Tempat wisata di Purbalingga – Purbalingga merupakan sebuah kabupaten yang berlokasi di provinsi jawa tengah dengan luas daerah kurang lebih 777 km persegi. Purbalingga juga berbatasan langsung dengan daerah tujuan tempat wisata lainya seperti pekalongan, banjarjenaga, banyumas dan juga Pemalang.

Purbalingga ini mempunyai berbagai macam tempat wisata mulai dari wisata alam purbalingga, wisata budaya hingga wisata kulinernya yang sangat menggoda. Dan ternyata purbalingga ini terkenal dengan julukan kota curug, dengan julukan tersebut pastinya banyak banget dong air terjun yang indah di purbalingga ini.

Penasaran kayak apasih objek wisata purbalingga ini?? oke simak riview dari MyTrip123.com berikut ini :

Tempat wisata di Purbalingga

1. Mencoba Derasnya Air Sungai Klawing

Sungai klawi merupakan sungai yang terletak di dua kecamatan yaitu kecamatan Bobotsari dan Mrebet Purbalingga. Bagi anda yang suka dengan tantangan mungkin sungai ini cocok bagi anda, di sungai ini anda bisa melakukan berbagai aktifitas seperti arum jeram dan dan juga river boarding.

wisata-air-sungai-klawing-purbalingga
image by @nur_qolichah

beberapa waktu yang lalu sungai klawing menjadi tumah rumah kejuaraan rever boarding tingkat nasional. Kegiatan tersebut juga sekaligus menjadi ajang promosi.

2. Curug Nini, Wisata Alam Air Terjun di Purbalingga Yang Menarik

Tahukah anda, purbalingga ternyata di juluki sebagai kota seribu curug, Banyak sekali air terjun yang bisa anda jelajahi di purbalingga, salah satunya adalah curug nini yang berlokasi di cipaku dan pagerandong. Lokasinya yang berada di kedua desa karena curug nini merupakan pemisah antara kedua desa tersebut.

objek wisata air terjun di purbalingga
image by @ucax_ungsat

Lokasinya yang berada di dalam hutan mengharuskan para traveler yang ingin berkunjung ke curug ini harus berjalan kaki terlebih dahulu sebelum sampai ke curug yang indah ini. Dengan ketinggian curug yang tidak terlalu tinggi curug ini sangat bersahabat dan tidak berbahaya untuk bermain air, Di situ anda dapat berenang dan melompat dari atas tebing ke dasar air.

sebagaian besar curug di purbalingga berada di kecamatan mrebet, jadi untuk menemukan banyak curug anda bisa lansgung mengnjungi kecamatan tersebut.

3. Curug Tempuran Dengan Airnya yang Jernih

Tempat wisata curug di purbalingga selanjutnya adalah curug tempuran yang mempunyai air yang sangat jernih dan cocok sakali di gunakan untuk mandi. Curug tempuran sendiri belokasi di binangun kecamatan mrebet.

wisata curug di purbalingga
image by @saynoaja

air terjun yang satu ini tidak kalah indahnya dengan air terjung nini yang sudah di bahas di bagian sebelumnya. Air terjun tempuran terdapat kolam dengan air yang jernih yang dapat di gunakan mandi atau sekedar untuk bermain air.

Tunggu, sedang memuat. . .

4. Curug Tuntung Laut yang Jarang di Kenal Orang

wisata alam purbalingga
image by @cah_ndableg666

Masih membahas tentang curug yang ada di purbalingga, yaitu curug tuntung yang berlokasi di desa binangun, lokasinya yang berada dalam satu desa dengan curug tempuran rugi jika anda berkunjung ke curug tempuran tapi tidak sekaligus berkunjung ke curug tuntung yang masih sepi dan jarang orang yang tahu.

Untk menuju curug ini anda pertama akan melewati perkampungan penduduk dan selanjutnya anda di suguhkan dengan rute perkebunan coklat dan kopi sebelum sampai di curug tuntung.

5. Asyiknya Bermain Air di Curug Ciputut

tempat wisata di purbalingga
image by @nural_achmad

Lengkapi perjalanan menyusuri curug di purbalingga dengan mengunjungi curug ciputut yang eksotik ini. curug ciputut sendiri berlokasi di serayu layangan, kec mrebet purbalingga.

Untuk menjangkau air terjun ini. anda harus melewati rute yang cukpu sulit. Bagi anda pelancong sejati pastinya rute yang sulit akan menjadi sangat menarik ntuk di jelajahi. Sesampainya di curug ini anda dapat langsung menyeburkan diri ke air yang segar dan bersih untuk sekedar menhilangkan rasa lelah saat perjlanan menuju curug.

 

6. Wisata Alam Argowisata lembah Asri Purbalingga

wisata alam purbalingga
image by @balitjestro

Objek wisata alam purbalingga slenjutnya adalah argowisata lembah asri yang berlokasi di Ds Serang, kec Karangreja Purbalingga. Loaksinya yang berada di pegunungan membuat daerah ini mempunyai hawa yang sangat sejuk dan dilengkapi dengan view gunung slamet yang instagramable.

Obyek wisata alam purbalingga ini berjarak sekitar 23 kilometer dari jantung kota purbalingga. wisata alam ini juga yang menghubungkan beberapa objek wisata di sekitar purbalingga seperti Wisata air wabong, goa lawang dan lainya.

Apa sih yang bisa anda dapat di tempat ini??? banyak kok,.,, di tempat ini anda dapat menikmati paket outbound dengan harga terjangkau, berwisata du kebun stroberi dan juga sayur, selain itu juga sebenarnya masih banyak yang bisa anda lakukan di tempat itu. Owh iya, argowisata lembah asri ini cocok di jadikan sebagai tempat wisata keluarga di purbalingga dengan biaya terjangkau.

7. Puncak Igin Wingir, Spot Menarik Untuk Menikmati Pemandangan Purbalingga dari Atas Gunung

wisata purbalingga
image by @kk_erni

Bagi anda yang suka dengan naik gunung mungkin salah satu destinasi di purbalingga ini bisa anda kunjungi, namanya puncak wingir yang berlokasi di Ds panususpan, Kec Rembang Purbalingga.

Ternyata wisata ini sempat ngehits di kalangan traveler karena keindahan pemandangannya. Di puncak tersebut anda dapat menikmati pemandangan kabupaten purbalingga dari atas gunung. Puncak wingir ini ampir seperti yang ada di kulonprogo yogyakarta yang juga gak kalah ngehitsnya.

Penasaran dengan pemadangannya??? daripada cuma pensaran mending cek lansgung wisata indah ini. Owh iya di tempat tersebut juga terdapat rumah yang membuat wisata tersebut semakan menarik untuk di kunjungi.

8. Asyiknya Berenang di Air terjun Curug Sumba yang Mempunyai Air yang Sangat Jernih nan Segar

Ada satu lagi nih spot wisata air terjun di purbalingga yang sangat menarik untuk di kunjungi. Yaitu curug sumba yang berlokasi di Ds Tlahab Kec Karangreja Purbalingga.

tempat wisata di purbalingga
image by @arvin_av

curug ini mempunyai genangan air yang cukup luas sehingga memungkinkan anda bisa berenang di curug ini ataupun skeder untuk bermain air bersama kerabat. owh iya, sekedar rekomendasi dari  MyTrip123 sebaiknya mengunjungi curug ini pada saat musim kemarau karena warna air di curug ini berwarna biru dan yang pastinya sangat jernih.

di curug ini juga sering di jadikan area memancing oleh warga sekitar.

9. Pemandian Situ Tirta Mata yang Instagramable

Bagi anda traveler pastinya tahu dong dengan wisata umbul ponggok di klaten??? ya umbul ponggok merupakan wisata air di klaten, di situ anda dapat mencoba sensasi snorkling air tawar. untuk pembahasan slengkapnya bisa disimak di –> Umbul Ponggok Klaten, Tempat Seru Untuk Snorkelling.

Owh iya kita kan sekarang sedang membahas wisata di purbalingga, di kota ini juga terdapat wisata air seperti halnya wisata ponggok, yaitu pemandian situ tirta mata yang berlokasi di Ds Karangcegak Kec Kutasari Purbalingga.

destinasi wisata pubalingga
image by @ifan.black

Di wisata air tirta mata anda bisa mersakan asyiknya bermain air sambil mengabadikan foto bawah air yang pastinya keren. lebih seru rasanya jika anda ke pemandian tersebut mengajak orang-orang terdekat untuk menikmati serunya mengambl foto underwater.

10. Water Park Bojongsari dengan Berbagai Macam Wahana Air yang Menarik

Purbalingga tenyata juga mempunyai wisata air buatan yang tak kalah indahnya dengan yang ada di kota-kota besar lainya lo. Namanya Bojongsari waterpark yang berlokasi di owabong.

wisata air purbalingga
image by @indriana1909

perlu anda ketahui, water park bojongsari ini pada tahun 2013 pernah mendapat penghargaan dari guernur jawa tengah karena menjadi tempat wisata yang paling banyak di kunjungi. Woow keren ya,.,.

Di tempat wisata tersebut terdapat banyak sekali wahan air yang sangat menarik untuk anda coba, di antaranya yaitu kolam sesat, ember tumpah, ombak buatan dll. wahana Ombak buatan di tempat itu di beri nama pantai bebsa tsunami. Gimana tertarik datang ke water park bojongsari???

11. Mendaki Gunung Slamet, Gunung Tertinggi di Provinsi Jawa tengah

Bagi anda pendaki pastinya tidak asing dong dengan nama gunung yang satu ini. Gunung slamet terkenal dengan medan yang sangat berat dan memerlukan tenaga yang cukup ekstra untuk dapat mencapai puncak gunung slamet.

Baca juga : 9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula

onjek wisata di purbalingga
image by @masrere21

Gunung slamet ini mempunyai ketinggian 3428 Mdpl dan berada di 5 kabupaten yaitu purbalingga, brebes, pemalang dan juga banyumas. saran dari MyTrip Persiapkan semua terlebih dahulu sebeleum mendaki gunung slamet seperti tubuh yang fit, perbekalan, obat-obatan dll. Mengingat track gunung slamet yang bukan main mian. Gunung ini tidak di sarankan bagi pemula.

12. Museum Uang di Purbalingga yang mempunyai Koleksi Uang jaman Dahulu yang Super Lengkap

objek wisata purbalingga
image via instagram

Berwisata sambil belajar, mungkin bisa anda lakukan ketika berwissata ke kabupaten purbalingga, di kabupaten ini terdapat museum uang yang bisa anda kunjungi bersama keluarga taupun kerabat. Dengan mengunjungi museum ini anda bisa menambah wawasan akan amat uang jaman dahulu yang di gunakan oleh nenek moyang kita untuk kegiatan jual beli.

Di museum uang ini tidak hanya mata uang jadul dari indonesia saja lo, ternyata di museum ini juga menyimpan uang jadul dari berbagai macam negara.

13. Wisata Alam Goa Lawa yang eksotik

tempat wisata di purblingga
image via instagram

Tempat wisata di purbalingga selanjutnya adalah wisata alam goa lawa yang sangat menarik sekali untuk di jelajahi. Goa ini di namakan goa lawa karena di goa tersebut banyak di huni kelelawar, dalam bahasa indonesia lawa berati kelelawar. lawa sendiri merupakan bahasa jawa.

berbeda dengan goa yang berada di kabupaten pacitan, gua lawa ini tidak mempunyai stalakmit dan stalakmit karena goa lawa ini terbentuk dari hasil pendinginan lava.

14. Desa Wisata Panusupan di pubalingga

desa wisata di purbalingga
image via facebook.com/DesawisataPanusupan

WIsata purbalingga yang terakhir adalah desa wisaat panusupan yang berlokasi di Ds Panusupan Kec Rembang Purbalingga. Banyak sekali kegaiatan Outbound yang bisa di lakukan di tempat ini. Tempat ini cocok di gunakan sebagai tempat rekreasi keluarga di purbalingga.

Wisata sebelumnya :

  1. Tempat Wisata di Probolinggo Terbaik Untuk di Kunjungi
  2. Daftar Tempat Wisata Kuliner di Malang dan Oleh – Oleh Lengkap

Setelah membaca 14 Objek wisata di purbalingga jawa tengah, apakah anda tertarik menjelajah semua tempat wisatanya ?? pastinya tertarik dong,.,. ternyata purbalingga mempunyai banyak sekali macam tempat wisata ya, mulai dari wisata alam purbalingga, wisata curug hingga wisata buatan yang tak kalah menariknya. oeh iya jangan lupa share di akun sosial media masing masing ya, agar semua tahu bahwa pubalingga mempunyai destinasi wisata yang sangat beragam.