warungboto di Yogyakarta terbuka untuk umum sekaligus diresmikan pada tahun 2010 silam. Dan hingga kini, tempat bersejarah satu ini pun selalu ramai akan kunjungan wisatawan bahkan hampir tak pernah sepi.

Aneka daya tarik di Warungboto terbukti ampuh bak magnet yang menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah datang kesini. Nampak sekilas, arsitektur pada bangunan Situs Warungboto Jogja ini sangat mirip dengan Taman Sari Yogyakarta.

Hal tersebut berdasarkan kemiripan beberapa sudut bangunannya, seperti dinding-dinding yang kokoh tebal. Selain itu lorong beratap lengkung beserta dua kolam yang terhubung memiliki bentuk tidak sama.

Serta masih banyak lagi keunikan yang dapat pengunjung jumpai saat berwisata di Warungboto Jogja dengan segudang daya tariknya. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, sebab harga tiket masuk Situs Warungboto tidak ada, hanya perlu membayar parkir kendaraan saja.

Apabila anda tengah mempunyai rejeki lebih, maka bisa dengan memberi uang kebersihan seikhlasnya untuk ikut serta merawat bangunan ini. Terbuka untuk umum setiap hari, jam operasional wisata yang berlaku di Situs Warungboto adalah pukul 08.00-17.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat situs warungboto
Foto : https://www.instagram.com/chan_ikhsan93/

Lokasi Situs Warungboto sangat mudah untuk ditemukan karena letaknya bisa dibilang cukup strategis. Berdiri diatas lahan dengan luasnya sekitar 1 hektare dan memiliki luas bangunan kurang lebih 3.344 meter persegi.

Letak situs ini dibangun pada dua sisi yang berbeda, yakni barat dan timur dengan menghadap ke arah Sungai Gajah Wong. Alamat Situs Warunboto berada di Jl. Veteran No.77, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masih berada di kawasan kota dengan akses jalan utamanya bisa dilintasi oleh semua jenis kendaraan. Berjarak sekitar 3,7 km dari Titik 0 Kilometer Yogyakarta dengan waktu tempuh perjalanan selama 14 menit.

Terpasang beberapa plang petunjuk untuk memudahkan anda dalam menemukan keberadaan cagar Budaya Jogja satu ini. Atau anda bisa juga menggunakan petunjuk akurat pada maps dibawah ini agar bisa sampai di Situs Warungboto tanpa kesulitan.

Datang juga ke –> Candi Sambisari suasana asri yang ditawarkan untuk memberikan kenyamanan lebih.

Fasilitas

fasilitas situs warungboto
Foto : https://www.instagram.com/tasyaroma5/

Telah di dukung dengan sarana prasarana yang memadai dalam menunjang setiap wisatawan dalam beraktivitas disini. Dan berikut ini fasilitas Situs Warungboto di Kota Yogyakarta yang antara lain adalah :

  • Area parkir memadai
  • Layanan informasi wisata
  • Papan informasi cagar budaya
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Area bersantai
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya menghabiskan waktu libur dengan jalan-jalan dan menelusuri sebuah bangunan bersejarah yang luar biasa. Umbul dan Pesanggrahan yang berada di area kompleks situs cagar budaya Situs Warungboto wajib tuk di saksikan lebih dekat.

Kunjungi juga –> Candi Kalasan menyimpan sejumlah keunikan berupa prasasti dan juga stupa yang menarik.

Spot Terbaik di Situs Warungboto

spot terbaik di situs warungboto
Foto : https://www.instagram.com/siska.galery/

Kegiatan wajib yang tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Situs Warungboto tentu saja berswafoto sebanyak-banyaknya. Bangunan dengan arsitektur unik ini harus anda jadikan latar belakang saat mengabadikan momen melalui selfie, foto bersama hingga merekam video.

Dinding-dinding yang kokoh dan tebal beserta lorong beratap lengkung tentu menjadi spot terbaik di Situs Warungboto Jogja. Untuk hasilkan foto menarik yang akan membuat orang lain menyangka bahwa kegiatan swafoto tersebut bukan di Yogyakarta.

Rekam setiap keseruan selama jalan-jalan dan juga liburan di wisata Warungboto menggunakan kamera atau smartphone kesayangan anda. Setiap sudut bangunan cagar budaya ini kaya akan spot-spot ciamik yang wajib untuk dimanfaatkan.

Maka dari itu, selalu sedia kamera kemanapun anda akan berwisata menjadi hal yang perlu diperhatikan. Agar mampu mendapatkan pengalaman berlibur yang tak akan pernah terlupakan dengan merangkumnya melalui berfoto ria.

Review sebelumnya –> Bukit Klangon wisata alam yang menyuguhkan pesona Gunung Merapi terlihat begitu nyata.

Tips Berkunjung

tips berkunjung situs warungboto
Foto : https://www.instagram.com/jalikarta/

Dapat anda simak berikut ini beberapa tips berkunjung ke Situs Warungboto di Daerah Istimewa Yogyakarta yang luar biasa.

  • Datanglah lebih awal agar bisa menjalajahi setiap sudut bangunan arsitketur khas kolonial Belanda yang anti mainstream ini.
  • Pastikan anda berkunjung di saat hari sedang cerah dan tidak turun hujan agar momen liburan berlangsung lancar.
  • Apabila anda datang pada saat siang hari, bisa menggunakan topi untuk melindungi dari terik panas matahari.
  • Jika anda punya rezeki lebih maka sebaiknya ikut serta merawat keberlangsungan cagar budaya ini melalui uang kebersihan seikhlasnya.
  • Harus menaati semua aturan dan juga tata tertib yang sudah ditetapkan untuk semua pengunjung.

Demikian ulasan singkat seputar salah satu bangunan cagar budaya bersejarah di Kota Jogja yakni Situs Warungboto. Semoga dari informasi ini membuat anda segera memasukan nama Situs Warungboto ke dalam daftar kunjungan liburan selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 4 =