Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu daya tarik wisata berbasis alam di Bantul Yogyakarta yang begitu luar biasa. Wisata di Bantul satu ini menyajikan sebuah hamparan luas pohon pinus yang rimbun dengan didalamnya menawarkan banyak suguhan menarik.

Duduk santai, jalan-jalan, hingga berfoto ria di Hutan Pinus Mangunan Jogja bersama dengan keluarga ataupun orang-orang tercinta. Sejatinya Pinus Mangunan memiliki fungsi utama sebagai hutan lindung, namun berkat keindahannya dimanfaatkan juga dalam sektor pariwisata.

Sampai saat ini wisata alam Hutan Pinus Mangunan Bantul menjadi salah satu destinasi favorit sebagai tujuan mengisi waktu luang. Udara sejuk berbalut dengan panorama alam memukau akan membuat setiap pengunjung yang datang kesini merasa nyaman sekaligus betah.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

harga tiket masuk Hutan Pinus Mangunan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101949970033160487846

Jogja di anugerahi oleh banyaknya wisata berbasis alam memukau yang jumlahnya cukup melimpah. Seperti halnya pantai, ada banyak sekali pantai-pantai cantik di Jogja yang bisa dikunjungi sebagai tujuan berlibur.

Namun tidak hanya pantai, Daerah Isitmewa Yogyakarta juga memiliki wisata alam berbasis hutan pinus dengan jumlah yang tak sedikit. Sebut saja Puncak Becici, Seribu Batu Songgo Langit, Bukit Lintang Sewu, sampai dengan yang akan kita bahas, yakni Pinus Mangunan.

Semua wisata hutan pinus Jogja nampak sangat luar biasa dan populer juga sebagai tujuan berwisata bahagia. Tak terkecuali Hutan Pinus Mangunan Bantul yang selalu ramai akan kehadiran wisatawan setiap harinya, khususnya akhir pekan.

Selain karena daya tariknya, wisata Bantul satu ini tak pernah sepi karena murahnya biaya yang diperlukan. Harga tiket masuk Hutan Pinus Manguan sejauh ini hanya sebesar Rp5.000 saja per orang, sangat terjangkau sekali bukan?

Sebaiknya jangan bawa uang pas, sebab disini anda bisa bersantai di atas Hammock dengan biaya sewa sebesar Rp10.000. Jangan lupa juga, anda perlu membayar retribusi parkir kendaraan sesuai tarif yang ditetapkan.

Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja dapat anda kunjungi kapan saja, sesuai dengan jam operasional yang berlaku. Buka setiap hari dari pukul 06.00 sampai dengan 17.30 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat hutan pinus mangunan
Foto : https://www.instagram.com/nenk_ola/

Lokasi Hutan Pinus Mangunan berada di kawasan dengan luas area mencapai 500 hektare yang saat ini dikelola oleh masyarakat setempat. Kawasan ini sangat bersih, dan terbilang steril karena jauh dari sampah serta kotoran lain.

Hamparan pohon pinus dan udara sejuk akan menyambut setiap pengunjung yang datang berlibur kesini. Alamat Hutan Pinus Mangunan terletak di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apabila anda menjangkaunya dari alun-alun Paseban Bantul, jaraknya kurang lebih sejauh 15 km dengan waktu perjalanan 32 menit. Akses jalan sudah cukup bagus dan bisa dilintasi dengan mudah oleh berbagai kendaraan, roda dua maupun empat.

Jika anda sama sekali belum tau jalannya, maka tak perlu khawatir. Sebab dibawah ini ada maps yang bisa digunakan sebagai petunjuk arah agar perjalanan menuju Pinus Mangunan bebas hambatan.

Datang juga ke –> Curug Banyunibo yang segar dan alami.

Fasilitas

fasilitas hutan pinus mangunan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116538502380612414039

Termasuk dalam daftar wisata Bantul favorit, Hutan Pinus Mangunan Jogja sudah didukung dengan sarana prasarana memadai. Dan dibawah ini beberapa fasilitas Hutan Pinus Mangunan yang diantaranya adalah :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi wisata
  • Kamar mandi / MCK
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Taman bunga
  • Panggung terbuka
  • Bangku & Kursi
  • Camping ground
  • Rumah makan
  • Warung wisata
  • Kios cenderamata
  • Sewa hammock
  • Gardu pandang
  • Spot foto instagramable

Nikmati serunya mengisi waktu libur dengan explore Hutan Pinus Mangunan yang sangat menawan. Berjalan menyusuri setiap sudut, bergelantungan di hammock, duduk-duduk santai pada kursi kayu sampai berfoto-foto ria.

Rasakan kedamaian Hutan Pinus Mangunan Jogja yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan akan membuat anda lebih rilkes. Buang semua kepenatan dan rasa lelah yang tengah melanda dengan berwisata bahagia ke Hutan Pinus Mangunan Bantul Yogyakarta.

Kunjungi juga –> Pantai Parangtritis destinasi wisata bahari hits di Yogyakarta.

Spot Terbaik di Hutan Pinus Mangunan

spot terbaik hutan pinus mangunan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117162076188016603795

Sebagai salah satu Hutan Pinus Yogyakarta yang hits, wisata Mangunan ini terdapat banyak sekali spot-spot foto kekinian. Mulai dari spot foto berbentuk perahu sampai gardu pandang dari dek kayu dan memiliki bentuk yang unik-unik.

Ada yang berbentuk hati, rumah, perkampungan yang lengkap dengan ornamen-ornamen penghiasnya. Salah satu yang paling digemari anak-anak untuk berswafoto adalah spot berbentuk rumah hobbit dengan desain anti mainstreamnya.

Serta masih banyak lagi sudut-sudut unik di Hutan Pinus Mangunan Jogja yang bisa dijadikan background saat selfie atau rekam video. Hasilkan foto instagramable pada spot terbaik di Hutan Pinus Mangunan yang menarik perhatian anda.

Review sebelumnya –> Kebun Buah Mangunan pesona aneka panorama alam memukau dari ketinggian.

Tips Berkunjung

tips berkunjung hutan pinus mangunan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114088741646622563785
  • Waktu terbaik datang kesini adalah ketika hari cerah dan mendukung untuk aktivitas di alam terbuka.
  • Apabila cuaca ternyata sedang tidak bersahabat maka tak ada salah menunda waktu untuk rekreasi di Pinus Mangunan.
  • Untuk merasakan nuansa yang lebih teduh maka sebaiknya datang pada saat sore ataupun pagi hari.
  • Tetap mengutamakan kemanan dan keselamatan selama bermain dan juga liburan, demi kebaikan bersama.
  • Wajib mematuhi tata tertib pengunjung yang telah di tetapkan oleh pengelola wisata Hutan Pinus Mangunan.

Saat anda tengah berada di sekitaran Kota Bantul, maka wisata alam Hutan Pinus Mangunan Jogja jangan sampai terlewatkan ya. Demikian sudah anda simak ulasan singkat mengenai Hutan Pinus Mangunan yang rekomended untuk anda singgahi bersama keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 + eleven =