Tempat Wisata di Ciwidey – Bandung merupakan salah satu Kota di Indonesia yang memiliki begitu banyak wisata-wisata terkenal dan menarik. Mulai dari wisata perbelanjaan, kuliner, bahkan sampai pesona Alamnya yang begitu mempesona.

Kali ini kami tidak akan membahas mengenai wisata belnaja dan kuliner di bandung. melainkan membahas wisata Alam yang terdapat di kawasan Bandung Selatan. nama kawasannya adalah Wisata Ciwidey.

Ciwidey merupakan sebuah kecamatan yang berada di daerah Bandung Selatan. jika dilihat dari namanya terkesan lucu dan nyentrik. Nama Ciwidey sendiri menurut penduduk disana berasal dari bahasa Portugis Kuno. Dimana ari kata ciwi adalah kiwi dan dey adalah hari.

Tetapi ada juga yang menyebut Cividey berasal dari bahasa Yunani kuno. Dimana Ciwow yang berarti sapi dan Dos artinya lima. Menurut kepercayaan, Ciwidey dulunya adalah tempat lahirnya sapi berkepala lima.

Baik sekarang kita balik ke pembahasan mengenai wisata Alam di Ciwidey. Bagi kalian yang mengunjungi bandung, jangan lupa untuk menikmatai wisata alamnya. khususnya wisata alam di Ciwidey.

Nah, berikut ini akan kami ulasan mengenai 15 tempat wisata Menarik di Ciwidey yang memiliki pesona keindahan yang eksotis dan istimewa.

Tempat Wisata di Ciwidey

1. Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah wisata danau di Bandung selatan yang sangat terkenal akan keindahnnya. Situ patenggang terletak di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Daya tarik dari Situ Patenggang selain karena mitosnya adalah keindahan wisata alam danau yang terhampar dengan dikelilingi hutan yang rimbun.

situ patenggang ciwidey
foto dari @adhi_sempratsemproth

Wisata Ciwidey Bandung ini menjadi tempat terfavorit bagi kaum muda. Daya tariknya adalah adanya batu cinta yang berada di Situ Patenggang.

Batu cinta tersebut diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai tempat bertemunya Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Tunggu, sedang memuat. . .

Tidak hanya itu saja, ternyata disana terdapat pula sebuah daratan yang berbentuk hati. Daratan tersebut terkenal dengan nama “Pulau Asmara” atau “Sasaka”. Nah, banyak yang berkeyakinan bahwa jika datang kesana jodohnya akan langgeng.

Kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan disana adalah menmimati perkebunan teh, memancing ikan, wisata Ciwidey perahu dan lain-lain. Fasilitas di Situ Patenggang sudah termasuk memadai. Tersedia restaurant, tempat penginapan, gazebo, Toko souvenir, Masjid, dan area parkir.

Harga tiket masuk ke wisata Situ Patenggang adalah Rp18.000 (wisatawan lokal), Rp.135.000 (turis mancanegara). Sedangkan untuk hari libur Rp.20.500 (wisatawan lokal) dan Rp.135.000 (Turis Mancanegara). Situ Patenggang di Buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

2. Kawah Putih

Selain Situ Patenggang, wisata yang terkenal di Ciwidey adalah Kawah Putih. Kawah Putih ciwidey ini merupakan destinasi yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan.

Wisata di Ciwidey ini berlokasi di Jalan raya Soreng, Sugih Mukti, Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

obyek wisata ciwidey
foto dari @siscasriutami

Wisata Ciwidey Kawah Putih ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Adanya sebuah danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Kawah tersebut dikelilingi pasir putih yang indah dan warna airnya yang kadang berubah-ubah. Hal itu bisa terjadi tergantung kadar belerang yang terdpat di air kawah tersebut.

Tidak hanya itu saja, kawasan yang sejuk, dingin dan segar menjadikan wisatawan yangberkunjung betah disana. Ditambah lagi pemandangannya yang sangat eksotis dan sayang untuk tidak di abadikan.

Objek wisata di Ciwidey anda bisa melakukan kegiatan berfoto-foto dengan background yang begitu indah. Tak heran jika banyak para pasangan pengantin mealukan foto pre wedding di Kawah Putih Ciwidey ini.

Harga tiket masuk ke Kawah putih ini bisa dibilang cukup murah. Untuk wisatawan lokal Rp.18.000 per orang (hari libur atau biasa). Serta untuk turis mancanegara Rp50.00 per orang (Libur atau hari biasa). Kawah putih Ciwidey buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

3. Kawah Rengganis

Kawah rengganis menarkan wisata alam yang khas kabupaten Bandung. Kawah Rengganis terletak di Jalan Rancabali-Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sebenarnya, kawah rengganis ini terkenal dengan nama Buni. Hal itu dikarenakan asal-asul tempat ini berada di Cibuni.

tempat wisata ciwidey
foto dari @gunawanikhsan

Obyek wisata di Ciwidey ini dikalangan wisatawan terkadang menyebut lebih bersahabat di banding dengan Kawah Putih. Di Kawah Rengganis ini memiliki pemdangan sekitar yang kebih asri dan bau belerang yang tidak terlalu menyengat.

Nah, daya tarik lain dari kawah ini adalah airnya yang bisa kita gunakan untuk mandi. Selain segar tentunya sangat berkhasiat bagi kesehatan. Wisata ini sangat cocok untuk anda refresing dan menenangkan pikiran dengan mandi air hangat.

Bagi anda yang suka berfoto-foto , tempat wisata Ciwidey ini sangat cocok bagi anda untuk hunting foto. Di Kawah rengganis ini sudah tersedia fasilitas yang memadai. Diantaranya mushola, pemandian, warung, bahkan terdapat tempat menginap yang disediakan oleh penduduk.

Harga tiket masuk ke Kawah rengganis adalah Rp.5.000 per orang baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Sedangkan Kawah rengganis ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

4. Kebun Teh Rancabali

Ciwidey selain menawarkan wisata danau dan kawah. Ciwidey juga menawarkan wisata pegunungan yang indah dan asri. Wsiata tersebut bernama Perkebunan Teh Rancabali. Nah, untuk lokasinya berada di perlintasan jalan dari kawah putih ke Situ Patenggang.

wisata ciwidey terbaru

Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang hijau dan eksotis serta luas menghampar tanaman teh. Terkadang dihiasi oleh kabut putih yang menambah keindahan. Dan udaranya yang dingin menambah kesejukan bagi anda yang berkunjung kesana.

Kawasan ini tidak kalah dengan Curug Batu Templek yang terdapat di wisata Bandung timur.

Perkebunan Rancabali mengolah 2 jenis komoditi yakni tenaman Teh dan Kina. Pengolahan tersebut di lakukan oleh CTC dan Ortodhoks.

Disana anda juga bisa mengunjungi panrik pengolahan Teh. Selain dapat merasakan kenikmatan teh juga ilmu yang sangat bermanfaat.

Untuk harga tiket masuk ke Perkebunan ranca bali adalah Rp5.000 per orang ditambah Rp.30.000 jika ingin menggunakan pemandu.

[Baca Juga : Tempat Liburan di Jakarta Terbaru Murah Meriah]

5. Kebun Strawberry

Wisata alam yang menarik lainnya di Ciwidey adalah Kebun Strawberry. Kebun Strwberry ini berlokasi di sepanjang jalan Raya Ciwidey.

Daya tarik yang ditawarkan di wisata ini adalah anda dapat memetik sendiri buah strawberry. Anda bisa makan di tempat dan dapat pula di bawa pulang untuk oleh-oleh.

wisata ciwidey bandung
foto dari @micheleo_

Untuk harga tiket masuk di Kebun Strawberry ini tergantung dengan berapa kilo anda memetik buah tersebut. Harga strawberry disana sekitar Rp.35.000-Rp50.000 per kilonya.

6. Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort merupakan wisata yang sangat perlu anda kunjungi bersama keluarga untuk mengahabiskan waktu bersama.

Ciwidey Valley Resort ini terletak di jalan raya Batu Tunggul Km. 17 Alam Endah Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

wisata ciwidey valley
foto dari @adheliasemboja

Daya tarik utama dari tempat wisata di Ciwidey yang baru ini adalah wisata bermain, bersantai dan bermalam dikawasan yang menarik dan nyaman.

Disana terdapat Kolam renang yang sangat memanjakan anda bila datang ke temapat ini. Kolam renang disini menggunakan air panas. Sehingga akan menambah kenyamanan anda dalam berwisata di Ciwidey Valley Resort. Fasilitas kolam renangnya juga terdapat beberapa seluncuran dan wahana permainan lain.

Wisata Ciwidey Valley ini termasuk tempat yang sangat populer bagi para wisatawan. Untuk harga tiket masuk hanya di bandrol Rp.40.000 per orang.

Selain menawarkan kolam renang, tempat wisata Ciwidey Valley juga terdapat Taman Burung yang sangat cocok untuk bermanin anak-anak.

Fasilitas lainnya adalah terdapat cafe yang cocok digunakan untuk bersantai dan nongkrong. Nama cafe yang ada disana adalah Lembah Ciwidey Resto yang menawarkan berbagai menu kuliner. Harga yang ditawarkan wisata Ciwidey terbaru ini pun cukup terjangkau mulai dari Rp.20.000.

Keunikan lainnya, disana terdapat camping yang sekelas dengan hotel. Namanya yakni Glamping (Camping Ground Ciwidey Valley). Harga untuk semalam mulai Rp.1.050.000.

Untuk harga tiket masuk Ciwidey Bandung ini hanya Rp.10.000 per orang. harga tersebut berlakudi hari biasa maupun liburan. Ciwidey Valley Resort buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

7. Green Hill Park

Green Hills Park merupakan destinasi wisata Alam hutan yang sangat alami. Green Hills Park ini berlokasi di jalan Km.41 kawasan wisata Ciwidey – Situ Patenggang. Wisata ini meruapakan bagian dari kwasan hutan Cimanggu. Luas wisayah ini adalah 21.32 hektar.

wisata di ciwidey
foto dari @gie_elian14

Daya tarik utama wisata ini adalah udaranya yang bersih, pemandangan hutan hujan pegununungan serta berbgai jenis flora dan fauna. Tersedia pula sumber air panas dan dingin dari Gunung Patuha serta ropografinya yang bergelombang.

Disana dilengkapi pula dengan begitu banyak penginapan yang siap untuk dijadikan tempat beristirahat para pengunjung. Terdapat dua jenis penginapan yaitu Bungalo dan Saung.

Untuk bungalo gharga sewanya mulai dari Rp1.750.000-Rp2.000.000 per malam. Sedangkan saung mulai dari Rp1800.000-Rp.4.000.000 per malam.

Selain itu disana juga terdapat camping ground bagi yang ingin berkemah di Green Hills Park. Untuk masuk ke kawasan Green Hills Park ini adalah Gratis tanpa biaya. Green Hills park ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

8. Barusen Hills Ciwidey

Wisata lainnya yang menawarkan sensasi keindahan yang eksitis adalah Barusen Hills Ciwidey. Objek wisata ini sesuai dengan namanya terletak di Kampung Barusen, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

objek wisata di ciwidey
foto dari @@emmaltfh_

Daya tarik yang ditawarkan dalam wisata ini adalah pemandangan alaam pegunungan yang indah dan hijau dilengkapi udara yang menyejukkan. Objek wisata ini menjadi favorit untuk hunting foto.

Pemandangan yang indah menjadi alasan utama untuk mngabadikan foto disana. Ditambah lagi terdapat Taman yang dilengkapi dengan berbagai jenis bunga. Taman tersebut bernama Barusen Garden.

Lokasi yang menjadi favorit para pengunjung adalah taman bunga yang berbentuk “love”. Spot tersebut [paling banyak di cari para wisatawan untuk diabadiakan foto bersama.

Barusen Hills menawarkan beberapa fasilitas lainnya. diantaranya tersedia wisata petualangan, tempat bermain anak, kolam renang serta Villa Barusen Hills.

Untuk tiket masuk ke Barusen Hills di bandrol dengan harga Rp.15.000 per orang. Sedangkan untuk harga tiket masuk kolam renang Barusen Hills Rp.10.000 per orang. Untuk anda yang ingin menginap di Villa Barusen Hills dapat disewa dengan harga cukup murah yakni Rp.500.000 per malam.

9. Pemandian Air Panas Ciwalini (Rancawalini)

Pesona wisata Ciwidey tidak hanya keindahan alam pegunungannya. Ada pula wisata yang akan memanjakan liburan anda yakni tempat wisata pemandian air panas Ciwidey.

Pemandaian air panas ini sering disebut dengan Rancawalini. Rancawalini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Tenjolaya, Ciwidey, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

obyek wisata di ciwidey

Daya tarik dari wisata ini adalah kolam renang air panas dengan dikelilingi pemadangan pegunungan disekitarnya. Kolam pemandian disana di bagi menajdi dua. Terdapat kolam pemandian umum. Terdapat pula pemandian khusus bagi anda yang ingin merasakan suasana yang lebih tenang. Disana anda akan menikmati kehangatan di tempat yang memiliki iklim yang dingin.

Rancawalini akan lebih menajakan para pengunjung dengan fasilitasnya yang memadai. Pengelola disana sudah menyediakan berbagai pilihan fasilitas seperti Flying Fox, ATV, penyewaan sepeda dan lainnya.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Rancawalini, harga tiket masuknya Rp.15.000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkir Rp.15.000 (Bus) dan Rp.3.500 (Mobil).

[Baca Juga : Tempat Wisata di Ungaran Terbaru Yang Wajib di Kunjungi]

10. Taman Wisata Alam Cimanggu

Taman wisata Cimanggu merupakan primadona wisata pemandian air panas di Ciwidey Bandung. Taman wisata Cimanggu ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, Km.13 Petengan, Rancabali, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Daya tarik yang tawarkan tempat liburan di Ciwidey yang satu ini adalah kolam pemandian air panas. Dimana sudah diyakini khasiatnya jika mandi di kolam tersebut.

Selain itu, daya tarik utama dari wisata Taman Cimanggu ini adalah kawasan hutan lindung yang sangat luas. Luas hutan lindung 145 hektar dan berada di ketinggian 1225-1350 mdpl. Disana di lengkapi dengan kekayan alam flora dan fauna serta fasilitas lainnya.

tempat wisata ciwidey
foto dari @@rieskady

Di kawasan taman wisata Cimanggu ditumbuhi pohon besar yang langka. Diantaranya Pohon Baros, Rasamala, dan Pinus. Di dalamnya pun hidup berbagai hewan seperti kacil, macan kumbang, rusa dan berbagai jenis burung.

Taman wisata Cimanggu akan menajakan anda dengan fasilitas lainnya yang lengkap. Disana terdapat fasilitas permainan seperti Playing Ground, Kayak, Flyong fox, High Rope, ATV serta penyewaan kuda.

Jika anda ingin menginap di Taman Wisata Cimanggu, disana pun tersedia penginapan. Penginapan yang termasuk murah ini bernama Cimanggu Cottage Ciwidey. Untuk harga sewa nya Rp.400.000 per malam.

Harga tiket masuk pemadian air panas adalah Rp.16.000 (hari biasa) dan Rp.23.500 (Libur). Sementara untuk wisatawan mancanegara Rp.100.000, baik hari libur atau tidak. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

11. Rancaupas

Wisata alam selanjutnya yang tidak kalah asri dan indah untuk di kunjungi adalah Rancaupas. Rancaupas sediri sudah sangat familiar bagi para pecinta Alam. Wisata ini sekarang lebih populer dengan nama Ranca Upas Smart Camp Adventure.

tempat wisata di ciwidey yang baru
foto dari @farhan_futuhillah

Rancaupas berlokasi di jalan raya Ciwidey-Patenggang, Km.11 Alam Endah, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Rancaupas memiliki luas sekitar 215 hekta, berada di ketinggian 1700 dengan suhu17-10 derjat celcius.

Rancaupas menjadi salah satu lokasi favorit untuk camping di kawasan wisata Ciwidey. Bahkan sring dijadikan sebagai tempat jambore mulai dari anak sekolahan mahasiswa, sampai masyarakat umum.

Rancaupas dapat menampung pengunjung sampai 10.000 ribu orang.

Kawasan tempat rekreasi di Ciwidey ini juga menjadi lokasi konservasi satwa jenis langka seperti rusa. Daya tarik lainnya yaitu terdapat kolam renang air panas yang bernama kampung cai.

Selain fasilitas diatas, rancaupas juga memiliki berbagai arena fun game. Diantaranya High rope, Flying Fox, dan masih banyak lagi. Fasilitas yang lain yakni pusat pekayanan informasi, mushola, warung makan, serta penyewaan peralatan camping.

Harga tiket masuk untuk mengunjungi Rancaupas ini adalah Rp.10.000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkir Rp2.000 (motor), Rp.5.000 (mobil) dan Rp.20.000 (bus). Objek Wisata Rancaupas buka 24 jam setiap hari.

12. Kampung Cai Ciwidey

Tempat yang satu ini merupakan bagian dari wisata Alam Rancaupas. Kawasan ini menawarkan keindahan alam yang hijau dengan perbukitan serta udara yang sejuk.

Kampung cai terletak di Jalan raya Ciwidey-Patenggang, Km.11 Alam Endah, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

harga tiket masuk ciwidey bandung
foto dari @bangalul

Daya tarik utama seperti yang telah kami sebutkan sebelumnnya yakni kolam renang air panas. Kolam air panas di Kampung Cai ini dijamin akan menambah kenyamanan anda ketika berkunjung kesana.

Adapun fasilitas yang melengkapi kolam air panas Kampung Cai yakni tersedia seluncuran, ember tumpah, dan lainnya. Harga tiket masuk Kampung Cai adalah Rp.10.000 per orang untuk hari libur maupun biasa. Sedangkan tarif parkir kendaraan Rp.2000 untuk motor dan mobil Rp.5000.

13. Taman Kelinci Ciwidey

Nah, untuk objek wisata di bandung yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak. Wisata dengan sensai yang unik dan lucu ini bernama Taman Kelinci.

Taman Kelinci berlokasi di jalan Raya Ciwidey–Rancabali Km.33.7, Cikembang, Panundaan, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

tempat liburan di ciwidey
foto dari @mimilai_nuskin

Daya tarik dari wisata ini adalah adanya edukasi terhadap anak-anak untuk beriteraksi dengan binatang yang lucu dan jinak tersebut.

Disana anda akan melihat lebih dari 100 jenis kelinci dengan suasana tempat yang mirip dengan habitatnya. Dari 100 jenis kelinci yang ada disana. 50 jenis kelinci lokal dan sisanya impor seperti Lion Head, Dutch, Rex, New Zealand, dan lain-lain.

Disana anda akan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti memberi makan kelinci. Dapat juga berwisata kuliner serta bisa juga memebeli kelinci untruk dibawa pulang. Fasilitas yang lain adalah lapangan hijau terbuka, pasar kelinci, toko souvenir, restoran, toilter, mushola dan area parkir.

Harga tiket masuk ke kawasan Taman kelinci ini adalah Rp15.000 per orang termasuk bonus 2 wortel untuk si Kelinci. Nah, Taman Kelinci ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

[Baca Juga :Indahnya Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta]

14. Bukit Jamur Ciwidey

Objek wisata yang satu ini memiliki daya tarik yang sangat unik dan istimewa yakni Bukit Jamur. Bukit Jamur berlokasi di Desa Rancabolang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Daya tarik dari wisata ini sudah terlihat dari namanya yakni bukit jamur. Yang dimaksud wisata ini bukan bukit yang terdapat banyak jamur. Melainkan di atas bukit terdapat pohon cemara kecil yang bentuk menyerupai jamur. Kawasan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk hunting foto.

tempat rekreasi di ciwidey
foto dari @bambam_achmad

Untuk harga tiket masuk di kawasan ini adalah gratis tanpa biaya apapun. Hal itu dikarenakan memang lokasinya adalah kawasan singgahan dan belum diremikan sebagai tempat wisata.

15. Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Objek wisata yang terakhir ini merupakan tempat yang terkenal sebagai praktisi pengobatan alternatif dengan tanaman herbal yakni KTO sari Alam. KTO Sari alam berlokasi di jalan Raya Ciwidey, Cukaganteng, Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

tempat wisata di ciwidey terbaru
image via : bagindaery.blogspot.com

Sejarah berdirinya tempat ini berdasarkan dari pengalaman pemilik wisata ini. Pemiliknya adalah Ibu Qodariah yang pernah terserang penyakit kanker serviks. Dimana pada waktu itu dapat disembuhkan dengan tanaman bawang dayak.

Dari pengalamannya tersebut terifikirkanlah untuk mendirikan Kebun tanaman Obat ini. Daya tarik utama wisata ini adalah banyak para pengunjung untuk belajar mengenai fungsi, khasiat dan teknik pembuatan tanaman herbal.

Selain itu, jika ada yang memiliki penyakit kanker bisa mengunjungi ke tempat ini untuk berobat. Banyak juga selebritis yangb sering melakukan terapi herbal disana.

Fasilitas yang tersedia di KTO Sari Alam ini adalah Kebun Tanaman Obat, pusat penelitian, herbarium serta villa penginapan.

Untuk harga tiket KTO Sari Alam ini adalah gratis tanpa biaya. Sedagkan untuk sewa penginapan Rp.500.000 per malam.

Daftar Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Ciwidey

NO OBJEK WISATA HARGA TIKET MASUK
1. Situ Patenggang Hari biasa:

  • Rp18.000 (lokal)
  • Rp135.000 (turis)
  • Hari Libur:
  • Rp.20.500 (lokal)
  • Rp135.000 (turis)
2. Kawah Putih
  • Rp.18.000 (Lokal)
  • Rp.50.000 (turis)
3. Kawah Renggarus Rp.5.000 per orang
4. Kebun Teh Rancabali Rp.5.000 + pemandu Rp30.000
5. Kebun Strawberry Tergantung buah yang dipetik, Rp35.000-Rp50.000 per kilo
6. Ciwidey Valley Resort Rp40.000 per orang
7. Green Hill Park Gratis
8. Barusen Hills Rp15.000 per orang
9. Pemandian Air Panas Ciwalini (Rancawalini) Rp15.000 per orang
10. Taman Wisata Alam Cimanggu
  • Rp16.000 (hari biasa)
  • Rp.23.500 (hari libur)
  • Rp.100.000 (turis)
11. Rancaupas Rp10.000 per orang
12. Kampung Cai Rp10.000 per orang
13. Taman Kelinci Rp15.000 per orang
14. Bukit Jamur Gratis
15. Kebun Tanaman Obat Sari Alam Gratis

NB : *Harga tiket di atas bisa berubah sewaktu waktu

Peta Wisata Ciwidey Bandung

Wisata Menarik Lainya:

  1. Tempat Menarik di Bandung Terbaru 2017
  2. Tempat Wisata Alam di Bandung Terbaru dan Terbaik

Itulah 15 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung terbaru 2017 yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi anda untuk berlibur ke Ciwidey Bandung. Selamat berlibur dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan berbahagia.

  • Abigail Rental

    Makasih Infonya Kak . Recomended sekali .