Bukit Kukusan merupakan wisata Pemalang populer yang daya tariknya mampu menarik minat banyak wisatawan dari berbagai daerah. Berbasis wisata alam yang menyajikan pemandangan menakjubkan untuk disaksikan dari ketinggian, karena berada di 956 meter diatas permukaan laut.

Wisata Bukit Kukusan menawarkan aneka ragam panorama memikat, seperti halnya landscape Gunung Slamet yang terlihat jelas dari sini. Ditambah dengan banyaknya spot-spot foto kekinian di puncak Bukit Kukusan Pemalang yang bisa pengunjung manfaatkan untuk swafoto.

Ketika anda tengah merasa penat, maka mencari ketenangan dengan berlibur ke Puncak Kukusan Jawa Tengah dijamin menyenangkan. Saat hari libur tiba, maka segera rencanakan untuk rekreasi dan berwisata bahagia ke Bukit Kukusan.

Harga Tiket Masuk Bukit Kukusan

harga tiket masuk Bukit Kukusan
Foto : https://www.instagram.com/mz_uid34/

Awalnya tempat ini merupakan hanya sebuah tempat camping, namun melihat kelebihan yang dimiliki hingga pada akhirnya dibangun sarana tambahan lain. Dibuka untuk umum sejak 2017 dan dikelola dengan sangat baik oleh bumdes yang juga melibatkan para pemuda setempat.

Dan kini wisata Bukit Kukusan telah menjelma menjadi destinasi populer di Pemalang yang selalu ramai akan wisatawan. Terutama saat hari libur tiba, wisata alam Pemalang satu ini dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah.

Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa explore wisata hits ini sebagai tujuan berlibur bersama keluarga. Harga tiket masuk Bukit Kukusan sejauh ini hanya sekitar Rp5.000 saja per orangnya, terjangkau bukan?

Dengan tarif ekonomis yang dipatok ini jangan sampai anda lewatkan guna menyaksikan secara lebih dekat panorama keindahan alam mempesona. Kami rekomendasikan untuk waktu terbaik berkunjung ke wisata Kukusan yakni pada saat pagi atau sore hari.

Sebab dikedua waktu inilah suasana disini begitu sejuk dan teduh, cocok untuk bersantai sambil menikmati berbagai suguhan yang ada. Adapun untuk jam operasional wisata Bukit Kukusan di Pemalang yakni buka setiap hari pada pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat bukit kukusan
Foto : https://www.instagram.com/kiperdadakan/

Lokasi Bukit Kukusan berada di kawasan dengan nuansa alam pedesaan yang mengagumkan. Terletak di ketinggian 956 meter diatas permukaan laut dengan aneka pemandangan indah dari ketinggian.

Alamat Bukit Kukusan berada di Jl. Raya Moga – Guci No.6020, Gunung Sambung, Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 48 km dari Alun-Alun Kota Pemalang untuk mencapai wisata Bukit Kukusan.

Akses jalan utama menuju wisata Kendal satu ini relatif baik meski didominasi oleh jalanan tanjakan dan sedikit berkelok. Untuk itu saat berencana datang kesini maka gunakan kendaraan yang sehat dan mampu di jalur menanjak.

Setibanya di area parkir wisata Bukit Kukusan, para pengunjung harus melakukan pendakian, atau trekking kurang lebih sejauh 200 meter. Tak perlu khawatir bagi anda yang bingung karena belum pernah datang ke wilayah ini.

Anda bisa menggunakan maps berikut ini dengan petunjuk akuratnya guna memudahkan laju kendaraan ketika akan liburan ke Kukusan.

Datang juga ke –> Widuri Waterpark

Fasilitas

fasilitas bukit kukusan
Foto : https://www.instagram.com/mzr_azizi/

Termasuk salah satu wisata di Pemalang yang cocok untuk anda yang gemar berpose di depan kamera karena banyaknya spot berswafoto. Selain itu, wisata ini pun sudah dilengkapi oleh berbagai sarana penunjang yang cukup memadai.

Dan berikut fasilitas Bukit Kukusan di Pemalang yang diantaranya meliputi :

  • Tempat parkir memadai
  • Pusat informasi wisata
  • Kamar mandi / MCK
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Gazebo / tempat duduk
  • Warung wisata
  • Gardu pandang
  • Spot foto kekinian

Nikmati serunya mengisi hari libur dengan kegiatan menyenangkan yakni jalan-jalan melihat pemandangan dan bersantai. Buang semua rasa lelah dan penat yang tengah melanda dengan explore wisata Bukit Kukusan yang mengagumkan.

Kunjungi juga –> Pantai Blendung

Spot Terbaik di Bukit Kukusan

spot terbaik bukit kukusan
Foto : https://www.instagram.com/wongndesaa/

Berfoto-foto ria adalah kegiatan wajib yang tak boleh dilewatkan ketika liburan dan rekreasi di Bukit Kukusan. Sejuah mata memandang hanya ada panorama alam menawan.

Mulai dari pesona Gunung Slamet, area sawah yang luas, perbukitan hijau dan masih banyak lagi. Menyaksikan itu semua melalui gardu pandang yang telah disediakan.

Landscape menakjubkan semacam ini wajib tuk anda manfaatkan menjadi sebuah latar belakang ketika mengabadikan momen melalui berfoto. Selife, Foto bersama (groufie) dan rekam video wajib anda lakukan dengan menjadikan pemandangan indah sebagai backgroundnya.

Atau anda juga bisa berfoto-foto ria pada spot-spot buatan dengan desain kekinian untuk hasilkan foto yang lebih instagenic. Rekam setiap momen seru selama berlibur disini agar pengalaman menyenangkan semacam ini sulit tuk dilupakan.

Review sebelumnya –> Telaga Silating

Tips Berkunjung

tips berkunjung bukit kukusan
Foto : https://www.instagram.com/bukit_kukusan/

Dapat anda simak dibawah ini beberapa tips berkunjung ke Bukit Kukusan di Pemalang dengan aneka pesona alam istimewa.

  • Datanglah ke Bukit Kukusan pada saat hari cerah dan sedang tidak turun hujan.
  • Sebaiknya datang saat pagi atau sore hari untuk merasakan nuansa sejuk yang maksimal.
  • Jika dirasa cuaca sedang tidak mendukung sebaiknya tahan dulu niat anda untuk berwisata ke Bukit Kukusan.
  • Apabila datang saat siang hari maka sebaiknya sedia penutup kepala seperti topi atau payung karena mataharinya cukup terik.
  • Ikut serta dalam menjaga kelestarian alam selama berwisata agar semuanya tetap terjaga.
  • Hati-hati dan tetap utamakan keselamatan agar liburan kali ini berjalan lancar dan sesuai harapan.
  • Patuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata alam Bukit Kukusan di Pemalang

Demikian tadi ulasan singkat mengenai wisata alam Pemalang hits yaitu Bukit Kukusan dengan daya tarik yang tiada duanya. Jadi tunggu apalagi, segera ajak keluarga dan orang tercinta sekitar anda untuk bersama-sama datang ke Bukit Kukusan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − 2 =