Gereja Ayam dan Bukit Rhema, Pesona Wisata Magelang Selain Borobudur – Magelang, siapa sih yang tidak tahu dengan kabupaten Magelang? Sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah dengan icon Candi Borobudur yang namanya sudah mendunia.

Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadat bagi penganut Buddha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Hal ini sesuai dengan arti namanya yaitu “biara di perbukitan”. Saat ini Borobudur ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO.

Selain memiliki candi yang super megah, kabupaten Magelang juga ternyata memiliki banyak tempat wisata lainnya, baik wisata alam, wisata budaya dan wisata sejarah (Baca Juga : Rekomendasi 42 Tempat Wisata Di Magelang Yang Keren ). Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di kabupaten Magelang adalah Bukit Rhema dan Gereja Ayam.

Gereja-Ayam-dan-Bukit-Rhema,-Pesona-Wisata-Magelang-Selain-Borobudur-2

Gereja ayam sendiri berada si sebuah bukit bernama Bukit Rhema di daerah Borobudur. Gereja ayam merupakan sebuah bangunan berbentuk seekor ayam yang tengah duduk di tanah di bagian kepalanya terdapat sebuah mahkota.

Bagian – Bagian Gereja Ayam

Tingkat Pertama, Langit-langit Gereja

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan secara keseluruhan ruangan gereja ayam, dengan beberapa pilar yang terbengkalai di sudut bagian ekor dan jendela-jendela berbentuk bunga di tiap sisinya. Apabila jeli, pengunjung juga dapat menyaksikan motif salib pada langit-langit bangunan.

Baca Juga : Umbul Ponggok Klaten, Tempat Seru Untuk Snorkelling

Tingkat Kedua, Leher Ayam

Pada tingkatan ini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan melalui jendela-jendela kecil berbentuk jajar genjang yang terpasang di leher . Termasuk pemandangan alam yang berpadu dengan badan hingga ekor si ayam yang disaksikan dari posisi leher ayam.

Tingkat Ketiga, Paruh Ayam

Gereja-Ayam-dan-Bukit-Rhema,-Pesona-Wisata-Magelang-Selain-Borobudur-3

Naik ke atas lagi, adalah bagian paruh ayam yang bergincu, berwarna merah merekah. Pada bagian ini terdapat sarana untuk menyaksikan pemandangan dari paruh ayam, namun sebuah blokade yang dibuat dari bambu.

Tunggu, sedang memuat. . .

Tingkat Keempat, Mahkota Ayam

Apabila muat, pengunjung juga dapat mendaki tangga menuju mahkota ayam melalui lubang kecil seukuran tubuh orang dewasa Indonesia yang belum overweight. Untungnya saya masih langsing. Yang paling mengasyikkan adalah, pemandangan dari mahkota ayam ini luar biasa indahnya.

Baca Juga : Umbul Sidomukti Bandungan dan Pondok Kopi Semarang

 

Kisah Bukit Rhema

Kisah Bukit Rhema

Awal mulanya di tahun 1989, seorang bapak bernama Daniel Alamsjah yang berasal dari Bandar Lampung mendapat panggilan illahi untuk berdoa semalamandi atas sebuah bukit bernama Punthuk di daerah Borobudur. Hasil doanya semalaman Ia mendapatkan sebuah firman-Nya, Ia yang membesar du hadapannya di 1 Tawarikh 28:10, Ia menafsirkan ayat ini adalah sebuah perintah baginya untuk membangun sebuah Rumah Doa bagi segala bangsa dan untuk semua agama.

Melalui pergumulan doa yang cukup lama, banyak mukjizat yang terjadi dalam pembebasan tanah, di awal tahun 1992 dimulai pembangunannya dan kini bangunan tersebut sudah berbentuk burung merpati, walaupun belum sempurna pengunjung dari berbagai suku bangsa datang untuk melihat karena bentuk dan kontruksinya yang unik berbentuk merpati yang terbesar di dunia, dan dari puncak crownnya kita dapat memandang keindahan alam sekitar candi Borobudur yang dikelilingi oleh gunung – gunung, Sumbing, Tidar, Merbabu, Merapi, Suroloyo yang sangat menakjubkan. Di basement ada ruang kamar – kamar berbentuk gua yang dapat digunakan untuk berdoa pribadi atau kelompok.

Lokasi Wisata Bukit Rhema dan Gereja Ayam

Bukit Rhema terletak 2,5 Km sebelah barat Candi Borobudur.

Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah – Indonesia.

Harga Tiket Bukit Rhema dan Gereja Ayam

Untuk masuk ke Gereja Ayam sumbangan sebesar :

Wisatawan Lokal : 5.000

Turis : 10.000

Parkir : 2.000

Dari Bukit Rhema ini anda juga bisa menikmati keindahan sunrise sunrise dengan view puncak Borobudur, sedangkan untuk Gereja Ayam hanya melayani sunrise pada hari sabtu dan minggu saja.