Gunung Sindoro merupakan nama lain dari Sindara atau Sundoro, memiliki ketinggian 3153 mdpl, terletak di antara kabupaten Wonosobo dan kabupaten Temanggung – Jawa Tengah.

Letaknya bersebelahan dengan saudara kembarnya yaitu Gunung Sumbing. Gunung Sindoro memiliki keunikan dari puncak gunung lainnya, yaitu memiliki puncak yang sangat luas lebih dari beberapa kali ukuran stadion bola.

Ada beberapa jalur pendakian gunung Sindoro, yaitu :

Jalur pendakian via Kledung

Sumber : infopendaki.com
Sumber : infopendaki.com

Jalur pendakian via Kledung adalah jalur yang umum digunakan, terletak di desa Kledung. Untuk menuju basecamp pendakian gunung sindoro via kledung ini bisa dengan naik bus jurusan Magelang – Wonosobo, dan turun di desa Kledung.

jalur-pendakian-sindoro

Jalur pendakian gunung sindoro menuju ke pos 1 berupa jalan bebatuan melewati lahan pertanian penduduk. Sudah banyak jasa ojek yang tersedia untuk menuju pos 1, namun jika Anda memih berjalan kaki, maka Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam. Setelah melewati batas lahan pertanian penduduk dengan hutan akan sampai di Watu Gede pada di ketinggian 1.900 mdpl.

Perjalanan dilanjutkan dengan rute jalan landai berupa tanah padat yang lama kelamaan akan menanjak namun tergolong masih belum terlalu berat. Sekitar 2 jam akan sampai di pos 2 di ketinggian 2.120 mdpl.

Selanjutnya perjalanan ke Pos 3 yang merupakan pos terakhir berupa trek menanjak berupa tanah padat bercampur bebatuan, mendekati pos 3, jalur semakin menanjak dengan trek bebatuan besar.Sekitar 3 jam akan tiba di pos 3 dengan ketinggian 2.530 mdpl. Disini biasanya para mendaki membangun tenda untuk melanjutkan  summit esok hari.

Setelah melewati hutan lamtoro yang cukup panjang akan tiba di pos 4 yaitu Batu Tatah.

padang-edelweis

Tunggu, sedang memuat. . .

Padang edelweis akan menjadi bonus pemandangan indah yang akan menyambut sebelum sampai di puncak. Puncak Gunung Sindoro merupakan dataran di bibir kawah. Disebelah timurnya terdapat dua kawah kembar seluas 210 x 150 meter dan dibatasi dinding kawah yang mengitarinya. Pendaki juga bisa berjalan memutari dinding kawah gunung Sindoro.

Contact Person :

GRASINDO SINDORO

Jl. Raya Parakan – Wonosobo km 12, Kledung – Temanggung

Telp : 0857-2948-0989/ 0852-9278-1090

PIN : 51B38630

Akun IG : @grasindo_sindoro

Jalur pendakian via Sikatok (Desa Sigedang , Tambi)

Sumber : Infopendaki.com
Sumber : Infopendaki.com

Jalur Sikatok merupakan jalur tercepat menuju Puncak Sindoro. Jalur ini melewati perkebunan teh yang sangat luas. Perjalanan dari basecamp menuju pintu masuk kebun teh Sikatok menyusuri jalan aspal, kita bisa naik ojek atau berjalan kaki. Perjalanan ini memerlukan waktu sekitar 20 menit dan kita akan sampai di pertigaan kebun teh Sikatok yang merupakan pintu masuk jalur pendakian ke Puncak Sindoro.

Baca Juga : 5 Wisata Curug Yang Keren di Temanggung Jawa Tengah

jalur-pendakian-sindoro-via-tambi

Dari pertigaan menuju Pos 1 dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dengan menyusuri jalan setapak melintasi tengah kebun teh. Pos 1 merupakan pondok teh yang terletak di tepi jalan makadam.

Dari Pos 1 menuju Pos 2 (Gardu Pandang) dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit berjalan melalui jalan setapak yang masih di tengah-tengah kebun teh. Setelah sampai di Pos 2 kita dapat melanjutkan menuju Pos 3.

sindoro-via-sigedang

Pos 3 merupakan batas akhir dari perkebunan teh dan ilalang. Dari sini jalur pendakian melalui medan yang terbuka dan cenderung menanjak selama 3 jam, kemudia kita akan tiba di Tebing Jeblugan Alit atau yang lebih dikenal dengan Watu Susu.

Dari Watu Susu ke Alun-alun atau Sabana dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam. Alun – alun merupakan padang rumput luas yang biasaya dipakai sebagai tempat camp bagi para pendaki. Perjalanan selanjutnya dari sabana menuju Pasar Setan ditempuh dengan waktu 10 menit saja. Tidak jauh dari Pasar Setan terdapat makam Jogo Negoro.

Baca Juga :11 Tempat Wisata Di Brebes Yang Di Rekomendasikan

Dari Pasar Setan sendiri, untuk menuju Puncak Gunung Sindoro memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan melalui jalan berbatu dan menanjak. Disini terhampar luas dataran yang terdiri dari sabana. Dari kejauhan kita dapat melihat beberapa gunung seperti Gunung Sumbing yang memang letaknya berdampingan dengan Gunung Sindoro. Kita juga bisa melihat Gunung Merapi dan Merbabu, serta samar-samar terlihat Gunung Slamet.

Perjalan dari Sigedang sampai di Puncak Sindoro dibutuhkan waktu sekitar 6-7 jam dan waktu turun 3-4 jam. Bagi Anda yang tak terbiasa naik gunung pastikan membawa perlengkapan standar pendakian seperti jaket hangat, karena suhu udara pada pagi hari bisa mencapai 2 C. Sementara itu sepanjang perjalanan kita tidak akan menemukan sumber mata air, jadi sangat disarankan untuk membawa persediaan air secukupnya dari bawah.

 

Contact Person :

Pak Amin

Telp : 081227967705