Kuliner Nusantara hadir dengan cita rasa dan keragaman yang begitu luar biasa. Mulai dari Sabang hingga ke penjuru Merauke, semuanya memiliki makanan khas dengan rasa yang begitu otentik dan tidak sama dengan wilayah lainnya. Salah satunya adalah lumpia, camilan khas Semarang yang harus kamu coba ketika berkunjung ke destinasi yang mendapat sebutan sebagai Kota Atlas ini.

Semarang sendiri memang menjadi destinasi transit yang cukup populer bagi pelancong yang melakukan perjalanan dari wilayah Barat menuju ke wilayah Timur. Bukan tanpa alasan, ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini menawarkan banyak pilihan kuliner lokal dengan rasa lezat yang sangat unik. Belum lagi dengan banyaknya pilihan moda transportasi menuju ke Semarang. Jika berangkat dari Jakarta, kamu bisa menemukan beragam armada bus Jakarta Semarang.

Beli Lumpia Semarang yang Hits dan Enak, di Mana?

Kamu akan menemukan banyak tempat yang menjual lumpia sesampainya di Semarang. Namun, lumpia paling hits dan enak hanya bisa kamu temukan di enam tempat berikut ini.

1. Lumpia Gang Lombok

lumpia gang lombok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105481865759016069000

Rasa lezat kuliner lumpia khas Semarang yang ada di Gang Lombok belum tergantikan hingga saat ini. Bahkan, oleh masyarakat dan wisatawan, lumpia yang telah ada sejak tahun 1963 silam ini disebut sebagai lumpia paling legendaris yang ada di Semarang.

Meski telah membuat lumpia sejak lama, rasa lumpia di sini tidak berubah, lho! Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang penasaran seperti apa kelezatan camilan dengan isian rebung ini.

Tersedia dua jenis lumpia yang bisa kamu nikmati di Gang Lombok, yaitu lumpia goreng yang disajikan dengan cara digoreng, dan lumpia basah yang disajikan dengan cara dikukus. Semuanya punya rasa yang khas, tetapi sama enaknya. Bahkan, daya tahan lumpia tersebut bisa dibilang cukup lama, lho! Jadi, kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga, kerabat, dan teman.

2. Lumpia Mataram

lumpia mataram
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101673859813702063617

Tempat berikutnya yang bisa kamu kunjungi untuk menjajal enaknya lumpia di Semarang adalah Lumpia Mataram. Seperti namanya, camilan ini bisa kamu jumpai di wilayah Mataram dan telah ada sejak tahun 1988 lalu. Selain lumpia yang ada di Gang Lombok, lumpia Mataram bisa dibilang sebagai tempat menjual lumpia lainnya yang paling legendaris dan populer.

Selain itu, menu lumpia yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda, yaitu lumpia goreng dan lumpia basah. Meski begitu, sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu perihal campuran isinya, ya! Sebab, selain rebung, lumpia di kawasan Mataram ini juga menawarkan bahan non-halal pada campuran isinya.

3. Lumpia Cik Meme

lumpia cik meme
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114685382659862284673

Lumpia Cik Meme buka secara resmi pada tahun 2014. Sejak pertama kali buka, lumpia di sini sudah mampu menarik minat banyak pelanggan, baik dari kalangan masyarakat setempat maupun wisatawan.

Ini berkat rasa lumpia yang dibuat oleh Cik Meme yang memang sangat menggugah selera. Resep lumpia ini diwariskan dari generasi ke generasi, sehingga rasanya tidak pernah berubah meski pemiliknya telah berganti generasi.

Hal yang menjadi pembeda antara lumpia buatan Cik Meme dengan lumpia Semarang yang lain yaitu isian yang ditawarkan. Kamu bebas memilih isian lumpianya, mulai dari rebung, kakap, kepiting, plain, dan jagung. Jika kamu penyuka rasa pedas, rekomendasi dari Cik Meme adalah lumpia isi daging kambing jantan muda. Sementara untuk para vegetarian, tersedia pula lumpia isi sayuran yang tak kalah enaknya.

4. Lumpia Mbak Lien

lumpia mbak lien
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106065714652075567164

Tempat beli lumpia Semarang selanjutnya adalah Lumpia Mbak Lien yang berlokasi di kawasan Pandanaran dan Pemuda. Mirip dengan lumpia yang ada di kedai Cik Meme, lumpia buatan Mbak Lien juga menawarkan banyak varian isi. Ada isian rebung untuk lumpia original, isian ayam, hingga lumpia isi udang. Lumpia bisa disajikan dengan cara digoreng maupun dikukus. Pastikan kamu mencoba semua pilihan isiannya supaya tidak penasaran dengan enaknya, ya!

5. Lumpia Express

lumpia expres
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116159765545935257837

Berlokasi di kawasan Gajahmada, Lumpia Express hadir dengan membawa tema restoran ala cafe yang sangat modern dan kekinian. Sudah pasti, para pengunjung dapat mencicipi enaknya lumpia di kedai atau dibungkus untuk disantap bersama keluarga di rumah. Selain isian rebung, udang, dan ayam, Lumpia Express juga menawarkan varian lain dengan isian kepiting yang ternyata cukup disukai pembeli. Supaya tidak kehabisan, pastikan kamu datang lebih awal untuk mencicipi sepotong lumpia Semarang yang begitu melegenda.

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat membeli lumpia di Semarang yang enak dan hits. Jangan sampai terlewat, pastikan kamu mencicipi kelezatan lumpia khas Kota Atlas di salah satu tempat tersebut, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 2 =