Candi Penataran merupakan salah satu destinasi menarik yang bisa anda kunjungi ketika mengisi waktu libur di Kota Blitar Jawa Timur. Atau yang biasa dikenal dengan Candi Palah, percandian ini berlatar belakang keagamaan Hindu Siwaitis yang dibangun pada masa Raja Srengga.

Kompleks Candi Penataran peninggalan kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200masehi pada masa Raja Sengga dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana. Dengan segudang kisah masa lalu yang menarik, membuat Candi Penataran Blitar juga sebagai daya tarik wisata.

Tempat wisata Blitar berupa candi satu ini tak boleh anda lewatkan sebagai tujuan berlibur bersama dengan keluarga. Explore Wisata Candi Penataran Jawa Timur yang menyimpan segudang keunikan, cerita masa lalu, dan relief ciamik untuk di telusuri.

Harga Tiket Masuk Candi Penataran

harga tiket masuk candi penataran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110773441190343992551

Berkunjung ke sebuah cagar budaya berupa candi bisa menjadi alternatif untuk momen berlibur anda agar lebih berwarna. Apalagi, untuk bisa datang ke sebuah candi, umumnya tidak akan membuat kantong anda jebol karena tarifnya sangat ekonomis.

Sama halnya dengan wisata Blitar yang sedang kita bahas ini karena mematok tiket masuk terjangkau untuk semua kalangan. Harga tiket masuk Candi Penataran di Blitar yakni hanya Rp5.000 saja per orangnya.

Dengan biaya terebut, pastinya setiap pengunjung dipastikan dapat menjelajahi setiap sudut menarik di Candi Penataran ini. Saksikan secara lebih dekat percandian yang istimewa ini, karena didirikan pada lahan yang dianggap sakral kala itu.

Bagi anda yang ingin singgah pada candi termegah dan terluas di Jawa Timur ini ketahui dulu jam operasional wisatanya. Wisata Candi Penataran Blitar terbuka untuk umum pada pukul 8 pagi hingga 5 sore di setiap harinya.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi penataran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105693939877907123261

Lokasi Candi Penataran berada di lereng barat daya Gunung Kelud dengan ketinggian 450 meter diatas permukaan laut. Keberadaanya persis di sebelah utara kota Blitar dengan akses jalan utamanya mudah dijangkau oleh berbagai kendaraan.

Alamat Candi Penataran terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Tak begitu jauh dari Alun-Alun Kota Blitar, yang dimana jaraknya hanya 12 km dengan harus menempuh perjalanan selama 25 menit.

Untuk menuju kesini sebaiknya gunakan kendaraan pribadi agar tak menemui kesulitan yang berarti. Telah terpasang beberapa plang petunjuk yang akan membuat laju kendaraan anda lebih mudah tanpa bersusah payah.

Pastikan anda menggunakan kendaraan yang dalam keadaan sehat dan normal. Agar perjalanan liburan ke Candi Penataran tak akan menemui kendala apapun.

Jika anda belum tau jalannya, maka tak perlu khawatir, maps dibawah ini silakan untuk di akses. Petunjuk akuratnya akan membuat laju kendaraan anda semakin mudah melalui peta navigasinya.

Datang juga ke –> Rambut Monte tempat menarik untuk berlibur.

Fasilitas

fasilitas candi penataran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103959053724184942654

Termasuk dalam daftar wisata Blitar yang populer, Candi Penataran selalu ramai akan kunjungan wisatawan. Puncaknya ketika musim liburan ataupun akhir pekan yang se akan tak pernah luput dari kehadiran banyak pengunjung.

Disamping panorama keindahan candi yang disuguhkan, disini juga sudah dilengkapi oleh sarana memadai. Berikut ini fasilitas Candi Penataran yang bisa anda gunakan selama berlibur disini, yang meliputi :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Papan informasi candi
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Area bersantai
  • Toko oleh-oleh
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya menelusuri Candi Penataran yang masih menyimpan banyak prasasti, relief, arca dengan sejarah di dalamnya. Dapatkan pengalaman liburan berkesan dengan explore cagar budaya Candi Penataran yang dianggap suci.

Pada waktu-waktu tertentu, Candi Penataran kerap mengadakan acara-acara seru, seperti pentas budaya lokal dan atraksi wisata.

Kunjungi juga –> Air Terjun Tirto Galuh begitu mengagumkan.

Spot Terbaik di Candi Penataran

spot terbaik di candi penataran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111564838592814947436

Komplek percandian ini disusun dalam pola linear, yang dimana balai pendopo dan beberapa candi perwara terletak di depan candi utama. Pola susunan linear yang agak tidak beraturan di Candi Penataran ini merupakan ciri khas langgam Jawa Timur.

Bangunan Candi Penataran menempati wilayah dengan luas tanah 12.946 meter persegi, berjajar membujur dari barat laut ke tenggara dan timur. Susunan dari komplek Candi Penataran Blitar ini terbilang unik, karena tidak tersusun secara simetris.

Itu merupakan gambaran kecil dari Candi Penataran yang dapat anda jumpai ketika berlibur kesini. Satu hal yang jangan sampai anda lewatkan ketika explore Candi Penataran adalah mengabadikan semua momennya melalui Berswafoto.

Menjadikan spot terbaik di Candi Penataran sebagai latar belakang fotonya, seperti relief, arca, prasasti dan tentu bangunan candinya sendiri. Maka dari itu, selama berwisata bersama orang-orang tercinta, jangan lupa untuk sedia kamera agar bisa merekam semua momen menariknya.

Review sebelumnya –> Kampung Coklat destinasi instagenic untuk anda berwisata bersama keluarga.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi penataran
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102557895259747595804

Dibawah ini beberapa tips berkunjung sebagai tambahan referensi ketika anda berencana datang ke Candi Penataran dalam rangka liburan menyenangkan.

  • Hari yang cerah adalah waktu terbaik datang kesini untuk mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal.
  • Sebaiknya berkunjung pada saat pagi atau sore hari, agar nuansa yang didapat cenderung sejuk dan bikin nyaman.
  • Tahan dulu rencana anda apabila ternyata cuaca tidak mendukung untuk beraktivitas di alam yang terbuka.
  • Pahami dengan seksama aturan-aturan beserta tata tertib yang sudah dibuat untuk semua pengunjung.
  • Anda bisa menyewa jasa pemandu wisata candi profesional agar momen berlibur kali ini lebih bermakna.

Jadi itu tadi, Candi Penataran yang merupakan percandian hindu dengan sejumlah daya tarik di dalamnya. Sekian dulu ulasan singkat seputar cagar budaya Candi Penataran Blitar yang menjadi percandian termegah dan juga terluas di Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 11 =