Curug muncar temanggung – Temanggng merupakan sebuah kabupaten di jawa tengah yang kurang di kenal akan tempat wisatanya karena kurang promosi dari daerah maupun swasta.

Padahal temanggung ternyata mempunyai potensi wisata yang sangat bagus, seperti curug muncar di temanggung yang akan kita bahas.

Curug muncar belum begitu di kenal oleh wisatawan luar kota, bahkan untuk wisatawan lokal sendiri pun banyak yang belum mengetahui curug tersembunyi ini.

Lokasi Curug Muncar Temanggung

curug muncar temanggung
view desa muncar via panoramio.com

Untuk lokasi curug muncar sendiri berlokasi di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Desa muncar yang terletak di kecamatan gemawang sendiri merupakan kecamatan terluar di temanggung yang berbatasan langsung dengan kabupaten semarang.  Dan dari pusat ke ke temanggung dapat di tempuh sekitar 45 menit menggunakan kendaraab bermotro.

Akses Ke Curug Muncar

Untuk akses ke curug muncar anda bisa memulai perjlanan dari pusat kota temanggung atau bisa juga dari alun-alun temanggung. Setelah sampai di alun-alun temanggung ambil jalan menuju ke Kecamatan parakan, jalan tersebut terletak di sebelah masjid agung temanggung.

Jalan Menuju ke parakan sama dengan jalan menuju kabupaten wonosobo yang terkenal dengan wisata dieng.

Sesampainya di Kecamatan Parakan lalu ambil jalur menuju kecamatan gemawang dan di lanjutkan ke desa muncar.

Karena belum ada parkir wisata ke curug muncar anda bisa menitipkan kendaraan di rumah penduduk ataupun kantor kepala desa dan dilanjutkan dengan berjalanan kaki hingga curug muncar.

Atau jika anda kesulitan dengan rute lokasi di atas bisa ikuti maps berikut via google maps berikut.

Tunggu, sedang memuat. . .

karena curug ini lokasinya tersembunyi alangkah baiknya anda meminta bantuan penduduk sekitar untuk mengantar ke curug tersebut.

Curug Muncar Temanggung
Curug Muncar Temanggung. Image by : @fitrianofitasari

Trek yang di lalui pun menurut kami sulit karena pertama harus melewati area persawahan penduduk, lembah hingga menyusuri sungai dengan bebatuan yang licin. Namun setelah sampai di curug tersebut semua lelah dan perjuangkan terbayarkan dengan wisata alam curug yang sungguh indah dan masih sangat alami.

Mungkin cukup sekian review tentang curug muncar yang tersembunyi di temanggung. Bagikan artikel wisata ini biar yang lain tahu bahwa temanggung mempunyai wisata tersembunyi yang eksotik.