Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu objek wisata alam di Yogyakarta yang dapat dijadikan pilihan untuk menenangkan pikiran. Pemandangan yang hijau dan udara yang segar membuat kebun teh ini cocok untuk liburan bersama keluarga.

Sebenarnya kebun teh ini sudah ada sejak sekitar tahun 1990-an. Namun, kebun ini kurang diminati oleh orang-orang karena tidak memiliki daya tarik tersendiri.

Hingga akhirnya pada tahun 2015 warga sekitar mengubah kebun yang biasa ini menjadi objek wisata yang menarik perhatian. Sejak saat itulah, Kebun Teh Nglinggo semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo

harga tiket masuk kebun teh nglinggo
Foto : https://www.instagram.com/mandyswft/

Untuk harga tiket masuk Kebun Teh Nglinggo Anda hanya perlu membayar Rp5.000 per orang. Adapun Rp2.000 digunakan untuk membayar retribusi dan Rp3.000 untuk biaya jasa lingkungan.

Sementara itu, tarif parkir sepeda motor adalah Rp2.000 dan parkir mobil Rp.5.000 per unit. Itu artinya, untuk menikmati indahnya kebun teh ini Anda hanya perlu mengeluarkan uang paling banyak Rp10.000 per orang.

Di sekitar lokasi wisata, Anda juga bisa menemui beberapa warung yang menyediakan aneka minuman dan makanan ringan atau berat. Namun, jika ingin lebih berhemat Anda juga diperbolehkan membawa makanan sendiri dari luar.

Alamat dan Rute Lokasi Kebun Teh Nglinggo

alamat dan rute lokasi kebun teh nglinggo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104133302759835709140

Alamat Kebun Teh Nglinggo berada di Dusun Nglinggo, Desa Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Nama Kebun Teh Nglinggo sendiri memang diambil dari lokasi kebun teh tersebut. Jarak kebun teh ini dari pusat kota Yogyakarta adalah sekitar 40 Km atau bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Rute kebun teh ini searah dengan Puncak Suroloyo, wisata alam di Yogyakarta yang juga cukup populer. Dari Tugu Yogyakarta menuju Ringroad Barat ke arah Jl. Godean. Setelah itu lurus ke barat hingga melewati jembatan Sungai Progo.

Sampai di perempatan lampu merah Kenteng ambil arah kanan hingga ke perempatan Dekso. Setelah itu belok ke kiri dan ikuti jalan utama sampai di pertigaan Pasar Plono.
Di sana Anda akan menemui petunjuk jalan dengan ukuran tulisan yang cukup besar. Anda tinggal mengikuti petunjuk tersebut hingga tiba di lokasi.

Jam Buka Kebun Teh Nglinggo

jam buka kebun Teh Nglinggo
Foto : https://www.instagram.com/rimbono_homestay/

Untuk menikmati keasrian Kebun Teh Nglinggo Anda tidak perlu menunggu waktu liburan. Pasalnya, tempat wisata di Jogja paling hits ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Waktu terbaik mengunjungi kebun teh ini adalah pada pagi hari pukul 07.00 WIB dan sore hari setelah pukul 14.00 WIB. Jangan berangkat terlalu sore jika ingin lebih lama menikmati pemandangan di kebun teh ini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kebun Teh Nglinggo

aktivitas yang bisa dilakukan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101356522699303827323

Untuk menghilangkan penat dan menjernihkan pikiran, terdapat beberapa aktivitas seru yang dapat dilakukan di Kebun Teh Nglinggo, di antaranya:

1. Trekking di Perbukitan Sekitar
Wisatawan juga bisa melakukan trekking menjelajahi kawasan perbukitan dengan pemandangan yang amat menyejukkan mata. Konturnya yang naik-turun akan memberikan sensasi tersendiri bagi wisatawan yang belum pernah trekking.

Sedangkan bagi yang memang sudah sering trekking pasti akan senang berwisata di sana karena ada beberapa bukit yang dapat dijamah. Misalnya di sebelah utara kebun ada Bukit Kukusan dan Bukit Kendeng yang secara administratif sudah masuk daerah Magelang.

2. Off Road

Selain bisa trekking, Anda bisa juga menjelajahi seluruh sudut menarik dengan mengendarai jip off road. Jip yang dikendarai ini memungkinkan wisatawan untuk melintasi medan-medan yang ekstrem atau sulit dijangkau saat trekking.

Untuk menikmati off road tentunya Anda harus menyewa jip dengan pilihan paket dan harga yang beragam. Adapun biaya yang perlu dipersiapkan untuk off road adalah sekitar Rp200.000 hingga Rp700.000 per jip berkapasitas tiga orang.

3. Menikmati Keindahan 8 Gunung

Dari puncak bukit yang ada di kawasan kebun teh, wisatawan akan dibuat tersanjung dengan keindahan sekitar. Ada beberapa gunung di Jawa Tengah yang terlihat menyembul dari balik awan jika dilihat dari puncak bukit.

Saat langit sedang cerah, wisatawan bisa melihat delapan puncak gunung dari kejauhan yang tampak berderet. Seperti Gunung Andong, Merbabu, Merapi, Prau, Sindoro, Sumbing, Ungaran, dan Telomoyo.

4. Bermalam di Penginapan Sekitar

Kebun Teh Nglinggo memiliki sekitar 23 penginapan yang siap membuat suasana berlibur jadi makin nyaman. Anda bisa menginap di sana apabila ingin lebih lama menikmati keindahan yang ditawarkan oleh objek wisata ini.

Homestay di sana sengaja didesain dengan bernuansa alam agar selaras dengan lingkungan sekitar. Adapun tarif menginap di sana adalah sekitar Rp100.000 hingga Rp150.000 per malam.

Datang juga ke –> Pantai Glagah

Spot Foto Terbaik di Kebun Teh Nglinggo

spot foto terbaik di kebun teh nglinggo
Foto : https://www.instagram.com/intanwilis/

Seluruh sudut Kebun Teh Nglinggo bisa menjadi spot foto yang keren untuk Anda. Pasalnya, pemandangan di sekeliling kebun ini memang sangat segar sehingga bisa membuat hasil foto semakin bagus.

Pengelola kebun pun juga menyediakan gardu pandang yang dapat digunakan untuk mengambil foto terbaik. Dari gardu pandang ini wisatawan bisa memilih ingin menampakkan spot mana saja untuk difoto dengan latar belakang yang bagus.

Kunjungi juga –> Monumen Jogja Kembali

Fasilitas Kebun Teh Nglinggo

fasilitas kebun teh nglinggo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115370190702688735461

Kebun Teh Nglinggo merupakan satu-satunya kebun teh yang ada di Yogyakarta sehingga peminatnya juga cukup banyak. Seiring dengan jumlah wisatawan yang cukup padat, pengelola pun juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain adalah toilet yang bersih, Musala, area parkir luas, penginapan, serta beberapa warung. Dengan demikian, Anda bisa tetap liburan dengan aman dan nyaman saat berkunjung ke kebun teh ini.

Review sebelumnya –> Taman Pintar

Tips Berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo

tips berkunjung kebun teh nglinggo
Foto : https://www.instagram.com/raihan_2r/

Saat berkunjung ke suatu tempat wisata, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Saat ingin ke Kebun Teh Nglinggo pun ada beberapa tips yang harus dilakukan agar tetap aman, di antaranya:

1. Pastikan Kendaraan dalam Keadaan Baik

Jika ingin ke kawasan Nglinggo, pastikan bahwa kendaraan yang dibawa sudah diperiksa dan dalam keadaan baik. Hal ini dikarenakan beberapa jalanan di Desa Nglinggo cukup menanjak sehingga dibutuhkan dukungan kendaraan yang tangguh.

2. Perhatikan Cuaca

Karena tujuan Anda adalah kebun teh, jangan pernah berangkat jika suasana sedang mendung atau kabut. Hal ini dapat membahayakan karena penerangannya tidak maksimal.

Lebih baik jika Anda pergi ke sana saat musim kemarau. Selain suasananya cerah, jalanan menuju ke kebun teh juga tidak licin.

3. Bawa Pakaian Hangat

Kebun teh selalu memiliki udara yang sangat segar. Namun, jika Anda termasuk orang yang tidak tahan dingin, bawalah selalu pakaian hangat.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga membuatnya terasa sangat dingin saat malam hari. Meskipun Anda bermalam di penginapan yang sudah menyediakan selimut, pakaian hangat tetap penting untuk dibawa.

Demikian informasi soal Kebun Teh Nglinggo yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan untuk liburan ke sana. Perhatikan juga tiga tips yang sudah diberikan agar liburan tetap menyenangkan sesuai harapan.

Kebun teh tersebut bisa menjadi referensi liburan akhir pekan bersama keluarga tersayang. Jangan lupa mengabadikan momen saat menghabiskan waktu di Nglinggo untuk diunggah di sosial media!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 4 =