Tempat wisata di Pemalang yang paling banyak dikunjungi beragam, mulai dari wahana buatan manusia hingga wisata alam yang menggoda, Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Tegal dan Pekalongan. Sedangkan pada bagian selatan berbatasan langsung dengan Laut Jawa sehingga kota ini memiliki pantai yang indah dari Laut Jawa, cuacanya sendiri karena dekat dengan pantai akan sedikit panas namun lebih sejuk daripada kota lain, Pemalang sendiri memiliki nama lain yaitu Kota Ikhlas dimana menggambarkan masyarakatnya selalu ikhlas dalam segala hal.

Wisata Pemalang banyak diburu oleh wisatawan karena dari beberapa tempat di bawah ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh tempat wisata di daerah lain, selain itu pemalang juga memiliki beberapa tempat belanja mulai dari supermarket, pasar tradisional hingga modern, namun kebanyakan masyarakat Pemalang lebih memilih untuk pergi ke daerah lain seperti Tegal atau Pekalongan untuk urusan belanja.

Sangat sayang bagi kita apabila datang ke Pemalang tidak mengunjungi tempat wisata di Pemalang yang begitu indah, beberapa tempat banyak menjadi incaran wisatawan yang datang ke Kota Iklhas tersebut, berikut beberapa tempat wisata yang ada di Pemalang yang banyak dikunjungi.

Tempat Wisata di Pemalang yang Memukau

Pantai Widuri

tempat wisata di Pemalang

Tempat wisata di Pemalang yang pertama adalah Pantai Widuri, kita tahu jika Kabupaten Pemalang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, oleh karena itu Pemalang memiliki pantai yang indah yang menghubungkan langsung dengan Laut Jawa, untuk menuju ke pantai ini tidaklah jauh, dari kota hanya berjarak 3 KM, tempat wisata pantai Widuri ini memang menjadi tujuan utama wisatawan datang ke Pemalang.

Dengan perpaduan pantai dan wahana permainan yang dibuat oleh pemerintah setempat membuat tempat ini semakin asik untuk dikunjungi, ada berbagai spot wisata yang unik mulai dengan waterboom dipinggir pantai dengan segala permainannya, lapangan tenis, arena roadrace, panggung hiburan dan masih banyak yang lain, untuk masuk ke pantai anda tidak dikenakan biaya, namun untuk masuk ke wahana hiburan dikenakan biaya yang lumayan murah untuk masyarakat kecil menengah namun kualitas terbaik.

Air Terjun Sibedil

curug sibedil

Air terjun Sibedil atau masyarakat sering menyebutnya dengan curug sibedil merupakan salah satu tempat wisata di Pemalang yang paling banyak dikunjungi, curug sibedil tergolong wisata alam dengan pemandangan menajubkan yang terletak di Desa Sima, Kecamatan Moga, Pemalang.

Dengan pemandangan yang unik dan airnya yang bersih membuat orang ingin berenang menyusuri air dibawah curug tersebut, masyarakat menamai air terjun tersebut dengan sebutan Sibedil karena dulunya ada sebuah batu disekitar air terjun tersebut yang mirip dengan senapan (bedil dalam bahasa jawa), ada juga yang mengatakan jika nama tersebut diambil dari dulu yang sering terdengar suara tembakan disekitar air terjun tersebut pada malam hari.

Hutan Mangrove Pemalang

tempat wisata di Pemalang

Tunggu, sedang memuat. . .

Hutan Mangrove merupakan tempat wisata di Pemalang dan juga sebagai tempat konservasi lahan dengan tempat yang unik seperti di hutan amazon Amerika. Tempat ini digunakan oleh pemerintah setempat juga sebagai tempat pendidikan bagi siswa Kabupaten Pemalang agar para siswa mengetahui seberapa penting tumbuhan Mangrove disekitar pantai, tempat Hutan Mangrove Pemalang yang paling luas berada di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami yang memiliki luas sekitar 2350 hektar.

Air Terjun Dhuwur

curug dhuwur

Salah satu tempat wisata di Pemalang yang masih tersembunyi adalah air terjun Dhuwur atau masyarakat sering menyebutnya dengan curug Dhuwur, tempat wisata ini belum dikunjungi oleh banyak orang namun memiliki pesona yang memukau pengunjung saat pertama kali melihatnya, tumpukan bebatuan hingga membuat tebing dengan air yang mengucur deras ini masih tergolong tempat wisata baru yang hanya dikunjungi oleh masyarakat lokal saja dan belum banyak wisatawan datang ke tempat ini, namun ke depan Pemerintah Pemalang sedang berusaha untuk membuat fasilitas lengkap akan tempat ini.

Rafting Sungai Comal

rafting di pemalang

Siapa yang tidak kenal dengan rafting, kegiatan menelusuri sungai dengan perahu karet ini memang menjadi ajang olahraga yang banyak disukai oleh wisatawan, di Pemalang terdapat jalur rafting yang sering digunakan untuk lomba yaitu di Sungai Comal, walau masih tergolong tempat wisata baru namun wisata rafting di Sungai Comal ini langsung rame oleh pengunjung, selain menikmati arus sungai dengan perahu karet pengunjung juga disuguhi dengan pemandangan sekitar yang begitu memukau mata saat pertama melihat.

Curug Bengkawah

curug di pemalang

Obyek wisata di Pemalang selanjutnya adalah air terjun Bengkawah atau biasa disebut dengan curug Bengkawah, lokasi curug Bengkawah ini berada di Desa Sikasut, Kecamatan Belik, Pemalang. Tempat wisata di Pemalang ini memang tergolong tidak banyak yang mengunjungi karena untuk menuju ke spot wisata anda harus menelusui jalan setapak sepanjang 2 km, yang banyak datang ke tempat tersebut adalah pecinta alam yang biasa mendirikan tenda disekitar tempat tersebut.

Telaga Rengganis

telaga rengganis

Tempat wisata di Pemalang yang tidak kalah menariknya lagi adalah Telaga Rengganis, dengan air yang jernih terletak di antara hutan pinus yang indah membuat tempat tersebut banyak menarik wisatawan. Tempat wisata ini terletak di Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul. Seperti di latar film luar negeri tempat ini memang melegenda bagi sebagian masyarakat, tak jarang ada banyak pembuatan film dan latar belakang foto baik foto model maupun lanscape di tempat ini.

Gunung Mendelem

gunung mendelem

Gunung mendelem atau biasa disebut dengan gunung jimat ini merupakan tempat wisata di Pemalang untuk para pendaki khususnya pendaki pemula, gunung ini tidak terlalu tinggi hanya 1454 mdpl sehingga cocok untuk pemula, walau anda masih pemula ada baiknya untuk mengajak teman yang sudah berpengalaman saat naik ke puncak Gunung Mendelem.

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Karangannyar

Itulah daftar tempat wisata di Pemalang yang wajib anda kunjungi ketika anda datang ke kota tersebut, masih banyak tempat wisata lain yang dapat anda kunjungi namun beberapa tempat wisata di atas bisa menjadi acuan anda ketika datang ke Pemalang. Jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam agar keindahan alam yang memukau dapat dinikmati oleh anak cucu kita nantinya.