13 Objek Wisata di Wonosobo Selain Dieng – Wonosobo, merupakan sebauah kabupaten kecil yang terletak persih di tengah tengah pulau jawa. Wonosobo juga merupakan kota tujuan wisata kedua setelah magelang dengan borobudur sebagai wisata andalanya di jawa tengah.

Sebagian orang mengenal wonosobo karena mempunyai wisata alam dieng yang mempesona yang syarat akan budaya. Disamping itu biaya untuk mengunjung berbagai objek wisata di wonosobo pun di bilang cukup murah.

Namun tahukah anda bahwa wonosobo ternyata mempunyai wisata selain dieng yang sayang kalau di lewatkan. Sayang kan berkunjung ke wonosobo hanya untuk pergi ke dieng, Cobalah sekali kali tengok wsurga tersembunyi yang ada di wonosobo.

Penasaran?? oke MyTrip123 akan memberi ulasan perjalanan menjelajahi objek wisata di wonosobo selain dieng beikut.

13. Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng :

1.Alun-alun Kota Wonosobo

objek wisata selain dieng di wonsobo
alun-alun kota wonosobo. image by : @leonardo_hiendarto

Jika anda datang ke wonosobo jangan terburu-buru menuju ke dieng, cobalah beristirahat di taman alun laun kota wonosobo yang asri. banyak tempat yang bisa anda gunakan untuk sekedar santai bersama keluarga maupun kerabat dekat.

Di sana terdapat juga berbagai macam jajanan tradisional seperti batagor, mie ongklok, siomay dll. selain itu pemandangan asri di alun alun wonosobo sangat menarik untuk di jadikan objek foto yang indah.

2. Pemandian Air Hangat Kalianget

tempat wisata di wonosobo
kolam renang kalianget wonosobo. image by : flickr.com

Setelah puas menikmati ASRInya alun alun kota wonosobo cobalah berendam di kolam renang kalianget ini. Letaknya pun tidak jauh dari alun alun wonosobo. hanya berjarak sekitar 4 kilometer.

Tepatnya berada di desa kalianget kecamatan wonosobo, kolam renang air hangat ini berada di jalan dieng dan bagi anda yang ingin berkunjung ke dieng mungkin tidak ada salahnya ya untuk mampir ke kolam renang ini untuk berendam air hangat di dinginya kota wonosobo.

Selain kolam renang di kawasan wisata tersebut juga terdapat taman yang asri. Cocok di gunakan untuk istirahat dan area bermain.

Selain itu juga terdapat pemandian air panas yang masih alami yang berlokasi di Desa manggisan yang berlokasi tidak jauh dari kolam renang air hangat.

Tunggu, sedang memuat. . .

3. WIsata AlamTelaga Menjer Wonsobo

objek wisata di wonosobo
Telaga menjer wonosobo. image by : @noerariefah

Setelah puas berendam di kalianget, perjalanan bisa di lanjutkan menuju telaga menjer yang berlokasi di kecamatan garung. Telaga ini juga berlokasi di jalan dieng kilometer 8. Dan lagi lagi ada spot menraik yang bisa anda kunjungi sebelum sampai ke dieng.

Untuk akses menuju ke lokasi ini, dari kolam renang air hangat menuju ke utara melewati jalan dieng. setelah sampai ke jalan dieng kilometer 8 sampilah di sebuah pasar yang bernama pasar garung. Sesampainya di pasar lalu belok kiri yang di tandai dengan gapura yang bertuliskan PLTA Garung. Susuri jalan tersebut hingga sampai ke telaga.  Jarak dari gapura sampai ke telaga sekitar 2 hingga 3 klometer.

Di telaga ini anda dapat menikmati telaga dengan view pemandangan perbukitan hijau dan juga gunung sindoro. Anda juga bisa menaiki prahu dengan tarif 15000 rupiah per orang untuk mengelilingi telaga.

Baca tautan berikut untuk lebih luas mengenai telaga menjer : Telaga Menjer, Tempat Wisata Tersembunyi di Wonosobo

4. Curug Sikarim

wisata alam wonosobo
Curug Sikarim wonosobo. Image by : @asfifairuzzabad

Tempat wisata di wonosobo selian dieng selanjutnya adalah curug sikarim. curug ini terletak tidak jauh dari telaga menjer tepatnya bearada di desa Sembungan.

air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 24 meter. Dan bagi anda yang berniat untuk mengunjungi curug ini kami sarankan untuk mempersiapkan tenaga karena jalan menuju curug sikarim tidak lah mudah. Anda harus melewati pematang sawang penduduk dan lembah dengan jalanan yang terjal dan licin.

5.Kebun Teh Tambi

objek wisata alam di wonosobo
kebun teh tambi wonosobo. Image by : @sekartrihnd

Setelah dari telaga menjer dan juga curug sikarim bisa di lanjutkan perjalanan menuju utara menyusuri jalan dieng. Untuk akses menuju ke lokasi ini dari telaga menjer anda harus kembali lagi ke pasar garung untuk menuju jalan dieng.

Berjalanlah dengan kendaraan bermotor sekitar 4 atau 5 kilo dan anda akan menemukan kawasan kebun teh tambi yang sejuk nan indah.

Dikawasan tersebut anda dapat menikmati pemandangan kebun teh dan juga dapat berkunjung ke pabrik teh untuk melihat pengolahan daun teh dari baru saja di petik hingga siap di pasarkan.

Selain bisa mengunjungi pabrik dan kebun teh di kawasan wisata tersebut juga terdapat taman dan kolan yang bisa di gunakan sebagai tempat beristirahat yang nyaman.

6.Waduk Wadaslintang

tempat wisata di wonosobo jawa tengah
waduk wadaslintang wonosobo. Image by : @mochammadrezza

Setelah berkunjung ke wonosobo bagian utara, kita lanjutkan perjalanan menuju wonosobo bagian selatan. Destinasi pertama yang bisa anda tuju adalah waduk wadaslintang yang berlokasi di kecatamatan wadaslintang wonosobo.

Waduk wadaslintang sebenarnya terbagi menjadi dua kabupaten yaitu kabupaten kebumen dan kabupaten wonosobo.

Waduk wadaslintang menyuguhkan wisata waduk yang luas dengan di kelilingi perbukitan hijau.

7. Lubang Sewu

objek wisata alam wonosobo selain dieng
lubang sewu wonosobo. image by : @st_andreas1899

Bagi anda yang sudah mengunjungi waduk wadaslintang kami rekomendasikan juga mengunjungi lubang sewu yang berada di desa ererojo Kecamatan Wadaslintang wonosobo. Lokasinya juga berada di pesisir waduk wadaslintang.

Kami sarankan untuk mengunjungi wisata ini ketika musim kemarau di karenakan di saat musim hujan wisata ini tergenang air.

Wisata lubang sewu merupakan wisata baru di wonosobo yang belum lama booming. wisata tersebut menyuguhkan pemandang bebatuan yang mirip dengan green canyon di amerika serikat.

Untuk lebih jelasnya tentang wisata lubang sewu bisa di lihat di tautan berikut : Wisata Lubang Sewu Erorejo Wisata Wonosobo.

8.Curug Winong Kaliwiro

wisata wonosobo
curug winong wonosobo. image by : @amarya08

Masih membahas tentang tempat wisata di wonosobo bagian selatan. Yaitu curug winong yang berlokasi di Desa Winongsari kecanatan kaliwiro wonosobo.

Untuk akses menuju ke lokasi ini agak sulit karena harus menyusri jalan pemukiman penduduk. Namun tidak perlu khawatir, di sepanjang jalan terdapat petunjuk arah menuju ke curug.

Sesampainya di parkiran tempat pemberhentian kendaraan bermotor, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju curug dengan berjalanan kaki sejauh sekitar 300 meter.

Untuk harga tiket masuk pada saat itu hanya sebesar 4000 rupiah per orang di tambah biaya parkir roda dua sebesar 1000 rupiah. Gimana, murah meriah kan berlibut ke wonosobo??.

9. Pendakian Gunung Sindoro

tempat wisata gunung di wonosobo
gunung sindoro. image by : @bukanbolang

Tempat wisata wonosobo selain dieng selanjutnya adalah pendakian gunung sindoro. Jika berniat mendaki gunung sindoro bisa melalui rute jalur via sikotak desa sigedang wonosobo.

Untuk lebih luas tentang jalur pendakian gunung sindoro bisa ikuti tautan berikut : Informasi Lengkap Jalur Pendakian Gunung Sindoro.

10. Pendakian Gunung Sumbing

wisata alam wonosobo jawa tengah
Pendakian gunung sumbing. image by : sherlyhnds

Selain gunung sindoro, di wonosobo juga terdapat pendakian gunung sumbing via desa garung kecamatan kertek. Desa tersebut berlokasi di jalan wonosobo temanggung, tepatnya lagi berada di perbatasan.

Gunung sumbing sendiri terbagi menjadi 3 wilayang kabupaten yaitu kabupaten wonosobo, magelang dan juga temanggung.

11.Kebun Teh dan Kolam Renang Tanjungsari

objek wisata di wonosobo jawa tengah
kebun teh tanjungsari wonosobo. image by : visitcentraljava.com

Wisata wonosobo selanjutnya adalah kebun teh dan kolam renang tanjungsari. Wonosobo ternyata mempunyai banyak perkbunan teh akan teteapi hanya dua yang di jadikan sebagai lokasi wisata yaitu kebun teh tambi dan juga kebun teh tanjung sari.

Di kawasan wisata tersebut terdapat water boom, taman dan juga bus yang siap mengantar anda mengelilingi kebun teh.

Untuk lokasinya pun sangat mudah di jangkau yaitu berada di kecamatan sapuran. Jika anda pergi ke wonosobo dari jogja dengan melewati jalur alternatif menuju wonosobo via salaman magelang pastinya melewati wisata ini. karena lokasinya yang pas di pinggir jalan.

12.Kolam Renang Mangli

tempat rekreasi di wonosobo
kolam renang mangli wonosobo. image by : harianjateng.com

Wonosobo juga memiliki kolam renang dengan air asli pegunungan yang segar. Yaitu kolam renang mangli yang berlokasi di desa kejiwan kecamatan wonosobo letaknya pun tidak jauh dari alun alun kota wonosobo, hanya berjarak sekitar 3 kilometer.

sumber air mangli juga ternyata menjadi pemasok utama kebutuhan air minum produk air kemasan yang sudah terkenal di indonesia.

13. Kolam Renang Tirta Ria Temebelang

tempat rekreasi keluarga di wonosobo
kolam renang mangli wonosobo. image by : ytimg.com

objek wisata di wonosobo mrah yang terakhir adalah kolam renang tirta ria yang terletak di desa tembelang kecamatan wonosobo. Lokasinya yang tidak jauh dari kota membuattempat ini cocok di jadikan sebagai tempat rekreasi keluarga di wonosobo.

Nb : “bagi anda yang ingin berlibur ke wonosobo dan masih bingung tim kami juga menyediakan jasa panduan wisata ke wonosobo dengan harga yang sangat murah. jika anda berminat bisa hubungi nomor berikut 0856-2630-498.”

Tempat Wisata Sekitar Wonosobo :

  1. Keren 11 Tempat Wisata Di Kabupaten Banjarnegara
  2. Inilah Tempat Wisata di Kebumen Yang Wajib Dikunjungi
  3. 5 Wisata Curug Yang Keren di Temanggung Jawa Tengah

Mungkin cukup sekian artikel tentang tempat wisata di wonosobo selain dieng yang menarik untuk di kunjungi. share artikel ini di link sosial media kalian masing masing jika di rasa bermanfaat, terimakasih.

  • Carita Klara

    keren min. emang banyak banget dan wonosobo yang belom terekspose