Goa Seplawan merupakan salah satu wisata di Purworejo yang cukup populer dan menarik begitu banyak minat wisatawan dari berbagai daerah. Goa Seplawan Purworejo memiliki banyak sekali hal hal menarik yang wajib untuk anda telisik beragam keunikannya.

Berada di ketinggian 700 meter diatas permukann laut dengan panorama pantai selatan Kota Kulon Progo yang eksotis dan memikat. Tak ketinggalan landscape wisata Waduk Sermo juga nampak dari sini melalui gardu pandang Goa Seplawan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah.

Wisata goa satu ini memiliki ciri khusus sebagai daya tariknya, yakni stalaktit, stalagmit, flowstone, helekit, dan soda straw. Dan juga dinding dinding goa ber ornamen dan membentuk seperti kerangka ikan sehingga membuatnya nampak menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Goa Seplawan

harga tiket masuk goa seplawan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115192808948021315384

Diperkirakan panjang Goa Seplawan yang menjadi peninggalan sejarah peradaban masa lalu ini mencapai 700 meter kurang lebihnya. Dengan didalamnya terdapat cabang-cabang goa berdiameter 15m dan memiliki panjang 150-300 m.

Tempat ini juga kerap dijadikan tempat bersemedi oleh beberapa pengunjung untuk melakukan ritual-ritual tertentu. Semakin membuat Goa menawan di Jawa Tengah satu ini terlihat mistis dan juga wajib tuk anda jadikan tujuan berlibur selanjutnya.

Dengan mengajak serta keluarga, sanak saudara serta orang-orang tercinta di sekitar anda yang bakal bikin liburan tambah istimewa. Apalagi wisata di Purworejo ini juga memiliki tarif untuk biaya masuk yang amat sangat terjangkau untuk semua kalangan wisatawan.

Harga tiket masuk Goa Seplawan di Purworejo sejauh ini hanya dipatok sebesar Rp5.000 saja per orangnya, murah sekali bukan? Akan tetapi perlu digaris bawahi juga bahwasannya ketentuan biaya tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan aturan pengelola setempat.

Anda bisa menjelajahi ragam keunikan Goa Seplawan sesuai dengan jam operasional yang di tetapkan. Wisata Goa Seplawan buka setiap hari mulai senin hingga minggu pada pukul 08.00 – 16.30 WIB.

Kami rekomendasikan untuk waktu terbaik datang dan berwisata ke Goa Seplawan di Purworejo ketika cuaca cerah mendukung.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Goa Seplawan.jpg
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114207553147153797129

Lokasi Goa Seplawan berada di gugusan bukit menoreh yang juga menjadi perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dan Purworejo. Dengan menghadap langsung ke hamparan luas pantai selatan yang mempesona dan memanjakan mata.

Alamat Goa Seplawan berada di Dusun Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya dapat dijangkau dengan baik dari arah Purworejo maupun Kulon Progo daerah Istimewa Yogayakarta.

Jika dari pusat kota/alun-alun Purworejo, jarak yang harus ditempuh sekitar 18 km dengan membutuhkan waktu berkendara selama 39 menit. Dan jarak sejauh 20 km jika anda akan menempuhnya dari alun-alun kota Kulon Progo dengan waktu perjalanan 43 menit.

Setibanya di lokasi wisata alam Seplawan, pengunjung diharuskan berjalan menuruni anak tangga terlebih dahulu untuk kemudian masuk ke dalam goa. Meskipun akan cukup menguras banyak tenaga, namun itu semua akan terbayar tuntas ketika memasuki area Goa yang mengagumkan.

Tak perlu khawatir bagi anda yang mungkin akan baru pertama kali singgah di wisata alam Purworejo Goa Seplawan. Sudah tersedia beberapa plang / petunjuk yang mengarahkan anda langsung menuju letak Goa Seplawan.

Atau bisa juga anda mengakses maps dibawah ini tuk mendapatkan petunjuk akurat yang memudahkan perjalanan menuju Goa Seplawan.

Fasilitas

fasilitas goa seplawan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110808845708453815765

Berbagai fasilitas penunjang telah tersedia dan cukup memadai untuk memberikan rasa nyaman yang lebih kepada para pengunjung Goa Seplawan. Fasilitas Goa Seplawan diantaranya :

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata Goa Seplawan
  • Kamar mandi / MCK
  • Mushola
  • Gardu pandang
  • Gazebo / tempat duduk
  • Warung kuliner sederhana
  • Spot foto menarik

Kawasan wisata Goa Seplawan di dominasi oleh tumbuhan dan beberapa pepohonan hijau yang cukup rimbun. Janga heran jika suasana disini bikin betah dengan udaranya yang sejuk dan pemandangan memanjakan.

Spot Terbaik di Goa Seplawan

spot terbaik di goa seplawan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110019738732992156992

Nikmati keseruan selama aktivitas di akhir pekan untuk mendapatkan liburan impan yang berkualitas dan pastinya berkesan. Kegiatan menyusuri ke eksotisan Goa Seplawan terasa begitu menyenangkan jika dilakukan bersama yang tersayang.

Explore seluruh area Goa Seplawan yang menakjubkan tuk mendapatkan spot-spot menarik guna menjadikannya background berswafoto. Ada banyak sekali sudut apik tuk anda jadikan spot terbaik di Goa Seplawan yang bikin foto anda semakin instagenic.

Berlatar belakang view pantai selatan dari ketinggian atau pesona waduk sermo dari gardu pandang bisa menjadi pilihan. Dan tak boleh ketinggalan yakni perbukitan hijau yang mengelilingi Goa Seplawan juga nampak begitu cantik tuk anda saksikan.

Abadikan momen sebanyak-banyaknya saat liburan dan rekreasi di Goa Seplawan pada saat waktu liburan atau akhir pekan.

Review sebelumnya –> Pantai Jatimalang

Tips Berkunjung

tips berkunjung goa seplawan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109348963507899004692

Berikut dibawah ini tips-tips yang bisa anda simak atau menjadikannya referensi sebelum eksplorasi Goa Seplawan di Purworejo.

  • Perhatikan cuaca terkini disekitar anda sebelum keluar untuk berwisata.
  • Waktu terbaik datang ke goa yaitu pada saat awan cerah dan tidak turun hujan.
  • Siapkan kendaraan yang akan digunakan untuk liburan dalam keadaan siap disemua medan.
  • Pastikan juga tubuh dan diri anda dalam keadaan sehat agar lebih maksimal dan berjalan lancar.
  • Dilarang mengotori dan merusak lingkungan wisata dengan tindakan tak terpuji.
  • Bersama ikut serta menjaga kebersihan, keasrian dan keindahan area wisata.

Demikian tadi informasi singkat mengenai ulasan wisata alam Purworejo Goa Seplawan dengan sejuta pesona menakjubkan yang tak boleh di lewatkan. Yuk segera kunjungi Goa Seplawan dan rasakan liburan anti mainstream yang sesungguhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 3 =