Mungkin di antara kamu ada yang pernah ke Jawa Timur untuk liburan. Salah satunya di kawasan Gunung Bromo, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana, seperti menikmati matahari terbit dengan secangkir minuman panas di pagi hari dan juga pemandangan luas yang membentang.

Namun selain wisata Bromo, kamu juga bisa menikmati keindahan alam lainnya seperti Pantai Banyu Anjlok yang terletak di Malang. Pantai ini punya keunikan di mana kamu bisa melihat air terjun yang langsung mengalir ke laut.

Tidak dipungkiri lagi kalau Indonesia mempunyai banyak sekali keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan bukan hanya di Malang, tetapi di beberapa daerah  lainnya juga mempunyai objek wisata air terjun yang mengalir ke lautan.

Beragam air terjun yang ada di Indonesia tentu air terjun satu ini adalah hal yang unik, sayang rasanya jika kita tidak mengabadikan momen saat kita menikmati wisata alam ini. Salah satunya kamu bisa menggunakan kamera 360 yang memungkinkan untuk menangkap gambar dari berbagai sisi di sekitar kamu. Kamera 360 juga akan membantu travel content creator menghasilkan konten yang lebih kreatif dan menarik.

Jika kamu penasaran, berikut ini adalah air terjun yang bisa dimasukkan ke daftar tempat wisata untuk mengisi liburan kamu.

Pantai Banyu Anjlok, Malang

pantai banyu anjlok
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101660003995288835538

Malang dikenal dengan banyak sekali objek wisata, mulai dari panorama alam, udaranya yang sejuk, hingga pantai yang cantik. Dengan membayar Rp5.000 untuk tiket masuk, kamu tidak hanya dapat menikmati pantainya saja, di Banyu Anjlok kamu bisa mandi di bawah air terjun. Jadi dalam sekali datang, kamu bisa mendapatkan paket air terjun dan pantai, menarik sekali bukan?

Untuk mencapai Banyu Anjlok, kamu terlebih dahulu harus menuju Pantai Lenggoksono dengan waktu perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan darat jika kamu berangkat dari kota Malang. Sesampai di Pantai Lenggoksono kamu bisa memilih untuk berjalan kaki, naik ojek, atau naik perahu menuju Banyu Anjlok.

Banyu Tibo, Pacitan

banyu tibo pacitan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117917664161992513668

Sudah pernah ke Pacitan? Tempat kelahiran Bapak Susilo Bambang Yudhoyono ini ternyata menyimpan berbagai tempat wisata menarik. Salah satunya Banyu Tibo yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang juga menyuguhkan air terjun yang mengalir ke laut.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 7 meter ini terkesan eksotis, ditambah dengan air laut jernih berwarna biru muda. Pemandangan yang cantik ini tentunya bisa kamu nikmati bersama keluarga, pasangan, maupun teman-teman.

Air Terjun Pantai Toroan, Madura

air terjun toroan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104871067987142991807

Air Terjun Toroan akan memanjakan mata kamu dengan deretan tebing indah setinggi 20 meter dan pepohonan hijau di sekelilingnya. Air terjun satu ini terletak di Desa Ketapang Daja, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Suasana di Pantai Toroan ini pun terasa sejuk dan asri, dengan gemericik suara air dan deburan ombak. Selain bermain di bawah air terjun dan ombak, wisatawan biasanya menghabiskan waktu sambil menyaksikan matahari terbenam di sore hari.

Pantai Jogan, Gunung Kidul

pantai jogan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110201375265527696933

Dari Jawa Timur kita beralih ke Daerah Istimewa Yogyakarta di mana terdapat Pantai Jogan. Namun, pantai ini termasuk pantai tebing dan tidak terdapat hamparan pasir di sekitar air terjunnya sehingga kamu harus berhati-hati saat mandi di bawah aliran air ini.

Warga sekitar memberi nama air terjun ini dengan nama Air Terjun Pengantin karena jika kamu mandi di bawah air terjun ini maka kamu akan cepat mendapat jodoh. Jika musim kemarau air terjun ini benar-benar tidak mengalirkan air sedikit pun, tak jarang wisatawan menjadikan lokasi ini sebagai tempat olahraga panjat tebing. Menarik bukan?

Air Terjun Mursala, Tapanuli Tengah

Air Terjun Pulau Mursala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101841015846188442656

Berbeda dengan beberapa air terjun di atas yang mempunya pasir pantai di sekitarnya. Air Terjun Mursala mengalirkan air langsung ke lautan karena berada di samping laut lepas di Pulau Mursala.

Perjalanan menuju Air Terjun Mursala bisa dimulai dari pelabuhan Sibolga, jadi disarankan untuk pergi bersama rombongan untuk meringankan biaya sewa kapal atau speed boat tersebut. Air terjun nan indah ini berlokasi di Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Air terjun Mursala tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja tapi juga wisatawan mancanegara berkat film King Kong yang populer pada tahun 2005. Film King Kong ini mengambil lokasi syuting salah satunya adalah di Air Terjun Mursala. Bagaimana tidak? Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter ini sangat cocok untuk film King Kong yang berukuran raksasa.

Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan, beberapa deretan air terjun yang mengalir langsung ke laut di atas bisa kamu tambahkan ke daftar destinasi yang ingin kamu kunjungi. Jika kamu berlibur bersama keluarga pastikan anak-anak berada dalam pantauan orang dewasa ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − eight =