Temiangan Hill menjadi tempat wisata di salah satu puncak Lampung yang menyajikan pemandangan kabut khas pegunungan. Tempat wisata ini selalu menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan sunrise dan sunset. Dengan hamparan awan putih dan dikelilingi berbagai bukit.

Bukan hanya keindahan sunrise dan sunset saja, Anda juga bisa menikmati bentang alam yang luas dari perbukitan sekitarnya. Dari atas wisata Temiangan Hill ini, Anda bisa menyaksikan seluruh keindahan kota Lampung, dengan pepohonan rindang yang menambah kehijauan kota.

Anda pasti penasaran dengan ketinggian Temiangan Hill berapa mdpl? Tempat wisata ini berada di ketinggian 1000 mdpl dengan sensasi berwisata di atas alam. Nah, penasaran apa saja yang ada di tempat wisata ini?

Harga Tiket Masuk Temiangan Hill

harga tiket masuk terniangan hill
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106486582254072901720

Untuk menikmati keindahan alam wisata ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, karena biaya masuk Temiangan Hill sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 saja per orang di hari weekday ataupun weekend.

Nah, buat Anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenai biaya parkir, untuk motor hanya Rp5.000 saja. Sedangkan untuk Anda yang membawa kendaraan mobil, elf, ataupun bus maka biayanya sedikit lebih mahal, yaitu Rp20.000.

Karena tinggi Temiangan Hill yang berada di atas awan, maka para pengunjung sering mengadakan camping. Dengan harga sewa mulai Rp45.000 saja. Semua tarif mulai dari tiket masuk hinnga persewaannya ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi siapkan uang lebih ketika berkunjung.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi temiangan hill
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101090007517700648103

Lokasi Temiangan Hill ini cukup mudah dijangkau dan bisa dilalui oleh berbagai jenis kendaraan tanpa perlu kesasar. Alamatnya berada di Desa Pekon Trimulyo, kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, ada beberapa rute yang bisa ditempuh menggunakan berbagai jenis kendaraan. Rute termudah yang bisa dilalui jika berada di kota Bandar Lampung adalah menuju ke arah Bandara Radin Inten II.

Dari arah tersebut, Anda bisa memilih jalur Tol dan keluar di Terbanggi Besar yang kemudian berlanjut ke Bukit Kemuning. Lalu Sumber Jaya hingga bertemu Tugu Soekarno. Ambillah arah kiri ke Situs Megalitik Batu Brak hingga lurus menuju desa Tri Mulyo.

Fasilitas

fasilitas temiangan hill
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118179949152554955041

Bukit ini menyuguhkan beragam pemandangan alam yang indah dan menakjubkan sehingga mampu memikat hati para wisatawan. Di Bukit Temiangan Hill ini, terdapat beberapa fasilitas umum yang disediakan, seperti kamar mandi, toilet, serta mushola sebagai tempat ibadah.

Selain itu, Anda akan mendapati banyak warung yang menjual berbagai makanan berat ataupun makanan ringan serta minuman dengan harga terjangkau. Jadi saat berkunjung ke tempat wisata ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk membawa bekal makanan dari rumah.

Buat Anda yang suka foto, Bukit Temiangan Hill juga menghadirkan beragam spot foto unik menarik. Selain berfoto, Anda bisa melakukan camping dan di wisata ini menyediakan semua peralatan camping dengan sistem menyewa.

Jam Buka

jam buka temiangan hill
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110152106465445226180

Seperti yang telah dijelaskan bahwa Anda bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset dari atas perbukitan Timiangan Hill Lampung ini. Jadi jam operasional dari tempat wisata ini tidak ada batasan waktu, alias Anda bisa berkunjung kapanpun selama 24 jam sepuasnya.

Tetapi saat berkunjung atau hendak pulang dari wisata ini di malam hari, sebaiknya Anda berhati-hati karena medannya yang cukup terjal. Setelah sunset berakhir, objek-objeknya tidak mudah ditemukan. Dan Anda harus berjalan kaki untuk turun ke bawah, jadi lebih baik melakukan camping.

Selain tidak adanya pembatasan jam operasional, Anda juga bisa menikmati keindahan Temiangan Hill ini setiap hari, kecuali di hari Jum’at. Karena tempat wisata ini selalu tutup di hari Jum’at saja, tetapi tetap buka di hari libur nasional dan juga weekend.

Daya Tarik

daya tarik temiangan hill
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109048530827907465487

Daya tarik Bukit Temiangan Hill Lampung ini sangatlah beragam, sehingga banyak diminati para wisatawan dari luar daerah lampung. Nah berikut beberapa daya tarik yang menjadi alasan utama tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi:

Negeri di Atas Awan

Lampung barat, selalu dijuluki sebagai “negeri di atas awan” karena lokasi geografisnya berada di pengunungan dan perbukitan. Di puncak bukit Temianngan Hill Lampung ini, Anda bisa menikmati pepohonan hijau serta kabut yang mengambang bagaikan awan.

Udara Sejuk

Tempat wisata ini berada di perbukitan, tentu saja udara yang sejuk menjadi salah satu daya tariknya. Karena membuat Anda merasa berada di ruangan ber AC. Apalagi buat Anda yang melakukan camping maka itu bisa menjadi pengalaman seru dan asyik.

Dikelilingi Kebun Kopi

Saat dipuncak bukit, Anda bisa melihat berhektar-hektar perkebunan kopi robusta yang menjadi kopi khas dari Lampung Barat. Selain menikmati pemandangannya, Anda bisa melihat bagaimana bentuk buat kopi, biji kopi, hingga bentuk dari daun kopi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan temingan hill
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106947699360228024353

Dengan segala daya tariknya yang memukau tersebut, Anda tidak akan kehabisan ide untuk melakukan segala aktivitas seru. Nah, berikut ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Temiangan Hill ini.

Menikmati Panorama

Panorama yang tersajikan di Temiangan Hill ini memanglah sangat indah dan mempesona hanya dari atas bukit disebut negeri atas awan. Pemandangan wisata ini semakin sempurna dengan adanya perbukitan di sekitar berpadu view langit biru dan kabut yang tebalnya.

Camping

Buat yang ingin menikmati udara dingin dari perbukitan ini, maka Anda wajib melakukan camping atau berkemah. Dengan berkemah, Anda akan disambut cahaya sunrise, serta menyaksikan sunset yang tenggelam dari balik perbukitan Temiangan Hill.

Berfoto

Berfoto menjadi aktivitas wajib harus dilakukan saat berwisata. Apalagi Temiangan Hill ini menghadirkan beragam spot foto unik yang tidak boleh terlewatkan. Selain fasilitas spot foto yang instagramable, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan alam dengan segala keindahanya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung temiangan hill
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101090007517700648103

Nah, buat Anda yang tertarik untuk berkunjung ke wisata Temiangan Hill ini, alangkah baiknya mengikuti beberapa tips berkunjung berikut.

  • Saat datang ke wisata ini, pilihlah waktu saat cuaca cerah, agar mendapatkan view terbaik dan indah
  • Gunakan pakaian yang hangat dan nyaman, karena suhu di perbukitan ini sangatlah dingin apalagi saat di pagi dan sore hari.
  • Jangan lupa untuk membawa uang cash lebih banyak untuk menyewa peralatan camping atau menikmati makanan dan minuman yang disajikan.
  • Carilah spot foto terbaik seperti sunrise di pagi hari da sunset di sore hari.
  • Selalu menjaga kebersihan saat berwisata, seperti membuat sampah pada tempatnya agar alam tetap bersih dan terjaga.

Itulah sekilas ulasan mengenai wisata Temiangan Hill di Lampung Barat yang sedang hits akhir-akhir ini. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata dengan suguhan panorama alam yang sangat indah ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + 18 =