Kedung Pengilon merupakan sebuah destinasi wisata cantik yang masih sangat alami dan sering disebut sebagai surga tersembunyi. Menjadi salah satu wisata air di Jogja yang rekomended untuk anda coba kesegaran airnya dan alaminya suasana sekitar.

Wisata Kedung Pengilon menyajikan sebuah air terjun dengan airnya yang berwarna hijau jika dilihat dari sisi lebih tinggi. Padahal jika diamati lebih dekat, air terjun Kedung Pengilon Bantul ini bisa dibilang sangat jernih, seperti kaca.

Itulah mengapa wisata alam Bantul satu ini diberi nama Pengilon, karena jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti kaca. Saat anda tengah berada di wilayah Bantul, maka Kedung Pengilon Jogja bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Kedung Pengilon

harga tiket masuk kedung pengilon
Foto : https://www.instagram.com/ardian_uke53/

Destinasi menarik satu ini sejatinya jauh dari kata populer apalagi hits, jika dibandingkan dengan wisata serupa sekitaran Bantul. Namun siapa sangka, justru karena hal tersebut, Kedung Pengilon Bantul bisa menjadi opsi terbaik untuk bersantai dan menenangkan diri.

Jika menulis Kedung Pengilon pada pencarian internet, maka akan muncul di dua lokasi yang berbeda, yakni Kendal dan Bantul Jogja. Keduanya sama-sama menyajikan panorama alam memukau yang keindahannya tiada duanya.

Dan yang akan kita bahas kali ini adalah Kedung Pengilon yang ada di Bantul Yogyakarta dengan segudang daya tariknya. Apalagi untuk bisa menikmati hari libur di Kedung Pengilon Jogja setiap wisatawan tidak harus merogoh kocek dalam-dalam.

Harga tiket masuk Kedung Pengilon Bantul sangat ekonomis, sejauh ini hanya sekitar 5.000 rupiah saja untuk per orangnya. Selain tiket masuk, setiap pengunjung juga perlu membayar parkir kendaraan pada petugas yang berjaga di lokasi.

Anda bisa kapan saja datang kesini, karea Kedung Pengilon Bantul terbuka untuk umum selama 24 jam penuh. Namun tentu saja waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada saat hari masih cerah dan belum gelap.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat kedung pengilon
Foto : https://www.instagram.com/ardian_uke53/

Lokasi Kedung Pengilon Bantul cukup tersembunyi dan jauh dari hiruk perkotaan, sehingga nuansa yang tersaji begitu menenangkan. Sangat cocok bagi anda yang tengah mencari wisata menarik untuk bersantai dan merileksasi diri.

Alamat Kedung Pengilon berada di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan air terjun ini cukup dekat dari Alun-Alun Paseban Kota Bantul, jaraknya hanya 7,2 km dengan waktu tempuh 16 menit.

Untuk bisa menjangkau kawasan wisata air terjun Kedung Pengilon cukup mudah, meski harus melalui jalan bebatuan dan sebuah pedesaan. Akses jalur utamanya dapat dilintasi berbagai jenis kendaraan, seperti sepeda motor sampai dengan mobil sekalipun.

Bagi anda yang masih bingung dengan jalannya, tak perlu khawatir. Karena anda bisa menggunakan maps dengan petunjuk akurat dibawah ini yang akan memudahkan laju kendaraan.

Datang juga ke –> Galaxy Waterpark kolam renang dengan aneka wahana bermain seru di dalamnya.

Fasilitas

fasilitas kedung pengilon
Foto : https://www.instagram.com/jaka.ahmad/

Tempat wisata Bantul berbasis alam satu ini sudah didukung dengan sarana prasana memadai yang cukup. Dan ini adalah fasilitas Kedung Pengilon di Bantul Yogyakarta yang dapat anda manfaatkan dengan baik, antara lain :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Kamar mandi umum
  • Fasilitas air bersih
  • Persewaan ban
  • Area bersantai
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya lebih dekat ke alam dengan merasakan kesejukan udara di sekitar Kedung Pengilon. Perlu dipahami juga untuk para wisatawan agar tidak berenang tepat dikolam bawah air terjun.

Karena kedalaman kolam kubangan Kedung Pengilon sekitar 5 meter dan cukup berbahaya bagi anda yang tidak mahir berenang. Jika ingin bermain air, cukup pada tepi-tepi kolam kubangan yang masih bisa dijangkau tanpa harus berenang apalagi menyelam.

Kunjungi juga –> Curug Pulosari dengan air terjun indah yang memikat.

Spot Terbaik di Kedung Pengilon

spot terbaik di kedung pengilon
Foto : https://www.instagram.com/radenandro_/

Aneka daya tarik pemandangan alam tentu menjadi hidangan utama kala berwisata ke Kedung Pengilon Bantul. Tapi tahukah anda, jika Kedung Pengilon ini juga lekat dengan beberapa mitos di dalamnya.

Salah satu mitos yang paling kuat adalah, bahwa Kedung Pengilon ditunggu oleh sosok mahluk goib bernama Nini Blorong. Keberadaan Nini Blorong ini konon bisa mengganggu siapa saja yang melakukan tindakan di luar batas normal / wajar.

Maka dari itu, dimanapun anda berada sudah seharusnya bersikap sopan, santun dan tidak melakukan aktivitas yang merugikan. Jadi lakukanlah aktivitas yang normal dan pastinya menyenangkan, salah satunya adalah berfoto-foto ria pada spot-spot menariknya.

Landscape alam mengagumkan yang tersaji di Kedung Pengilon Jogja tentu bisa dimanfaatkan sebagai latar belakang dikala selfie atau foto bersama. Abadikan setiap momen seru pada spot terbaik di Kedung Pengilon untuk hasilkan gambar swafoto yang instagenic.

Review sebelumnya –> Goa Selarong merupakan bekas tempat berlindung Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda.

Tips Berkunjung

tips berkunjung kedung pengilon
Foto : https://www.instagram.com/ardian_uke53/
  • Ketika akan datang kesini wajib pada saat hari cerah dengan kondisi alam yang baik agar semuanya lebih maksimal.
  • Apabila cuaca sedang kurang bersahabat, maka tak ada salahnya untuk menunda dulu liburan di Kedung Pengilon.
  • Tetap waspada dan selalu berhati-hati ketika berkegiatan disini agar semuanya aman dan berjalan lancar.
  • Jika tidak lihai berenang, jangan coba-coba untuk menyentuh area kolam kubangan persis dibawah air terjun Kedung Pengilon.
  • Wajib ikut serta menjaga kebersihan area wisata alam Kedung Pengilon agar tetap asri dan terus lestari.

Saat anda mencari suasana baru untuk mendinginkan pikiran dari kesibukan sehari-hari, maka Kedung Pengilon Bantul bisa menjadi opsi. Sekian dulu ulasan singkat mengenai Kedung Pengilon yang perlu anda masukan ke dalam daftar kunjungan liburan selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × five =