Kuliner Vlog Ke Pasar Kumandang Wonosobo

Pasar Kumandang yang berlokasi di Kretek, Wonosobo mulai menyita perhatian khalayak. Pasalnya, pasar tersebut disetting dengan nuansa tradisional yang sangat kental layaknya kehidupan tempo dulu. Hal ini sontak menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung. Suasana pasar yang banyak diliputi pepohonan memang sengaja dipilih untuk memberikan kesan sejuk dan asri. Bahkan, wisatawan yang datang dilarang keras untuk merokok dengan tujuan untuk memberikan pelajaran agar bisa menghargai orang lain.

Pasar Kumandang Sajikan Nuansa Tradisional di Zaman Modern

Pasar Kumandang begitu lekat dengan kesan tradisional karena benar-benar dibuat layaknya zaman dahulu. Pengunjung yang datang akan disambut dengan sebuah gapura bertuliskan “Kumandang” yang didesain dengan bambu. Tak hanya sampai di situ, Semua pedagang yang berjualan kompak bersama-sama memakai busana khas Jawa yaitu baju lurik. Bahasa yang digunakan di pasar ini juga menggunakan Jawa kromo.

Ternyata pasar ini tak hanya menjual kuliner tradisional saja, namun terdapat kerajinan serta mainan tradisional yang diperjualbelikan. Hal ini sengaja dilakukan demi melestarikan budaya Jawa yang dirasa mulai punah. Banyak anak-anak yang kecanduan gawai di era digitalisasi ini. Oleh sebab itu, panitia beserta lurah setempat berupaya untuk memberikan sarana dan prasarana  agar anak-anak jadi lebih aktif berinteraksi dan bersosialisasi dengan yang lain.

Satu hal lagi yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke tempat ini yaitu selfie. Anda dijamin nyesel jika tidak menyempatkan diri untuk mengambil gambar di pasar dengan background yang sangat langka ini. Selain nuansanya yang asri, ternyata di dalamnya terdapat puing-puing candi bekas peninggalan agama Hindu. Ada bisa bersua foto di beberapa spot menarik tersebut.

Pasar Kumandang berhasil menyedot ratusan wisatawan untuk berkunjung. Ide tersebut dinyatakan sukses untuk memberikan suguhan pasar khas tempo dulu yang sangat dirindukan. Kondisi pasar yang nyaman, sejuk, tidak sesak, dan anti polusi dapat dirasakan di tempat ini. Anda akan mendapatkan surprise yang tidak terduga-duga saat memasuki kawasan pasar tradisional Kumandang.

Video Travel Vlog Mendaki Gunung Sindoro Terbaru 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here