Tak perlu muluk-muluk wisata ke Jember. Mencoba makanan khas Jember pun bisa membuat liburanmu berkesan. Di sini ada banyak menu yang tidak boleh terlewat. Karena Diselamatkan dan legendaris Disetujui.

Nah, Kota Jember ini terkenal dengan tapenya, namun ada kuliner yang bagus juga enak. Di kota ini ragam makanannya pun banyak. Ada makanan berat hingga makanan ringan. Mau tahu apa saja yang menjadi kompilasi kunjungan ke Jember?

Nah, mari simak beberapa menu yang wajib coba ini:

1. Prol Tape

Makanan khas jember yang enak
foto dari https://www.instagram.com/kukikumochi/

Nah, langsung ke makanan olahan tape ya. Di Jember kamu bisa menikmati sajian olahan tape. Prol Tape ini merupakan kue khas Jember yang terbuat dari tape (singkong yang difermentasi). Kue ini pun punya cita rasa manis dan asam.

Prol tape ini bahkan menjadi primadona untuk masyarakat Jember. Varian rasanya pun bermacam-macam cokelat, kismis, orijinal, dan keju. Nah, masing-masing dari varian rasa ini tentu saja memiliki keunggulan tersendiri.

Kue yang juga dibuat dari tepung terigu, susu, metega dan telur ini tidak diakui jelas-usul bernama. Nama Prol sendiri tidak dimiliki dari mana. Namun, ada yang beranggapan karena saking lembutnya jadi gampang hancur dilidah. Langsung ngeprol atau rontok begitu dimakan.

Untuk harga tak usah khawatir. Karena harga Prol Tape ini cukup terjangkau. Yakni 19 ribu rupiah untuk ukuran kecil, sedang yang harganya mahal 23 ribu rupiah saja.

2. Raja Martabak dan Terang Bulan

martabak khas jember
foto dari https://www.instagram.com/laparlagimakanlagi/

Udah jauh-jauh wisata ke Jember kenapa akhirnya beli Martabak dan Terang Bulan? Eitss, jangan salah. Martabak dan Terang Bulan di sini beda. Toping yang ditawarkan beragam. Seperti nutela, keju, koko crunch, dll.

Martabak dan Terang Bulan King ini terletak di Jl. Karimata No. 50. Belum siap-siap mengantri karena martabak ini sangat terkenal di Jember. Banyak yang memesan martabak dan terang bulan itu.

3. Soto Ayam Dahlok

soto ayam khas jember
Foto Dari Https://www.travelingyuk.com

Bingung cari sarapan saat di Jember? Coba makan soto ayam Dahlok yang berlokasi di Kepatihan, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini. Resepnya yang tetap sejak tahun 1958 ini membuat rasa soto ini sangat legendaris.

Soto ini menggunakan bahan seperti ayam kampung, jeroan, kentang goreng dadu, irisan tomat, tak lupa telur rebus. Kemudian ditaburi bawang goreng di atasnya sehingga aroma wanginya semakin tercium.

Cara memasak soto ini pun masih tradisional. Tentunya agar citarasanya tetap. Cara memasaknya dengan kuali raksasa.Kemudian jika ada yang memesan baru dituang satu-satu dalam pendudukan.

Harga dari soto ini hanya 13 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan? Selain itu minumannya juga lolos sekitar 3 ribu rupiah saja. Makanan khas Jember yang murah ini bisa dinikmati bersama keluarga sebelum memulai perjalanan.

4. Pecel Gudeg

Makanan khas jember
foto dari https://www.instagram.com/jemberdeicious/

Jika ke Jember, juga akan menghadirkan makanan hybrid seperti di Banyuwangi. Namun, makanan campuran ini pun terbilang unik. Sebab mencampurkan makanan khas Jogja, Gudeg dan Jawa Timur, Pecel.

Makanan khas Jember Jatim ini menjadi primadona. Banyak diburu dan dicari oleh wisatawan. Karena makanan ini mengundang tanya. Bagaimana rasanya gudeng yang enak itu enak dengan pecel? Dapat dibayangkan tidak mengandung sayur yang digudeng lalu dicampur bumbu kacang dan sayur-sayuran lainnya.

Nah, gudeg pecel khas Jember ini menggabungkan semua. Kadang pula disiram dengan kuah kerecek. Bagaimana? Semakin bingung dan penasaran akan sensasi rasanya kan?

Pecel gudeg ini terdiri dari sayur nangka, telur rebus, ayam bumbu merah, dan juga pecel lengkap. Disediakan di atas nasi yang hangat. Serta ditambah rempeyek kacang. Untuk harga dari kuliner ini dibandrol 18 ribu rupiah saja.

5. Roti Bakar Tjiliwoeng

kuliner khas jember
foto dari https://www.instagram.com/tjiliwoeng_dessert/

Makanan khas kota Jember selanjutnya adalah roti bakar Tjiliwoeng. Roti bakar ini sangat legendaris karena lokasinya strategis dan nyaman. Lokasinya Jln. Ciliwung, Patrang, Jember, Jawa Timur.

Menikmati roti bakar Tjiliwoeng bisa bersama dengan teman atau keluarga. Perlu diingat tempat ini seperti sebenarnya cocok untuk anak muda, karena menu-menu yang disediakan cenderung milenial. Seperti roti bakar green tea, roti keju dengan es krim. Buat yang tidak suka manis, ada roti bakar sandwich tuna.

Harga dari roti bakar Tjiliwoeng ini pun terjangkau. Yakni mulai dari 15 ribu rupiah saja. Sudah bisa mendapatkan roti bakar yang lezat dan tempat yang nyaman. Tidak perlu khawatir jika makan roti bakar saja takut tidak kenyang. Di roti bakar Tjiliwoeng anda dijamin kenyang, karena rotinya berlapis dan topingnya kaya.

Coba juga –> 20 Makanan khas Madiun Yang Paling Enak

6. Bakso Kabut

makanan khas kota jember
foto dari https://www.instagram.com/ngulinerdijember/

Makanan berikutnya tak kalah mengenyangkan dan termasuk makanan berat. Yakni bakso kabut. Namanya terdengar unik ya? Bakso ini merupakan varian bakso. Biar tidak bosan makan bakso yang seperti itu-itu saja.

Nah, bakso kabut ini merupakan bakso dengan campuran telur yang menyelimuti bakso tersebut. Uniknya lagi, telur ini berisi potongan daging sapi. Ide yang sangat kreatif ini dicetuskan oleh pemilik bakso kabut tersebut, Juhariyah.

Tak perlu khawatir kehabisan kelezatan makanan khas Jember yang enak ini karena buka dari jam 08.00 pagi hingga 22.00. Jadi tak perlu takut kelewatan mengicip kuliner ini.

Untuk harga pun tak perlu diperhitungkan dengan serius. Karena satu mangkuk bakso kabut ini dibandrol 10 ribu rupiah saja. Perut kenyang, enak hati pun gembira.

7. Ikan Wader

makanan khas kabupaten jember
foto dari https://www.instagram.com/_waderfucker/

Kuliner selanjutnya adalah wader. Ikan kecil yang hidup di sungai ini menjadi primadona bagi masyarakat Jember. Rasanya yang gurih dan sedikit asin itu mampu memanjakan lidah.

Masakan wader ini sangat sederhana yaitu wader yang digoreng kering. Kadang digoreng menggunakan tepung. Kemudian ikan wader goreng tadi dicampur dengan sambal rawit. Bila tidak ingin pedas, sambal bisa dipisah. Setelahnya disajikan dengan nasi hangat dan lalapan.

Makanan ini pun murah. Dengan 12 ribu rupiah saja sudah bisa kenyang. Nasi ikan wader ini cocok dimakan saat siang hari, karena porsinya lumayan mengenyangkan. Ajak keluarga untuk makan bersama nasi ikan wader ini, semua pasti kenyang.

8. Pia Tape

makanan khas jember jawa timur
foto dari https://www.instagram.com/wikaajember/

Kuliner Jember memang tidak jauh-jauh dengan olahan singkong. Makanan berikutnya adalah kudapan ringan bernama Pia Tape. Makanan khas kota Jember ini punya cita rasa manis dan asam. Bentuknya seperti kue. Cocok untuk oleh-oleh yang dibawa dari Jember.

Kulit pia tape ini sangat lembut. Bentuknya persegi berwarna kekuningan. Varian rasanya pun beragam. Ada coklat, keju, dan pisang di dalamnya. Namun untuk mengetahui rasa tak perlu menebak-nebak. Karena di atas pia tape biasanya diberi keju barutan untuk rasa keju. Olesan coklat untuk rasa coklat.

Satu kotak pia tape berisi 10 biji yang diberikan 13 ribu rupiah saja. Rekaman ini besarnya 5 cm. Makanan ini pun terbilang murah, bukan?

9. Angkringan Joglo 130

tempat wisata kuliner khas jember
foto dari https://www.instagram.com/angjo130/

Siapakah yang hanya melihat angkringan di Jogja saja? Saat jalan-jalan ke Jember, Anda masih bisa menemui angkringan. Yakni Angkringan Joglo 130 atau sering disingkar angjog130. Angkringan ini bersuana layaknya Jogja.

Uniknya angkringan ini menyediakan makanan prasmanan dengan tungku tanah liat di bawahnya. Nah, di dalam tungku itu tersedia berbagai macam makanan. Pengunjung bebas ambil sesuai selera. Untuk minuman, angjog130 ini menyediakan berbagai minuman khas. Seperti wedang, kopi, dan teh.

Angkringan ini buka pk 16.00-23.00, terletak di Jl. DI Panjaitan no 130 Sumberseri Jember. Harganya pun sesuai kocek mahasiswa. Kadang-kadang di sini ada penyanyi panggung yang siap menghibur.

10. Ayam Panggang Sari Jaya

Makanan Enak Khas Jember
foto dari https://www.instagram.com/wisatagresik/

Kuliner yang tidak boleh terlewatkan saat dikunjungi ke Jember adalah ayam yang disajikan Sari Jaya. Resto ayam panggang sari jaya ini sudah ada 60 tahun yang lalu. Ayam sekarang ini telah dinikmati oleh generasi ke empat. Resep dan rasanya pun masih sama.

Menggunakan ayam kampung menambah cita rasa yang semakin gurih. Ayam Panggang Sari Jaya ini dibakar secara tradisional dan diberi bumbu kecap serta bumbu rahasia. Kemudian, ayam panggang disediakan bersama dengan bumbu tauco.

Untuk mendapatkan makanan ini, harus merogoh kocek sedikit dalam. Penyebab harga makanan ini sekitar 85 ribu rupiah. Kuliner legendaris ini. Karena bikin susah pindah.

Baca Juga –> 17 Makanan Khas Gresik Yang Paling Enak

11. Pecel Pincuk Garahan

makanan khas jember
foto dari https://www.instagram.com//liasuntiana/

Pecel pincuk Garahan ini merupakan kuliner yang jangan sampai terlewatkan saat mengunjungi Jember. Lokasi jualnya yang ada di stasiun Garahan itu merupakan cikal bakal nama pecel pincuk tersebut. Tadinya pecel ini pun dijual oleh beberapa ibu-ibu saja, dan dinikmati oleh para penumpang kereta. Sekarang pecel ini menjadi terkenal dan dijual banyak orang.

Keistimewaan pecel Garahan ini enak dan cara makannya yang istimewa. Yakni dengan menggunakan tangan dan bisa makan di stasiun sambil memandangi kereta lewat. Memang terkesan aneh, tapi bisa dinikmati.

Selain itu, harga pecel ini terbilang murah. Yakni 10 ribu rupiah saja. Dulu harga pecel ini pernah hanya 2.500 saja. Namun, karena peminat semakin banyak dan bersaing antar pedangan semakin besar harga semakin bervariasi.

12. Es Krim Domino

makanan tradisional khas jember
foto dari https://www.instagram.com/backpackiffa/

Siapa yang tidak suka es krim? Makanan yang disukai banyak orang dari segala usia ini selalu menjadi incaran. Jika ke Jember, ada es krim yang menjadi idola. Yakni es krim domino ini unik karena varian rasanya beragam. Seperti cokelat, vanilla, blueberry, strawberry, dan mocca. Sebenarnya varian rasa ada 40 rasa.

Es krim ini sudah ada sejak 1960. Cara pembuatan es krim pun terbilang turun. Saat ini telah diselesaikan generasi ketiga. Namun citarasa es krim domino tidak berubah. Susu yang digunakan pun segar, karena diperas dan dibuat es krim saat itu juga.

13. Nasi Langgi

wisata kuliner jember
foto dari https://www.instagram.comsariwangitradisional/

Diterbitkan adalah makanan berat. Ini hampir sama dengan nasi campur. Ada daging sapi bumbu Bali, tempe sambel goreng, kentang goreng, telur asin, petis, serundeng, abon sapi, timun dan sambal. Lauk yang beraneka ragam di lantas dipincuk dengan daun pisang. Orang Jember berbicara dengan nasi langgi.

Nah, kompilasi berkunjung ke Jember, nasi langgi ini merupakan menu wajib yang harus diicip. Karena rasanya enak dan harganya pun terjangkau. Yakni 20 ribu rupiah sudah bisa dinikmati sedapnya nasi ini. Jam operasional buka dari 08.00-20.00, jadi tak perlu takut tidak kebagian.

14. Mie Rama

mie khas jember
foto dari https://www.instagram.com/stephenlewi/

Jangan berani-berani melewatkan Mie Rama kompilasi datang ke Jember. Alasan mie ini sangat legendaris dan lezat. Makanan khas Jember yang enak ini pun selalu ramai pengunjung, karena saking enaknya dan beda dari mie kebanyakan.

Sederhananya mie ini sama, tapi ada yang membuat beda dari mie rama ini. Selain pangsit, mie ini ada bakwan dan bakso gorengnya. Yang pasti akan lebih menggoyang lidah. Adonan mienya juga dibuat sendiri, sehingga teksturnya lembut.

Mie rama asli Jember ini tidak buka cabang. Dia ada di Jln. Diponegoro, Kepatihan, Kaliwates, Jember. Di sana depot asli mie rama bisa ditemui. Untuk harga satu porsi mie ini adalah 25 ribu rupiah. Namun, porsinya mengenyangkan. Tak perlu khawatir kurang puas kalau hanya makan mie.

15. Bebek Goreng Haji Slamet

foto dari https://www.instagram.com/salyquuen92/

Bebek Goreng Haji Slamet memang sudah buka cabang di berbagai daerah. Juga di Jember. Di sini bebek goreng haji slamet pun menjadi primadona karena sambal koreknya yang pedas dan lezat.

Bebek yang digoreng kering kemudian dikasih kremes itu selalu bikin gagal pindah.Paling enak dinikmati untuk makan siang. Karena porsi bebek haji slamet ini lumayan mengenyangkan. Dinikmati bersama keluarga akan semakin mengenyangkan. Seporsi bebek haji slametangguan 16 ribu rupiah.

Lihat juga –> 14 Makanan Khas Kediri Paling Enak

16. Jenang Waluh

makanan ringan khas jember
foto dari https://www.instagram.com/sahabattrijember/

Jenang waluh merupakan jenis dodol yang dibuat dari waluh (labu kuning). Kudapan ini sering dihidangkan bersama dengan jadah atau uli dari ketan yang diolah dengan kelapa.

Dalam masakan bahan ini cukup gampang yaitu dengan labu kuning yang masih segar. Kemudian dicampur dengan tepung kanji dan tepun ketan putih. Lalu dimasak dengan santan dan daun pandan serta gula merah hingga larut. Diaduk hingga kalis selama 2 jam.

Untuk mendapatkan makanan khas kota Jember ini bisa dicari di pusat toko oleh-Jember. Di sana jenang waluh banyak terjual. Selain itu, jenang waluh ini cocok untuk menjadi oleh-oleh orang di rumah. Rasanya yang manis ini pun akan butuh orang.

17. Suwar Suwir

oleh oleh khas jember
foto dari https://www.instagram.com/rendi_orisa04/

Masih dengan dodol-dodolan, selanjutnya adalah suwar-suwir. Pertama terdengar mungkin akan mengira makanan ini dibuat dari daging yang disuwir. Tapi ternyata bukan! Jajanan ini merupakan dodol yang terbuat dari singkong.

Perpaduan antara tape, gula ini membuat dodol agak sedikit asam-manis. Teksturnya sulit kasar dan keras. Namun, tidak mengurangi minat pembeli untuk menjajal kudapan ini. Pilihan rasa suwar-suwir pun beraneka ragam. Ada coklat, sirsak, susu, stroberi, dan kacang.

Suwar-suwir ini dibuat di industri rumahan. Jika ingin mendapatkan kudapan ini bisa ke toko oleh-oleh terdekat. Tak perlu takut kehabisan karena stok selalu ada.

18. Rujak Cingur

foto dari https://www.instagram.com/pujasera_gni/

Tidak hanya di Surabaya saja ada rujak cingur. Saat ke Jember, Anda bisa membahas kuliner ini. Rujak cingur paling terkenal di Jember ada di daerah alun-alaun Rambipuji. Di sana warung rujak cingur tersebar.

Bahan Utama Tentu menggunakan cingur (hidung sapi). Kemudian diberi bumbu kacang dan petis udang. Rasa petis udang ini yang membuat rujak cingur Jember jadi khas. Ada yang lebih khas lagi dengan menambahkan irisan pisang batu.

Rujak cingur Jember ini rasanya asam pedas dan manis. Harganya pun cukup terjangkau mulai 10 ribu rupiah saja. Makanan khas Jember yang murah ini asik dinikmati bersama para penggemar rujak. Apalagi di sore hari sambil melihat orang lalu lalang di alun-alun Rambipuji.

19. Wedang Cor

minuman khas jember
foto dari https://www.instagram.com/silatte_coffee/

Siapa yang melihat di Jember tidak ada minuman hangat? Pernah mendengar Wedang Cor? Nah, wedang yang ada di kota Jember ini terkenal di masyarakatnya.

Wedang cor ini merupakan wedang jahe yang dikombinasikan dengan susu kental. Kemudian diberi campuran tape ketan. Nah, campuran itu bikin minuman berwarna abu-abu. Makanya minuman ini diberi nama ‘cor’ karena warnanya seperti adonan bangunan ‘cor-coran’.

Wedang cor paling legendaris adalah wedang cor Bu As. Saking legendarisnya wedang cor ini pernah diliput media televisi dan banyak artis yang kemudian mencoba minuman ini.

Minuman ini cocok diminum di malam hari. Bersama keluarga dekat, jadi makin hangat.

20. Martabak Malabar

Makanan Khas Jember yang enak
foto dari https://www.instagram.com/ernaiskandar52/

Jangan bosan dengan kuliner martabak. Karena kreasinya tiada henti. Kali ini ada martabak unik di Jember yaitu martabak malabar. Yang membuat martabak ini unik adalah kulitnya berada di dalam.

Jadi, bahan seperti bawang, telur, racikan bumbu khas India, serta cincangan daging sapi. Kemudian ada kulit tipis di tengahnya. Jika martabak biasanya kulit dilipat seperti amplop. Aroma martabak Malabar ini pun akan tercium wangi kompilasi dihidangkan.

Martabak malabar ini dibuat oleh pak Firman berada di Jl. Trunojoyo, Kauman, Kepatihan, Jember. Buka pukul 18.00 WIB. Nah, buat yang memilih malam hari tapi gak mau makan nasi bisa pilih martabak ini.

Baca juga –> 12 Makanan Khas Jombang Paling Enak

21. Kue Edamame

kue khas jember
foto dari https://www.instagram.com/phyttria/

Tidak hanya Jepang yang punya edamame. Di Jember ada edamame yang dibudidayakan di tanah Jember. Jenis kacang-kacangan ini oleh warga Jember dibuat menjadi kue. Tentu penasaran rasanya bukan kue yang terbuat dari bahan kacang-kacangan.

Makanan khas Jember Jatim ini pun memiliki banyak varian rasa. Ada almond, coklat, dan kismis. Nah, tinggal pilih saja rasa yang paling cocok. Harganya pun murah, yaitu 20 ribu rupiah per kotak. Sangat murah untuk makanan yang unik.

Selain enak, kue edamame ini pun punya manfaat dan kadungan gizinya banyak. Isoflavon, antioksidan, asam float, vitamin B, vitaman C, dan asam amino. Banyaknya vitamin dalam kue ini menjadikan makanan ini sebagai makanan sehat.

22. Lontong Kupang Jember

Makanan Khas Jember enak
Foto dari https://dwtik.food.com

Resep lontong kupang Jember ini hampir sama dengan lontong kupang Surabaya.Yakni terdiri dari lontong, kerang-kreang kecil, beragam dengan kuah petis. Rasanya gurih asam dan lezat.

Untuk mendapatkan lontong kupang Jember yang legendaris berada di depan Departemen Store. Lontong ini enak dinikmati saat siang hari sebagai makan siang.

23. Tahu Hwa

foto dari https://www.instagram.com/yusnita.erni.9/

Siapa penggemar tahu? Kali ini tahu diolah dengan cita rasa manis. Nah, tahu hwa ini seperti wedang tahu. Dihiasi dengan kuah jahe. Bentuk dari tahu ini pun macam-macam yang berbentuk bung mawar, matahari sampai tidak berbentuk.

Pedangang tahu hwa di Jember bisa ditemui di Jln. Ahmad Yani di dekat pom bensi. Penjualnya berjualan dengan motor. Kadang juga berkeliling. Tahu hwa biasa dinikmati di pagi hari. Jadi kalau mau ngemil di pagi hari bisa menikmati tahu hwa. Tentu untuk menghangatkan badan juga.

24. Sate CR

fotodari https://www.7terbaik.com/

Ke daerah Jawa Timur Tentu saja tidak terlepas dari sate-sateannya. Di Jember ada sate yang khas yaitu Sate CR. Bagi para penggemar daging kambing, sate CR ini bisa menjadi alternatif untuk dimakan. Namun, ada pula daging ayam.

Sekilas tampilan sate ini sama dengan sate umum, tetapi bumbu kacangnya sangat halus. Untuk menikmati sate ini tidak perlu risau karena ada di dekat pertigaan Al Huda. Sate CR ini pun legendaris di Jember, jadi jangan sampai kelewatan.

Review Sebelumnya –> 12 Makanan Khas Sidoarjo Terbaru

Bagaimana dafrar makanan khas Jember di atas bikin penasaran bukan? Karena banyak yang unik dan jarang ditemui di kota-kota. Nah, kompilasi kunjungan kota Jember jangan sampai melewati suguhan kuliner yang yahud.

Tidak perlu ribet juga jika ingin membeli oleh-oleh, karena di kota ini menyediakan beragam oleh-oleh khas yang unik.

Vlog Ke 5 Wisata Dieng Paling Rekomended

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here