Tempat makan di semarang – Salah satu kota yang jadi tujuan wisata adalah kota Semarang. Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini memang menawarkan beragam wisata alam, budaya, dan sejarah. Berkunjung ke Semarang, tak lengkap bila tidak mencicipi kuliner di sana.

Tempat Makan di Semarang

Untuk itu, kami akan mengulas tempat makan di Semarang yang bisa jadi tujuan wisata kuliner anda.

1. Simpang Lima

tempat makan murah di Semarang
foto dari @adhi21arkan

Geliat keramaian di Simpang Lima ini memang baru terasa pada pukul 17.00 WIB. Alun-alun yang bernama Lapangan Pancasila ini memang terasa sangat hidup ketika malam. Banyak pengunjung yang mengunjungi alun-alun untuk berkeliling menggunakan sepeda atau sekadar makan bersama keluarga.

Alun-alun Simpang Lima terkenal menjadi tempat bagi pecinta kuliner di Indonesia. Tempat ini menjadi salah satu tempat makan murah di Semarang. Sama seperti alun-alun pada umumnya, di sini banyak penjual makanan-makanan baik makanan khas Semarang atau nusantara.

2. Retro Cafe

Tempat makan di Semarang murah
foto dari @retrocafesemarang

Berada di Kawasan Kota Lama, Semarang, Resto Cafe menyajikan tempat makan yang antik. Cafe ini memanfaatkan gedung tua yang tampil apa adanya. Tanpa polesan cat baru, cafe ini benar-benar membuat kita kembali  ke masa lampau.

Tempat makan di Semarang murah ini hanya diberi harga kurang dari Rp 50.000 untuk setiap menunya. Fasilitas yang disediakan  juga cukup lengkap. Anda bisa menikmati wifi secara gratis. Selain itu, cafe ini juga menyediakan photobooth buat anda yang senang memainkan kamera.

3. Joglo Agung Resto dan Gallery

foto dari @wisatasemarang

Bosan dengan hiruk pikuk kota besar? Anda dapat bergeser sedikit menuju Bandungan, Kabupaten Semarang. Di sini terdapat cafe outdoor Semarang yang sangat nyaman. Joglo Agung Resto and Gallery adalah tempat makan di Semarang yang romantis dan pas untuk melepaskan segala penat.

Resto ini berkonsep tradisional namun terkesan sangat mewah. Perpaduan antara tempat makan, galeri benda-benda antik, dan keindahan pegunungan membuat pengalaman makan jadi berbeda. Tidak perlu khawatir, harga hidangan di sini juga murah meriah. Di mulai dari Rp 15.000, makanan dan minuman di sini dapat mengobati rasa lapar dan dahaga anda.

Baca Juga: 14 Oleh Oleh Khas Semarang Lengkap

4. Joko Kopi

Tempat makan di Semarang atas
foto dari @velesiamelati

Tempat makan di Semarang atas ini bukan sekadar tempat makan. Berlokasi di Jalan Gedong Songo 9, Ungaran, Joko Kopi menyajikan tempat ngopi yang unik. Tempat ini berada di pinggir sawah. Simple tapi cozy.

Tunggu, sedang memuat. . .

Menu utama yang disediakan di sini tentu saja kopi. Anda bisa memilih kopi tubruk, plunger, atau pour over. Selain itu, anda juga dapat menikmati teh, ice cream, cokelat, cake, dan lain-lain. Harga menu berkisar antara Rp 13.000 hingga Rp 23.5000. cukup murah, kan?

Bagi anda yang menyukai kopi dengan manual brewing, Joko Kopi dapat menjadi pilihan yang tepat. Joko kopi menyediakan tempat buat anda yang ingin menjajal untuk membuat kopi anda sendiri.

5. The Hills Dining Restoran

tempat makan romantis murah di Semarang
foto dari @antonydedy

Mencari tempat makan romantis murah di Semarang? Cobalah ke The Hills Dining Restoran. Restoran yang berada di Bukit Baladewa 24, Bukit Asri, Semarang ini, menyuguhkan suasana yang sangat romantis. Lokasi restoran ini memungkinkan anda menikmati hidangan sambil melihat kota Semarang dari ketinggian.

The Hills memiliki dua area yaitu area indoor dan outdoor. Sama-sama nyaman, namun suasana outdoor dirasa lebih romantis. Apalagi bila makan ditemani lilin di atas meja, suasana akan semakin syahdu.

Makana yang dijual juga beragam. Dari makanan bernuansa western hingga jepang disediakan di sini. Harga yang ditawarkan juga cukup ramah di kantong yaitu berkisar belasan hingga ratusan ribu saja.

6. Eling Bening

tempat makan di Semarang yang romantis
foto dari @eling_bening

Restoran yang satu ini memang berbeda dari restoran yang lainnya. Menyajikan keindahan alam yang memesona, menjadikan tempat makan di Semarang yang romantis ini sangat istimewa. Apalagi pemandangan telaga Rawa Pening yang melegenda. Benar-benar membuat rileks anda yang suntuk dengan aktifitas sehari-hari.

Lokasi restoran ini memang cukup jauh dari Kota Semarang. Lokasi tepatnya berada di Jalan Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Restoran ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga anda.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Semarang Terbaru dan Paling Menarik

7. Han’s Kopi

Tempat makan murah di Semarang
foto dari @flanlit_ndaru_prasetya

Tempat makan murah di Semarang ini memang terkenal di kalangan mahasiswa. Letak kafe ini berada di Jalan Kusuma Wardani Pleburan Semarang. Lokasi kafe yang strategis menjadikan kafe ini selalu ramai pengunjung.

Bagi pecinta bola, di kafe ini tersedia layar lebar untuk menonton pertandingan sepak bola. Bisa dibayangkan betapa ramainya pengunjung apabila sedang ada final matxh yang selalu seru.

Harga makanan dan minuman di Han’s Kopi inijuga sangat terjangkau. Anda hanya perlu merogoh dompet paling banyak RP 20.000 saja untuk dapat menikmati hidangan setiap itemnya.

8. Taman Tabanas

Tempat makan di Semarang atas
foto dari @syukron_mochtar

Taman Tabanas adalah tempat nongkrong kawula muda yang hits. Tempat makan di Semarang atas ini terletak di daerah perbukitan kawasan bukit Gombel. Dari sini, anda dapat menyaksikan keindahan kota Semarang pada malam hari.

Berteman gemerlap bintang, Taman Tabanas dapat menjadi pilihan sebagai tempat makan romantis murah di Semarang. Di sini, terdapat banyak kursi-kursi dan pedagang makanan di sekitar taman. Makanan yang ditawarkan juga beragam dengan harga yang relatif murah.

9. Nestcology Land Of Grastonomy

Cafe di Semarang yang romantis
image via seputarsemarang.com

Jalan Tambora No 5A Semarang kini semakin semarak. Kehadiran Nestcology Cafe memang membuat anak muda di Semarang merasa senang.

Cafe di Semarang yang romantis ini menyuguhkan musik akustik yang bisa dinikmati Pukul 19.00. Dengan tempat yang cozy, menjadikan tempat ini cocok banget buat nongkrong bareng teman, sahabat, atau relasi kerja.

Konsep yang diangkat di kafe ini adalah one stop dining experience membuat kafe ini benar-benar terasa istimewa. Anda akan menemukan pengalaman makan yang asyik dan tak terlupakan. Dengan desain interior cakep, lampu temaraman, dan gemerlap malam Kota Semarang, membuat anda betah berlama-lama di sini.

Nestcology Cafe menghadirkan berbagai makanan dan minuman yang dapat menggugah selera. Anda juga dapat melihat langsung proses pembuatan hidangan di sini karena konsep open kitchen yang diterapkan. Tertarik mampir kemari?

Baca Juga : Candi Gedong Songo Peninggalan Sejarah Indah di Semarang

10. Angkringan ing Teras

Tempat makan di Semarang yang enak
foto dari @angkringaningteras

Tempat makan di Semarang yang enak dan ngangenin adalah Angkringan Ing Teras. Berada di halaman rumah, angkringan ini memang berbeda dari angkringan lainnya. Suasana rumah yang hangat dan nyaman membuat angkringan ini selalu ramai pengunjung baik mahasiswa, keluarga, atau eksekutif muda.

Alamat angkringan ini berada di Jalan Puspopanjolo 28, Bojong Salaman, Semarang. Makanan yang ditawarkan sama seperti angkringan lainnya. Bedanya, gorengan dan jajanan yang tersedia adalah jajanan homemade yang ketika dihidangkan masih terasa hangat.

Harga di angkringan ini cukup mahal dibanding dengan angkringan lainnya. Tapi dengan suasana dan tempat yang nyaman, membuat harga tersebut sebanding dengan apa yang anda dapatkan.

11. Nasi Gandul Pak Memet

tempat makan di Semarang Timur
foto dari @wen_saja

Nasi Gandul Pak Memet adalah salah satu  tempat makan di Semarang Timur yang selalu ramai pengunjung. Kuliner khas Pati ini memang terkenal dengan kelezatannya.

Terletak di Jalan Dr. Cipto, Semarang, warung tenda ini buka mulai sore hari. Warung ini telah buka sejak tahun 1990. Nasi gandul sendiri adalah perpaduan antara bumbu rawon, pindang, dan gulai. Isian dari nasi gandul ini adalah daging atau jeroan sapi.

12. Soto Bangkok

Tempat makan di Semarang murah
foto dari @ireneoct

Soto Bangkok Semarang adalah warung soto yang telah berdiri sejak tahun 1950an. Dinamakan Soto Bangkok karena terletak di Jalan Bangkok No 1. Sekarang jalan tersebut berganti nama menjadi Jalan Bridgen Katamso.

Meskipun nama jalannya berubah, Soto Bangkok tetap ramai pengunjung. Terdiri dari bihun, kuah soto yang gurih, suwiran ayam, dan taburan bawang goreng, rasa soto ini begitu mantap. Tempat makan di Semarang murah ini hanya menjual sotonya seharga Rp 9.000 saja. Sangat murah, kan?

Baca Juga: Brown Canyon, Pesona Grand Canyonnya Semarang

13. Bakoel Es Krim

foto dari @waluyopuji

Bakoel Es Krim adalah tempat nongkrong di Tembalang, Semarang, yang wajib dikunjungi oleh pecinta es krim. Di sini tersedia es krim dengan berbagai rasa, topping, dan kreasi. Menu yang tersedia adalah es krim original, sandwich es krim, pancake eskrim, dan banyak lagi.

Berada di Jalan Banjarsari 8A, Tembalang, kedai es krim ini menjadi pilihan kongkow anak muda di Semarang. Tersedia saung lesehan dengan hiasan lampion yang indah yang akan menemani makan malan anda di sini. Ngobrol sambil menikmati es krim membuat obrolanmu jadi tambah seru.

14 Rumah Makan Kampung Laut

tempat makan di Semarang yang enak
image via diahdidi.com

Berada di tepian Laut Jawa, Kampung Laut Semarang adalah salah satu tempat makan di Semarang yang enak. Dari namanya saja, dapat dipastikan bahwa menu utamanya adalah seafood.

Konsep restoran ini juga sangat unik. Dengan bangunan dominasi kayu beratap ilalang, anda benar-benar merasa seperti berada di kampung nelayan. Di sini, juga terdapat dermaga dan perahu yang dapat menjadi tempat untuk berfoto dengan berbagai gaya.

Restoran ini terletak di Komplek Puri Maerokoco, PRPP Jawa Tengah. Alamat tepatnya adalah Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang. Dengan harga makanan mulai Rp 45.000, restoran ini cocok untuk bersantap bersama keluarga.

15. Toko Oen

Tempat makan di Semarang Timur
foto dari @racheldjuanda

Toko Oen adalah toko yang berdiri sebelum kemerdekaan Indonesia. Tempat makan murah di Semarang ini menyediakan berbagai macam varian es krim seperti coklat, moka, vanilla, dan lain-lain. Selain itu, di sini juga tersedia es krim potong Tutti Frutti yang tak kalah enak.

Masuk ke dalam daftar es krim terenak di Indonesia, harga es krimnya hanya berkisar Rp 17.500 hingga Rp 20.000 saja. Lokasi Toko Oen ini berada di Jalan Pemuda 52, Semarang, Jawa Tengah. Tempat makan di Semarang Timur ini juga sangat mudah dijangkau.

Baca Juga: Umbul Sidomukti Bandungan dan Pondok Kopi Semarang

16. House of Moo

tempat nongkrong di Tembalang
foto dari @jakultembalang

Mahasiswa memang selalu banyak ide kreatifnya. Salah satunya adalah kedai susu ini. House of Moo adalah hasil dari kegigihan salah satu mahasiswa di Undip. Sekarang, angkringan kecil-kecilan itu telah menjelma menjadi kafe sukses yang menjadi tempat nongkrong di Tembalang.

Kedai ini menyediakan susu dengan berbagai varian rasa seperti vanilla, durian, cokelat, dan lain-lain. Selain itu, terdapat makanan ringan yang dapat mendampingi susu. Roti bakar, es krim goreng, pisang wol, dan chicken teriyaki dijual di sana. Harga yang ditawarkan juga murah. Hanya Rp 7.000 hingga Rp 15.000 saja.

Kedai yang beralamat di Jalan Jatimulyo 8 ini memiliki ikon yang unik yaitu sapi blangkon. Buka pukul 12.00 WIB hingga 23.00 WIB, kedai ini juga menjual merchandise ikonnya itu, lo.

17. Restoran Pesta Keboen

tempat makan di Semarang
foto dari @biellashop

Kuliner yang berada di Jalan Veteran 29 Semarang ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Mengusung konsep tempoe doeloe, tempat makan di Semarang ini dapat membuat anda terjebak di ruang nostalgia.

Restoran ini mengusung konsep indoor dan outdoor yang sama-sama unik. Dengan menu makanan, pernak-pernik, dan desain interior yang zaman dahulu banget membuat pengalaman makan anda menjadi lebih menarik.

Menu yang ditawarkan juga beragam dengan kisaran harga Rp 20.000 hingga Rp 85.000 per porsinya. Di sini, selain merasakan suasana temo doeloe, anda juga dapat belajar sejarah tentang Kota Semarang. Restoran Pesta Keboen ini buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

18. Lumpia Gang Lombok

Tempat makan murah di Semarang
foto dari @christwidyautomo

Penasaran dengan kelezatan ikon kuliner Semarang ini? Anda bisa datang ke Lumpia Gang Lombok No 11, Semarang. Warung lumpia ini di klaim sebagai warung lumpia tertua di Semarang. Hingga kini, warung yang selalu laris pembeli ini, telah dikelola oleh generasi ketiga.

Buka sejak Pukul 8 pagi, Warung Lumpia Gang Lombok ini tidak membuka cabang. Rasa lumpia yang ditawarkan memang sangat lezat. Kulitnya lembut dan isinya juga padat. Lumpia ini akan lebih nikmat bila dimakan dengan saus dan daun bawang segar.

Di sini tersedia dua jenis lumpia yaitu lumpia basah dan kering. Anda juga bisa membawa pulang lumpia sebagai buah tangan untuk keluarga.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Jogja Terbaru Paling Menarik

19. Kedai Surti

Tempat nongkrong di Tembalang
foto dari @elia_liana

Kafe yang buka hanya Pukul 15.00 sampai 21.00 ini berada di Jalan Sirojudin 12A, Tembalang. Kafe ini merupakan kafe yang didirikan oleh mahasiswa Undip. Konsep yang mereka ambil adalah konsep jadul yang modern. Unik, ya?

Jadul di sini bukan karena desainnya tapi makanannya. Anda dapat memesan kue-kue “jadul” asli indonesia tapi dibalut dengan rasa modern. Misalnya kue cubit, martabak dengan rasa nutella, milo, ovomaltean, dan greentea.

Tempat nongkrong di Tembalang ini juga menjadi tempat nongkrong yang asyik. Pengelola juga bekerja sama dengan Radio Prambors sehingga kafe ini semakin dikenal di kalangan mahasiswa.

20. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Tempat makan di Semarang yang murah
image via destinasi-indonesia.com

Tempat makan di Semarang yang murah ini adalah rekomendasi dari Pak Bondan Winarno ahli kuliner sekaligus pembawa acara kuliner di TV. Lokasi warung Bu Nasima ini berada di Jalan Menoreh Raya No 10, Semarang.

Welut (belut) adalah menu andalan di warung ini. Belut Bu Nasima ini memang terkenal lezat dan maknyus di mulut. Selain belut, di sini juga menyediakan menu lain yang tak kalah lezatnya.

Harga yang dipatok untuk setiap menu juga tidak bikin kantong bolong. Anda bisa mencicipi satu porsi mangut welut hanya dengan Rp 10.000 . Murah, kan?

21. Lind’s Ice Cream Cafe and Resto

tempat makan di Semarang
foto dari @cindyapriani_

Lind,s Ice Cream Cafe and Resto adalah cafe yang rasa ice creamnya terkenal di seluruh Semarang. Terdapat beberapa cabang di Semarang, namun cafe dengan city view terbaik terbaik Lind’s ini berada di Jalan Papandayan. Berada di lantai tiga, anda dapat melihat gemerlap lampu Kota Semarang dan langit bertabur bintang dari sini.

Es krim home made menjadi menu andalan di sini. Es krim ini begitu lembut dan lumer di mulut. Selain itu, di sini juga terdapat makanan lainnya seperti steak, pasta, pizza, dan lain-lain. Jadi, selain menikmati es krim, anda juga dapat menikmati hidangan lain yang tak kalah enaknya.

Wisata Kuliner Lainya:

Urusan mengisi perut memang tidak dapat ditunda. Selain mengisi perut dan beristirahat, tempat makan di Semarang juga dapat dijadikan tempat yang pas untuk mengabadikan moment. Banyaknya tempat makan yang unik dan cozy menjadikan pengalaman makan anda menjadi istimewa.