Bukit Panguk Kediwung sampai saat ini masih menjadi spot terbaik di Bantul Jogja untuk menyaksikan indahnya matahari terbit pagi hari. Tempat wisata di Bantul ini berada di perbukitan dengan banyak menyajikan pemandangan menakjubkan dari ketinggian.

Wisata Bukit Panguk Kediwung Jogja bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin merileksasi diri sekaligus mencari ketenangan. Karena di Bukit Panguk Jogja setiap pengunjung akan langsung merasakan udara sejuk dan suasana yang begitu asri.

Berkat hadirnya banyak pepohonan rimbun membuat kawasan wisata alam Bukit Panguk Bantul sangatlah asri dan bikin nyaman. Ketika anda tengah berada di sekitar wilayah Bantul, maka destinasi cantik satu ini jangan sampai dilewatkan untuk tujuan liburan.

Daya Tarik Bukit Panguk Kediwung

daya tarik bukit panguk kediwung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108403332342781613274

Bantul, menjadi salah satu wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyimpan sejumlah daya tarik wisata mempesona. Mulai dari pantai yang melimpah, hingga wisata berbasis alam dengan jumlah lumayan banyak.

Salah satunya adalah Bukit Panguk Kediwung, yang termasuk dalam destinasi favorit untuk berwisata dan berfoto-foto ria. Hal ini terbukti dari tak pernah surutnya kunjungan wisatawan di Bukit Panguk, terutama saat musim liburan telah tiba.

Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung

harga tiket masuk bukit panguk kediwung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108167921085834087350

Explore wisata alam Bukit Panguk maka anda tak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya karena sangatlah ramah dikantong. Harga tiket masuk Bukit Panguk Kediwung sejauh ini hanya sekitar Rp10.000 saja per orang, terjangkau sekali bukan?

Namun harga tiket masuk tersebut belum termasuk dengan spot-spot foto yang bisa dicoba. Karena saat tulisan ini dimuat, bagi pengunjung yang ingin berswafoto di spot-spot Bukit Panguk Kediwung maka dikenai biaya tambahan.

Selain itu anda juga jangan lupa untuk membayar rertribusi parkir kendaraan, Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 bagi mobil. Bukit Panguk Kediwung Jogja terbuka untuk umum disetiap harinya, dan beroperasi selama 24 jam penuh.

Waktu terbaik berlibur kesini tentu saja adalah menjelang pagi hari, guna menanti terbitnya matahari. Biasanya wisatawan sudah tiba disini sebelum subuh agar tidak ketinggalan momen menikmati sunrise yang mengagumkan.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat bukit panguk kediwung
Foto : https://www.instagram.com/arrumwdya/

Lokasi Bukit Panguk Kediwung berada di kawasan yang bisa digapai tanpa harus bersusah payah. Meski jalan utama untuk menuju letak persisnya, didominasi oleh jalanan menanjak dan juga berkelok.

Bagi siapapun yang ingin liburan kesini maka wajib menggunakan kendaraan yang sehat dan mampu melintasi jalur tanjakan. Maka dari itu pastikan kendaraan yang akan digunakan menuju Bukit Panguk Kediwung Jogja dalam keadaan siap tempur.

Alamat Bukit panguk Kediwung terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak kurang lebih 18 km dari pusat kota Bantul atau Alun-Alun Paseban untuk menuju wisata alam ini.

Sesampainya di lokasi, para pengunjung harus berjalan kaki menaiki bukit untuk mencapai puncaknya. Begitu sampai di puncak, aneka panorama alam mempesona siap tersaji dan bisa anda nikmati.

Meski anda sama sekali belum pernah datang kesini namun tak perlu khawatir soal jalan yang harus dilalui. Petunjuk akurat pada maps dibawah ini bisa anda gunakan dalam rangka memudahkan laju kendaraan menuju Bukit Panguk Kediwung.

Datang juga ke –> Kebun Buah Mangunan suguhan panorama cantik yang menawan.

Fasilitas

fasilitas bukit panguk kediwung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114320973606499870769

Berikut ini fasilitas Bukit Panguk Kediwung yang di dalamnya meliputi :

  • Lahan parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • kamar mandi / toilet
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Jalur pejalan kaki
  • Gardu pandang
  • Area bersantai
  • Warung wisata
  • Spot foto melimpah

Menikmati setiap sajian menarik dan hal-hal unik dari yang Bukit Panguk tawarkan untuk mengisi waktu liburan anda disini. Jalan-jalan, duduk santai, melihat banyak pemandangan, sampai dengan berfoto-foto ria agar lebih berwarna.

Kunjungi juga –> Hutan Pinus Mangunan yang asri dan istimewa.

Spot Terbaik di Bukit Panguk Kediwung

spot terbaik di bukit panguk kediwung
Foto : https://www.instagram.com/sivarahma/

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa wisata Bantul hits ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati terbitnya matahari. Bagaimana tidak, pesona sunrise disini begitu luar biasa, berbalut dengan kabut putih dan serasa seperti negeri di atas awan.

Hamparan bukit hijau dengan sinar matahari pagi yang membias berselimut kabut pagi tipis, emm terlihat menakjubkan. Suasana pagi hari saat menikmati mentari sangat cocok jika ditemani oleh teh hangat atau kopi yang diseduh.

Selain sunrise, di Bukit Panguk Kediwung para wisatawan juga dapat menyaksikan terbenamnya matahari saat sore hari. Warna jingga keemasan yang terpancar oleh sunset bak menjadi pengantar dalam menutup hari dan seketika berganti menjadi malam.

Aneka landscape alam indah yang menawan harus anda manfaatkan sebagai latar belakang dalam mengabadikan momen melalui berswafoto. Melalui spot-spot foto kekinian yang tersedia agar anda bisa lebih dekat berfoto-foto ria pada spot terbaiknya.

Review sebelumnya –> Gumuk Pasir dengan pesona hamparan luas gundukan pasir-pasir yang luar biasa.

Tips Berkunjung

tips berkunjung bukit panguk kediwung
Foto : https://www.instagram.com/tripnesiaid/
  • Perkirakan waktu berkunjung anda ke Bukit Panguk Kediwung dengan sebaik mungkin agar lebih maksimal.
  • Pastikan anda datang untuk melihat terbitnya matahari secara lebih dekat dan rasakan sensasi serunya.
  • Kenakan pakaian hangat saat berlibur disini mengingat udara di puncak Bukit Panguk cukup dingin.
  • Ikut serta dalam menjaga keasrian lingkungan pada wisata alam Bukit Panguk Kediwung agar tetap lestari.

Ketika anda tengah merasa penat dan juga lelah, maka wisata Bukit Panguk Kediwung Jogja bisa menjadi obatnya. Demikian tadi sudah anda simak ulasan singkat seputar Bukit Panguk Kediwung sebagai destinasi rekomended untuk berwisata bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − two =