Lava Bantal merupakan sebuah destinasi Geowisata yang menarik untuk anda jelajagi lebih dalam. Tempat wisata di Sleman Yogyakarta ini dapat anda kunjungi sebagai tujuan berlibur dan menghabiskan waktu di akhir pekan.

Apalagi bagi anda yang memiliki kertarikan dengan Geologi Sungai, maka wisata Lava Bantal sangat cocok untuk di explore. Batuan beku di Lava Bantal yang usianya diperkirakan 60 juta tahun lalu bisa dinikmati terutama pada musim kemarau.

Wisata sungai di Jogja satu ini sangat alami dengan dihiasi oleh bebatuan yang terbentuk dari endapan lava mendingin dan membeku. Batuan di Lava Bantal Sleman merupakan hasil dari sedimentasi hingga pada akhirna berbentuk seperti bantal.

Harga Tiket Masuk Lava Bantal

harga tiket masuk lava bantal
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116188794126637177849

Mengisi waktu senggang anda dengan berkunjung ke wisata alam Lava Bantal dijamin akan terasa menyenangkan. Berwisata bahagia sembari bisa belajar tentang terbentuknya batuan beku yang tersusun seperti bantal sangat indah.

Menepi sejenak dari kesibukan sehari-hari dengan bersantai di Lava Bantal Jogja yang menyajikan pesona alam luar biasa. Suasana sejuk berkat banyaknya pepohonan rimbun yang akan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung dikala berlibur kesini.

Yang lebih menarik, untuk bisa menyaksikan semua keindahan yang ada disini maka para pengunjung tak perlu keluar banyak biaya. Sampai tulisan ini dimuat harga tiket masuk Lava Bantal tidak diberlakukan, karena belum di kelola secara profesional.

Para pengunjung hanya perlu mengeluarkan untuk sekedar “biaya kebersihan” dan juga retribusi parkir kendaraan. Meski begitu, anda tetap harus membawa uang lebih, sebab warung-warung di area Lava Bantal siap menggoyang lidah anda dengan sajiannya.

Mencicipi berbagai macam jajanan serta makanan lezat sembari bersantai besama orang tercinta yang akan membuat terasa lebih bahagia. Anda bisa berkunjung ke Lava Bantal Sleman mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB dan terbuka untuk umum disetiap harinya.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat lava bantal
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100058413825749725735

Lokasi Lava Bantal sangat dekat dengan sungai opak, yang juga memiliki pesona keindahan alam istimewa. Untuk alamat Lava Bantal sendiri berada di Jl. Berbah – Prambanan, Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika dari Alun-Alun Kota Sleman maka jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke Lava Bantal sekitar 20,6 km. Keberadaan Lava Bantal ini cukup dekat dengan salah satu cagar budaya Jogja populer yakni Candi Abang.

Dari Candi Abang untuk menuju ke Lava Bantal jaraknya hanya 2,5 km dengan waktu perjalanan selama 6 menit. Akses jalan utama menuju destinasi cantik ini cukup baik dan bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan.

Setibanya di lokasi maka anda perlu berjalan kaki dari tempat parkir menuju spot utama wisata Lava Bantal. Melalui jalan setapak ke arah taman yang kadang cukup licin apabila sedang musim hujan.

Agar laju kendaraan anda semakin mudah untuk segera tiba di Lava Bantal, maka bisa dengan menggunakan maps dibawah ini. Petunjuk akurat pada peta navigasinya akan mengarahkan anda melintasi jalur terbaik ke Lava Bantal Yogyakarta.

Datang juga ke –> Goa Jepang yang melimpah di Yogyakarta dengan masing-masing daya tariknya.

Fasilitas

fasilitas lava bantal
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116188794126637177849

Sampai hari ini, kondisi wisata Lava Bantal sebenarnya belum terkelola dengan maksimal, tidak seperti 2-3 tahun yang lalu. Yang dimana pada saat itu Lava Bantal nampak sangat menakjubkan ketika lagi hits-hitsnya.

Meski demikian, Lava Bantal terkini tetap dapat anda kunjungi sebagai tujuan rekreasi. Namun perlu untuk mengontrol ekpektasi anda, khususnya bagi yang berlum pernah berkunjung agar tidak kemudian menyesal.

Dapat anda jumpai beberapa sarana prasarana yang masih layak untuk dimanfaatkan. Dan fasilitas Lava bantal yang terlihat masih berfungsi dengan baik adalah area parkir, gazebo, pendopo serta warung wisata sederhana.

Sebenarnya terdapat area bermain anak, namun pada saat tulisan ini dimuat, kondisinya cukup mengenaskan. Terlihat kurang terawat dengan banyak dedaunan dan nampak kotor.

Akan tetapi hal-hal kurang menyenangkan tersebut tidak akan mengurangi semua keseruan yang bisa dirasakan. Lava Bantal juga menjadi tempat yang cocok untuk memancing.

Kunjungi juga –> Museum Affandi menyimpan banyak maha karya dari seniman lukis kenamanaan Indonesia yang diakui dunia, yakni Affandi Koesoema.

Spot Terbaik di Lava Bantal

spot terbaik di lava bantal
Foto : https://www.instagram.com/socatisomya/

Satu hal yang tak boleh anda lewatkan adalah berfoto-foto ria pada spot-spot menariknya. Panorama alam tentu menjadi tema utama yang bisa anda jadikan sebagai latar belakang ketika selfie, foto bersama hingga merekam video.

Bebatuan beku yang terbentuk dari hasil sedimantasi dan menyerupai bantal tentu saja menjadi spot andalan para wisatawan. Abadikan setiap momen menarik pada spot terbaik di Lava Bantal yang memikat perhatian anda ketika berkunjung.

Serta masih banyak lagi pemandangan-pemandangan cantik yang bisa anda jadikan backgorund saat berswafoto. Rekam setiap keseruan untuk ciptakan pengalaman liburan berkesan yang tak akan pernah terlupakan.

Review sebelumnya –> Blue Lagoon Jogja wisata pemandian dengan air jernih dan juga menyegarkan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung Lava Bantal
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100777888274081385805
  • Ungtuk berkunjung, kami sangat direkomendasikan pada saat musim kemarau panjang untuk melihat keindahan yang lebih maksimal.
  • Sebelum mengunjungi sebuah tempat wisata, ada baiknya terlebih dulu melihat ulasan di Google mengenai kondisi terkininya.
  • Anda bisa datang ketika waktu pagi atau sore hari guna merasakan nuansa teduh dan tidak terlalu panas.
  • Bersama-sama menjaga kebersihan sebuah area wisata alam dengan selalu buang sampah atau kotoran pada tempatnya.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai wisata alam Lava Bantal di Sleman Yogyakarta yang tiada duanya. Segera rencakan berlibur menyenangkan anda ke Lava Bantal yang estetik untuk berfoto-foto bareng orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × one =