Dahulu Purwakarta masihlah berupa wilayah hutan belantara di danaunya terdapat badak yang berkubang di kawasan Air Mancur Sri Baduga. Air mancur ini dikelilingi dengan wilayah danau dan pepohonan rindang yang tumbuh subur dan rindang serta bertebaran di lingkungan sekitar.

Di sekeliling danau seluas 4 hektar terdapat kursi tribun untuk pengunjung dengan total pengunjung sampai 5000 orang dengan susunan tingkat. Sementara itu sisi tengahnya ada patung Sri Baduga Maharaja atau dikenal Prabu Siliwangi yang diapit oleh patung 4 ekor macan.

Prabu Siliwangi dipilih sebagai patung utama karena sosok tersebut selalu menomorsatukan nilai toleransi dalam kehidupan bermasyarakat harapannya pesan ini tersampaikan. Mari kita bahas mengenai beberapa hal mendasar yang wajib dipahami sebelum mengunjungi kawasan rekreasi Air Mancur Sri Baduga.

Harga Tiket Masuk Air Mancur Sri Baduga

harga tiket masuk air mancur sri baduga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114944936388440960652

Air Mancur Sri Baduga juga disebut dengan Air Mancur Purwakarta karena lokasinya yang berada di Purwakarta, Jawa Barat. Untuk dapat masuk harga tiket Air Mancur Purwakarta adalah Rp 0 rupiah atau gratis jadi tidak perlu membayar sama sekali.

Meskipun begitu untuk memarkirkan kendaraan ada biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Biaya parkirnya tergolong murah dan sangat cocok karena wilayah ini juga boleh didatangi masyarakat luas dari Purwakarta sendiri maupun luar.

Perlu digaris bawahi harga tiket masuk Air Mancur Sri Baduga dan biaya parkir bisa saja mengalami perubahan tergantung situasi. Walaupun seperti itu, wisata ini tetap dapat menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin berwisata murah meriah bersama orang tersayang.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi air mancur sri baduga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106482255214243884500

Jika berkunjung ke Air mancur Purwakarta pastinya Anda memerlukan petunjuk dimana lokasi dan bagaimana rute yang harus dilalui selama perjalanan. Alamat air mancur ini terletak di Kawasan Situ Beleud, Provinsi Jawa Barat.

Lebih detailnya adalah di Jalan K.K Singawinata No 73, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, provinsi Jawa Barat. Sementara untuk perjalanannya dapat Anda tempuh dengan rute dengan urutan seperti yang dijelaskan berikut ini.

Pertama, apabila Anda memulai perjalanan dari daerah Jakarta (Cawang) Anda dapat memulai dengan masuk ke Tol Jakarta – Cikampek. Lalu dilanjutkan melalui Tol Purbaleunyi ambil jalan keluar Sadang, selanjutnya Anda akan keluar dari Jalan Sadang.

Dari sini teruskan perjalanan sampai Jalan Veteran sesudah itu Anda akan menemui Jalan Jenderal Sudirman. Jika sampai di Jalan Jenderal Sudirman langsung ke Jalan KK Singawinata, Anda akan melihat Taman Sri Baduga disertai air mancurnya.

Kedua, untuk Anda yang menempuh perjalanan awal dari Bandung, cukup masuk Tol Purbaleunyi lalu arahkan kendaraan ke jalan keluar Jatiluhur. Ambil arah keluar di wilayah Ciganea selanjutnya lalui Jalan Basuki Rahmat ambil Jalan Kapten Halim, lalu masuk Jalan Siliwangi.

Area Taman Air Mancur Sri Baduga tepat dilewati oleh Jalan KK Singawinata dan Jalan Siliwangi jadi perhatikan kawasan yang dilalui. Bila ternyata Anda masih bingung solusinya adalah menggunakan GPS atau google maps yang ada di ponsel pintar.

GPS dapat digunakan dengan mengarahkannya ke salah satu antara Jalan KK Singawinata atau Jalan Siliwangi. Selain itu untuk mencari parkir kendaraan juga tidak perlu dibuat pusing karena ada petugas parkir dan petugas keamanan yang mengarahkan.

Guna melakukan akomodasi terhadap jumlah pengunjung yang kapasitasnya bisa mencapai ribuan lapangan sekolah pun menjadi area tempat parkir. Akan lebih baik datang di waktu – waktu yang tidak terlalu ramai pengunjung agar tidak sesak.

Fasilitas

fasilitas air mancur sri baduga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104264589349193519164

Objek wisata murah meriah Air Mancur Purwakarta Sri Baduga tentunya sudah dilengkapi fasilitas yang terbilang sangat memadai untuk banyak pengunjung. Fasilitas tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut ini:

  • Area parkir untuk mobil dan sepeda motor
  • Toilet
  • Mushola sebagai tempat beribadah bagi umat islam
  • Pintu masuk yang diperuntukkan untuk ibu hamil dan disabilitas
  • Gazebo untuk bersantai
  • Tempat duduk untuk pengunjung
  • Area makan di wilayah ini belum ada namun Anda dapat memesan dan makan di
  • warung yang berada di kawasan tersebut.

Jam Buka

jam buka air mancur sri baduga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114079488229791301957

Air Mancur Sri Baduga juga menjadi air mancur terbesar di Purwakarta. Dengan gelar tersebut ada jam operasional yang telah diatur oleh pihak pengelola agar kebersihan dan kenyamanan objek ini tetap terjaga.

Berbeda dari kawasan wisata lainnya jam operasional yang diberlakukan di objek rekreasi ini mulai pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB. Akan tetapi tidak hanya selama 3 jam itu saja wisata ini dibuka lagi jam 18.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB.

Pada malam jam 18.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB tersebut ada pertunjukkan air mancur yang menakjubkan pada malam minggu. Selama perubahan kondisi pandemi ini kemungkinan akan ada perubahan jam operasional jadi Anda dapat mengeceknya melalui internet untuk lebih pastinya.

Air mancur ini juga buka setiap hari mulai senin sampai minggu jadi Anda dapat membuat pilihan hari yang cocok. Jangan lupa datang beramai – ramai agar suasana menjadi lebih seru.

Daya Tarik

daya tarik air mancur sri baduga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104264589349193519164

Adapun hal – hal yang menjadi daya tarik area wisata ini dijabarkan antara lain:

Adanya atraksi air mancur

Atraksi air mancur berlangsung sangat meriah ditambah kelap kelip lampu yang menghiasi. Andapun dapat menikmati jalan penjual di luar area taman dengan harga yang murah sekitar Rp 7.000.

Budget minim

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Anda dapat dengan mudah berwisata disini karena gratis. Hanya perlu membayar biaya retribusi parkir saja ditambah suasana area yang terjaga kebersihannya dapat menjadi pilihan utama.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan air mancur sri baduga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112512543741243453110

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan dikala datang ke Air Mancur Sri Baduga penjelasannya tersaji berikut ini.

Menjajal sate maragi

Sebagai salah satu menu kuliner khas dari Purwakarta sate ini sangat popular dan terkenal kelezatannya. Rasanya benar – benar unik dengan rendaman banyak bumbu utama sebelum dibakar ditambah guyuran saus kacan setelah dibakar.

Berfoto bersama

Area rekreasi ini sangat instagramable untuk berfoto apalagi jika dilakukan di malam hari. Acara pertunjukkan air mancur dapat Anda abadikan atau Anda bisa berfoto di depan spot bertuliskan “Taman Air Mancur Sri Baduga”.

Olahraga

Kawasan ini memiliki rute untuk pengunjung yang akan melakukan jogging karena memang dibuat untuk berolahraga. Apabila Anda ingin bersepeda maka harus berhati – hati dengan pengunjung yang berlalu lalang berjalan maupun berlari santai.

Tips Berkunjung

tips berkunjung air mancur sri baduga
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109364593981552888914

Untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan dan sempurna perhatikan tips berkunjung ke Air Mancur Sri Baduga.

  • Waktu terbaik untuk hadir di tempat ini adalah malam hari karena ada pertunjukkan air mancur
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengambil tangkapan momen yang berkesan
  • Patuhi protokol kesehatan selama berkunjung
  • Perhatikan jam buka agar tidak terlewat

Setelah mengetahui informasi tentang Air Mancur Sri Baduga ini, tentu Anda sudah sangat penasaran. Anda bisa segera melakukan perencanaan liburan agar persiapan matang. Yuk datang kesini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 1 =