Pemandian air panas Ciwalini Bandung, ada yang tertarik? Yuk simak dulu. Bandung, selain dipenuhi dengan kecantikan penduduknya, juga memiliki tempat wisata cantik-cantik dan sejuk yang dihangatkan dengan keramahan penduduk lokalnya.

A.W.Brouwer berkata “Bumi Pasundan lahir ketika tuhan sedang tersenyum”. Begitulah Bandung untuk masyarakatnya yang selalu melontarkan senyum hangat. Senyum itu melahirkan lebih dari 100 tempat wisata.

Salah satu daerah yang banyak diminati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara adalah Ciwidey. Jalan yang berkelok-kelok dan rindangnya pepohonan di sekitar jalan, tidak menjadi hambatan untuk tetap berlibur di daerah dengan hamparan kebun teh yang luas ini.

Ciwidey memiliki banyak tempat wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan, diantaranya Kawah putih, Ranca Umpas, dan Rancabali dengan kebun teh dan pemandian air panasnya. Salah satu pemandian air panas tersebut yaitu Pemandian air panas Ciwalini.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciwalini

harga tiket masuk Pemandian Air Panas Ciwalini
foto : https://www.instagram.com/unilinaa/

Layaknya objek wisata yang lain, pemandian air panas Ciwalini memiliki standar harga yang umum dengan yang lainnya. Harga tersebut sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Harga tiket masuk pemandian air panas Ciwalini yaitu Rp20.000,- belum termasuk dalam parkir, dan kolam renang. Untuk parkir roda dua yaitu Rp3000,- dan Rp5000,- untuk mobil kecil.

Sedangkan untuk harga parkir bus atau truk Rp20.000,- Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Untuk harga kolam renang bervariasi sesuai dengan jenis kolam renang yang ada. Harga tiket di kolam 2 senilai Rp10.000,-/orang dan kolam keluarga Rp150.000,-/jam. Ada juga kamar rendam dengan harga tiket Rp20.000,-/orang dan terapi ikan Rp10.000,-/orang.

Kunjungi juga daftar objek wisata di Ciwidey yang paling rekomended.

Rute Menuju Lokasi Pemandian Air Panas Ciwalini

jalan menuju Pemandian Air Panas Ciwalini
foto : https://www.instagram.com/air_panas_walini/

Kota Bandung tidak seluas Jakarta, sehingga daerah satu dengan yang lain dapat dijangkau dengan mudah.

Selain itu, fasilitas transportasi umum juga sudah sangat memadai sehingga sangat mudah untuk mencapai lokasi pemandian air panas di Ciwalini.

Jalan menuju pemandian air panas Ciwalini dapat ditempuh dengan mudah karena lokasi sangat terkenal di kalangan masyarakat Bandung.

Sebagian besar wisatawan luar Bandung memilih untuk menggunakan kereta api dari kota asal.

Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil rute

Menuju jalan Kopo, kemudian dilanjutkan ke jalan Cilampeni. Setelah itu, pilih jalan menuju Katapang, lalu ke Soreang dan terakhir mengambil jalan ke Ciwidey.

Alamat pemandian air panas Ciwalini Bandung yaitu jalan Raya Ciwidey-Patengan Tenjolaya Ciwidey, di desa Patengan, kecamatan Rancabali, Bandung.

Jika kamu ingin menggunakan jasa transportasi umum, bisa menggunakan elf dengan tujuan ke terminal Leuwipanjang, Ciwidey.

Atau perjalananmu akan lebih mudah dan asik jika kamu memiliki referensi rental motor. Kamu cuma butuh mengikuti peta dan menggunakan GPS alami yaitu bertanya masyarakat sekitar.

Datang juga ke Ciwidey Valley Resort yanag sangat menarik untuk dikunjungi.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Ciwalini

wisata Pemandian Air Panas Ciwalini bandung
foto : https://www.instagram.com/air_panas_walini/

Peningkatan pengunjung di tempat wisata akan mempengaruhi fasilitas yang ada. Hal tersebut dikarenakan, untuk menunjang dan menarik perhatian pengunjung. Sama halnya dengan pemandian air panas di Ciwalini Bandung.

Wisatawan semakin dimanjakan dengan fasilitas yang ada di kawasan air panas Ciwalini. Wahana bermain anak seperti waterboom, flying fox, motor cross, sepeda tour dan berbagai jenis kendaraan ATV, gazebo atau pendopo, taman bermain, serta mushola juga tersedia di pemandian air panas Ciwalini.

Kenyamanan pengunjung juga menjadi salah satu prioritas utama objek wisata ini. Untuk tetap menjaga kenyamanan wisatawan, kolam renang dibagi menjadi beberapa kategori yaitu kolam 2, kolam keluarga, dan private room yang berisi untuk satu orang pengunjung saja.

Lihat juga Wisata Kawah Rengganis yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Spot Wisata di Pemandian Air Panas Ciwalini

lokasi Pemandian Air Panas Ciwalini
foto : https://www.instagram.com/air_panas_walini/

Wisata pemandian air panas Ciwalini Bandung memiliki beberapa bagian spot yang disedia untuk para pengunjung. Lingkungan pemandian sangat terjaga kebersihannya meskipun pengunjung yang terus berdatangan sangat ramai.

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, tempat ini menyediakan:

1. Kolam Renang

Kolam Renang
foto : https://www.instagram.com/ricki_agust/

Kolam renang yang cukup luas dengan posisi berdekatan serta dilengkapi dengan water boom ini menjadi spot favorit semua kalangan.

Pengunjung dapat dengan bebas berenang bersama kerabat atau keluarga.

Lihat juga Kebun Teh Rancabali yang lokasinya masih berdekatan.

2. Kolam renang keluarga

Kolam renang keluarga
foto : https://www.instagram.com/fah_syifah/

Perbedaan antara kolam renang 2 dengan kolam renang keluarga adalah fasilitas yang diberikan.

Harga tiket berenang juga sedikit lebih mahal di kolam keluarga.

3. Kamar rendam

Kamar rendam
foto : https://www.instagram.com/agoez_rohendi/

Jika kamu ingin menikmati kehangatan air panas lebih personal, kamu bisa memilih fasilitas kamar rendam.

Di Dalam kamar rendam ini, tersedia kolam yang bersih dan tetap terjaga temperatur air nya.

Namun, kamu juga harus rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan fasilitas ini.

4. Terapi ikan

terapi ikan
foto : https://www.instagram.com/abdulhkm18/

Kamu akan dikerumuni oleh ikan-ikan lucu. Suasana rilex dan santai otomatis tercipta dispot satu ini.

Selain itu, banyak manfaat yang akan kamu peroleh diantaranya melancarkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran, dan menurunkan lemak tubuh.

5. Wahana bermain anak/taman

Wahana bermain anak
foto : https://www.instagram.com/inez_tsabitah/

Setelah lelah berenang, kamu dan keluarga bisa bersantai dan bermain ditaman yang dikelilingi bunga dan kolam dengan air jernih dan pemandangan hijau pepohonan yang rindang.

Pemandian air panas Ciwalini berlimpah ruah air dari sumber mata air panas alami dari Gunung Patuha. Keasriannya tetap terjaga dan air panas memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat tersebut karena air panas mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit luar dan dalam diantaranya penyakit kulit seperti gatal pada kulit, flek hitam, kudis, infeksi, panu, dan kurap.

Liburan adalah asupan untuk rohani kita. Banyak hal yang perlu dilakukan sebelum pergi berlibur. Yang harus diperhatikan adalah agar liburan tidak memperburuk keuangan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya mencari referensi dan pengetahuan tentang tempat wisata yang akan dituju.

Destinasi sekitarnya lainya:

Banyak cara untuk mendapatkan informasi tersebut. Kamu bisa bertanya kepada teman, mencari informasi di sosial media, dan atau membaca artikel di internet. Semoga liburanmu selalu menyenangkan. Jangan lupa bahagia gengs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here