Home Berita Wisata Jalan-jalan ke Brunei Darussalam? Jangan Sampai Melewatkan 5 Tempat Ini, Ya!

Jalan-jalan ke Brunei Darussalam? Jangan Sampai Melewatkan 5 Tempat Ini, Ya!

Tidak sering di-notice, padahal negara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan ini memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk didatangi.

Bagi Anda yang ingin menelusuri negara-negara yang tidak biasa dikunjungi, seperti mendatangi negara Brunei Darussalam patut untuk dicoba! Untuk mendatangi negara ini terlebih jika Anda yang berdomisili kota Jakarta, cobalah untuk menaiki maskapai milik mereka yang bernama Royal Brunei. Penasaran dengan harga tiketnya, cek harga tiket pesawat terbaru di sini, ya!

Lalu, apa saja sih destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di negara ini? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Teng Yun Temple

image: idntimes.com

Sudah pada umumnya negeri Brunei Darussalam ini terkenal dengan penduduknya yang beragama mayoritas Islam sehingga masjid-masjid di negara tersebut pun berdiri kokoh dan megah. Namun tidak hanya bangunan masjid saja yang berdiri kokoh, ada pula tempat ibadah dengan nama Teng Yun Temple.

Teng Yun Temple merupakan kuil Cina tertua yang terdapat di negara ini, kuil ini dibangun pada tahun 1960-an dan dijadikan sebagai tempat ibadah bagi umat Tionghoa yang berjumlah sekitar 10 persen dari populasi masyarakat negara Brunei.

Terletak di pusat kota Bandar Seri Begawan, kuil ini diapit oleh blok perkantoran dengan ornamen dinding merah serta atapnya yang hidup sehingga memberikan sentuhan yang menarik dengan warnanya yang mencolok, selain itu karena posisinya yang berada di pusat kota tentu akan memudahkan Anda untuk menemukannya bila hendak berkunjung.

2. Kampong Ayer

image: kumparan.com

Ingin mengetahui kawasan permukiman di atas air terbesar di dunia? Maka cobalah untuk datang ke Kampong Ayer. Mengapa disebut sebagai pemukiman di atas terbesar di dunia, hal tersebut disebabkan karena kampung ini diisi oleh 40 desa-desa kecil yang kini telah dihuni oleh sekitar 20 ribu jiwa lebih alias 3 persen populasi masyarakat dari Brunei Darussalam.

Kampung yang memiliki julukan Venezuela dari Timur ini memiliki sejarah bahwasannya usut punya usut, pada dahulu kala, nenek moyang orang Brunei Darussalam tidak ingin repot-repot untuk membuka hutan karena medan yang sulit dan tentunya berbukit-bukit.

Dari hal tersebut, diputuskan bahwasannya mereka hendak mendirikan rumah-rumah di atas air dengan tonggak-tonggak kayu sebagai penopang dan pondasi sebuah rumah.  Dalam menjalankan aktivitasnya, penduduk Kampong Ayer mengandalkan perahu motor untuk menyebrang dari rumahnya menuju sisi daratan Bandar Seri Begawan.

3. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

image: republika

Berlokasi di tepi sungai Brunei, masjid ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam negeri maupun wisatawan luar negeri. Menjadi salah satu ikon negara Brunei, masjid ini memiliki fungsi utamanya sebagai tempat peribadatan umat Islam.

Memiliki desain yang megah yang melambangkan kejayaan Islam, masjid ini mampu menampung sekitar 3.000 jamaah. Jadi, jangan takut akan kehabisan tempat sebab masjid ini memiliki bangunan yang luas.

Terbilang salah satu tempat wisata yang sudah tua sebab masjid ini dibangun sekitar pada tahun 1954-an yang diprakarsai oleh Sultan Haji Omar Ali Saifuddin Sa’adul Khairi Waddien. Memiliki menari marmer dengan kubah emas, masjid ini dilengkapi dengan taman yang permai dan air mancur.

4. Taman Nasional Ulu Temburong

image: liawisata.com

Siapa sangka kalau sebenarnya kawasan taman ini menjadi satu dengan hutan Kalimantan yang luas dengan meliputi tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Taman ini memiliki nama lain yaitu Fathul Park yang merupakan taman nasional pertama yang didirikan di Brunei Darussalam dan mendapatkan perlindungan alias menjadi hutan lindung sejak tahun 1991. Taman ini merupakan salah satu hutan hujan tropik terbaik sehingga menjadi surfa oleh wisatawan dalam maupun luar negeri dan tentunya para ilmuwan akan kemegahan dan kekayaan alam yang terdapat di dalamnya.

Terletak di Distrik Temburong, bagian Brunei Timur, Taman Nasional Ulu Temburong bisa Anda datangi dengan menaiki speedboat selama 45 menit mengarungi sungai, kemudian dilanjut dengan menaiki bus yang berkisaran memakan waktu sekitar 30 menit. Lalu kembali lagi dilanjutkan dengan menaiki perahu tradisional untuk tiba di tujuan akhir. Bagi Anda yang gemar akan petualangan, sepertinya cocok sekali untuk mendatangi kawasan ini.

Di taman ini terdapat pula “The Canopy Walkway” dengan tinggi lebih dari 60 meter. Dari sana, Anda bisa menikmati pemandangan sekitar. Oh iya, Anda juga dapat menikmati rumah pohon yang saling terkoneksi dan tentunya terhubung dengan jembatan gantung ketika hendak melakukan pengamatan yang sangat baik. Jika Anda ingin menuju  kanopi ini, Anda harus menaiki sekitar 1260 tangga. Dijamin ketika sudah sampai di tempat ini, Anda akan merasakan udara yang segar yang berbeda dengan hiruk pikuk kota

5. Istana Nurul Iman

Penasaran dengan tempat tinggal Sultan yang memimpin negara ini? Maka berkunjunglah ke Istana Nurul Iman yang didengar-dengar dinobatkan sebagai istana tempat tinggal terbesar di dunia.

Diprediksi, istana ini memiliki ukuran empat kali lebih besar dari ukuran Istana Versailles. Istana ini memiliki kamar sebanyak 1.788 kamar, kandang kuda Sultan yang memiliki AC, dan 257 kamar mandi dilengkapi dengan pegangan pintu berlapis emas. Hm, pantas saja ya, dinobatkan sebagai istana tempat tinggal terbesar di dunia!

Hmm, jadi penasaran ya untuk berkunjung ke Brunei Darussalam. Meski tidak terlalu terkenal untuk urusan wisata, sepertinya suatu hari negara ini patut untuk didatangi, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 10 =