Tak kalah dengan kota Semarang yang memiliki brown canyon yang eksotis, ternyata jogjakarta juga memiliki tempat wisata yang merupakan bekas galian yang tak kalah cantik bernama bukit breksi.

Bukit Breksi merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Mulanya, bukit ini hanyalah sebuah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil setinggi kurang lebih 20 m. Namun akhir-akhir ini, para wisatawan yang hendak berkunjung ke Candi Ijo menyempatkan diri mampir ke tempat ini untuk sekedar berfoto.

Picture by tapakita.com
Picture by tapakita.com

Selain tampak eksotis, Tebing Breksi juga menawarkan pemandangan lanskap yang luar biasa. Dari atas tebing, wisatawan dapat melihat Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Barong yang dilatari oleh gagahnya Merapi. Tak hanya itu, tebing yang mirip dengan brown canyon yang ada di Semarang ini pun menawarkan panorama senja yang menggoda.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Sekilas tentang Tebing Breksi meruoakan sebuah tebing tinggi, dimana bekas penambangan batu breksi, ketika dilakukan sebuah penelitian, ternyata Tebing Breksi tersebut merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul  dan tebing tersebut masuk sebagai situs Geoheritage Candi Ijo yang harus dilestarikan dan dilindungi. Oleh sebab itu, pemerintah mulai mengelola tempat tambang batu breksi tersebut menjadi sebuah tempat wisata Tebing Breksi yang nantinya akan di sulap menjadi sebuah Taman Tebing Breksi.

Picture by yukdolanjogja.com
Picture by yukdolanjogja.com

Seperti diketahui, taman tebing breksi merupakan sebuah tebing tinggi bekas penambangan batu. Namun ternyata, tebing-tebing ini masuk sebagai situs geologi dan sudah ditetapkan sebagai situs Geoheritage Candi Ijo yang harus dilestarikan dan dilindungi.

Lokasi Tebing Breksi

Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Kurang lebih 1 kilometer sebelum Candi Ijo (dari jalan Prambanan – Piyungan), Tebing Breksi sendiri masuk dalam cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo.

Rute Menuju Tebing Breksi

Dari Prambanan menuju ke wisata tebing berjarak sekitar 7 km. Letaknya sebelum Candi Ijo. Jika dari arah Jogja, ada jalur yang lebih cepat. Sampai di pertigaan Piyungan, anda bisa berbelok ke kanan. Lurus saja sampai menyeberang ruas jalan Prambanan-Piyungan. Dari sini ikuti papan penunjuk arah ke Candi Ijo. Di sebelah kiri jalan, nanti aka nada spanduk bertuliskan wisata Tebing Breksi.

Harga Tiket Masuk

Tebing Breksi ini buka tiap hari, tidak ada tarif khusus yang harus dibayarkan untuk masuk ke tebing breksi ini, hanya perlu memberikan sumbangan seikhlasnya untuk biaya pengelolaan dan membayar jasa penitipan motor sebesar Rp 2.000,-/ motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.
Tunggu, sedang memuat. . .
  • Hendra Belitonx

    Bagus banget tebing nya jadi pengen kesana,, oh ya kalau di belitong ada juga tebing yang berbentuk terasering nama nya wisata alam OPEN PIT bagus juga lohh ini link http://ngayauyuk.com/openpit/