Inilah Tempat Wisata di Kebumen Yang Wajib Dikunjungi – Kebumen merupakan kabupaten yang berada di deretan pantai selatan pulau jawa ini ternya mempunyai pesona alam yang tak kalah indahnya dengan daerah tujuan wisata seperti Jogja dan wonosobo.

Terdapat banyak tempat wisata di kebumen yang pantas menjadi list wisata selanjutnya bagi anda. Tempat wisata di kebumen di dominasi dengan wisata alam seperti goa, pantai, air terjun dan pegunungan. selain itu kebumen juga mempunyai wisata sejarah, wisata religi dll. Berikut beberapa daftar tempat wisata di kebumen yang wajib anda kunjungi.

Goa Jatijajar

goa jatijajar kebumen

Tempat wisata pertama yaitu Goa jatijajar yang termasuk kedalam tempat wisata alam di kebumen. Goa jatijajar merupakan sebuah goa yang dibentuk selama ribuan tahun oleh proses alam yang menakjubkan yang menjadikan tempat petualangan yang fantastis yang berada di perut bumi. Goa ini terletak di 21 kilometer arah selatan gombong dan berada di 42 KM dari kebumen kota. seperti halnya tempat wisata di indonesia lainya, goa jatijajar juga mempunyai cerita yang melegenda, dahulunya goa ini ternyata sebagai tempat bertapa Raden Kamandaka yang kemudian sampai sekarang menjdai kisah cerita lutung kasarung. Bisa dilihat dari bentuk bebatuan yang berada di dalam goa tersebut yang identik dengan bentuk kera. masuk kedalam goa ini serasa masuk kedalam dinosaurus yang besar mengingat pintu masuk yang bentuknya seperti mulut dinosurus dan anda akan terpesona melihat eksotiknya pemandangan di dalam gua tersebut. Disekitaran gua juga terdapa taman yang desrbut dengan taman kera karena terdapat banyak patung kera di taman tersebut.

Goa Petruk

goa-petruk-kebumen

Setelah anda berkunjung ke goa jatijajar alangkah baiknya meneruskan perjalanan menuju ke goa petruk. Goa ini teletak di sebelah selatan dan berjarak 7 KM dari goa jatijajar. Dinamakan Goa Petruk Karena diambil nama pengikut pandawa yang diambil dari cerita legenda mahabarata. Goa ini menyuguhkan pemandangan goa yang eksotic dengan tetesan air kapur dari ujung batu yang menempel di dinding goa dan terus mengeluarkan suara yang terdengar nyaring. Di dalam Goa Petruk juga terdapat stalaktit yang bentuknya menggambarkan kehidupan manusia. Banyak batu d gua ini yang berbentuk wewayangan seperti tokoh semar. Bagi anda yang suka dengan tempat wisata yang menantang, tempat ini sangat cocok di jadikan list tempat wisata di kebumen selanjutnya.

Baca juga : Tempat wisata di semarang yang paling sering dikunjungi

Pantai Ayah

pantai-ayah-kebumen

 

Obyek wisata di kebumen selanjutnya yaitu Pantai ayah. Setelah puas berkunjung ke goa petruk dan goa jatijajar anda bisa melanjutkan ke pantai ayah yang berlokasi di selatan kota kebumen karena jarak yang dekat dengan goa jatijajar hanya sekiatar 7 KM. Di pantai yang dikelilingi bukat yang indah ini anda juga dapat menyewa prahu mengelilingi pesisir pantai sambil menikmati indahnya pegunungan di sekeliling pantai. Selain itu anda juga dapat melihat sunset yang menakjubkan di sore hari karena pantai ini yang menghadap ke barat. Bagi anda yang suka dengan sea food, di tempat ini terdapat pelelangan ikan dan dapat lansgung di masak di tempat.

Pantai Karang Bolong

pantai-karang-bolong-kebumen

Tunggu, sedang memuat. . .

Wisata pantai selanjutnya di kebumen yaitu pantai karang Bolong. Pantai ini identik dengan pemndangan bukit yang indah. Disebut Karang Bolong karena di pantai ini terdapat banyak karang yang bolong atau berlubang. di dalam karang yang berlubang tersebut banyak dihuni burung walet yang bisa di manfaatkan sarangnya untuk warga sekitar. Dengan begitu pantai ini sungguh menawan karena terdapat perpaduan bukit dan karang bolong yang menjadikan tempat ini sangat indah.

Pantai Suwuk Kebumen

pantai-suwuk-kebumen

wisata pantai kebumen selanjutnya yaitu Pantai Suwuk Kebumen. Pantai ini terletak di tambakmulyo kecamatan Puring. Untuk menuju ke tempat ini pun banyak jalan alternatif yang bisa anda tempuh. pantai ini berjarak sekitar 22 KM dari Gombong dan dapat di tempuh dengan waktu sekitar 45 menit dari arah gombong. sedangkan dari arah kebumen, pantai ini berjarak sekitar 50 KM dari kota kebumen dan dapat di tempuh dengan waktu lebih dari satu jam.  Panti suwuk memiliki fasilitas pendukung seperti water boom dan mini kebun binatang.

Pantai Petanahan

pantai-petanahan-kebumen

 

Tidak kalah dengan deretan pantai gugung kidul yang berada di yogyakarta, kebumen juga mempunyai banyak deretan pantai yang eksotic seperti pantai-pantai yang sudah penulis jabarkan di bagian sebelumnya. Nah pantai selanjutnya yang akan penulis bahas adala pantai petanahan. Pantai ini terletak di Desa Karanggadung yang berjarak sekitar 17 KM kearah selatan dari kota kebumen. Pantai ini mempunyai ciri khas ombak yang besar yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. di sekeliling pantai juga terdapat hutan cemara yang rindang. selain itu pantai ini juga ternyata sebagai tempat bertelurnya peyu hijau.

Pantai Pasir Kebumen

pantai-pasir-kebumen

tempat wisata di kebumen selanjutnya yaitu pantai pasir yang berlokasi di desa pasir dan berjarak 24 km sebelah selatan gombong. seperti halnya tempat wisata alam di indonesia lainya, pantai ini juga ternyata menyimpan cerita misteri. Diketahui pantai merupakan pintu gerbang Istana Nyi Roro Kidul yang mepunyai cerita melegenda. Di pantai ini terdapat  terdapat batu yang berbentuk beruang yang sedang minum dan konon cerita batu menjdai tempat pintu gerbang nyi roro kidul. Disamping mempunyai pemandang alam yang memukau, pantai ini juga terdapat pelelangan ikan bagi anda yang ingin berburu ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Baca Juga : tempat wisata bandung dan sekitarnya yang paling sering di kunjungi

Arum Jeram Padegolan

arum-jeram-padegolan

setelah puas menikmati indahnya pemandangan pantai alam kebumen, Obyek wisata di kebumen selanjutnya yaitu wisata arung jeram padegolan. Arung jeram ini mengarungi setengah dari panjang sungai padegolan yang merupakan sungai limpahan air dari waduk wadaslintang yang terletak di perbatasan kebumen dan wonosobo. Jika anda ingin menikmati wisata yang penuh dengan tantangan, wisata arum jeram ini patut anda coba. anda akan ajak untuk menyusuri sungai dengan air sungai yang cukup deras. selain itu, di desekeliling sepanjang sungai ini menyuguhkan pemandangan pepohan yang indah. Titik start jika anda ingin mencoba wisata ini yaitu dari waduk wadaslintang tepatnya di desa sendangdalem dan finish di di bendung pejengkolan yang merupakan kawasan wisata jembangan.

Benteng Van Der Wijk

Benteng-Van-Der-Wijck

Kebumen tak hanya mempunyai wisata alam yang mempesona. Kebumen juga ternyata mempunyai wisata sejarah yang patut di kunjungi. Yaitu Benteng Van Der Wijk, terletak di Kota Gombong Kabupaten Kebumen. Benteng ini di bangun pada abad ke 18 oleh pemerintahan belanda untuk tempat pertahanan. Nama benteng ini kemungkinan di ambil dari komandan pemerintahan belanda pada saat itu. Tempat ini sangat mudah di jangkau menggukan kendaraan pribadi dan tarnsportasi umum. letaknya sekitar 21 km dari kota kebumen. Benteng ini terdiri dari dua bagian yaitu benteng bawang yang mempunyai luas 3606,625 m² dan benteng atas yang mempunyai luas 3606,625 m² . Sedangkan untuk tinggi benteng ini sekitar 9,67m ditambah dengan adanya cerobong asap yang tingginya 3,33 m.

Dafatar lengkap tempat wisata di kebumen

  • Wisata Goa Kebumen

Goa Jatijajar
Goa Petruk

  • wisata pantai kebumen

Pantai Karangbolong
Pantai Suwuk
Pantai Petanahan
Pantai Pasir
Pantai Menganti
Pantai Karangbata
Pantai Pecaron
Pantai Karang Agung
Pantai Lembupurwo

  • Wisata Air Kebumen

Arung Jeram Pedegolan
Pemandian Air Panas Krakal
Kolam Renang Gading Splash Water (GSW)
Wisata Air Jembangan

  • Wisata Waduk Kebumen

Waduk Serbaguna Sempor
Waduk Wadas Lintang

  • Wisata Benteng Kebumen

Benteng Van Der Wijk

  • Wisata Religi Kebumen

Makam Syeikh Anom Sida Karsa
Makam Syeikh Abdul Awal
Makam Syekh Abdul Kahfi Lemah Lanang Kebumen
Makam R.A. Tan Peng Nio Kalapaking Kebumen
Makam Tumenggung Kalapaking Kalijirek Kebumen

  • Wisata Air Terjun Kebumen

Air Terjun Sudimoro
Terjun Silancur
Air Terjun Sawangan

Baca Juga :

Daftar Rekomendasi Hotel Terbaik di Kebumen

Daftar Penginapan dan Hotel di Kebumen

Tempat Wisata Sekitar Kebumen :

Itulah Wisata daftar 26 wisata kebumen yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun kerabat dekat di saat liburan. Jangan lupa bagikan artikel wisata ini ya ,.,.