Pantai Indrayanti. Berbicara wisata Yogyakarta seakan tidak ada habisnya. Selain menjadi kota pelajar, Yogya juga menjadi surga untuk menghabiskan waktu luang atau dikala liburan datang.

Banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi diantaranya adalah wisata pantai Indrayanti.

Pantai yang berada di kabupaten Gunung Kidul ini menawarkan eksotisme hamparan pasir putih dengan pemandangan yang breathtaking.

Yuk simak ulasan mengenai pantai cantik nan eksotik tersebut berikut ini.

Pantai Indrayanti Wonosari

pantai indrayanti
foto dari @fadley_dj

Pantai Indrayanti Wonosari menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Tak heran jika banyak wisatawan yang terus berdatangan terutama saat akhir pekan.

Salah satu objek wisata pantai Gunung Kidul ini memang lokas yang tepat untuk refreshing bersama keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut seakan menjadi pesona yang tiada dua. Ditambah lagi dengan adanya bukit yang bisa Anda daki untuk menyaksikan keelokan pantai Indrayanti dan bentangan Samudra Hindia.

Pilihlah waktu yang tepat jika Anda berencana mengunjungi wisata pantai Yogyakarta yang satu ini. Jika terpaksa harus berkunjung saat akhir pekan, libur nasional, atau liburan sekolah, siap-siap aja melihat kerumunan orang sperti halnya di pasar.

Maklum, kepopuleran pantai cantik ini memang mampu mendongkrak anemo masyarakat untuk berkunjung. Nah, sebaiknya mengunjungi pantai ini saat hari-hari biasa.

Dengan demikian, Anda bisa dengan puas menikmati suasana dan pesona alam yang menakjubkan tanpa harus diiringi suara gemuruh wisatawan yang berbondong-bondong datang.

Tunggu, sedang memuat. . .

Perhatikan pula cuaca, sebaiknya datang saat cuaca cerah dan tidak hujan.

Hal Menarik Yang Bisa Anda Nikmati Ketika Berwisata Ke Pantai Indrayanti

pantai indrayanti gunungkidul
foto dari @dona.fitria

Saat tiba di wisata pantai Indrayanti, banyak hal yang bisa Anda lakukan. Pertama, tentu saja menikmati keindahan pantainya yang bersih dan menyegarkan.

Anda bisa menyewa payung pantai dilengkapi dengan alas yang memadai yang berjejer di sepanjang pinggir pantai dengan membayar Rp. 20.000.

Selain itu juga ada Gazebo dengan harga Rp. 30.000. Disini Anda beserta orang-orang tersayang bisa dengan santai menikmati keindahan laut ditemani dengan camilan Anda bawa atau membelinya di warung terdekat.

Hal yang begitu menyengangkan bukan?

Lalu, Anda bisa juga bermain jet sky yang disewakan oleh pengelola pantai. Dengan membayar sekitar Rp. 250.000 Anda bisa menggunakan motor jet sky tersebut selama 15 menit.

Wahana yang mengasyikan dan cukup memicu adrenalin tentunya. Jika Anda pergi bersama sang buah hati, jangan khawatir, pihak pengelola telah menyediakan wahana permainan anak secara cuma-cuma alias gratis.

Saat setelah berbasah-basahan di pantai tentu harus begati pakaian, tenang saja banyak toilet tersedia hanya cukup dengan membayar Rp. 2.000 s/d Rp. 5.000 saja.

Bagi Anda yang muslim dan ingin melaksanakan ibadah sholat, Mushola juga disediakan oleh pihak pengelola.

Setelah puas bermain dipantai, perut pun akan terasa lapar. Banyak cafe dan juga resto yang berjejer menawarkan aneka kuliner dengan harga yang ditawarkan cukup variatif mulai dari Rp. 10.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Tentunya semuanya disesuaikan budget dan berapa orang yang makan yaa. Pesona pantai rasanya kurang sempurna tanpa menyaksikan keelokan matahari tenggelam.

Yups, sama seperti pantai lainnya, menjelang petang datang, pantai indrayanti gunungkidul juga menawarkan keindahan sunset yang memukai.

Beranjak malam, suasana yang syahdu, Anda pun bisa bermalam di pantai dengan mendirikan tenda disekitar bibir pantai.

[ Baca Juga : Daftar 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta Part 1 ]

Sejarah Pantai Indrayanti

sejarah pantai indrayanti
foto dari @ijalarnoldd

Sejarah pantai Indrayanti lebih pada penamaannya yang sempat menjadi kontroversi antara pengelola pantai dengan Keraton serta pemda setempat. Nama resmi dari pantai yang elok ini adalah Pantai Pulang Syawal.

Di pantai ini terdapat beberapa kedai yang menjajakan makanan dan minuman salah satunya adalah kedai Indrayanti. Cafe tersebut milik pasangan suami istri yaitu pak Indra dan bu Yanti.

Nama Indrayanti tersebut ternyata lebih banyak diingat oleh para wisatawan yang berkunjung dari pada nama Pulang Syawal. Hingga akhirnya, pantai tersebut lebih dikenal dengan nama Indrayanti secara luas.

Penggantian nama Pulang Syawal menjadi Indrayanti yang merupakan nama pribadi dianggap menyalahi aturan. Hal tersebut yang memicu polemik antara pengelola dengan pihak Keraton dan Pemerintah daerah.

Bahkan isu penutupan operasional pantai ini sempat menyeruak. Namun, sampai sekarang tidak ada tidak lanjut dari isu tersebut. Pantai Indrayanti Jogja ini semakin ramai di kunjungi baik oleh wisatawan domestik maupun internasional.

Tentunya, hal tersebut mendorong laju ekonomi masyarakat dan daya tarik wisata Jogja pada umumnya.

Lokasi Pantai Indrayanti

jalan-menuju-pantai-indrayanti
foto dari @aanendar

Lokasi pantai Indrayanti berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi tersebut juga berdekatan dengan pantai lainnya seperti pantai Omandeng, Sundak, Ngandong, dan Sadranan yang berada tepat disebelah timur.

Pantai-pantai terebut juga termasuk yang sering dikunjung oleh wisatawan setelah mengunjungi pantai Indrayanti. Pantai Sadranan juga menawarkan spot menarik untuk melakukan snorkeling.

Selain itu, saat menjelang puasa, pantai ini biasa digunakan sebaga tempat menggelar upacara adat Nyadran.

[ Baca Juga : Daftar 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta part 2 ]

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Tiket masuk pantai Indrayanti sebenarnya sudah serangkain dengan kawasan pantai sekitarnya yakni Drini, Sepanjang, Sundak, Krakal, dan Poktunggal.

Untuk bisa masuk ke kawasan pantai-pantai cantik tersebut Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000. Harga yang amat sangat terjangkau tentunya.

Sesampainya di pantai, Anda hanya perlu untuk membayar biaya parkir kendaraan yang Anda bawa. Untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp. 4.000, kendaraan roda empat sebesar Rp. 15.000.

Saat berada di pantai Indrayanti, Anda pasti akan terpikat oleh pesona pasir putih yang membentang luas dan bersih. Pihak pengelola sangat memperhatikan kebersihan pantai ini.

Jika Anda membuang sampah sembarang di areal pantai, siap-siap saja untuk membayar Rp. 10.000 disamping membayar harga tiket masuk pantai Indrayanti.

Jadi saat berada di pantai Kuta a la Yogyakarta ini, Anda diharuskan untuk benar-benar menjaga kebersihan. Tentu, hal tersebut berfungsi untuk menjaga kelestarian serta keindahan pantai.

Kita juga akan merasa nyaman di tempat yang terjaga kebersihannya.

Jalan menuju Pantai Indrayanti

Jarak temput dari Kota Yogyakarta menuju pantai Indrayanti ini mencapai kurang lebih 70 km. Banyak rute atau jalan menju Pantai Indrayanti yang bisa Anda tempuh.

  • Pertama, untuk rute umum, Anda bisa melewati jalan Wonosari (ringroad timur Yogyakarta)  Piyungan -> Patuk -> Wonosari -> Karangrejek -> Hargosari -> Tepus lalu ikuti petunjuk arah menuju pantai Indrayanti.
  • Untuk jalur alternatif, Anda bisa melewati jalan Imogiri -> Siluk -> Panggang -> Saptosari -> Trowono -> Baron. Dari area pantai Baron, 10 km ke arah timur adalah pantai Pulang Syawal atau ndrayanti.

Bagi Anda yang belum mengenal banyak daerah Jogja, sebaiknya memilih rute Wonosari. Pastikan performa kendaraan Anda dalam keadaan yang prima karena jalan yang harus dilalui berupa tanjakan, turunan curam, serta berkelok-kelok.

Selain itu, stamina dari sang pengendara juga harus tetap terjaga. Akan tetapi, semua akan terbayar dengan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Rasa capek akan hilang dengan begitu saja bahkan tanpa pamit sekalipun saat Anda sampai di area pantai.

[ Baca Juga : Daftar 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta – part 3 ]

Penginapan di Pantai Indrayanti

penginapan-pantai-indrayanti
image via pantaijungwok.blogspot.co.id

Bagi Anda yang datang dari luar kota, terutama, pastinya sangat capek untuk meneruskan langsung perjalanan. Menginap di losmen sekitar pantai tentu bisa menjadi pilihan.

Banyak penginapan di pantai Indrayanti dengan kisaran harga mulai dari Rp. 100.000. Meskipun dipatok dengan harga yang cukup merogoh kocek, namun penginapan tersebut hampir selalu full booked terutama saat liburan tiba.

Nah jika Anda berniat berkunjung di hari libur dan ingin menginap, sebaiknya memesan jauh-jauh hari.

Saat menginap di pantai ini, jangan lupa untuk menyaksikan gugusan bintang pada langit malam. Lukisan Sang Maha Kuasa Yang tiada terkira keindahannya bisa Anda saksikan dengan begitu saja.

Bukti keagungan dan keperkasaan Tuhan yang akan mengantarkan kita pada suatu kesadaran betapa beruntungnya telah dianugerah penglihatan.

Berwisata untuk menambah rasa syukur kita kepada Tuhan adalah sebuah pilihan yang bijak.

Peta Pantai Indrayanti

Kini, untuk menuju lokasi dari wisata pantai Jogja ini sangat dimudahkan dengan kehadiran aplikasi maps di smartphone Anda. Dengan mengetikkan peta pantai Indrayanti, Anda bisa mengetahui rute mana yang akan dilewati dan memprediksi waktu tempuh yang dibutuhkan.

Selain itu, adanya GPS juga akan membantu Anda sampai di tempat tujuan dengan lebih efisien tanpa harus kesasar kemana-mana.

Untuk tambahan informasi, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda ketahui saat berada di pantai Indrayanti Wonosari ini.

Pertama, sebaiknya memakai sub block sebelum bermain pasir atau menikmati deburan ombak agar kulit terlindungi dari sengatan cahaya matahari yang begitu terik.

Selain itu, Anda juga bisa mengenakan topi beserta kacamata hitam. Kedua, Bawalah peralatan mandi (handuk dan sabun) dari rumah agar tidak harus mendadak membelinya saat setelah bermain air. Hal tersebut juga bisa menghemat pengeluaran juga pastinya.

Selanjutnya, bawalah juga sendal jepit untuk berjalan diatas pasir. Hal tersebut bertujuan agar terhindar dari panasnya pasir dan juga batu karang yang kadang tidak terlihat. Selain itu, sayang juga jika harus memakai sepatu mahal Anda untuk bermain air, bisa-bisa malah rusak terkena ombak.

Untuk lebih hemat lagi, Anda bisa juga membawa makanan dari rumah. Selain lebih murah juga lebih higienis. Dan yang penting jangan buang sampat tdak pada tempatnya.

Oleh Oleh Khas Pantai Indrayanti yang Bisa Anda Beli

harga tiket pantai indrayanti
image via Arwana Travel

Pulang berwisata tanpa cinderamata rasanya ada yang kurang. Anda bisa membeli sejumlah oleh-oleh yang dijajakan penjual cinderamata disekitar pantai.

Ada baju pantai dengan tulisan pantai Indrayanti yang bsa Anda beli. Ukurannya macam-macam dari mulai untuk anak-anak hingga dewasa.

Untuk harga, cukup terjangkau apalagi jika Anda pandai dalam hal tawar menawar ala ibu-ibu d pasar. Disamping itu aneka macam olahan laut seperti keripik rumput laut atau sea food juga tersedia tinggal pilih mau yang mana.

Wisata Jogja Lainya:

  1. Berikut Tempat Wisata Kelurga dan Anak-Anak Di Yogyakarta
  2. Tebing Breksi, Objek Wisata Jogja Yang Instagramable
  3. 5 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai pantai Indrayanti. Keindahan pantai berpasir putih nan bersih dilingkupi oleh deretan pepohon hijau di pegunungan sekitar menambah eksotisme pantai yang berada di daerah istimewa Yogyakarta ini.

Fasilitas pantai indrayanti yang ditawarkan juga cukup lengkap mulai dari tempat makan hingga penginapan semua ada. Tunggu apa lagi, jadwalkan waktu luang Anda dan orang-orang tersayang untuk segera mengunjungi pantai nan elok ini.