Candi Gedong Songo – Bagi kamu yang tinggal di Jawa Tengah siapa yang tidak kenal dengan candi yang berada di Bandungan Jawa Tengah, kawasan wisata Gedong Songo ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena selain peninggalan sejarah kerajaan yang memukau namun juga menyediakan pemandangan yang begitu indah tidak kalah dengan tempat wisata di daerah lain.

Kawasan Candi yang berada di Bandungan, Semarang, Jawa Tengah ini banyak diminati oleh wisatawan terutama bagi pereka pecinta alam atau komunitas alam lainnya, hal ini dibuktikan dengan banyaknya para pelajar dari berbagai pelosok negeri yang melakukan kegiatan di kawasan tersebut, untuk lebih lengkapnya mari kita bahas tentang sejarah dan lokasi keunikan tempat wisata Gedong Songo Semarang Jawa Tengah.

Candi Gedong Songo

Sejarah Candi

Nama dari Gedong Songo itu sendiri diambil dari bahasa jawa yaitu gedong dan songo, gedong yang berarti bangunan maupun rumah dan songo adalah jumlah sembilan, jadi candi ini memiliki arti candi yang berjumlah sembilan, candi ini merupakan peninggalan sejarah Hindu yang terletak di Gunung Ungaran, ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan diperkirakan dibangun pada masa Wangsa Syailendra pada abad ke-9.

Jika anda pernah datang ke Candi yang ada di Dieng yaitu Candi Arjuna pasti anda akan tahu jika semua arsitektur dari bagunan ini hampir mirip dengan kawasan candi di Dieng. Candi Gedong Songo terletak di ketinggian 1.200 di atas permukaan laut dengan suhu lumayan dingin yaitu 19-27 Celcius.

Gedung Songo ini pada mulanya dinamakan Gedong Pitoe oleh Raffles karena pada saat itu hanya ditemukan 7 candi saja, kemudian pada tahun 1825 Van Braam membuat publikasi akan temuannya itu, kemudian pada tahun 1865 Hoopermans dan Friederich membuat tulisan tentang kawasan wisata ini. Pada tahun 1910 hingga 1911 pembangunan yang dipimpin oleh Knebel dengan melakukan inventarisasi air panas di Candi Gedong Songo tersebut.

Pada tahun 1916 pemerintah Belanda secara resmi meneliti beberapa bangunan dari candi dimana penelitian tersebut dilakukan oleh Dinas Purbakala Belanda, kemudian pada tahun 1928 hingga 1929 dilakukan pemugaran Candi Gedong 1 kemudian dilanjutkan dengan perbaikan pada Candi 2 pada tahun 1930-1932.

Pemerintah Indonesia sendiri mulai mengambil alih dan melakukan perbaikan pada tahun 1977-1983 dimana dilakukan perbaikan pada candi 3, 4 dan 5 yang dilakukan oleh SPSP (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) hingga pada tahun 2009 tempat ini mulai dirombak dan diperbaiki secara keseluruhan.

Lokasi Menuju Kawasan Gedong Songo

candi gedong songo

Untuk menuju kawasan candi ini cukup mudah karena kawasan wisata ini terletak di lereng Gunung Ungaran, jika anda datang dari Ambarawa maka diperlukan waktu sekitar 40 menit ke arah Bandungan, jika dari arah barat anda bisa melewati Temanggung kemudian berjalan ke arah Bandungan Semarang. Untuk lebih jelasnya bisa lihat peta di bawah ini.

Tunggu, sedang memuat. . .

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini anda harus berhati-hati karena jalan yang berkelok dan tergolong sulit untuk pengedara, apalagi jika ditambah hujan yang turun membuat jalan semakin licin karena untuk menuju ke kawasan wisata diharuskan melewati tanjakan, banyak juga motor yang berhenti di tengah jalan karena tidak sanggup sampai di atas.

Pemandangan dan Keindahan Wisata Candi

Memang kawasan wisata di candi Semarang ini memiliki suhu yang dingin yaitu berkisar antara 19-27 celcius, memang tidak sedingin dataran Tinggi Dieng namun pemandangan yang diberikan tidak kalah dari tempat lain, dikarenakan tempat ini tinggi anda bisa melihat berbagai pemandangan kota dari ketinggian, pemandangan inilah yang banyak diburu oleh wisatawan.

Walau berada di ketinggian dan tidak ada signal di tempat ini namun bagi anda yang hobi fotografi dan edit foto untuk diupload ke media sosial kayaknya tempat ini cocok untuk anda, banyak spot keindahan yang disediakan di tempat ini. Tidak sedikit wisatawan yang melakukan camping ditempat ini karena memang dari dulu tempat ini menjadi tempat favorit untuk camping.

Rute Kawasan Gedong Songo

Candi 1

candi gedong songo 1

Pertama anda menuju kawasan Gedong 1 dimana di tempat ini anda akan disambut oleh pintu candi dimana anda dikenakan biaya masuk 6.000, dengan harga tersebut cukup terjangkau untuk memberikan dana kepada pemerintah agar menjaga kelestarian dan kekokohan dari keindahan candi ini, bangunan gapura yang disuguhkan mirip candi dan adanya tempat pentas, kemudian disampingnya ada komplek candi Gedong 1.

Candi 2 

Kawasan candi gedong songo 2 terletak sekitar 500 meter dari Candi 1, memang agak jauh namun jika anda sudah di Candi 2 maka hati anda cukup puas karena sudah bisa melihat semua candi yang ada disitu. Ada 2 jalur untuk menucu ke candi 2 yang satu untuk para pengendara dan satunya lagi untuk jalur kuda. Untuk menuju ke candi 2 banyak tersedia gazebo dan warung makan, jadi anda tidak usah kawatir jika kelaparan ditempat tersebut.

Untuk penyewaan kuda sendiri harganya sekitar 25.000 hingga 70.000, dengan kuda ini anda dimudahkan dalam mengitari komplek kawasan candi. Ketika anda sudah sampai ke kawasan candi 2 anda disuguhkan dengan pemandangan yang lebih indah dibanding kawasan 1, dengan letak pada ketinggian yang memiliki keindahan memukau.

Candi 3

gedong songo

Berbeda dari sebelumnya untuk menuju ke komplek candi 3 tidak jauh seperti jarak candi 1 ke kawasan candi 2, di dalam kawasan ini terdapat 3 buah candi dimana candi ini mirip dengan candi yang ada di Dieng, selain itu terdapat beberapa patung seperti patung Durga, Ganesa, pengawal Dewa Siwa Nandiswara dan Mahakala yang terletak disekitar 3 candi tersebut.

Pemaindan Air Panas dan Uap Panas

Setelah sampai di kawasan candi 3 anda akan menemukan kawasan pemandian air panas, saat pertama masuk uap panas dari Gedong Songo sudah mulai terasa, uap panas ini berasal dari dalam bum. Anda bisa menikmati pemandian air panas pada ketinggian di kawasan wisata tersebut.

Candi 4 dan 5

Kawasan yang ke 4 terletak lumayan jauh dari kawasan candi 3, anda diperlukan berjalan beberapa menit mengitari bukit dan anda akan sampai pada kawasan Candi ke 4. Untuk menuju ke kawasan Candi 5 juga cukup jauh, sayangnya pada komplek candi yang kelima beberapa bangunan sudah rusak karena alam dan hanya tersisa satu candi kecil di tempat tersebut.

Kuliner Gedong Songo

Tidak hanya tempat wisata bagi anda yang lelah karena menempuh jarak yang cukup jauh disekitar perjalanan sudah banyak warung makan, khususnya yang menyediakan kuliner khas Gedong Songo, banyak warung yang menyediakan sate kelinci dan juga ronde hangat, ada juga sari kedelai hangat dengan cemilan gula kacang. Ada juga beberapa toko oleh-oleh dan pernak pernik mulai dari bunga hias, pernak pernik khas Gedong Songo, cindramata dan masih banyak yang lain.

Baca Juga : Tempat Wisata Terbaik di Dieng dan Wonosobo

Itulah beberapa penjelasan tentang sejarah lokasi dan keindahan tempat wisata Gedong Songo yang ada di Bandungan, Semarang, bagi anda yang datang ke tempat ini diusahakan agar menjaga kebersihan dan kelestarian dari peninggalan sejarah ini agar anak cucu kita dapat menikmati keindahan yang ada.

Sumber : wikipedia, coretpetualang.wordpress.com, nofita