Taman Sari merupakan salah satu tempat wisata di Jogja paling hits dengan aneka spot-spot foto menarik didalamnya. Taman Sari Jogja ini dahulunya adalah bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada zaman Sultan Hamengku Buwono I.

Memiliki sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, dan lain-lain yang masih berdiri kokoh. Kebun Taman Sari Yogyakarta yang mendapat sebutan “The Fragrant Garden” ini dahulunya digunakan secara efektif antara tahun 1765 sampai 1812.

Dan kini dimanfaatkan menjadi salah satu tujuan berwisata populer di Yogyakarta yang tak pernah sepi dari wisatawan. Saat anda berada di Jogja, wisata instagramable satu ini jangan sampai dilewatkan ya, nanti nyesel lho.

Harga Tiket Masuk Taman Sari

harga tiket masuk taman sari
Foto : https://www.instagram.com/xiaolingchan/

Jogja menjadi salah satu tujuan untuk berwisata paling favorit bagi banyak orang di berbagai daerah Indonesia. Terbukti pada saat akhir pekan dan juga musim liburan, Kota Jogja selalu penuh akan wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara.

Mereka menganggap bahwa Jogja merupakan daerah yang cocok untuk jalan-jalan sembari melepas penat, dan itu benar adanya. Dan juga mengunjungi berbagai tempat-tempat wisata paling ikonik di Yogayakrta, Taman Sari misalnya.

Wisata Taman Sari di Jogja menjadi salah satu destinasi andalan yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Untuk bisa explore Taman Sari Jogja dengan bangunan yang memikat, maka anda perlu menyiapkan sejumlah dana.

Harga tiket masuk Taman Sari Jogja hanya sebesar Rp5.000 saja per orangnya, sangat murah sekali bukan? Akan tetapi jika anda akan melakukan sesi foto menggunakan kamera dan peralatan profesional maka dikenakan biaya tertentu.

Tarif biaya yang berlaku yakni :

  • Rp15.000 : Tiket Wisatawan Mancanegara
  • Rp250.000 : Prewedding
  • Rp150.000 : Foto Pelajar/Mahasiswa
  • Rp250.000 : Foto Sesion
  • Rp500.000 : Foto Produk

Perlu anda ketahui juga bahwa ketentuan biaya diatas bisa saja tiba-tiba mengalami perubahan harga sewaktu-waktu.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi taman sari
Foto : https://www.instagram.com/raishanajwasyahira/

Lokasi Taman Sari cukup strategis dan mudah dijangkau, berada di kawasan dengan luas wilayah mencapai 10 hektare. Kompleks Taman Sari Jogja setidaknya terbagi menjadi 4 bagian, yang pertama di sebelah barat terdapat danau buatan.

Selanjutnya yang berada dibagian selatan danau buatan, yakni sebuah bangunan Pemandian Umbul Binangun. Yang ketiga ini terletak di selatan bagian kedua, adalah Kolam Garjitawati dan Pasarean Ledok Sari.

Dan yang terkahir yaitu kompleks Maganga yang berada di sebelah timur bagian pertama dan kedua. Untul alamat Taman Sari Jogja sendiri letaknya di Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari pusat Kota Jogja atau 0 Kilometer, sangat dekat sekali untuk menuju wisata ciamik ini. Jaraknya hanya sekitar 1, 6 km saja dengan membutuhkan lama perjalanan sekitar 6 saja waktu berkendara.

Maps dibawah ini akan memudahkan sekaligus mengantarkan anda agar bisa tiba di wisata Taman Sari Jogja dengan mudah.

Jam Buka

jam buka Taman Sari
Foto : https://www.instagram.com/oddeyesisme/

Bagi anda yang sudah merencakan perjalanan liburan menyenangkan dan masih bingung dengan Taman Sari Jogja buka jam berapa. Jam buka Taman Sari Jogja yakni pukul 09.00 – 14.00 WIB dan terbuka untuk umum selama setiap hari.

Datanglah lebih awal agar anda bisa jalan-jalan dan berkeliling di wisata Jogja hits ini sampai puas.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108911477652345866602

Setibanya di kawasan cagar budaya Taman Sari ini wisatawan dapat menyusuri jejak-jejak reruntuhan dan sisa bangunan megah yang masih ada. Pengunjung dijamin akan terpukau dengan setiap sudut bangunannya yang tak akan menemukannya di tempat lain.

Bangunan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I siap memanjakan anda yang hobi fotografi. Biasanya juga tempat ini selalu menjadi tujuan para pegiat fotografi untuk menyalurkan hobinya tersebut.

Atau ada juga yang melakukan sesi pemotretan, seperti prewedding, foto produk, buku tahunan pelajar, dan masih banyak lagi. Tak hanya foto, pembuatan video clip musik, ftv, hingga film layar lebar pernah beberapa kali ambil scene di Taman Sari.

Datang juga ke –> Sindu Kusuma Edupark

Spot Foto Terbaik

spot foto terbaik taman sari
Foto : https://www.instagram.com/deorinasir/

Dahulunya memiliki 57 bangunan, dan sekarang yang dapat dilihat hanyalah yang berada di sisi barat daya kompleks Kedhaton saja. Sisa sisa bagian bisa anda saksikan secara lebih dekat dan memanfaatkannya sebagai background saat berswafoto.

Ada beberapa spot di Taman Sari Jogja yang unik dan menyimpan banyak sejarah di dalamnya, seperti :

  • Gapura Agung Taman Sari. Yang dahulunya menjadi tempat pemberhentian kereta kencana sultan dan keluarganya.
  • Pesanggrahan. Dulunya berguna sebagai tempat untuk Sultan bersemedi dan menyusun strategi perang.
  • Umbul Binangun. Dua kolam dengan air berwarna biru yang konon dulunya sebagai tempat pemandian untuk putri-putri raja dan selir raja.
  • Sumur Gumiling. Sebuah Masjid bawah tanah dengan ruangan berbentuk persegi yang terhubung dengan 5 anak tangga.
  • Gedung Kenongon. Dulu berfungsi sebagai lokasi bersantap raja dan juga sebagai tempat untuk mengintai musuh.
  • Gedhong Gapura Panggung. Terdapat relief ular di sekelilingnya dan dulu menjadi tempat sultan menikmati pertunjukan tari dan musik gamelan.

Serta masih banyak sudut-sudut menarik yang bakal anda temukan disini selama rekreasi. Abadikan setiap momen pada spot terbik di Taman Sari Jogja untuk menghasilkan foto maupun video yang instagramable.

Kunjungi juga –> Candi Prambanan

Fasilitas

fasilitas taman sari
Foto : https://www.instagram.com/viorenechow/

Menjadi salah satu dari banyaknya wisata Jogja yang populer dan selalu ramai akan wisatawan. Telah di dukung oleh berbagai sarana prasana yang sangat memadai guna menunjang kegiatan serta aktivitas selama disini.

Dan berikut fasilitas Taman Sari Jogja yang antara lain adalah :

  • Tempat parkir kendaraan yang luas.
  • Pusat informasi wisata Taman Sari.
  • Akses jalan bagi penyandang disabilitas
  • Pemandu wisata profesional
  • Kamar mandi / toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Warung wisata
  • Kios aneka souvenir
  • Jasa foto wisata
  • Area duduk dan bersantai
  • Spot foto instagenic

Kampung wisata Taman Sari di Jogja siap membuat rekreasi anda bersama orang tercinta kali ini semakin berkesan. Dapatkan pengalaman liburan yang tak akan pernah terlupakan dengan hal-hal menarik di Taman Sari yang menakjubkan.

Review sebelumnya –> Candi Ratu Boko

Tips Berkunjung

tips berkunjung taman sari
Foto : https://www.instagram.com/oddeyesisme/

Berikut beberapa tips bekunjung ke Taman Sari di Jogja yang kekinian dengan spot instagenicnya.

  • Datanglah lebih awal agar bisa menikmati berbagai sajian menarik di Taman Sari.
  • Jika anda datang di siang hari, tak ada salahnya tuk membawa penutup kepala tuk melindugi dari terik matahari.
  • Bersama – sama ikut menjaga kawasan wisata agar tetap bersih dengan selalu membuang sampah pada tempatnya.
  • Selalu utamakan keselamatan demi mendapatkan momen liburan impian agar selalu membekas di pikiran.
  • Patuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan bagi semua wistawan yang tengah berkunjung demi kebaikan bersama.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai wisata di Jogja paling rekomended yakni Taman Sari. Semoga informasi yang sudah anda simak membuat ingin segara datang kesini dengan mengajak serta keluarga dan orang-orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − six =