Salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi adalah Pantai Cemara Banyuwangi. Pantai yang berhadapan dengan Selat Bali ini memiliki sekitar 19.000 pohon cemara, baik dari jenis cemara udang dan cemara laut.

Dahulu, kondisi pantai ini tergolong gersang dan tidak banyak pepohonan di sekitarnya. Hingga pada tahun 2011, Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi dengan nelayan setempat memulai program penanaman pohon cemara.

Pantai Cemara Banyuwangi baru diresmikan sebagai destinasi wisata baru pada tahun 2017 setelah program penanaman pohon cemara telah berhasil dilakukan. Anda bisa berkunjung ke sini untuk melepas penat atau stress karena rutinitas sehari-hari, berikut informasi lengkap mengenai Pantai Cemara.

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Banyuwangi

harga tiket masuk Pantai Cemara Banyuwangi
Foto : https://www.instagram.com/eniftria_/

Banyak wisatawan datang mengunjungi destinasi wisata ini karena pantainya indah dan harga tiket masuk Pantai Cemara Banyuwangi yang terjangkau. Selain tiket masuknya, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti ke penangkaran penyu dan melihat pelepasan tukik dengan harga terjangkau.

Untuk tiket mengunjungi pantai, dikenakan harga tiket hanya sebesar Rp2.000, begitu pula untuk tiket ke penangkaran penyu yang hanya Rp2.000. Sedangkan jika Anda ingin melihat pelepasan tukik, maka Anda dikenakan biaya seharga Rp30.000.

Selain itu, jika Anda ingin menyewa tikar untuk sekadar berpiknik di pinggir pantai, maka Anda bisa membayar dengan Rp15.000 saja. Anda juga harus mempersiapkan uang kecil untuk parkir kendaraan, untuk motor dikenakan harga Rp2.000 dan untuk mobil Rp5.000.

Harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu dari pihak pengelolanya. Namun, harga tiket yang telah disebutkan bisa dijadikan referensi sebelum datang ke Pantai Cemara Banyuwangi.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pantai cemara banyuwangi
Foto : https://www.instagram.com/itschibii/

Lokasi Pantai Cemara Banyuwangi ini terletak di Dusun Rowo, Desa Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Walaupun berada di daerah Kabupaten, tetapi Pantai Cemara Banyuwangi ini dekat dengan pusat kota ataupun Bandara.

Dari Kota Banyuwangi, Anda hanya harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dengan jarak 3 kilometer. Sedangkan dari Bandara, Anda harus menempuh perjalanan selama 30 menit saat kondisi lalu lintas lancar untuk sampai ke pantai tersebut.

Anda bisa berkunjung kesana menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, tetapi kebanyakan wisatawan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Sebab, mereka bisa bebas mengunjungi lebih banyak destinasi wisata lain dengan kendaraan pribadi.

Untuk rute perjalanannya, dari kota Anda bisa mengambil Jalan Letjen S Parman ke Desa Kalirejo. Di sana Anda akan menemukan perempatan Jalan Kepodan hingga bertemu lagi pertigaan Jalan Pantai Rejo.

Jalan tersebut sudah dekat dengan Pantai Cemara Banyuwangi, Anda bisa menggunakan Google Maps agar lebih mudah mencari rute terbaik kesana. Namun, untuk kondisi jalan yang akan Anda lalui masih ada beberapa bagian jalan rusak dan belum terlalu mulus.

Fasilitas

fasilitas pantai cemara banyuwangi
Foto : https://www.instagram.com/pantai_cemara_pakis/

Pantai Cemara Banyuwangi juga menyediakan fasilitas yang bisa menunjang keperluan pengunjung. Beberapa fasilitas berikut sangat perlu sekali Anda simak:

  • Area parkir yang tidak terlalu luas tetapi cukup untuk menampung kendaraan.
  • Kamar mandi dan toilet
  • Mushola
  • Pusat informasi
  • Camping ground
  • Spot foto
  • Perahu wisata
  • Penginapan
  • Wahana permainan menarik
  • Gazebo
  • Serta warung-warung di pinggiran pantai yang menjual berbagai makanan dan minuman khas Banyuwangi, serta makanan instan dengan harga yang terjangkau.

Daya Tarik

daya tarik pantai cemara banyuwangi
Foto : https://www.instagram.com/asephendriansyah/

Setiap harinya, Pantai Cemara Banyuwangi selalu dikunjungi oleh wisatawan dengan jumlah yang banyak apalagi saat masa liburan tiba. Sebab, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, berikut daya tarik Pantai Cemara Banyuwangi

Pohon Cemara dan Pasir Hitam

Pantai Cemara Banyuwangi identik dengan pohon cemaranya yang berjejer rapi di pinggir pantai. Pohon-pohon cemara yang rindang tersebut bisa menciptakan suasana sejuk bagi para wisatawan untuk betah bersantai di sana.

Selain itu, pasir dari pantainya yang berwarna agak kehitaman dengan tekstur lembut juga menjadi karakteristik dari Pantai Cemara Banyuwangi. Anda bisa menikmati suasana pantai di bawah pohon cemara yang rindang dengan menggelar tikar.

Spot Foto Menarik

Ada beberapa spot foto menarik di Pantai Cemara Banyuwangi, salah satunya adalah tempat duduk warna-warni dengan latar belakang “love” dibelakangnya. Anda juga bisa berfoto di spot foto yang ada sebelum memasuki tempat parkiran.

Spot foto lainnya yang memiliki latar belakang bagus berupa sungai air payau dan pohon mangrove beserta pohon cemara di sekelilingnya. Wisatawan juga bisa berfoto dengan penyu jika ingin.

Tempat Penangkaran Penyu

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah adanya tempat penangkaran penyu yang sederhana dan semi alami. Tempat penangkaran penyu ini terdiri dari tempat pembesaran penyu dan tempat edukasi penyu.

Jam Buka

jam buka pantai cemara banyuwangi
Foto : https://www.instagram.com/backpacker_adventur3/

Tempat wisata yang memiliki nama lain Cemara Beach Banyuwangi ini buka setiap hari, kecuali hari Senin mulai pukul 06.00-16.00 WIB. Pada hari Senin, Pantai Cemara Banyuwangi tutup untuk menjaga ekosistem dan kebersihan pantai.

Biasanya pantai ini akan ramai di hari-hari liburan atau weekend. Apalagi saat pagi hari karena udaranya yang masih segar dan belum terlalu panas.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pantai cemara banyuwangi
Foto : https://www.instagram.com/dita.ike/

Wisata pantai di Banyuwangi ini tidak hanya menawarkan pemandangan pantai saja tetapi juga ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan. Nah, berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Cemara Banyuwangi.

Bersantai atau Bermain di Pantai

Saat di pantai, Anda bisa bersantai bersama keluarga dengan menggelar tikar dan melakukan piknik. Atau Anda juga bisa bermain di pantai, berenang, dan melakukan berbagai hal lain yang seru di pantai.

Melihat Penangkaran Penyu

Pantai ini juga menyediakan tempat penangkaran penyu yang bisa Anda kunjungi untuk sekadar melihat berbagai jenis penyu. Bila beruntung, Anda juga bisa melihat pelepasan anak penyu.

Berkemah

Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk berkemah atau camping untuk melepas stress. Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit pada sore dan pagi hari yang indah.

Berfoto

Ada berbagai spot foto instagenic yang bisa Anda gunakan untuk berfoto di sini dan mengunggahnya di media sosial.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai cemara banyuwangi
Foto : https://www.instagram.com/neesha_rose_mozza/

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Cemara Banyuwangi, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan liburan Anda bisa menyenangkan.

Pastikan kondisi kesehatan dan kondisi kendaraan Anda lama keadaan yang baik. Isi penuh tangki bahan bakar agar tidak kehabisan di tengah perjalanan.

Pastikan barang bawaan Anda lengkap dan tidak tertinggal. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga.

Bawa tabir surya atau sunscreen selama di pantai untuk menghindari radiasi sinar matahari berlebih.

Bawa baju ganti jika diperlukan, sebab biasanya di pantai Anda akan bermain air ataupun berenang sehingga harus ada baju ganti.

Jika ingin menginap, maka pastikan telah memesan kamar terlebih dahulu sebelum pergi.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai Pantai Cemara Banyuwangi yang bisa dijadikan tempat wisata selanjutnya untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Nikmati keindahan pantai dan pohon cemara yang ada di sana untuk melepaskan penat dari rutinitas seharian Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − 1 =