Tempat Wisata di Pekalongan – Pekalongan merupakan salah satu kabupaten tujuan tempat wisata di jawa tengah yang berlokasi di deretan pantai utara pulau jawa.

Nama pekalongan berasal dari nama kalong, kalong sendiri merupakan bahasa jawa yang mempunyai arti kelelawar dalam bahasa indonesia. Nama Peklaongan juga mempunyai cerita legenda, pada jaman dahulu sesorang yang bernama raden bahu (bupati kendal yang pertama) yang juga merupakan abdi dalem sultan agun. Raden bahu di perintahkan oleh sultan agung untuk membangun sebuah daerah di sebelah barat kabupaten kendal. Raden bahu pun melakuakn ritual tapa ngalong (tapa seperti kelelewar) di daerah tersebut.

Kota pekalongan juga berbatasan langsung dengan daerah / kota tujuan wisata lainya di jawa tengah sperti Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Batang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Wonosobo dan Juga Kabupaten Kendal. Lokasi yang di lewati oleh jalur pnatai utara pulau jawa memuat akses menuju pekalongan pun mudah di jangkau.

Owh ya di sini MyTrip123.com akan membahas tentang tempat wisata di pekalongan yang patut anda kunjungi. Di pekolangan terdapat berbagai macam destinasi wisata seperti wisata alam pekalongan hingga wisata budaya. Oke langsung saja simak ulasan berikut ini :

Tempat Wisata di Pekalongan

1. Wisata Alam Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Tempat liburan di pekalongan yang pertama dalah adalah pantai pasir kencana yang merupakan destinasi favorit di pekalongan. Untuk menjangkau pantai ini pun tidak begitu sulit karena letaknya tidak jauh dari pusat kota pekalongan, yaitu hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari jantung kota pekalongan.

tempat wisata pantai di pekalongan
pantai pasir kencana pekalongan. Image by : @ela.suryani

Yang membuat pantai ini banyak di minati wisatawan lokal maupun dari luar kota adalah pada saat sore hari pemandangan sunset di pantai ini sungguh luar biasa indahnya.

Tidak hanya menyuguhkan wisata pantai yang menawan, di kawasan wisata pantai ini juga menyuguhkan akuarium besar yang berisi berbagai macam biota laut yang sangat menarik.

di kawasan wisata tersebut juga terdapat pelabuhan dan pelelangan ikan, dan jika anda ingin membawa oleh-oleh ikan laut segar mungkin bisa membeli di pelelangan ikan tersebut, di samping akan mendapat ikan dengan kualitas bagus dan segar anda juga akan mendapat harga yang terjangkau.

Alamat pantai Pasir kencana : Jl Pantai,Kec Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah.

2. Wisata Air Terjun di Curug Muncar Pekalongan

wisata air terjun pekalongan
curug muncar pekalongan. image by @gilangpanggalih

wisata di pekalongan selanjutnya adalah curug muncar yang masih asri dan juga alami. Lokasi curug muncar berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl sehingga menciptakan udara sejuk khas pegunungan.

Tunggu, sedang memuat. . .

Lokasinya yang berada di hutan miliknya perhutani membuat perjlanan menuju curug ini di butuhkan perjuangan yang sedikit berat dengan melewati lembah yang ketika musim hujan tiba jalan akan berubah menjadi sangat licin.

Alamat curug muncar pekalongan : untuk lokasi curug muncar sendiri berada di Ds Curugmuncar, Kec Petungkriyono, Pekalongan. Nama Curug muncar tidak hanya terdapat di peklaongan, di kabupaten purowrejo dan temanggung pun mempunyai curug yang bernama curug muncar.

3. Pesona alam Curug Bajing Pekalongan

tempat liburan di pekalongan selanjutnya adalah curug bajing yang keindhanaya tidak kalah dengan curug muncar yang sudah di review oleh mytrip di bagian sbelumnya.

tempat wisata alam pekalongan
curug bajing pekalongan. image by @ayodolan

untuk ketinggian mdpl lokasinya pun tidak beda jauh dengan curug muncar, curug ini berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl. Seperti halnya curug muncar yang mempunyai hawa sejuk, curug ini juga mempunyai hawa sejuk yang cenderung dingin.

Curug Bajing ini mempunyai ketinggian air terjun kurang lebih 70 meter dan mempunyai aliran air yang deras. Untuk akses menuju lokasi ini pun cukup memerlukan perjuangan. anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak selama kira-kira 15 menit perjalanan dari tempat parkir.

Alamat curug bajing pekalongan : untuk lokasi curug bajing ini berada di Ds Telogo parkis, Kec Petungkriyono, Pekalongan. curug ini berlokasi agak jauh dari pemukiman penduduk dan curug ini juga masih sangat alami dan asri.

4. Wisata pantai Slamaran Pekalongan

Objek wisata di peklaongan selanjutnya adalah wisata pantai slamaran yag lokasi tidak jauh dari pantai pasir kencana yang sudah di review oleh mytrip di bagian sebelumnya.

tempat wisata pantai di pekalongan
pantai slamaran peklaongan. image by @a_just23

pantai slamaran dan pantai pasir kencana lokasinya hanya di pisahkan oleh sebuah pelabuhan. jadi jika anda berkunjung ke pantai pasir kencana alangkah baiknya jika di teruskan kegiatan berwisata anda ke pantai slamaran ini.

5. Berkunjung ke Museum batik Pekalongan

wisata pekalongan selanjutnya yang menarik untuk di kunjungi adalah wisata museum batik pekalongan. Sesuai dengan namanya, museum ini berisi tentang berabagai macam koleksi batik khas pekalongan. Terdapat hingga ratusan koleksi corak batik di museum ini.

Alamat museum batik pekalongan : untuk lokasinya sendiri berada di Jl Jetayu No 1 Kota Pekalongan. Batik juga ternyata menjadi ikon kabupaten pekalongan.

6. Panorama Memikat di pantai Depok Pekalongan

wisata pantai pekalongan
pantai depok pekalongan. image by @navita_dewi_rizkika

Tempat wisata di pekalongan yang menarik selanjutnya adalah pantai depok yang mempunyai panorama yang memanjakan wisatawan. Pantai ini mempunyai ombak yang landai / tenang sehingga cocok di gunakan sebagai tempat wisata keluarga di pekalonga. Anda tidak perlu khawatir jika anak anda bermain di pantai tersebut karena ombaknya yang kecil. Walaupun begitu tetap harus dalam pengawasan ya.

Alamat pantai depok pekalongan : untuk lokasi pantai depok pun mudah di temukan yaitu berlokasi di Ds Depok, Kec Siwalan Pekalongan. Nama pantai depok juga tidak hanya ada di peklaongan, di bantul yogyakarta pun mempunyai wisata pantai yang bernama pantai depok.

7. Ngecamp di Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo Pekalongan

Siap disni yang hobi mendaki gunung?? di kabupaten pekalongan juga ternyata anda spot mendaki yang menarik di puncak hanoman gunung kendalisono.

wisata gunung pekalongan
puncak hanoman. image by @vuach0301

Gunung ini mempunyai ketinggian 1697 mdpl, ketinggian tersebut cocok bagi anda pemula yang ingin naik gunung. Tapi bukan begitu bagi anda yang sudah pro tidak di rekomendasikan ke gunung ini loh ya, bagi anda yang sudah pro dalam mendaki gunung juga bisa mendaki gunung ini untuk sekedar menikmati keindahan alam yang di suguhkan di puncak hanoman ini.

Lamat Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo : lokasi puncak hanoman gunung kendalisodo berada di Kec Petungkriyo pekalangan. Eh iya bagi anda para pencinta alam jika mandaki puncak hanoman jangan lupa sampahnya di bawa turun ya, sayang kan keindahan alam pegunungan yang mempesona malah banyak sampah peninggalan dari yang mengaku pecinta alam hehe.

simak juga : Ini 11 Tempat Wisata di Demak Paling Menarik di Kunjungi

8. Wisata Alam Linggo Asri Pekalongan

Tempat wisata pekalongan selanjtnya adalah linggo sari yang menyuguhkan berbagai wahana wisata yang sangat menarik. Diantaranya adalah Kebun binatang mini, kolam renang, bumi perkemahan, outbound hingga fliying fox yang menantang.

Tempatnya yang sangat strategis membuat wisata alam ini sering di kunjungi wisatawan dari luar kota karena letaknya berada tepat di jalur lintas provinsi. Wisata ini cocok sebagai tempat wisata keluarga di pekalongan.

9. Argowisata Kebun Teh Pagaliran

Ternyata pekalongan juga mempunyai argowisata kebun teh yang sayang jika anda lewatkan ketika liburan ke pekalongan. Jika anda menginkan destinasi wisata yang mempunyai hawa sejuk nan asri mungkin argowisata kebun teh pagaliran ini cocok bagi anda.

Tempat wisata alam di batang
Kebun Teh Pagilaran Batang

Sebenarnya kebun teh ini masuk ke wilayah kabupaten batang, namun dekat dengan pekalongan denan jarak hanya sekitar 40 kilometer. Kebun teh tersebut berlokasi di perbukitan dieng jawa tengah tepatnya di desa pagilaran kecamatan blado, Batang.

Wisata serupa juga terdapat di wonosobo yaitu argowisata kebun teh tambi dan argowisata kebun teh tanjung sari.

10. Desa Wisata Lolong Pekaongan

Desa wisata lolong ini menyuguhkan wisata kuliner durian, mendengar nama durian bagi anda pecinta durian seperti saya pastinya langsung tertarik dong untuk tahu lebih lanjut tentang desa wisata lolong tersebut.

Di desa wisata tersebut menyuguhkan berbagai maca jenis durian dengan kualitas yang unggulan. Bagi anda pencinta durian mungkin desa wisata lolong ini menjadi destinasi wajib yang harus di kunjungi ketika berkunjung ke pekalongan.

Untuk lokasi desa wisata loong sendiri berada di Desa lolong, Kec karanganyar, Pekalongan. Selain menyuguhkan wisata durian yang sungguh menggoda, desa wisata ini juga mneyediakan wisata adventure seperti halnya river stubing yang di lakukan di sungai sengkarang.

11. International Batik Center

Selain berkunjung ke museum batik yang sangat menarik, di peklaongan juga anda bisa mengunjungi pusat batik internasional yang tak kalah menariknya.

tempat ini merupakan pusat penjualan batik di kota pekalongan dan tentunya berbagai macam batik semunaya ada di sini, karena pekalongan merupakan sebagai ikon batik di indonesia.

Alamat International Batik Center : utuk lokasi international batik center snediri berada di Jl Ahmad Yani No 573 Wiradesa, Peklaongan. Kawasan tersebut berdiri di tanah seluas 4 hektar.

12. Wisata Alam Menarik di Gunung Regojembangan

Bagi anda pendaki gunung, jika berkunjung ke pekalongan tidak hanya gunung kedalisodo yang bisa anda daki. Ternyata juga di pekalongan ada gunung regojembangan yang tak kalah menariknya dan menantang untuk di daki selain gunung kedalisodo.

tempat wisata di pekalongan
gunung rogojembangan. image by @brono_ageng

Gunung ini berlokasi di perbatasan antara kabupaten banjarnegara dan juga kabupaten pekalongan. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.117 mdpl.

13. Watu Ireng, Wisata Misteri di Pekalongan

Nah bagi anda yang suka dan sering penasaran dengan hla-hal mistis, mungkin salah satu wisata pekalongan ini bisa anda kunjungi. Yaitu wisata misteri watu ireng yang berlokasi di Ds lambur, Kec Kendang Serang, Pekalongan. jarak dari dari kota pekalongan pun cekap dekat, yaitu hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota pkelaongan.

objek wisata pekalongan
watu ireng pekalongan. image by @vionita_indriany

Watu Ireng sendiri mempunyai arti batu hitam dalam bahasa indonesia. batu hitam yang berada di lokasi tersebut di perkirakanan memiliki rongga dan tidak ada satu orang pun tahu asal mula dari batu tersebut. Walaupun tergolong wisata mistis namun sebenarnya wisata tersebut tidak menakutkan kok.

14. Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan

Tempat wisata di pekalongan selanjutnya adalah wisata pantai wonokerto yang mempunyai pemandangan sunset yang luar biasa.

objek wisata pantai di pekalongan
pantai wonokerto, image by @yulyan_parwati

pantai ini berlokasi di Ds Wonokerto, kec wonokerto pekalongan. untuk mencapai pantai tersebut di perlukan waktu sekitar 20 menit dari jalan pantura menggunakan kendaraan bermotor.

15. Bukit Pawuluhan Yang Mempesoan

tempat wisata alam di pekalongan

bukit puwuluhan pekalongan. image via tempatwisataseru.com

Onjek wisata alam di pekalongan yang satu ini memang menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang mempesona. Untuk menuju punck bukit ini kiranya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

ketika sampai di atas anda akan di suguhkan dengan pemandangan yang sangat menarik untuk di jadikan spot foto yang sangat indah. Lumayan bisa buat nambah koleksi fot traveling yang menarik untuk sekedar di share di akun instagaram anda.

Untuk lokasi bukit pawuluhan ini berada di Ds gembong, Kec kandangserang, Pekalongan.

16. Wisata Menarik di Mangrove Park

seperti halnya jepara yang mempunyai wisata andalan hutan mangrove, di pekalongan juga mempunyai wisata mangrove park yang tak kalah indahnya. Tempat wisata ini dahulu merupakan tambak udang yang di kelola oleh dinas pertanian kota / kabupaten pekalongan yang kemudian di tanami pohon bakau dengan tujuan untuk mencegah abrasi air di kawasan tersebut.

wisata di pekalongan
mangrove park. image by @rudiyanto.sr

Namun seiring dengan berjalanya waktu, kawasan ini di kembangkan menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk di jelajahi.

Alamat mangrove park pekalongan : Untuk lokasinya sendiri berada di kel kandang panjang, Kec Pekalongan Utara, Kab Pekalongan.

17. Wisata Belanja di Pusat Grosir Setono Pekalongan

tempat liburan di pekalongan selanjutnya adalah wisata belanja di pusat grosir setono yang berlokasi di pinggir jalan pantura pekalongan.

wisata belanja di pekalongan ini menawarkan berabagai macam batik khas pekalongan dengan harga terjangkau. bagi anda yang sedang mencari oleh-oleh atau buah tangan di pekalongan mungkin bisa datang ke pusat grosir sentono ini karena terkenal mempunyai harga yang murah.

18. Wisata Menarik di Curug Bidadari Jolotigi

obyek wisata alam di pekalongan satu ini sekarag lagi ngetrend di kalangan muda mudi, karena banyak yang ngeshare foto di akun instagram mereka dan membuat folower meraka tertarik juga untuk mengunjungi wisata eksotik ini.

Orang sering menyebut curug bidadari dengan sebutan curug batu dinding kolam lima, dikarenakan di sekitaran air terjun tersebut terdapat lima aliran air yang hampir menyerupai dengan kolam renang.

Alamat Curug bidadari pekalongan : untuk lokasi curug bidadari tersebut berada Ds Purbo jolotigo, Kec talun, Peklaongan.

jangan lewatkan : Ini Tempat Wisata di Purworejo Paling Menarik #Terbaru

19. Sego Megono, Wisata Kuliner Pekalongan yang Lezat

Nah setelah membahas berbagai macam tempat wisata pekalongan yang sangat menarik untuk di kunjungi, mungkin alangkah bainya jika di tutup dengan menyantap sego megono yang meruapakan kuliner khas pekalongan.

Sego megono merupakan makanan khas pekalongan yang terbuat dari bahan nangka muda yang di cincang hiingga halus dan di campur dengan parutan kelapa. Akan lebih sempurna lagi jika di nikmati bersama nasi.

Jika anda liburan di pekalongan sayang sekali jika tidak mencoba kuliner yang lezat ini.

20. Tauto, Wisata Kuliner Pekalongan yang Unik

Wisata di Pekalongan yang terakhir adalah makanan khas pekalongan yang bernama Tauto. Bagi anda yang buka warga asli pekalongan pastinya bingung ya, apa sih sebenarnya tauto itu??

tauto, masakan khas pekalongan. Image by @phidelia
tauto, masakan khas pekalongan. Image by @phidelia

Ya, tauto merupakan makanan khas pekalongan yang sejenis dengan soto yang di perkaya dengan rasa tauco, tauco sendiri merupakan semacam bumbu-bumbuan yang berbahan dasar kedelai sehingga menciptakan cita rasa yang unik dan memanjakan lidah. Tauto ini juga biasanya di lengkapai dengan suwiran / irisan daging dan juga jeroan dengan kuah hangat bercampur nasi seperti halnya soto.

Untuk menemukan kuliner khas pekalongan cukup mudah kok, di pinggir jalan banyak yang menjajakan makan kahs pekalongan.

Sekedar Tambahan dari kami, sebaiknya anda menggunakan google mpas untuk memudahakan perjalanan anda ke lokasi wisata tertentu dan juga peta wisata pekolangan. Maps wisata pekalongan bisa di aksese melalui maps di bawah ini.

Gimana pendapat anda setelah membaca review tentang tempat wisata di pekalongan jawa tengah ini. Ternyata Pekalongan mempunyai potensi wisata yang sangat menarik kan. owh iya beritahu taman anda tentang wisata di pekalongan ini dengan cara membagikan di akun sosial media anda masig-masing.