Minum kopi sembari mengerjakan tugas atau sekadar nongkrong kini menjadi trend terbaik di kalangan anak muda hingga orang tua. Jadi jangan heran jika cafe di Lumajang selalu ramai walau menjelang tengah malam.

Sekarang ini minum kopi di warung atau kedai kopi hingga coffee shop menjadi sebuah gaya hidup yang menjamur. Indonesia sebagai negara komoditi kopi dengan nilai premium terbaik membuat penduduknya suka terdapat minuman tersebut.

Ngopi telah menjadi salah satu kebiasan untuk berkumpul bahkan sebagai minuman untuk mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi cafe di Lumajang yang wajib Anda coba:

1. Delight Cafe Bistro

Delight Cafe Bistro
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116051228364756951751

Delight Cafe Bistro merupakan cafe Instagramable di Lumajang yang sangat hits dan terkenal di kalangan masyarakat, khususnya daerah Tompokersan. Anda pasti bertanya-tanya, kenapa cafe ini sangat terkenal, karena tempat kopian ini mengusung konsep yang unik dan menarik.

Saat memasuki ke D’light Cafe Bistro ini Anda akan disajikan dengan desain interior yang sangat hidup dan instagramable. Jadi sembari menunggu pesanan di antarkan Anda bisa berfoto untuk mengisi akun sosial media.

Uniknya lagi, Delight Cafe Bistro ini dilengkapi dengan permainan khusus untuk anak-anak di sekitar cafe. Cafe ini menghadirkan beragam menu, mulai dari kopi, minuman non kopi, makanan berat, snack, dessert, dan juga ice cream.

Anda bisa mengunjungi Delight Cafe Bistro ini di Jalan Haji O. S. Cokroaminoto, No. 28, Tompokersan, Kabupaten Lumajang. Cafe ini buka setiap senin hingga sabtu mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB dan tutup di hari minggu.

2. Butterfly Coffee

Butterfly Coffee
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108187011417965925820

Tempat nongkrong di Lumajang yang selanjutnya ini lokasinya tidak jauh dari Pasar Baru. Lokasi Butterfly Coffe ini berada di Jalan Gubernur Suryo, No. 01, Tompokersan, Kabupaten Lumajang.

Butterfly Coffee ini juga menjadi salah satu tempat nongkrong terbaik di daerah Tompokersan karena racikan kopinya yang mampu menarik hati. Menu yang disajikan juga sangat variatif, mulai dari menu manis, asin hingga gurih bisa Anda temukan di cafe Lumajang ini.

Jenis minuman yang ditawarkan oleh Butterfly Coffee ini sangatlah beragam. Seperti kopi hitam, kopi susu, cappucino, americano dan masih banyak lagi. Semua menu kopi dan camilan disajikan dengan kualitas terbaik dan rasa yang pas.

Butterfly Coffee menghadirkan suasananya yang sejuk dengan beberapa dekorasi fotogenik dan instagramable di sudut ruangannya. Tempatnya yang nyaman ini cocok dijadikan untuk berkumpul, nongkrong, ngobrol santai hingga diskusi bersama teman.

3. BJ Coffee

BJ Coffee
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106233913834576137737

BJ Coffee menjadi Coffee shop di Lumajang, cafe kopi di Lumajang yang terbaik. Karena menawarkan berbagai variasi menu dengan harga terjangkau. Selain itu, BJ Coffee merupakan sebuah cafe yang atmosfernya sangat cozy banget, jadi jangan heran jika selalu ramai.

BJ Coffee pertama kali berdiri pada tahun 2012, identik dengan anak muda dan ornamen cafe yang bernuansa hijau segar. BJ Coffee menghadirkan dua area indoor dan outdoor yang cocok untuk bersantai bersama keluarga di hari libur.

Lokasi BJ Coffee terletak di jantung kota, berada di timurnya SMAN 3 Lumajang, tepatnya berada di Jalan Jenderal Panjaitan, Citrodiwangsan. Cafe ini buka mulai pukul 10.00 hingga 00.00 WIB dan selalu ramai menjelang malam hari.

Jam operasionalnya yang hingga pukul 12 malam ini bisa Anda manfaatkan untuk acara kumpul-kumpul bersama teman. Apalagi harga menu makanan di BJ Coffee cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp10.000. Hingga Rp30.000 dimana kisaran tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

4. Cafe Black Semeru

Cafe Black Semeru
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104851045019104452506

Menikmati kopi tidak harus berada di perkotaan saja, bahkan sebagian orang lebih memilih cafe dengan nuansa kesegaran alami. Black Semeru merupakan cafe outdoor di Lumajang yang menghadirkan suasana hutan sejuk dan asri.

Lokasinya berada jauh dari kota, yaitu di Dusun Sumbar Dosen, Desa Candipuro, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Walaupun jauh dari kota, tetapi kafe ini bisa dijangkau dengan mudah, karena akses jalannya sudah beraspal.

Black Semeru ini menawarkan suasana ngopi alami dengan beberapa ornamen bangunan yang mempercantik cafe ini. Menu utama yang ditawarkan adalah kopi lumajang, selain itu terdapat juga kopi robusta, arabica, hingga kopi pasrujambe.

Selain kopi, Cafe Black Semeru ini juga menghadirkan beberapa makanan ringan sebagai pendamping kopi. Untuk menunya sendiri harganya sangat terjangkau mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 saja. Cukup terjangkau, bukan?

5. Angkringan Cafe Jowo

Angkringan Cafe Jowo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112274083075996202216

Rekomendasi selanjutnya adalah Angkringan Cafe Jowo. Tempat atau cafe di Lumajang yang murah ini sangat terkenal dengan desain interiornya didominasi material kayu.

Desain interiornya tersebut terbilang sangat sederhana, tetapi banyak yang mengunjungi karena ramah di kantong. Selain itu, suasana yang dihadirkan juga nyaman, cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama teman-teman.

Selain nongkrong, Anda juga bisa mengerjakan tugas di cafe ini karena terdapat wifi gratis serta fasilitas colokan di setiap mejanya. Angkringan cafe jowo ini juga memiliki ruangan yang cukup luas, sehingga Anda bisa mengadakan acara seperti atau nonton bola bersama.

Lokasi Angkringan Cafe Jowo ini terbilang strategis yaitu di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Lumajang, Jawa Timur. Cafe ini buka di hari senin hingga sabtu mulai dari 12.00 hingga 00.00 WIB. Sedangkan dihari minggu buka mulai pukul 04.00 hingga 00.00 WIB.

6. Mimik Milk Kafe

Mimik Milk Kafe
Foto : https://www.topijelajah.com/

Tempat ngopi di Lumajang yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Mimik Milk cafe. Hadir desain desain interior yang sangat untuk, karena terdapat walpaper berupa corak sapi di setiap sudut ruangannya.

Desain interiornya unik ini cocok dijadikan sebagai latar belakang foto yang instagramable. Selain itu, menu khas kopi susu yang disajikan disini sangatlah bervariasi. Sehingga menjadikan Mimik Milk Kafe menjadi cafe hits di Lumajang.

Selain sebagai cafe, Mimik Milk ini juga merupakan sebuah kedai yang menyajikan beberapa makanan ringan, berat hingga es krim. Harga yang dipatok di cafe ini juga terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000 hingga Rp30.000 saja, dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk menikmati berbagai menunya, Anda bisa mengunjungi Mimik Milk kafe ini di Citrodiwangsan, Kabupaten Lumajang. Jam operasional cafe ini adalah pukul 12.00 hingga pukul 23.00 WIB.

7. Warung Koboi Jowo

Warung Koboi Jowo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115509976172554665037

Rekomendasi cafe yang sedang hits di Lumajang selanjutnya adalah Warung Koboi Jowo. Cafe ini menjadi hits karena nuansa tradisional dihadirkan, yaitu propertinya yang kebanyakan terbuat dari bambu.

Meski terkesan tradisional, namun hal inilah yang digemari oleh kaum remaja hingga orang dewasa untuk bercengkrama bersama. Menu yang disajikan di Warung Koboi Jowo ini tidak terlalu banyak, hanya kopi, minuman non kopi, dan makanan ringan.

Walau variasi menunya sedikit tetapi harga yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp3.000 hingga Rp25.000 saja. Selain itu desainnya didominasi bambu ini banyak dijadikan latar belakang foto yang instagramable oleh anak muda.

Warung koboi jowo ini berlokasi di jalan Hayam Wuruk, Kepuharjo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Buka hari selasa sampai minggu pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Sedangkan di hari senin buka pukul 12.00 hingga 21.30 WIB.

8. Omahmu Cafe Shop

Omahmu Cafe Shop
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106643010790437337234

Tempat hangout di Lumajang, tempat nongkrong Lumajang yang paling banyak digemari oleh komunitas adalah Omahmu Cafe Shop. Cafe ini hadir dengan 2 lantai dengan nuansa seperti di rumah sendiri.

Kebanyakan orang mengira bahwa Omahmu Cafe Shop ini memiliki unsur Belanda, padahal tidak. Bahkan unsur nama kopian ini yaitu “omahmu” diambil dari bahasa jawa yang berarti Rumahmu.

Menu yang ditawarkan oleh Omahmu Cafe Shop cukup bervariasi, mulai dari minuman coffee, milk, tea, squash, mocktail hingga milkshake. Selain itu terdapat beberapa cemilan favorit seperti bakpao mini, chicken nugget, siomay Jepang, dan mie maniac.

Harga menu makanan di Omahmu Cafe Shop ini juga terjangkau di kantong anak muda, yaitu hanya Rp5.000 hingga Rp20.000 saja. Lokasinya berada di Jalan Argopuro, Citrodiwangsan, Tompokersan, Kabupaten Lumajang.

Datang juga ke –> Cafe di Jombang sebagai tujuan anda mengisi waktu luang.

9. Kafe Teko

Kafe Teko
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113400132536937934108

Rekomendasi cafe murah di lumajang, cafe di Lumajang hits cocok buat Anda yang ingin ngopi santai adalah Kafe Teko. Lokasinya berada di tengah kota, yaitu beralamatkan di Jalan Jenderal Haryono, No. 168, Jogoyudan, Kecamatan Lumajang.

Meskipun lokasi Kafe Teko ini tidak terlalu luas tetapi tetap nyaman untuk dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama teman. Apalagi dominasi warna putih pada interior dindingnya menambah kesan yang minimalis.

Anda bisa menikmati sajian kopi unggulannya yaitu kopi semangat, kopi gayo hingga kopi CL Toraja pasongken. Menu yang disajikan tidak terlalu banyak, tetapi selalu ramai dikunjungi saat malam hari karena harganya yang murah.

Untuk mendapatkan menu seperti kopi dan camilan Anda hanya perlu membayar mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000 saja. Jam operasional cafe teko ini adalah mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

10. Warung Kopi Bucu

Warung Kopi Bucu
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108565909949438739559

Rekomendasi Cafe di Lumajang yang instagramable dengan suguhan nuansa kuno tempo dulu adalah Warung Kopi Bucu. Kafe ini banyak digemari oleh semua kalangan, baik kalangan muda, menengah, hingga kalangan tua.

Desain interiornya mengusung konsep klasik tradisional ini didukung dengan sebagian temboknya yang terbuat dari anyaman bambu. Selain itu meja dan kursi yang disediakan sedemikian rupa juga menambahkan nuansa klasik dan tradisional semakin kental.

Sajian favorit ada di Warung Kopi Bucu ini tentu saja adalah kopi hitamnya, walau pahit tetapi banyak yang suka. Selain itu terdapat hidangan andalan lain yaitu ketan yang memiliki macam-macam toping di atasnya.

Warung Kopi Bucu ini juga Cafe di Lumajang yang buka 24 jam, jadi tidak ada batasan waktu buat Anda. Lokasi cafe ini berada di Jalan Kapten Wiratno, No. 2, Ditotrunan, Kabupaten Lumajang yang bisa diakses dengan kendaraan apapun.

11. Cafe Lesehan Putra Bandung

Cafe Lesehan Putra Bandung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106378982978733693283

Rekomendasi tempat makan di Lumajang, cafe di Lumajang yang cozy selanjutnya adalah cafe Lesehan Putra Bandung. Sesuai dengan namanya, cafe yang satu ini mengusung konsep lesehan dengan nyaman.

Nah, bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan lesehan, cafe ini juga menyediakan tempat duduk biasa. Cafe Lesehan putra Bandung disebut-sebut sebagai cafe yang recommended karena menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman tradisional.

Terdapat kopi dengan berbagai varian rasa, juice dan cemilan yang disajikan dengan kualitas rasa terbaik. Selain itu Cafe Lesehan Putra bandung ini memiliki dekorasi yang fotogenik/instagramable, jadi Anda bisa berfoto sambil menunggu pesanan datang.

Cafe Lesehan putra Bandung ini cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong, berkumpul, ngobrol dan diskusi santai bersama teman. Lokasinya sangatlah strategis, yaitu berlokasi di jalan panglima Besar Sudirman No. 322, tompokersan, Kabupaten Lumajang.

12. Kopi Begog Van De Kub

Kopi Begog Van De Kub
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103946776926138346292

Salah satu Cafe di Lumajang hits dan recomended selanjutnya adalah Kopi Begog Van De Kub. Cafe ini menyediakan tempat yang sangat nyaman, cocok digunakan untuk nongkrong berkumpul, diskusi santai bersama teman hingga mengerjakan tugas.

Kopi Begog Van De Kup menjadi kopian recomended karena menawarkan berbagai jenis minuman olahan kopi. Menu kopi tersebut terdiri dari kopi hitam, kopi susu, cappucino, dan americano yang dijual dengan harga terjangkau.

Cafe ini buka setiap harinya mulai pukul 11.00 hingga pukul 23.00 WIB yang semakin malam makin ramai. Lokasi Kopi Begog Van De Kup ini berada di Jalan jenderal Haryono, No. 131, Jogoyudan, Kabupaten Lumajang.

13. Gfa Coffee, Tea, n Meal

Gfa Coffee, Tea, n Meal
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109526746478350449113

Jika Anda ingin mencari rekomendasi cafe romantis di Lumajang maka Gfa Coffee, Tea, n Meal adalah pilihannya. Saat malam hari, dan di hari tertentu kafe ini akan mengadakan live music dengan pengisi yang berbeda-beda.

Lokasi cafe ini berada di Jalan Imam Bonjol, No. 30, Citrodiwangsan, Kabupaten Lumajang. Lokasinya ini terbilang strategis dan dekat dengan jalan raya, tetapi cocok buat Anda yang ingin bercengkrama atau bersantai sejenak.

Gfa Coffee, tea, n Meal ini memiliki dua konsep ruangan yaitu indoor dan outdoor. Yang dimmana Gfa Coffee ini langsung menghadap ke sungai dan jalan raya. Gfa ini buka setiap harinya mulai dari pukul 11.00 hingga 23.00 dan selalu ramai setelah pukul 20.00 WIB.

Menu yang disajikan oleh Gfa Coffee, Tea, n meal ini sangatlah beragam. Mulai dari kopi bervariasi, teh hangat, es teh, milkshake hingga beberapa cemilan.

Untuk menikmati menu disajikan ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 saja. Tergantung dari menu yang dipilih baik itu kopi, es, susu, camilan, makanan berat dan lain-lain.

14. Pondok Rasa Resto & Cafe

pondok rasa lumajang
Foto : https://www.facebook.com/pondokrasa

Nah, buat Anda yang sedang mencari cafe di Lumajang Instagenic, cafe di Kota Lumajang maka wajib mampir ke Pondok Rasa Resto & Cafe. Lokasinya berada di Daerah Citrodiwangsan, yaitu di Jalan Abu Bakar, RT, 01, RW. 07. Kota Lumajang.

Saat memasuki cafe ini Anda akan disuguhkan dengan desain dinding yang sangat unik dan instagramable. Cocok untuk anak-anak hingga remaja sekalipun, jadi Anda bisa berfoto sambil menunggu pesanan datang.

Aneka menu makanan dan minuman yang disajikan di Pondok Rasa Resto & cafe ini terbilang cukup terjangkau. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa cafe ini selalu ramai dan diminati oleh banyak orang.

Pondok Rasa Resto & Cafe ini memiliki ruangan yang cukup luas, cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong, berkumpul, santai hingga mengerjakan tugas. Fasilitas yang disediakan cafe ini juga lengkap mulai dari akses wifi gratis, hingga colokan ada di setiap mejanya.

15. Tjangkir Koffie

Tjangkir Koffie
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112462317134018205031

Rekomendasi cafe di Lumajang yang selanjutnya ini merupakan cafe terinspirasi oleh pemikiran Ir. Soekarno. Tjangkir koffie ini juga memajang foto sang proklamator di dinding ruangannya dengan tatanan yang rapi.

Tjangkir Koffie merupakan sebuah warung kopi di tengah kota dengan mengusung konsep rumah kuno di Lumajang. Cafe ini juga menawarkan beberapa spot foto unik, menu yang beragam dan pastinya ramah dikantong.

Tjangkir Koffie ini menyediakan berbagai menu mulai dari minuman kopi, minuman non kopi, makanan berat hingga camilan. Semua varian menu ini bisa Anda beli dengan harga mulai dari Rp5.000. Sampai dengan Rp30.000 saja, harga ini bisa juga berubah sewaktu-waktu.

Tjangkir Koffie beralamatkan di Jalan Komodor Yos Sudarso, No. 36, Citrodiwangsan, Kecamatan Lumajang. Cafe ini buka di hari senin sampai sabtu mulai pukul 07.00 hingga 23.00 WIB dan tutup di hari minggu.

16. Banyu Langit Cafe

Banyu Langit Cafe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109223993062136567661

Banyu Langit Cafe merupakan Cafe terbaru di Lumajang yang banyak dikunjungi oleh kaum muda mudi. Hal ini dikarenakan harga yang terjangkau dan menu minuman serta makanannya beragam.

Apalagi Banyu Langit Cafe ini buka setiap harinya selama 24 jam. Jadi jangan heran jika cafe ini selalu ramai di dini hari.

Menu yang disajikan disini bukan hanya kopi hitam robusta lokal saja. Tetapi ada beberapa variasi seperti arabika, espresso, hingga penyajian V60.

Nah, buat Anda yang tidak suka kopi masih ada beberapa pilihan minuman lain seperti susu, dan aneka olahan milo. Untuk mendapatkan menu tersebut, Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 saja, harga ini juga bisa berubah.

Lokasi Banyu Langit Cafe ini berapa di Jalan Ringinsari, No. 21, Pulosari Tompokersan, kecamatan Lumajang. Cafe ini memiliki tempat yang nyaman, jauh dari kebisingan kota, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat bersantai untuk melepas penat.

Kunjungi juga –> Cafe di Kediri yang menarik tuk dikunjungi.

17. Kedai Rimba

Kedai Rimba
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108212793342131358836

Tempat ngopi di Lumajang selanjutnya ada Kedai Rimba dengan konsep kedai yang sederhana namun selalu ramai pengunjung. Kedai ini memiliki ruangan yang cukup luas, cocok digunakan sebagai acara gathering.

Lokasinya berada di Jalan Gajah Mada, RT 01, RW 02, Kepuharjo, Kabupaten Lumajang. Tempatnya yang jauh dari kota ini menghadirkan suasana nyaman dan sejuk, cocok dijadikan tempat nongkrong bersama teman.

Menu yang disajikan di Kedai rimba Lumajang ini kebanyakan produk lokal. Mulai dari wedang uwuh, kopi semeru, nasi bakar dan beberapa menu lainnya. Nah, untuk menikmati berbagai jenis menu disini, Anda hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp3.000 hingga Rp20.000 saja.

Kedai Rimba buka setiap harinya dengan jam operasional mulai dari jam 11.00 hingga 23.00 WIB. Kedai ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti toilet, mushola, area parkir yang luas. Sampai akses wifi gratis hingga area banyak stop kontak.

18. Kedai Raftel

kedai raftel
Foto : https://www.facebook.com/kedairaftel

Bagi Anda yang ingin menikmati berbagai jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia, Anda bisa mencoba mampir ke Kedai Raftel. Kedai ini menjadi salah satu tempat ngopi dan nongkrong hits di Lumajang karena menunya bervariasi.

Selain itu, suasana ditawarkan oleh kedai ini cocok buat Anda yang ingin ngobrol santai dan berlama-lama sembari minum kopi. Desain dindingnya dibuat berbeda-beda sehingga membuatnya semakin menarik dan sering dijadikan sebagai spot foto instagramable.

Cafe ini juga menjadi kedai minuman coklat terbaik di kota Lumajang karena harga menunya yang pas di kantong pelajar. Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 saja, tapi bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi Kedai Raftel ini berada di Jalan KH. Agus Saling, Citrodiwangsan, Kecamatan Lumajang. Kedai ini buka setiap harinya mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB dan akan semakin ramai saat sore menjelang malam.

19. Cafe Tepi Sawah Lumajang

Cafe Tepi Sawah Lumajang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101897436767800123015

Anda sedang mencari cafe yang jauh dari keramaian untuk mencari ketenangan? Maka Cafe Tepi Sawah bisa menjadi pilihan yang tepat. Seperti namanya, Cafe ini berada di dekat hamparan persawahan hijau yang menyegarkan mata.

Walaupun lokasinya di desa, tetapi konsepan bangunan dan desainnya sangatlah modern. Tempat ini cocok digunakan untuk diskusi serius bersama teman ataupun digunakan untuk acara penting lainnya.

Selain itu, Cafe Tepi Sawah ini juga cocok dijadikan sebagai tempat bersantai sejenak dari segala produktivitas sehari-hari. Anda bisa mengunjungi cafe ini di daerah Demok, Tepatnya beralamatkan di Jalan. KH. Noer Khotib.

Cafe ini buka setiap harinya mulai dari pukul 09.00 hingga 19.00 WIB, yang kebanyakan pengunjungnya adalah pelajar dan mahasiswa. Menu makanan yang ditawarkan sangat bervariasi mulai dari minuman kopi, non kopi, makanan ringan hingga makanan berat dengan harga terjangkau.

20. Pakde Kopi

pakde kopi lumajang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104632613896833223174

Rekomendasi tempat ngopi hits untuk nongkrong bersama teman di Lumajang yang selanjutnya adalah Pakde Kopi. Cafe ini sering dijadikan sebagai tempat begadang untuk nonton bola, untuk sekadar berkumpul bahkan sampai mengerjakan tugas.

Pakde Kopi ini selalu ramai pengunjung hingga dini hari karena jam operasionalnya dimulai pukul 17.00 hingga 02.00 WIB. Jadi ketika Anda lelah beraktivitas sehari-hari, bisa mampir sejenak di Pakde kopi sembari menikmati sajian kopinya dengan nikmat.

Menu yang disajikan di cafe ini sangatlah beragam, selain minuman, Anda juga bisa menikmati camilan hingga makanan berat. Anda bisa menikmati semua menu yang ada di sini mulai dari harga Rp5.000 sampai Rp30.000 saja.

Pakde Kopi ini berlokasi di Jalan Gajah Mada, Kepuharjo, Kabupaten Lumajang. Meskipun lokasi dekat dengan kota, tetapi suasana di cafe Lumajang satu ini sangat nyaman. Jadi jangan heran jika banyak yang mengerjakan tugas di sini ataupun nongki santai.

21. Kali Sejuk Cafe

Kali Sejuk Cafe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104331378293498479201

Kali Sejuk Cafe menjadi salah satu tempat hits yang selalu dibicarakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak muda, orang dewasa, hingga orang tua. Uniknya Kali Sejuk Cafe ini tidak menawarkan menu pada umumnya, tetapi suasananya sangat mendukung untuk menjadi bahan pertimbangan.

Lokasinya berada di Dusun Darungan, Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang. Saat berkunjung ke sini, Anda akan disuguhkan dengan aliran sungai yang dikelilingi oleh rimbunan bambu.

Hawa sejuk dan alami inilah yang membuat ratusan pengunjung dapat setiap harinya. Menu yang ditawarkan disini memang tidak ada menonjol, tetapi terdapat berbagai macam minuman kekinian dengan cemilan dan makanan tradisional.

Nah, buat Anda yang ingin dapat ke Kali Sejuk Cafe ini bisa datang kapanpun. Karena Kali Sejuk cafe Lumajang ini buka selama 24 jam penuh. Berbeda dengan tempat ngopi lainnya, cafe ini selalu ramai di antara jam 09.00 hingga pukul 16.00 WIB.

22. KMSH Cafe

KMSH Cafe
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115559829558798580397

Rekomendasi selanjutnya ini cocok buat Anda yang ingin mencari tempat nongkrong dengan nuansa alam, yaitu KMSH Cafe. KMSH menjadi tempat nongkrong yang memiliki konsep asri, hijau bernuansa alam, dengan udara sejuk, sehingga membuat Anda semakin betah.

KMSH cafe berlokasi di Desa Banjarwaru, Lumajang, Jawa Timur. Meski lokasinya dekat dengan kota, KMSH Cafe ini mempunyai pekarangan yang luas dengan area kebun di belakangnya.

Uniknya, semua pengunjung yang datang bisa langsung melihat proses pembuatan kopi mulai dari pengeringan hingga roasting. Menu andalan yang ditawarkan oleh KMSH ini tentu saja seputar minuman kopi dengan varian beragam.

Selain menyajikan minuman kopi yang beragam, KMSH Cafe juga menyediakan makanan untuk mengisi kekosongan perut Anda.

23. Markas Coffee

Markas Coffee
Foto : https://www.instagram.com/markascoffee/?hl=id

Anda bosan dengan nuansa dan pemandangan cafe yang itu-itu saja? Anda bisa mencoba ngopi sembari menikmati pemandangan danau yang indah di Markas Coffee.

Lokasinya berada di Dusun Krajan 1, Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Tepat di bawah Gunung Lemongan sehingga membuat Anda bisa mendapatkan pemandangan luar biasa jika cuaca cerah.

Selain pemandangan alamnya indah, Markas Coffee ini juga menyajikan menu yang siap untuk menggoyangkan lidah. Menu makanan yang disajikan di cafe ini cukup beragam, mulai dai minuman kopi, non kopi. Sampai camilan hingga makanan berat dengan harga mulai dari Rp10.000 saja.

Harga menu yang ada di Markas Coffe ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelolan, jadi selalu update informasinya ya.

Jam operasional Markas Coffee ini dimulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jam operasionalnya ini sama setiap harinya kecuali jumat yang buka mulai pukul 13.00 WIB. Dan Markas Coffe di Lumajang selalu ramai pada sore menjelang malam hari.

24. Senduro Coffee

Senduro Coffee
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105289692248160987476

Senduro Coffe menjadi salah satu angkringan kopi yang berada di bawah Gunung Semeru dan selalu menyita perhatian para wisatawan. Suasana yang asri, sejuk menjadikan Senduro Coffee ini selalu ramai pengunjung untuk menikmati bersantai sembari menikmati kopi.

Selain kopi, menu andalan yang disediakan oleh Senduro Coffee ini adalah susu sapi segar. Hal ini dikarenakan lokasi sekitarnya merupakan sentral penghasil susu sapi di Lumajang, jadi soal rasa jangan diragukan lagi.

Senduro Coffee menghadirkan beragam menu lain, seperti minuman kopi, minuman non kopi, berbagai camilan, hingga makanan tradisional. Untuk menikmati semua ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp10.000 hingga Rp30.0000 saja.

Senduro Coffee ini berlokasi di Krajan, Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Jam operasionalnya senin sampai sabtu pukul 10.00 hingga 23.00 WIB, sedangkan di hari minggu mulai pukul 09.00 hingga 23.00 WIB.

Review sebelumnya –> Cafe di Lamongan dengan sejumlah daya tarik alaminya.

25. Saujana Eats & Enjoy

cafe lumajang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100202185880360311648

Saujana Eats & Enjoy merupakan tempat nongkrong di Lumajang yang baru buka Agustus 2021 lalu. Cafe ini beralamatkan di Jalan Kalimas, Suko, Lumajang, dan termasuk lokasi yang trategis karena bisa diakses dengan kendaraan apapun.

Saujana Eats & Enjoy cafe ini mengusung konsepan nuansa outdoor 2 lantai yang instagramable. Saat berkunjung ke cafe ini, tidak perlu khawathir kehabisan tempat, karena tempat duduknya cukup banyak.

Selain ruangan outdoor, terdapat juga area indorr yang bisa Anda jadikan sebagai meeting room atau acara tertentu. Menu yang disajikan oleh Saujana Eats & Enjoy ini cukup beragam, mulai dari masakan western hingga makanan tradisional seperti nasi rawon.

Saujana Eats & Enjoy memiliki jam operasional setiap harinya mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Biasanya cafe ini selalu ramai oleh pengunjung saat jam makan siang atau menjelang malam hari.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai 25 rekomendasi cafe di Lumajang yang sedang hits dan banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan. Apakah Anda tertarik dengan salah satunya? Semua rekomendasi cafe di atas memiliki keunikannya masing-masing.

Agar tidak penasaran lagi, maka Anda wajib mengunjungi beberapa cafe di atas dan mencoba beberapa menu menunya. Jadi apakah Anda sudah menemukan tempat untuk nongkrong bersama teman di cafe Lumajang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 7 =