25 Objek Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi – Pulau Bali adalah salah primadona pariwisata Indonesia yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa yang sudah terkenal di seantero dunia. Selain dikenal dengan pesona baharinya, Bali juga terkenal dengan aneka kesenian dan kebudayaan unik yang masih terus di lestarikan.

Ada banyak sekali objek wisata di Bali yang tak boleh dilewatkan ketika kalian berkunjung ke Pulau Dewata ini, lalu mana saja tempat yang wajib kalian kunjungi? Simak ulasan lengkat tempat wisata di Bali versi mytrip123.com berikut :

1. Pantai Kuta Bali

Pantai-Kuta-bali

Pantai Kuta adalah objek wisata di Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena selain lokasinya yang memang sangat strategis, Pantai Kuta juga menawarkan keindahan pantai yang sangat indah, biayanyapun sangat murah, dan yang pasti ombaknya cocok untuk para peselancar pemula. Pantai Kuta juga terkenal dengan sunsetnya yang terkenal sangat indah.

Konon ceritanya, sebelum menjadi tempat wisata seterkenal ini, Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan besar, tempat berpusatnya perdagangan di Bali dengan pasir putih dan laut birunya, dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap.

2. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahannya, terutama pada saat matahari terbenam. Pura Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura yang merupakan pura tempat memuja dewa laut.

image by : wikipedia.org
image by : wikipedia.org

Keunikan dari Pura Tanah Lot adalah lokasinpura yang berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, anda tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut, sedangkan Pada saat air surut anda dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi ini anda juga dapat memegang ular suci tersebut, karena memang sudah dikenal jinak dan tidak berbahaya.

3. Wisata Alam Ubud Bali

Ubud merupakan sebuah nama desa yang berjarak kurang lebih 40 km dari bandara Denpasar, jika mengendarai mobil maka bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 1/2 jam.

wisata-alam-Ubud-Bali
image by : wisatabaliutara.com/

Desa Ubud, merupakan sebuah desa yang sangat kental dengan budaya asli Bali, jadi jika anda ingin mengetahui tentang kebudayaan asli Bali, jangan lupa mengunjungi tempat yang satu ini ya.

4. Kintamani Bali

Kintamani terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Perjalanan menuju tempat wisata ini dari Kota Denpasar sekitar 2 jam dengan kendaraanbermotor atau sekitar 79,9 kilometer dari Bandara Udara Ngurah Rai.

Tunggu, sedang memuat. . .
image by : sonofmountmalang.files.wordpress.com
image by : sonofmountmalang.files.wordpress.com

Kintamani menyediakan pemandangan perbukitan dengan udara yang masih segar dan suhu udara berkisar 18 derajat celcius. Di daerah ini terdapat objek wisata Penelokan yang berada di Desa Kedisan, daerah ini menawarkan pemandangan alam pegunungan Batur dan danau Batur yang sejuk di siang hari dan dingin di malam hari.

5. Pantai Sanur Bali

Jalan masuk gampang menuju lokasi rekreasi sanur ini adalah dari bandara Ngurah Rai Tuban, jarakn tempuhnya sekitar 10 km. Apabila mengendarai mobil, diperlukan waktu sekitar 30 menit.

image by : yukpiknik.com
image by : yukpiknik.com

Pantai tersebut dikenal juga dengan nama matahari terbit lantaran, Pantau Sanut memiliki ombak yang tenang, sehingga sangat cocok untuk snorkeling.

6. Pantai Nusa Dua bali

Objek wisata Nusa Dua merupakan salah satu tempat tujuan wisatawan berkunjung ke Bali, yang terletak di Kabupaten Badung, pada kawasan sebelah Tenggara pulau, jaraknya 15 km dari Bandara Ngurah Rai, 35 km dari kota Denpasar. Mempunyai pantai berpasir putih,  menjadikan tempat ini makin populer dikalangan para turis.

image by : media.expedia.com/
image by : media.expedia.com/

Biasanya wilayah ini banyak dipilih oleh wisatawan yang benar-benar menikmati liburannya untuk beristirahat dalam hotel, resort maupun cottage berbintang tersebar disepanjang pantai Tanjung Benoa sampai dengan Nusa Dua.

7. New Kuta Green Park

New Kuta Green Park Pecatu Bali merupakan wahana rekreasi air yang sangat pas apabila kalian berlibur bersama anak – anak di pulau Bali.

image by : cutiejava.files.wordpress.co
image by : cutiejava.files.wordpress.co

Lokasinya berada dalam 1 objek wisata Bali Pecatu Graha (BPG), yang berlokasi di Desa Pecatu, distrik Kuta Selatan.

8. Pasar Sukawati Bali

image by : danielwiyata.com/
image by : danielwiyata.com/

Pasar seni Sukawati berada di Desa Sukawati Kabupaten Gianyar. Pasar seni Sukawati sangatlah populer dengan jualan aneka pakaian serta kerajinan traditional khas Bali dengan harga yang sangat terjangkau dan tidak terlalu mahal.

9. Pantai Padang Padang Bali

Pantai Padang Padang memang tak seterkenal Pantai Kuta, namun Pantai Padang Padang adalah pantai yang sangat indah dan unik.

image by : travelliatours.com
image by : travelliatours.com

Pantai Padang Padang adalah sebuah pantai kecil yang lokasinya tersembunyi dibalik sebuah tebing di kawasan Pecatu, dekat dengat Uluwatu. Untuk dapat mencapai Pantai Padang Padang, anda harus melewati sebuah tangga yang membelah tebing.

Pantai Padang Padang tidak besar dan luas, namun sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar pengunjung Pantai Padang Padang adalah wisatawan asing karena memang Pantai Padang Padang kurang terkenal dikalangan wisatawan dalam negeri.

10. Danau Beratan Bedugul Bali

iamge by : telusurindonesia.com
iamge by : telusurindonesia.com

Danau Beratan Bedugul adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana alam yang asri. Keunikan dari Danau Beratan Bedugul adalah keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik utama Danau Beratan Bedugul. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul.

11. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK adalah sebuah taman wisata budaya yang berlokasi di Bali Selatan. Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah patung yang sangat besar karya I Nyoman Nuarta. Saat ini, patung Garuda Wisnu Kencana belum sepenuhnya selesai dibuat, hanya sebagian saja yang telah selesai, namun walau begitu anda tetap dapat menikmati kemegahan Garuda Wisnu Kencana.

image by : c2.staticflickr.com
image by : c2.staticflickr.com

Selain patung, anda juga dapat melihat keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar. Balok-balok kapur ini nantinya akan penuh dengan pahatan. Selain itu di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat teater seni, anda dapat menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya.

12. Pantai Lovina

Pantai Lovina adalah salah satu objek wisata di Bali yang memamerkan keindahan lumba – lumba, karena di Pantai Lovina ini kita memang dapat melihat lumba – lumba berenang dan meloncat di habitat aslinya.

image by : jaapns.com
image by : jaapns.com

Pantai Lovina terletak di Bali Utara dekat dengan Kota Singaraja, anda akan pergi ke tengah laut dan melihat lumba-lumba dengan menggunakan perahu nelayan. Lumba-lumba Pantai Lovina bermain di tepi pantai pada pagi hari, oleh karena itu biasanya wisatawan berangkat dari pinggir pantai mulai dari jam 6 pagi.

13. Pura Besakih

Pura Besakih adalah sebuah pura yang berlokasi di kaki Gunung Agung, dan merupakan pura terbesar di Bali.

image by : klikhotel.com
image by : klikhotel.com

Di Pura Besakih sering diadakan acara keagamaan Hindu, karena Pura Besakih dipercaya sebagai tempat suci dan merupakan induk dari seluruh pura yang ada di Bali. Pura Besakih dibangun dengan konsep keseimbangan Tuhan, manusia, dan alam atau sering disebut dengan sebutan Tri Hita Karana. Untuk dapat memasuki area Pura Besakih, anda harus menggunakan sarung yang dapat dipinjam di sekitar lokasi Pura Besakih.

14. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu adalah salah satu tempat wisata di Bali yang berada di atas sebuah tebing yang menjorok ke laut. Pura Uluwatu tidak hanya menawarkan suasana religius khas Bali, namun juga menawarkan keindahan panoramanya, terutama keindahan matahari tenggelamnya yang sudah sangat terkenal.

image by : tourbalilombok.com
image by : tourbalilombok.com

Di Pura Uluwatu anda akan berjumpa dengan sejumlah kera yang dipercaya berfungsi menjaga kesucian Pura Uluwatu. Untuk memasuki area Pura Uluwatu, anda harus menggunakan sarung dan selendang yang merupakan simbol hormat kepada kesucian Pura Uluwatu.

15. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal. Pada saat anda datang ke Pantai Jimbaran, yang pertama kali akan anda lihat adalah deretan meja dan kursi makan di atas pasir putih yang indah.

image by : rentalmobilbali.net
image by : rentalmobilbali.net

Pantai Jimbaran terkenal dengan kuliner pinggir pantainya, terutama hidangan lautnya. Pantai Jimbaran untuk anda yang ingin menikmati wisata pantai sekaligus menikmati wisata kuliner khas Bali. Tidak perlu kuatir menyantap makanan di Pantai Jimbaran karena ombak di Pantai Jimbaran sangatlah tenang, tidak membahayakan anda yang sedang makan di pinggir pantai.

Baca Juga : Gereja Ayam dan Bukit Rhema, Pesona Wisata Magelang Selain Borobudur

16. Sangeh Monkey Forest

Sangeh Monkey Forest adalah tempat wisata di Bali yang akan membawa anda menyatu dengan alam. Terletak di Ubud, Bali, Sangeh Monkey Forest adalah sebuah hutan yang dihuni oleh banyak kera liar.

image by : swaratours.com
image by : swaratours.com

Kera-kera ini dianggap keramat oleh penduduk setempat sehingga tidak boleh diganggu dan dibiarkan hidup di hutan Sangeh. Kera di Sangeh Monkey Forest sangat menyukai makanan, mereka akan berusaha mendapatkan makanan yang anda bawa, walaupun makanan tersebut ada di dalam tas anda. Di tempat ini anda akan menyaksikan kehidupan ratusan kera yang unik dan menarik.

17. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa yang berbatasan dengan Nusa Dua, Bali adalah pusat dari kegiatan olahraga dan permainan air di Bali.

image by : http://static.asiawebdirect.com/
image by : http://static.asiawebdirect.com/

Karakteristik Pantai Tanjung Benoa sangatlah tenang, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis permainan air yang seru. Jenis permainan air yang dapat anda mainkan di sini yaitu snorkel, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dan lain-lain. Selain itu anda juga dapat pergi melihat penyu raksasa di pulau penyu dengan menaiki perahu dari Tanjung Benoa.

Baca Juga : Rekomendasi 12 Tempat Wisata Di Kediri Paling Keren

18. Pantai Dreamland

Pantai Dreamland Bali berada di bukit Unggasan, 1 jalur menuju Garuda Wisnu Kencana. Pantai Dreamland Bali terkenal dengan keindahan pasir putih yang lembut dan laut yang biru yang membuat semua orang betah berlama – lama disana.

image by ; water-sport-bali.com
image by ; water-sport-bali.com

Pantai Dreamland juga memiliki mmbak yang lumayan besar, jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berselancar.

19. Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani merupakan salah satu pesona alam yang dimiliki Bali. Terletak di gunung tertinggi ke 2 di Bali, Danau Batur Kintamani mempunyai hawa yang sejuk dan pemandangan yang sangat mempesona.

image by : pegipegi.com
image by : pegipegi.com

Danau Batur Kintamani adalah danau terbesar di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan yang tiada duanya di Bali.

20. Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak adalah tari khas Bali yang paling terkenal dan paling menarik untuk dilihat. Dari banyak tempat yang mempertontonkan tarik kecak, menurut saya yang paling menarik adalah Tari Kecak Uluwatu yang berada di Pura Uluwatu.

image by : uluwatukecakdance.com
image by : uluwatukecakdance.com

Tari Kecak Uluwatu mempertunjukan tari kecak khas Bali dengan latar belakang matahari tenggelam di Uluwatu yang sangat indah. Tari Kecak Uluwatu sangat populer dan ramai oleh karena itu apabila anda ingin menonton pertunjukan Tari Kecak Uluwatu, saya sarankan untuk pesan dari jauh hari.

Baca Juga : Daftar Lokasi Tempat Wisata Di Pacitan

21. Arung Jeram Sungai Telaga Waja

Arung Jeram Sungai Telaga Waja sangatlah cocok bagi anda yang suka kegiatan yang seru dan menantang. Sungai Telaga Waja memiliki air yang jernih dan bersih dan jeram yang menantang.

image by : ridwanbahasa.files.wordpress.com
image by : ridwanbahasa.files.wordpress.com

Di akhir pengarungan anda akan meloncati sebuah pintu air, sangat seru. Setelah selesai menikmati Arung Jeram Sungai Telaga Waja, anda akan mendapatkan bonus berupa trekking naik gunung, oleh karena itu siapkan diri anda dan beristirahatlah yang cukup karena Arung jeram Sungai Telaga Waja akan menguras tenaga anda.

22.Arung Jeram Sungai Ayung

Arung Jeram Sungai Ayung mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Arung Jeram Sungai Telaga Waja. Apabila Arung Jeram Sungai Telaga Waja menawarkan tantangan, maka Arung Jeram Sungai Ayung menawarkan keindahan.

image by : telusurindonesia.com
image by : telusurindonesia.com

Panorama sepanjang Sungai Ayung sangatlah indah, ditambah dengan pahatan di tebing sungai, dan hijaunya pepohonan di sekitar sungai melengkapi keindahan Arung Jeram Sungai Ayung.

Baca Juga : 12 Tempat Wisata Di Purwokerto Yang Paling Menarik

23. Tampak Siring Bali

Tampak-siring-bali

Tampak Siring, nama sebuah kecamatan di kabupaten Giayar. Tampak Siring lebih dikenal dikalangan wisatawan sebagai sebuah pura yang bernama Tirta Empul.

Tirta Empul adalah nama sebuah pura yang terletak di kecamatan Tampak Siring. Pura Tirta Empul banyak dikunjungi para wisatawan, baik dari mancanegara maupun wisatawan domestik. Objek wisata Tirta Empul, merupakan salah satu, tempat liburan di Bali yang wajib dikunjungi. Di pura Tirta Empul, terdapat mata air dan juga digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu, untuk permandian dan memohon tirta suci.

24. Taman Ayun

Taman Ayun adalah sebuah kompleks Pura yang sangat besar, terletak di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, kurang lebih 18 km dari jantung Kota Denpasar.

image by : http://balihellotravel.com/
image by : http://balihellotravel.com/

Setelah kita melewati pintu masuk, taman luas yang terawat baik menyambut kedatangan, dengan rumput hijau yang benar-benar indah, tapi sayangnya pada saat hari panas hal ini dapat menjadi sangat berat karena tidak terdapat pohon-pohon besar untuk memberikan keteduhan di taman ini. Ketika kita mencari keteduhan, taman bagian belakang adalah jawabannya. Akan sangat menyenangkan sekali untuk berjalan-jalan di jalan bebatuan di bawah pohon-pohon besar ditemanani oleh suara burung-burung yang sedang bernyanyi.

Taman Ayun diterjemahkan secara harfiah sebagai taman yang indah dan dianggap sebagai salah satu Pura yang paling menarik di Bali. Dibangun pada tahun 1634 oleh Raja Mengwi, I Gusti Putu Agung. Pura ini berbatasan dengan sungai yang lebar yang mengairi sawah-sawah disekitar lokasi. Pura ini didedikasikan untuk para leluhur Kerajaan Mengwi dan dewa-dewa penting lainnya. Pura Taman Ayun dianggap sebagai “Pura Pusat” untuk Kerajaan Mengwi.

Baca Juga : Umbul Ponggok Klaten, Tempat Seru Untuk Snorkelling

25. Jatiluwih

iamge by : http://pre13.deviantart.net/
iamge by : http://pre13.deviantart.net/

Jatiluwih termasuk salah satu objek wisata dengan panorama indah. Variasi panorama sawah berundak-undak berlatar belakang gunung berhutan lebat. Daerah persawahan ini berbentuk teras, memiliki luas sekitar 636 hektar. Sawah ini menggunakan sistem pengairan subak yaitu sistem pengairan atau irigasi tradisional Bali. Jika dalam liburan anda ingin menikmati pemandangan alam yang indah cobalah tour ke lokasi ini, pengunjung akan dibuat berdecak kagum

Jatiluwih merupakan objek wisata di bali yang memiliki hawa sejuk karena terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Jatiluwih terletak 58 km dari Bandara Ngurah Rai. Lokasinya 28 Km, bagian utara kota Tabanan, Bali.